Tertipu oleh Penjual Sepeda Motor Listrik Subsidi Pemerintah di Shopee

Saya belanja di Shopee dengan nomor pesanan: 230730BXX166UA, nama toko: fahmirahmayanty22. Produk berupa sepeda motor listrik subsidi pemerintah, seharga Rp1.099.000. Karena dirasa murah, akhirnya saya membeli, dengan persyaratan harus bayar dulu dan inden selama 2 sampai 3 bulan. Sampai di sini saya masih belum curiga dengan tokonya.

Namun setelah melakukan pembayaran, saya sedikit curiga karena saya baca persyaratan dari toko tersebut. Kemudian beberapa hari setelahnya, saya lacak pesanan sedang dalam pengiriman. Namun setelah sampai, ternyata kurir hanya mengirim nomor resi saja, tanpa barang fisik.

Kemudian saya memutuskan untuk tidak menerimanya dan mengajukan pembatalan atau retur. Hanya saja, penjual menyuruh saya agar mengeklik pesanan diterima di aplikasi, agar masuk dalam antrean pengiriman barang fisiknya (sepeda motor listrik). Saya tersadar kena tipu oleh tokonya.

Yang saya kecewa, kenapa pihak Shopee langsung mentransfer ke pihak penjual, sementara pengiriman gagal? Bahkan ada notifikasi di aplikasi bahwa pengiriman gagal. Saya sudah melaporkan bahwa ada indikasi toko tersebut melakukan penipuan. Walaupun sudah ada konfirmasi pesanan diterima, seharusnya pihak Shopee melakukan double cross check. Jangan hanya berpatokan pesan diterima, sementara di aplikasi ada note pengiriman gagal terkirim.

Dana saya sudah tidak bisa kembali, dengan alasan karena saya sudah klik pesan diterima. Yang membuat saya kecewa lagi, toko-toko dengan modus yang sama, bahkan menampilkan gambar molis dan harga yang nyaris sama, serta memakai judul sepeda motor listrik bersubsidi pemerintah, masih ada banyak di aplikasi Shopee. Saya khawatir akan ada banyak korban penipuan lagi seperti saya.

Mohon kejadian ini menjadi pelajaran bagi Shopee, agar lebih teliti lagi dengan toko-toko yang sekiranya terindikasi akan melakukan penipuan. Saya berharap dana yang sudah saya transfer bisa kembali.

Iwan Setiawan
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Tertipu oleh Penjual Sepeda Motor Listrik Subsidi Pemerintah di Shopee

  • 1 September 2023 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Terus kenapa bapak / ibu klik selesai kalo bapak / ibu sudah tahu ini indikasi penipuan

    23
    4
      • 2 September 2023 - (22:57 WIB)
        Permalink

        Awas pak bnyak admin shopee yg atitudenya rendah alias ***** jdi kadang mereka lebih memilih memihak penjual meskipun mereka tau itu penipuan… Dan bapaknya juga ***** mana ada sepeda motor listrik harga 1jt’an

    • 2 September 2023 - (23:43 WIB)
      Permalink

      DI NEGARA INI PENIPUAN ONLINE ITU DI HALAL KAN MANGKANYA GAK ADA YG NAGKEP, NYIDUK??
      SEMUA PENDIRI MARKETPLACE DI NEGRI INI PASTI TAU KALAU ADA SALER SALER MODUS, CUMAN MEREKA TUTUP MATA, GAK PERDULI, MANGKANYA KALAU MAU BELI ONLINE ITU YG pengirimannya COD, kalau gak ada COD nya jangan mau.

      1
      2
      • 3 September 2023 - (10:54 WIB)
        Permalink

        Klo mau belanja barang yg kira… kira harga nya mahal spt HP atau perangkat elektronik / atau barang lain spt sepeda ,mending beli nya di toko hijau aja…lagian juga klo ada orang yg jual barang dgn harga yg gak masuk akal murah nya itu udh pasti penipuan , klo emang udh terlanjur beli ,klik aja perpanjang Garansi SHOPEE sebelum barang di terima ,setalah barang di terima gak usah klik TERIMA PESANAN , sebelum benar benar yakin klo barang yg sudah di beli emang sesuai deskripsi penjual …sekian terima kost an PUTRI

