Sulitnya Mengurus Surat Keterangan Lunas atas Kendaraan yang Sudah Dikembalikan 2 Tahun yang Lalu

Dear BCA Finance,

Saya nasabah BCA Finance yang sedang mengalami masalah dengan BCA Finance. Nomor kontrak saya: 9580008733001. Pada tanggal 5 Agustus 2023 kemarin, saya dan istri berniat mengajukan kredit di salah satu bank. Namun begitu mau proses, kami dikabari bahwa ada tunggakan di BCA Finance yang belum diselesaikan sejak 2 tahun yang lalu, yang menyebabkan skor kredit saya jelek. Hal itu menyebabkan proses kredit kami tertunda.

Bagaimana bisa saya ada tunggakan sejak 2 tahun lalu atas pembelian unit mobil. Sementara unit mobil sudah dikembalikan 2 tahun lalu dan sudah serah terima. Unit mobil sudah dikembalikan ke BCA dan dari pihak BCA sudah memberikan surat serah terima ke saya. Semua urusan masalah pembayaran dari BCA sudah menyatakan selesai semua. Tiba-tiba saya kaget karena masih ada tunggakan yang belum dibayar sejak 2 tahun lalu. Bagaimana bisa? Mengapa BCA tidak kasih info selama 2 tahun ini?

Saya sudah ke BCA cabang, berniat untuk menyelesaikan semua tunggakan dan meminta surat pernyataan, kejelasan tentang adanya tunggakan tersebut. Ternyata dari pihak cabang Jogja belum bisa memproses, harus membuat surat pengajuan dulu. Saya sudah mengikuti prosedur, tanggal 11 Agustus 2023 saya sudah membuat surat pengajuan, sudah email Halo BCA, WhatsApp BCA pusat, menyertakan SLIK dari OJK.

Namun pihak Halo BCA malah menyuruh saya datang ke cabang. Sementara dari pihak cabang harus menunggu mereka, karena tidak punya akses, dan menyarankan lewat email. Akhirnya saya hanya dilempar ke sana kemari. Ke mana saya harus mengadu??

Tanggal 16 Agustus  2023, saya follow up lagi ke cabang. Pihak cabang menyatakan masih dalam proses, dan saya disuruh menunggu. Terakhir sudah hampir satu bulan berlalu, email, Halo BCA dan cabang belum ada respons. Saya sudah bolak-balik datang ke cabang, tapi jawaban mereka tetap sama harus menunggu, belum bisa diselesaikan karena tidak punya akses. Benarkah saya harus menunggu 2 bulan baru ada kejelasan? Harus berapa lama saya menunggu?

Saya mohon dengan sangat untuk segera merespons permohonan saya melalui cabang Jogja sejak tanggal 11 Agustus 2023, melalui Halo BCA dan email. Karena masalah ini, kredit saya jadi tertunda dan sangat merugikan saya, baik materiil mau pun non materiil. Respons BCA Finance dalam hal ini bisa dibilang lambat. Saya membutuhkan Surat Keterangan Lunas atau pernyataan tentang tunggakan tersebut, agar bisa segera kami selesaikan.

Terima kasih. Hormat saya,

Muh. Ikrimashabri
Yogyakarta, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sulitnya Mengurus Surat Keterangan Lunas atas Kendaraan yang Sudah Dikembalikan 2 Tahun yang Lalu”

Menanggapi keluhan Bapak Muhammad Ikrimashabri melalui Rubrik Surat Pembaca www.mediakonsumen.com pada tanggal 10 September 2023 dengan judul “Sulitnya Mengurus Surat...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Sulitnya Mengurus Surat Keterangan Lunas atas Kendaraan yang Sudah Dikembalikan 2 Tahun yang Lalu

  • 10 September 2023 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Ceritanya itu pas kredit mobil kreditnya macet terus ditarik oleh bca atau gimana? Kl spt itu ceritanya ya bisa jadi sliknya jelek karena pernah macet. Atau mungkin ada pembaca yg bisa memahami cerita ts 😀

    7
    1
    • 11 September 2023 - (06:30 WIB)
      Permalink

      Ini anda harusnya malu nulis keluhan seperti ini ke media konsumen. Sudah jelas kredit anda pernah macet di BCA finance, artinya Skor kredit anda di SLIK jelek… maka anda gak bakal di kasih kepercayaan sama lembaga keuangan lain.

