Sudah 5 Bulan Menunggu Pengembalian Dana dari Dealer Wuling

Saya berniat membeli mobil Wuling Confero S tipe C, melalui dealer Wuling Perdana Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Saya melihat-lihat unitnya dan dijelaskan juga oleh sales-nya beberapa persyaratan yang diperlukan dan itu semua tertuang dalam SPK. Singkat cerita, saya diminta untuk mentransfer dana untuk booking fee ke rekening resmi perusahaan sebesar Rp1 juta dan akhirnya diajukan kredit keesokan harinya.

Namun karena pengajuan kredit ditolak dan surat penolakan dari leasing keluar, akhirnya pembelian dibatalkan. Saya menghubungi terus pihak dealer Wuling Perdana Sidoarjo maupun pusatnya dan saya dijanjikan dalam waktu 14 hari kerja uang akan kembali, dengan syarat yang salah satunya ada surat penolakan dari leasing.

14 hari kerja sudah terlewati dan surat penolakan dari leasing juga keluar, tetapi pihak dealer Wuling malah terkesan tidak tanggung jawab dan tidak menepati janjinya. Kini sudah terhitung 5 bulan sejak saya transfer uang saya, tidak ada mau niatan untuk mengembalikan. Padahal sebelumnya Wuling Perdana Sidoarjo bilang kalau syarat-syarat sudah terpenuhi mau mengembalikan. Nyatanya syarat-syarat sudah terpenuhi semua, tapi tidak mau mengembalikan juga.

Minta tolong kebijaksanaan Wuling Indonesia untuk mengembalikan uang saya, karena uang itu sangat berharga bagi saya dan uang itu saya peroleh dengan sangat susah. Sekali lagi saya minta tolong, khususnya kepada dealer Wuling Perdana Sidoarjo, agar tidak mengambil hak konsumen.

Mochamad Fauzi
Lumajang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Sudah 5 Bulan Menunggu Pengembalian Dana dari Dealer Wuling

  • 21 Juli 2023 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Halo om, mungkin sy mau sekedar sharing pengalaman aja, sodara sy jg pernah mengalami kejadian sama. Dia DP Wuling Confero di Wuling Prima Kebun Jeruk dgn nominal 1 juta, tp akhirnya dia cancel karena ada kendala ekonomi dll. Nah dia minta uangnya dibalikin tp ternyata ada ketentuan klo DP gk bisa dibalikin karena dari leasingnya itu minimal DP yg bisa dibalikin itu 2jt. di bawah itu gk bs dibalikin. Walaupun agak kecewa sodara, tp akhirnya di ikhlaskan aja. Pelajaran dari pengalaman sodara, klo mau DP mobil apa aja mesti tanya detail jelasnya dulu ke sales apa bisa di refund.

    • 22 Juli 2023 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Saya ikhlas kalau memang kesalahan dan kehendak saya,tapi ini kan ada perjanjiannya dan dealer mengetahui itu,tapi kenapa malah diingkari,disitu saya tidak ikhlasnya.

      • 23 Juli 2023 - (14:07 WIB)
        Permalink

        Mau tanya om, itu spk biasanya kan ada 3 lembar, ada yang warna putih, pink, kuning/biru. Dan dari yg 3 warna lembar SPK, ada yg dikasih ke konsumen. Nah, coba ditanyakan ke salesnya/dealer, perlu/tidak pengembalian lembar spk yg ada di dikonsumen?

        • 23 Juli 2023 - (18:46 WIB)
          Permalink

          Mau saya kembalikan yg putih untuk penagihan uang tanda jadi saya,tapi dealer trus menghindar dan jawabannya selalu sama.

    • 22 Juli 2023 - (16:38 WIB)
      Permalink

      Wuling pusat juga sama om,saya hubungi lewat twiter jawabannya sama saja,dengan yang dikantor cabangnya,padahal harapan saya wuling pusat bisa bantu.