      • 4 September 2023 - (00:09 WIB)
        Permalink

        Di Lajada saya beli Tab, bukan COD. Langsung saya bayar dengan kartu debit yang saya sudah koneksi kan dengan aplikasi.
        Pas datang diterima oleh resepsionist, saya terima dengan baik. Lalu di aplikasi ada notif barang di terima. Seperti biasanya saya digiring ke konfirmasi penerimaan barang, saya klik diterima.
        Setelah saya unboxing ternyata barang tidak berfungsi alias mati total. Saya klik pengembalian barang dan mengisi alasan di kolom yang muncul.
        Kemudian diarahkan ke pick up gratis, alias akan dijemput kembali oleh kurirnya. Langsung dapat nomor resi.
        Ku packing kembali barangnya, besoknya kurir telpon via WA mau jemput barang, saya serahkan ke kurir sambil sama sama ambil foto.
        Pantengin status pengembalian mulai dari status dijemput kurir, diterima gudang, pengecekan sampai proses pengembalian dana. Sampai ke status pengembalian dana selesai, kemudian ada info estimasi tanggal pengembalian dana. Tiga hari dari tanggal estimasi duit saya kembali.
        Jadi kalau di Syopi setelah klik barang diterima nggak bakalan pengembalian dana cerita nya bijimana ya? Klaim nya kek mana?

  • 1 September 2023 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Kalo ibu/bapak tidak minim literasi/cari” info di google, nda bakal kena tipu. Karna sebelumnya sudah ada juga yg kena begini, kalau ter ulang berarti ibu/bapak masih minim informasi.

    Sekian dan terima gaji

    20
    2
    • 1 September 2023 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Mana ada motor harga 1jt? Apakah bapak sedang sadar atau gimana? Abis itu mau koar2 di MK karena di tipu.

      10
      3
  • 1 September 2023 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Susah sih kalau memang sudah klik pesanan diterima, karena dana nya memang otomatis di transfer ke penjual

    12
    1
  • 1 September 2023 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Kenapa masih ada aja yang tertipu dengan begini an… Jngn tertipu dengan iming iming barang murah…!!!!

    10
    1
  • 1 September 2023 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Saya selaku seller juga di Shopee, ada beberapa oknum penipu yg masi berjualan, tapi sangat mudah membedakan mana yg penipu dan yg tidak.. Yg pertama dr review, yg ke dua adalah lama bergabung / berjualan, yg ke tiga harga wajar ( harap hati2 barang sangat murah) .

    Dan saya juga pernah dapat pembeli yg tidak paham belanja online / asal cari murah tetapi tidak membaca deskripsi produk. Hanya melihat foto. Secara garis besar suatu contoh, klu kita mau beli mie instan, kan digambar nya ada telor ceplok dan ayam berserta sayuran, tetapi yg kita beli pada wktu dibuka hanya mie yg belum matang dan bumbu instant dalam kemasan, nah klu dapat cust seperti ini yg tidak paham online udah dipastikan dapat ⭐1 dan jika ditanyakan alasannya, tidak sesuai foto🤣🤣

    20
    1
    • 2 September 2023 - (06:55 WIB)
      Permalink

      Jam terbang belanja online nya belum tinggi, sudah tau bakalan ketipu masih aja klik pesanan selesai.ya otomatis dana ketransfer ke seller

  • 1 September 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Maaf, saya hanya bisa komentar:
    1. Pertama, kok bisa orang tinggal di jakarta beli sepeda listrik via online, seandainya saya, pasti saya beli via offline, karena seller sepeda listrik banyak bertebaran di Jakarta. Beda dengan saya yang tinggal di Sulteng.
    2. Kedua, setuju dengan penulis, seharusnya memang pihak Shopee lebih selektif dan tegas menindak segala macam penipuan dan kecurangan baik yang dilakukan oleh penjual maupun pembeli.

    11
    2
  • 1 September 2023 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Mana ada sepeda motor listrik harga 1jt. Dr situ aja uda ketahuan. Hih kok ya ga nyadar.

    6
    1
  • 1 September 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Turut berduka atas musibah penipuan yg dialami, semoga ada jalan keluarnya.
    Bagi kita yg baca bijak jadikan ini pelajaran, bahwa apapun alasan seller jangan pernah klik pesanan diterima. Seandainya tidak diklik, dana masih di shopee, sangat mudah kembali ke pembeli, namun saat sudah diklik, dana langsung dilepaskan ke penjual, kan ada konfirmasi seperti itu saat kita klik pesanan diterima.