      Terlepas mobilnya sudah ditarik sama BCA finance, tetap saja tidak bisa merubah skor kredit anda di SLIK OJK.

      Ketika mobil anda ditarik sama BCA finance, itu artinya anda sudah wanprestasi tidak mampu melunasi hutang…

      Tentu saja BCA finance akan memberikan skor jelek di SLIK, karena anda telah merugikan BCA finance. Mobil yg ditarik kalau dijual kembali harganya belum bisa menutupi utang pokok+biaya operasional BCA finance. Kecuali saat kredit anda macet, saat itu penyelesaiannya anda melunasi keselurahan hutang secara langsung, bukan mobil ditarik leasing.

      Menurut saya saat ini BCA finance memang sengaja mempersulit dengan melempar anda kesana kemari, seolah olah mereka ingin balas dendam dan ingin berkata pada anda: “Lu dulu hutang ke kami dan mempersulit kami dengan gak mau bayar, jangan harap lu bisa hutang lagi ke lembaga keuangan setelah ini”.

      8
      4
      • 11 September 2023 - (08:02 WIB)
        Permalink

        Saya Sudah Nulis keluhan dan pengajuan kecabang kk, ini 2 tahun lalu Mobil dikembalikan ke BCA, Pas Covid itu, Daripada telat bayar jdi saya kembalikan saja, Dengan lelang, Dari BCA bilang akan kasih info lewat email, atau kontak hasil lelang, dan apabila ada sisa pembayaran yg harus dibayarkan. Hampir 2 tahun belum ada info,saya pernah tanya juga sama kolektor yg ambil mobil, Katanya sudah selesai semua, tidak ada lgi yg harus dibayarkan. Tapi tahun Saya BI ternyata masih ada tunggakan 231 ribu selama 2 tahun ini.

    • 11 September 2023 - (07:59 WIB)
      Permalink

      Mobil nya dikembalikan, dengan Lelang, Apabila ada kekurangan Pembayaran dari hasil lelang, BCA akan email atau info ke saya, Tapi 2 belum ada info, saya tanya ke kolektor yg ambil mobil katanya, tidak ada lagi yg harus di bayarkan, kalau tidak di info dari BCA. Nah Tahun ini Saya BI ternyata masih ada yg harus di bayarkan 231 ribu.

    • 11 September 2023 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Kykny gitu sih
      – kalo di kembalikan / ditarik leasing meskipun dpt tanda Terima & bukti penyerahan, kalo ada tunggakan ato telat bayar pasti berpengaruh di slik nya jadi jelek, meskipun sudah dianggap selesai dikembalikan.
      Kecuali cicilan bulan berjalan & denda sudah di bayar & sngaja mau baru proses di balikin unitnya…

      • 11 September 2023 - (11:11 WIB)
        Permalink

        gak telat bayar, dan gak ada denda, Emang murni Ikut lelang. Dari Pihak BCA, Katanya Mau info atau email, Hasil Lelang, Tapi sampai sekarang Belum di info. Saya tanya Ke kolektor nya Sudah Selesai.
        tapi Pas Saya BI, Ternyata Masih ada yg hrus dibayarkan itu 231 ribu. Saya Mau bayar, Cabang Belum Punya Akses.

      • 11 September 2023 - (11:12 WIB)
        Permalink

        Kemungkinan Hasil Lelang Masih Kurang, Jdi masih ada sisa yg harus dibayarkan.

    • 12 September 2023 - (04:15 WIB)
      Permalink

      susah sudah kalo udah kredit gagal atau gk selesai, di kesana kemariin, dan juga para tim finance males nge acc pinjaman lagi,
      saya saranin hubungin sales finance yg meng acc pengajuan mobil bapak dlu, kasih duit biar bisa ngurusin kredit gagal bapak..

      klw gak bisa juga , pengajuan pake nama adik atau kaka klw emng terpaksa, karena saya pake nama adik buat melakukan pinjaman krn nama saya sudah dipake dan msih jalan kreditnya..

  • 10 September 2023 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan karena pernah bermasalah (pernah nunggak) dengan kredit yang sebelumnya.. jadinya sliknya jelek kak.. itu riwayat kredit kita kak, alias jejak kita. Kalo kita pernah nunggak, ya kita kehilangan kepercayaan dari orang lain yang akan meminjamkan uang ke kita kak.

