Masalah Refund Tiket Bus, Tim Shopee Malah Kesulitan Koordinasi dengan Pihak PO Bus

Tanggal 15 Juni 2023, saya membelikan 4 tiket bus Sari Indah tujuan Surabaya-Jakarta untuk tim kerja saya. Pesanan tiket melalui aplikasi Shopee, dengan nomor pesanan:

  1. 2686797279185269543
  2. 2686800019320669500

Pada waktu keberangkatan, ternyata pihak PO Sari Indah ngaret keberangkatan hampir selama 4 jam dan tidak ada yang bisa memberi kepastian kapan bus berangkat. Dari pihak sopir sampai agen lapangan di terminal, hanya meminta komplain via aplikasi Shopee.

Berhubung penumpang ada yang sudah sepuh, jadi saya putuskan meminta mereka untuk pulang ke penginapan dan langsung membeli 4 tiket bus baru di aplikasi Shopee, dengan nomor pesanan 2686839876320169*** untuk keberangkatan esok paginya.

Pada hari itu juga tanggal 15 Juni 2023 malam, saya langsung mengajukan pembatalan/refund untuk 4 tiket PO Sari Indah dengan mengisi formulir di aplikasi Shopee.

  • Tanggal 19 Juni 2023, saya mendapatkan email dari Shopee ID team dan disuruh menunggu 3-5 hari kerja.
  • Tanggal 24 Juni 2023, email tim Shopee ID masih meminta saya menunggu kembali hingga 3-5 hari kerja.
  • Tanggal 26-27 Juni 2023, saya menagih janji yang telah ditentukan karena tidak ada update balasan.
  • Tanggal 28 Juni 2023, saya kembali disuruh menunggu tanpa batas waktu.

Tanggal 3 Juli 2023, saya dihubungi oleh tim Shopee yang menawarkan voucher sebagai pengganti refund dan dengan tegas saya tolak. Kemudian setelah saya memberi detail pesanan, alangkah lucunya tim Shopee tidak mempunyai data pesanan saya setelah sekian lama. Bahwa pesanan saya itu yang dilaporkan dalam formulir berjumlah 2 pesanan untuk 4 tiket bus, tetapi yang disampaikan tim Shopee hanya 1 pesanan.

Tim Shopee berkilah bahwa proses lama, dikarenakan mereka kesulitan menghubungi pihak PO Sari Indah yang susah diajak koordinasi. Sungguh lucu sekali, sampai tim Shopee sendiri merasakan keluhan si pemegang tiket yang sulit koordinasi dengan pihak bus.

Hal-hal yang tidak berkenan ialah, saya diminta untuk tim Shopee melakukan follow up langsung ke agen bus tersebut dengan mendatangi kantor PO terdekat. Tentu saja saya tidak berkenan. Saya membeli tiket di Shopee. Saya beli online karena keterbatasan waktu pergi ke terminal langsung. Kenapa pihak Shopee seenaknya menyuruh pelanggan selesaikan masalahnya sendiri untuk jemput bola?  Namun akhirnya, saya pun berinisiatif menghubungi pihak PO bus, tetapi pesan WhatsApp saya tidak pernah dibalas.

Setelah mereka koreksi pesanan saya, pada tanggal 4 Juli 2023, kembali pihak Shopee ID meminta waktu kembali 5-7 hari kerja. Ketika saya tegas pertanyakan apa yang terjadi jika batas waktu tersebut telah terlewati? Apakah tetap tidak ada pengembalian dana? Tim Shopee seperti habis kata-kata sulit memberi jawaban.

Per tanggal 14 Juli 2023, kemarin ialah batas waktu 5-7 hari kerja (tidak termasuk hitung Sabtu, Minggu dan tanggal merah), tetapi tim Shopee tidak ada update sama sekali. Saya berusaha menanyakan update ke akun Twitter ShopeeCare, live chat aplikasi Shopee (yang terkadang Cs dengan sengaja memutus percakapan berakhir) dan melalui email, tetapi nihil tidak ada balasan.

Tim Shopee sangat mengecewakan memperlakukan pelanggan seperti ini. Padahal saya selalu merasa aman membeli tiket bus, kereta dan pesawat di Shopee selama ini. Kenapa saat ada masalah kalian cuma bisa janji-janji palsu gini?

Taufiq Hidayat
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Masalah Refund Tiket Bus, Tim Shopee Malah Kesulitan Koordinasi dengan Pihak PO Bus

  • 19 Juli 2023 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Kalau saya sih Shopee digunakan buat beli panci aja. Ga bakal beli tiket di Shopee walaupun ada diskon.

    Nah, kalau beli tiket yah di tukang tiket. Andaikata itu tukang tiket jual panci, hanya sebagai pelengkap aja. Gak bakal optimal kalau ada komplain, misalnya itu panci bocor.

  • 19 Juli 2023 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Coba transaksi tiket bus Sari Indah pakai aplikasi Traveloka. Aman nggak? Soapnya kadang meski terbaca di aplikasi, tapi belum tentu menjamin kursi ada. Pasalnya kursi yang sudah dipesan, akan aa double seat(penumpang ganda dalam satu kursi), sehingga menimbulkan kekacauan

  • 19 Juli 2023 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari pihak shopee yang tidak peofesional menangani kasus anda, saran saya untuk perjalanan yang ontime anda kedepannya jangan menilih PO Sari Indah, PO Mawar dan PO lain yang di kalangan BisMania sebagai Bis SapuJagad artinya mereka melakukan perjalanan tidak terikat waktu namun menunggu sisa2 penumpang yang sudah tidak terangkut PO lain. Terima kasih

  • 20 Juli 2023 - (08:33 WIB)
    Permalink

    1. Sari Indah memang sering bermasalah, jadi bisa dikatakan Shopee memilih mitra yang salah.
    2. Beli tiket bus di agennya langsung tidak harus ke terminal sebenarnya. Biasanya mereka menerima order via WA, lalu pembayaran bisa transfer atau bayar di tempat. Nanti tunjukkan bukti pesannya pas mau berangkat untuk mendapatkan tiket.
    3. Kalopun mau lewat aplikasi, gunakan aplikasi PO itu sendiri. Atau setidaknya gunakan aplikasi pihak ketiga yang memang dirancang untuk bus seperti redbus.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Masalah Refund Tiket Bus, Tim Shopee Malah Kesulitan Koordinasi dengan…

oleh Taufiq Hidayat dibaca dalam: 2 menit
5