Masalah Pengiriman J&T

Selamat malam, saya ingin mengeluhkan respons oleh pihak pengiriman J&T.

Pada tanggal 6 Agustus 2023, saya melakukan pembelian barang di Shopee dengan nomor pesanan 2308060WUMRC93, menggunakan pengiriman J&T. Pada tanggal 7 Agustus 2023, paket tersebut dikirim oleh penjual dan telah diambil oleh pihak J&T dengan resi pengiriman JP8620146610. Pengiriman dilakukan dari Jakarta menuju Bogor. Pada tanggal 8 Agustus, paket sudah tiba di Cibinong, dan pada saat itulah paket tidak ada kelanjutannya.

Status pada aplikasi Shopee
Status pada aplikasi Shopee

Singkat cerita, pada tanggal 9 Agustus, saya mencoba menghubungi J&T. Karena estimasi tiba tanggal 10 Agustus 2023, saya disarankan untuk menghubungi kembali oleh Customer Service setelah melewati tanggal tersebut. Saya sengaja menghubungi agar pihak J&T dapat menindaklanjuti paket tersebut sebelum waktu estimasi tiba dan untuk menghindari kendala. Saat ini, paket sudah sampai di Drop Point Cibinong.

Pada hari yang sama atau sehari setelahnya, biasanya paket sudah sampai. Namun, saya tetap menunggu untuk menghubungi selanjutnya sesuai arahan Customer Service, yaitu setelah melewati waktu estimasi pesanan tiba.

Status pada aplikasi J&T

Pada tanggal 11 Agustus 2023, paket saya belum mengalami perkembangan. Saya kembali mencoba menghubungi J&T melalui aplikasi WhatsApp, tetapi tidak ada respon sama sekali, meskipun sudah diupayakan secara berkala. Lalu, saya menghubungi J&T melalui telepon dengan penjelasan bahwa paket akan ditindaklanjuti dan dikoordinasikan dengan pihak lapangan.

WA J&T
WhatsApp J&T

Pada tanggal 13 Agustus 2023, saya mencoba menghubungi J&T kembali. Saya meminta penjelasan mengenai kendala yang terjadi, berapa lama estimasi penyelesaian, dan apakah ada nomor laporan terkait keluhan saya. Namun, tidak ada penjelasan dari pihak J&T mengenai hal tersebut. Nomor laporan hanya didasarkan pada nomor resi dan catatan tambahan diberikan jika terdapat kendala (tanpa kita mengetahui sejauh mana kendala tersebut ditangani). Saya tetap disarankan untuk menunggu.

Pada tanggal 15 Agustus 2023, saya kembali mencoba menghubungi J&T, dan hasilnya tetap sama seperti sebelumnya. Sampai saat tulisan ini dibuat, belum ada tindak lanjut yang berarti.

Saya sudah mencoba menghubungi penjual dan Shopee agar kendala ini dapat segera teratasi. Saya juga mencari informasi di media sosial Twitter, termasuk mengunjungi halaman @jntexpressid. Ternyata, banyak sekali yang mengalami masalah serupa, bahkan ada yang paketnya dinyatakan hilang.

Semoga artikel ini dapat mewakili teman-teman yang mengalami masalah serupa. Bagi calon konsumen, lebih berhati-hatilah dalam memilih jasa pengiriman. Beberapa jasa pengiriman selain ini telah saya coba, dan semua paket sudah saya terima, bahkan yang dikirim pada tanggal 12-13 Agustus 2023, sudah sampai pada tanggal 15 Agustus 2023.

Tolong di-up : Twitter @jntexpressid @ShopeeID @ShopeeCare @sidperdious

Ferdianto Renata
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Masalah Pengiriman J&T

  • 16 Agustus 2023 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Olah ternyata banyak banget keluhan J&T disini. Paket saya dari tanggal 11 agustus sampai hari ini tgl 16 agustus gak jelas ada dimana. statusnya selalu “gagal dalam pengiriman” gada pergerakan selama 6 hari. mo bangkrut jnt wkwkwkwwk

    • 17 Agustus 2023 - (18:44 WIB)
      Permalink

      Amin, kita aminkan saja kalau beneran bangkrut, biar gak ada lagi layanan seperti ini 😆

      • 18 Agustus 2023 - (22:10 WIB)
        Permalink

        Makanya kak gausah pake ekspedisi itu lg, aku mah udh kapok banget. Terakhir nanya ke kurirnya knp pelayanannya bs anjlok gt katanya kekurangan kurir, rekrut lg lah harusnya sekelas j&t masa bs sampe segitunya. Sekarang mah tiap belanja di marketplace selalu ubah jasa pengiriman kalo dapet j&t buru² deh ubah biar aman haha

        • 25 Agustus 2023 - (18:31 WIB)
          Permalink

          sama, kapok nih, itu jg karena lupa ganti, shopee kan harus ganti setelah checkout kalau mau ubah kurir

      • 3 September 2023 - (01:11 WIB)
        Permalink

        Ka setelah dinyatakan hilang uang kita diganti ga ya? Saya order Shopee jnt paket nyasar saya udah tlp 3x tapi udah 4 hari ga gerak itu paket, mana bukan COD, agak lumayan jg harganya

  • 24 Agustus 2023 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama belanja di buka lapak pesanan pertama dri tgl 11 agustus setelah paketan muter muter malah kembali ke seleer dri bekasi ke cianjur sampe saat ini gak jelas

    Belanja ke 2 via buka lapak dari bandung tujuan cianjur ke scan ke jakarta ke scan lagi ke makasar sampe saat ini blum ada pergerakan lgi …pokok nya jnt kacau

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Masalah Pengiriman J&T

oleh Ferdi dibaca dalam: 2 menit
9