    Seller penipu emang ada aja, mulai yg nipu dari harga receh sampe jutaan ada, sebagai pembeli apa boleh buat, kita yg mesti hati2.
    Bismillah semoga gak ada lagi yg kena tipu..

    8
    1
  • 1 September 2023 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Maaf kalo sy salah…
    Setau saya memang kalo pake jalur subsidi butuh waktu lama utk verifikasi…
    Pembayaran sejutaan itu untuk uang muka… Terus di ajukan utk dpt subsidi..
    Jangan buru buru menuduh penipu… Jangan jangan kitanya yg gak faham…

    3
    8
  • 1 September 2023 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Biasanya kalau ngirim barang yg berat seperti itu misalkan kirim mobil yg di kirim ke pembeli memang hanya selembar surat saja supaya ongkir murah untuk selembar kertas nah nanti tinggal mengirim barangnya.

    Atau tempat tidur sama di kirim surat jalan aja.barangnya nyusul.kalau masalah yg ini ga tau deh antara iya dan tidak harusnya di perpanjang garansinya

    4
    2
  • 1 September 2023 - (19:51 WIB)
    Permalink

    kalau click selesai, itu berarti pesanan telah sampai, telah di cek benar dan sesuai pesanan!!!!
    dan dengan sadar pembeli menyetujui “kalau pembelian telah sesuai pemesanan” ….
    inti nya “click selesai berarti pembeli dengan sadar , tanpa paksaan dan atas kemauan sendiri telah memberikan perintah ke marketpalce untuk menyerahkan uang penjualan ke penjual !! “.

    saya hanya menjelaskan saja disini 🙏🏻 kenapa dana di teruskan ke penjual ….

    mohon maaf dan terima kasih 🙏🏻

    8
    1
    • 3 September 2023 - (07:36 WIB)
      Permalink

      Setuju.. kesalahan terletak pada pembeli, kenapa di marketplace banyak penjual model begini karena memang sifat manusianya yg mau cari keuntungan dg segala cara termasuk pembeli si.. hal yg gak masuk akal di tambah keinginan = matinya kewaspadaan.
      Unt pihak marketplace sdh bener melakukan blokir ke seller, kenapa dana di transfer ? Krn pembeli klik pesanan di terima (never klik it when you not rcvd)

  • 1 September 2023 - (20:03 WIB)
    Permalink

    sepertinya anda minim info ttg molis subsidi, memang beberapa terlihat harga motor jika dihitung setelah subsidi bisa 1jtan tetapi coba buka sisapira dot id ini punya pemerintah dan cek kembali harga motor plus cara mendapatkannya serta syarat²nya setau saya yg termurah dan sudah on the road jakarta seharga 5,5jt, jdi mohon teliti sebelum membeli dan teliti sebelum menelaah berita dari media apalagi tentang subsidi/intensive krn jika tidak akan dimanfaatkan oleh orang yg tidak bertanggung jawab, disisapira jelas diberitahukan datang ke dealer terdekat berati bukan melalui online, apalagi nik yg dikirim (nomer + foto) bisa disalah gunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab, jika datang ke dealer langsung maka pendaftaran akan dilakukan oleh dealer ke sisapira (melalui akun dealer, krn yg bisa login ke sisapira hanya dealer saja).
    Setelah penggajuan diterima maka ada jaka waktu untuk verifikasi dan baru dana disalurkan, baru setelah itu motor + kita membayar uang sisa harga motor sesudah subsidi (misal sterrato harga setelah subsidi 5,5jt ini yg dibayarkan tidak ada dp) dan motor dikirim kerumah (buat catatan dari pendaftaran ke verifikasi sampai tersalurkan bisa memakn waktu 2-3bulan lamanya)

    4
    1
  • 1 September 2023 - (22:26 WIB)
    Permalink

    Kalau belum terima kenapa klik terima? Ada2 aje. Apalagi sdh sadar mau ditipu. Tau ahh….

  • 1 September 2023 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Molis itu harus langsung offline ke dealer untuk daftar inden/preorder dengan uang panjar (DP). ini gimana sih? kan udah dibilang kalau yang subsidi pemerintah itu musti OFFLINE!

    @ShopeeID
    Ini ada-ada aja, gak difilter apa yang masuk jadi seller macam kek gini? jangan ambil untungnya doang dari komisi penjualan dong!

