Tertipu oleh Penjual Sepeda Motor Listrik Subsidi Pemerintah di Shopee

Saya belanja di Shopee dengan nomor pesanan: 230730BXX166UA, nama toko: fahmirahmayanty22. Produk berupa sepeda motor listrik subsidi pemerintah, seharga Rp1.099.000. Karena dirasa murah, akhirnya saya membeli, dengan persyaratan harus bayar dulu dan inden selama 2 sampai 3 bulan. Sampai di sini saya masih belum curiga dengan tokonya.

Namun setelah melakukan pembayaran, saya sedikit curiga karena saya baca persyaratan dari toko tersebut. Kemudian beberapa hari setelahnya, saya lacak pesanan sedang dalam pengiriman. Namun setelah sampai, ternyata kurir hanya mengirim nomor resi saja, tanpa barang fisik.

Kemudian saya memutuskan untuk tidak menerimanya dan mengajukan pembatalan atau retur. Hanya saja, penjual menyuruh saya agar mengeklik pesanan diterima di aplikasi, agar masuk dalam antrean pengiriman barang fisiknya (sepeda motor listrik). Saya tersadar kena tipu oleh tokonya.

Yang saya kecewa, kenapa pihak Shopee langsung mentransfer ke pihak penjual, sementara pengiriman gagal? Bahkan ada notifikasi di aplikasi bahwa pengiriman gagal. Saya sudah melaporkan bahwa ada indikasi toko tersebut melakukan penipuan. Walaupun sudah ada konfirmasi pesanan diterima, seharusnya pihak Shopee melakukan double cross check. Jangan hanya berpatokan pesan diterima, sementara di aplikasi ada note pengiriman gagal terkirim.

Dana saya sudah tidak bisa kembali, dengan alasan karena saya sudah klik pesan diterima. Yang membuat saya kecewa lagi, toko-toko dengan modus yang sama, bahkan menampilkan gambar molis dan harga yang nyaris sama, serta memakai judul sepeda motor listrik bersubsidi pemerintah, masih ada banyak di aplikasi Shopee. Saya khawatir akan ada banyak korban penipuan lagi seperti saya.

Mohon kejadian ini menjadi pelajaran bagi Shopee, agar lebih teliti lagi dengan toko-toko yang sekiranya terindikasi akan melakukan penipuan. Saya berharap dana yang sudah saya transfer bisa kembali.

Iwan Setiawan
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Tertipu oleh Penjual Sepeda Motor Listrik Subsidi Pemerintah di Shopee

  • 6 September 2023 - (23:17 WIB)
    Permalink

    Bagi kalian semua yang komentar dan membully penulis..
    Ambillah segi positif nya biar kita lebih berhati2 jangan suka menyalahkan orang dimedsos apalagi yg lagi kena mushibah itulah kenapa hidup kalean gak bahagia.

  • 15 September 2023 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami seperti mas iwan ini..hampir mirip kasusnya..knp saya tergiur? Krn ada subsidi pemerintah 7jt ..pdhl motor yg saya beli harga aslinya adalah 8jt jika dipotong 7jt maka hanya tinggal bayar 1jt..siapa yg gak ngeces sampai ngiler dapat motor harga hanya 1jt..tp justru krn ambisi dapat motor murah malah kena tipu 🤣🤣🤣..sontoloyo sekali..seperti mas iwan saya juga bayar 1.099.000..tokonya skr ngilang..mungkin ketabrak sepur entahlah..yg jelas hal smecam ini jadikan pelajran aja..emang nyesek sih..apalgi kalo baca komen yg sok pintar sok bijak sok tau sok gak pernah ketipu..bikin kesel dihati..inginnya dibesarkan hatinya krn habis tertipu eee malah di goblok²in..🤣🤣🤣…yo ws iklhaskan aja mas iwan..doakan semoga sipenipu bahagia hidupnya..

  • 22 Desember 2023 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Saya hampir tertipu dan semoga saja tidak jadi tertipu. Beli motor listrik subsidi dan di chat harus menyetujui preorder untuk antrian 15 hari. Ternyata setelah CO dan setuju, sehari setelahnya ada pengiriman. Seller menyuruh untuk mengklik pesanan diterima. Saat pesananan di kirim oleh sic****t,cuma potongan kardus dengan tempelan resi. Untung ada temen ngingetin mungkin ada indikasi penipuan seller tidak mengklik pesananan selesai, dan segera mengajukan pengembalian dana. Semoga tidak ada kendala dalam pengembalian dana dari toko orange ( Insya Allah saya update kelanjutannya). Semoga kita selalu terlindungi dari oknum seller yang tidak bertanggung jawab.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Tertipu oleh Penjual Sepeda Motor Listrik Subsidi Pemerintah di Shopee…

oleh Iwan Setiawan dibaca dalam: 1 menit
40