      • 28 Juli 2023 - (11:06 WIB)
        Permalink

        Terimakasih untuk media konsumen indonesia,dan teman teman semua,uang tj sudah di transfer dan dikembalikan oleh dealer wuling perdana,jadi masalah ini sudah clear dan ditutup.

  • 21 Juli 2023 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Kalau dana 1jt itu diperoleh “sangat susah”, sepertinya lebih baik jangan beli mobil. Cicilannya saja bisa lebih dari 1jt

    13
    3
    • 22 Juli 2023 - (05:13 WIB)
      Permalink

      Susah ya sama dosen pembimbing skripsi. Kata per kata harus bener. Hanya karena kata itu anda bisa menghakimi kondisi ekonomi orang. Gimana gimana juga uang 1jt itu berharga. Dapetnya susah gak tidur bangun2 dibawah bantal ada 1jt. Dia hanya menuntut haknya dari apanyg sudah dijanjikan sales sebelumnya. Kalaupun ada kesalahan dari sales ya itu urusan sales dengan wulingnya. Karena dia sales resmi wuling bukan makelar. Jdi customer gak dirugikan

      • 22 Juli 2023 - (13:30 WIB)
        Permalink

        Saya ga larang dia minta haknya uang dikembalikan kok, hanya menyarankan lebih baik tidak mengambil cicilan mobil kalau nominal 1jt itu diperoleh dengan “sangat susah”. Bayangkan saja, jika cicilan mobilnya 2-3jutaan perbulan, jika 1jt “sangat susah” apalagi 2-3jt. Itu hanya saran, lebih baik hidup tentram, daripada memaksakan cicilan yang “sangat susah”. Jika mau lanjut ambil cicilan ya silahkan, toh saya ga punya hak melarang, hanya punya hak memberi saran.

  • 21 Juli 2023 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Deler harus bertanggung jawab.terutama salesnya harus bertanggung jawab.
    Jangan membuat busuk nama deaker wulung karena uang 1 juta.dampaknya sangat buruk dg perekembangan dealer kalian.

  • 21 Juli 2023 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Saya rasa bisa balik pak, wong salesnya chat spt itu. Pengalaman saya sekitar setahun yg lalu jg bisa balik dp 1 juta, rencana beli brio. Kelamaan inden, cancel, jadinya beli raize. Sales honda jg chat sblmnya bhw dp bisa balik. Pake surat pernyataan bermaterai, balik deh dp nya tanpa potongan.

  • 22 Juli 2023 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Sharing juga om, klo mau beli sesuatu yg mahal cari kenalan saja. Krn semua sales mobil 90% permainan mereka seeprti itu, pernah teman saya jg ada batal jg namanya dijelek2an semua dealer brand tertentu disatu kota. Lebih baik ikhlaskan karena mau urus ke polisi pun juga sulit yg dilawan adalah perusahaan. Kecuali mungkin anda menuntut orangnya bukan perusahaannya mungkin masih bisa diperkarakan.

  • 28 Juli 2023 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Terimakasih untuk media konsumen indonesia atas bantuannya,dan teman teman semuanya,uang tanda jadi sudah di tf dan dikembalikan oleh wuling perdana dan masalah sudah clear semua,jadi masalah ini sudah ditutup.

  • 26 Maret 2024 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama seperti saya sudah 5 bulan booking fee 5jt belum dikembalikan dari bulan okt 2023-Mar 2024, saya membatalkan karena spec yang di jelaskan marketing ternyata tidak sesuai dengan fisiknya. Saya beli mobil untuk operasional perusahaan karena berbeda antara spec yang dijelaskan marketing dengan fisiknya jadinya saya batalkan. Hingga saat ini belum ada niat baik dari PT. Arista Jaya Lestari cabang sunter untuk mengembalikan booking fee sebesar 5Jt. Mohon bantuannya apa yg harus saya lakukan.

 Apa Komentar Anda mengenai Dealer Mobil Wuling?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Sudah 5 Bulan Menunggu Pengembalian Dana dari Dealer Wuling

oleh Fhauzhiy dibaca dalam: 1 menit
17