  • 2 September 2023 - (06:48 WIB)
    Permalink

    dri nickname tokonya ajaa udh ketauan nama org bukan nama instansi/perusahaan, itu toko buat selewat selewat aja. Modal fake review Bintang 5 ,udh nipu bnyk org hpus akun kabuuurrrrr!!
    peka lah..

  • 2 September 2023 - (07:10 WIB)
    Permalink

    Shopee ga salah karena sudah sesuai SOP klik pesanan selesai dana langsng trf balik,,,beda ama tiktok shop bisa 6 hari ajukan pengembalian,,jadi ini murni kelalaian anda sndri sih,,kita juga ga tau seller nya nipu apa nggak karena sudah di chat akan d kirim 1-2 bulan artinya sudah terlepas dari garansi shopee ya klo 1-2 bulan

  • 2 September 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Aduh pak semoga tidak terjadi lagi. dari pihak Shopee juga kenapa selalu ga ketat dalam pembuatan akun penipuan seperti ini. ditambah lagi ga ada bentuk tanggung jawab apapun atas kelalaiannya ini, harusnya korban dikompensasi voucher diskon atau bikin satu tab “awas penipuan” di web shopee dengan mencantumkan berbagai modus penipuan2 yang sudah benar kejadian seperti di bapak ini supaya pembeli lain lebih terdidik. masa sudah terjadi, dilewatkan saja begitu, tujuan shopee ini dapat fee komisi dari transaksi saja kah? ga peduli itu real atau penipuan?

    • 3 September 2023 - (07:43 WIB)
      Permalink

      Marketplace gak mungkin melotitin satu persatu seller, di dunia nyata aja yg semuanya serba lengkap bisa terjadi penipuan apalagi di online.. marketplace cuma memfasilitasi terjadinya jualbeli bukan bertanggung jawab thd asli tidaknya produk, diterimanya produk dll, kalo terjadi masalah pembeli harus pintar unt tdk mengklik menerima barang.. dan ajukan komplain (dg bukti yg cukup) maka dana pembeli bisa di kembalikan kalo tidak ya wasalam … Begitu juga banyak pembeli yg melakukan kecurangan bilang produk gak sesuai dll dan ketika retur barang jg berbeda..makanya pembeli maupun penjual harus siap bukti yg lengkap

  • 2 September 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Salam TS Iwan. Kami sungguh turut prihatin dengan masalah penipuan yg dialami kakak. Sebenarnya, ada beberapa Threat / Kasus Penipuan Motor Listrik yg terdokumentasi dgn jelas di mediakonsumen ini (Kasus yg sebelumnya terjadi, dialami oleh TS Parman : https://mediakonsumen.com/2023/07/01/surat-pembaca/penipuan-molis-motor-listrik-subsidi-pemerintah-oleh-penjual-di-shopee/comment-page-2#comments) .

    Kami Financial Audit Watch, sudah memberikan wanti2 di kolom komentar ttg bagaimana mekanisme curang pre order motor listrik ini. Baik dr dealer (yg ada pada case TS Parman) dan penipu, keduanya melakukan modus operandi curang : Preorder Tidak Sistematis di Shopee (Seller menjual Kertas Invoice Dengan Sistem Langsung, bkn Pre Order), Tidak Menerima Pembatalan Pre Order di Luar Sistem Shopee (Sehingga Jika Pembeli mengajukan Pembatalan, Dana Tidak Akan Dikembalikan oleh Seller). Jika ingin info lengkap, kak TS Iwan dan rekan2 medkom lain bisa mereview opini kami di kolom komentar kasus di atas.

    TS iwan dan rekan2 medkom, perlu diketahui bahwa verifikasi subsidi molis hanya membutuhkan waktu 2 pekan (https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230901113436-603-993409/verifikasi-data-pembeli-motor-subsidi-rp7-juta-cuma-2-pekan). Nah pertanyannya
    1. Jika setelah dua pekan, ternyata pembeli tidak berhak menerima subsidi, apakah dana akan dikembalikan via transfer oleh penjual?
    2. Jika penjual berkelit, dan berakhir menambah masa tunggu hingga 2-3 bln, bahkan menambah lg hingga lbh dari 6 bln, apakah molis akhirnya beneran dikirim oleh penjual?
    3. Apakah penjual komunikatif thd keluhan inden pembeli?
    Jawaban ketiga pertanyaan di atas jelas : TIDAK, Dana Tidak Akan Dikembalikan, Molis Tidak Benar2 Dikirim, Penjual Tentu Tidak Komunikatif.

    Sebagai bagian dr ekosistem core ecommerce dr pemerintahan, Kami tentunya sangat menghargai dan menghormati seller khususnya seller shopee. Namun tidak untuk seller satu ini dlm kasus TS iwan dan TS parman. Bahkan pada kasus sebelumnya di TS parman, kami sudah mengklarifikasi situasi TS dan korban lain, hasilnya : PENJUAL TIDAK MENGEMBALIKAN DANA PEMBELI SETELAH PEMBEBLI MEMBATALKAN PRE ORDER, BEBERAPA PENJUAL VALID MELAKUKAN FAKE ORDER DGN REVIEW POSITIF.

    TS Iwan dan rekan2 medkom, kami selalu berusaha mengedepankan saran dan solusi pada komentar2 kami. Keteledoran karena awam dan keinginan, kami anggap itu wajar dan musibah bg TS. Namun Penghakiman dari Kami, hanya benar2 ditujukan pada oknum jahat yg jadi akar masalah TS.

    Terakhir, kami berharap people power. Baik TS Iwan, pembeli yg merasa jd korban maupun rekan2 medkom lain sekiranya Bisa saling menginfokan akun toko mana saja yg berkaitan dengan subsidi motor listrik. Rekan2 bisa mengetikkan info (Nama Toko – Nama Ecommerce) di kolom komentar bawah. Kami bantu melakukan mapping-validasi-justifikasi dan report ke otoritas jika terbukti fake. Mohon bantuannya. Cmiw 🙏

    7
    2
  • 2 September 2023 - (19:56 WIB)
    Permalink

    [ Walaupun sudah ada konfirmasi pesanan diterima, seharusnya pihak Shopee melakukan double cross check. Jangan hanya berpatokan pesan diterima, ]

    jika setiap pembeli klik pesanan selesai, terus dana ditahan oleh shopee tidak langsung diteruskan ke penjual, pasti penjual akan marah2 dan bikin surat pembaca. serba salah jadinya.
    yg jelas tombol klik pesanan dilakukan secara sadar oleh pembeli tanpa paksaan.

  • 2 September 2023 - (20:53 WIB)
    Permalink

    dulu hp gw nokia jadul x2_02 os Java, beli food processor philip di webstorenya buka pake operamini, lancar jaya barang sampai dirumah. Bandingkan dg Ts yg pakai smartphone buka aplikasi shopee beli barang kena tipu, kenapa gk belajar dulu cara pakai smartphone? kan bisa buka yutup, forum, liat berita, review2 motor yg akan dibeli termasuk syarat2nya. males…

    3
    1
  • 3 September 2023 - (01:52 WIB)
    Permalink

    Ya kalau sudah di klik “Pesanan Diterima” Artinya pembeli dengan sadar menyatakan bahwa barang sudah sampai, sudah dicek, lengkap & berfungsi dengan baik. Harusnya kalau mau retur ya jangan klik “Pesanan Diterima”, harusnya sih klik menu “Ajukan Pengembalian Barang”

  • 3 September 2023 - (13:09 WIB)
    Permalink

    1. Jelas pembeli salah karena klik pesanan diterima, ya ga bisa menyalahkan tapi mengingatkan aja.
    2. Shopee seharusnya bisa filter penjual2 penipu seperti itu, sekarang juga banyak hp2 palsu bertebaran di shopee walau sudah dilaporkan tetep masih aktif yang menjual
    3. Sebagai pembeli jangan cuma liat review2 bintang 4-5 aja, liat yg jeleknya karena sekarang banyak order fiktif dan bisa buat review sendiri.

  • 5 September 2023 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Sudah tidak usah saling menyalahkan..anggap az uang les belajar pengalaman hidup..kalau masalah kena tipu saya yakin semua prnh mengalami tmsk saya..katakan kamu rugi 1jtaan..tp krn les pengalaman hidup..dikemudian hr ,kmu akan terhindar dr kerugian puluhan atao ratusan jt..krn sy prnh ngalamin..rugi sedikit tdk apa, asal terhindar dr kerugian yg besar..pengalaman hidup tdk ternilai harganya..tetap semangat kaka..kalau dipikirkan trs kt yg rugi..stress berat..

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Tertipu oleh Penjual Sepeda Motor Listrik Subsidi Pemerintah di Shopee…

oleh Iwan Setiawan dibaca dalam: 1 menit
40