    😭😭

    2
    1
    • 11 September 2023 - (08:07 WIB)
      Permalink

      2 Tahun lalu mobil saya balikin kak, Ikut lelang. Dari BCA katanya akan info apa bila ada yg harus dibayarkan lgi, atau kekurangan pembayaran dari hasil lelang, Nah sudah lama gak ada info atau kontak dari BCA nya. Sudah Saya tanya juga, Sama kolektor yg ambil mobil Katanya gak ada lgi yg harus dibayarkan, Sudah Selesai. Tau2 nya thun ini Saya BI ternyata Masih ada yg harus dibayarkan atau kekurangan dari hasil lelang itu. Sebesar 231 ribu tpi sejak 2 tahun lalu

      • 11 September 2023 - (18:20 WIB)
        Permalink

        Mobil memang sudah di kembalikan tetapi kakak sayang histori kredit nya pernah nunggak mungkin itulah penyebab nya slik jadi jelek. Bukan masalah mobilnya di kembalikan kapan.

  • 10 September 2023 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Kalau melihat sekilas kejadiannya, ada kemungkinan nilai objek kredit (mobil) yang dikembalikan ke BCA Finance nilai/ harganya masih dibawah sisa pokok hutang, jadi pemohon kredit masih punya tanggunggan untuk menutup/ membayar selisih tersebut.

    2
    1
    • 11 September 2023 - (08:11 WIB)
      Permalink

      ya bener kk. Kemaren pas ikut lelang itu, Dari Kolektor dan BCA cabang sini, Akan kirim surat atau email hasil lelang, Apabila ada kekurangan pembayaran. nah sudah lama belum ada info,email juga, saya tanya ke kolektor nya, katanya sudah selesai semua tidak ada kekurangan lgi. Tapi 2 tahun berlalu saya BI ternyata masih ada kekurangan 231 ribu, yg belum dibayarkan sejak 2 tahun lalu.

    • 11 September 2023 - (18:18 WIB)
      Permalink

      Pasti kurang soalnya tau sendiri kan kalo total harga kendaraan kredit segimana itungan nya, apalagi mobil cuman di lelang yang harganya pasti jauh dari total harga kredit nya,

  • 10 September 2023 - (23:55 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan mbl yg di kembalikan terjual atau di lelang tdk sesuai dgn jumlah hutang di bca finance, kemungkinan termasuk kredit bermasalah

    1
    1
    • 11 September 2023 - (08:14 WIB)
      Permalink

      ya benar kk. Dari BCAnya Bilang Akan dikasih Info atau emali hasil lelang, apa bila ada kekurangan. Sudah saya tunggu lama tpi belum ada info lewat email atau kontak kk.
      Saya tanya ke kolektor yg ambil mobil, katanya sudah Selesai semua. Tinggal Nunggu Surat Lunas saja dari cabang, tpi 2 tahun belum ada info juga, Saya BI ternyata masih ada yg hrus dibayarkan 231 ribu, sejak 2 tahun. yg bikin kredit scorr jelek

  • 11 September 2023 - (05:12 WIB)
    Permalink

    pernah kredit dan gak mampu bayar sampai selesai, sekarang malah mau pengajuan kredit lagi.

    1
    5
    • 11 September 2023 - (08:18 WIB)
      Permalink

      hallo kk sayang,Saya sudah Berusaha Bayar kk sayang. Mobil ikut Lelang, BCA akan Info lewat email atau kontak, Apabila ada kekurangan, Saya menunggu lama belum ada indo, saya tanya kolektor nya katanya suda selesai semua.Tapi 2 tahun saya BI ternyata masih ada yg harus dibayarkan sebesar 231 ribu.

      Kalau tau pun mesti saya selesaikan secepat mungkin

  • 11 September 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Biar Netizen Gak Pusing.
    Ceritanya begini
    Saya Ambil Mobil Lewat BCA Finance. Karena Covid, Tour dan wisata Tutup, Daripada saya telat bayar, Mending Mobil Dibalikan Ikut Lelang Di BCA. 2 Tahun Lalu Mobil Dilelang, Dari Pihak BCA Menyatakan, Akan ada Surat Atau Email Mengenai Hasil Lelang Mobil, Atau kemungkinan ada sisa Pembayaran Jika Hasil Lelang Belum mencukupi
    Sudah Lama Sekali Tidak ada Surat Atau Email Dari BCA, Saya Tanyala Ke kolektor nya yg Ambil Mobil, Katanya Sudah Selesai Semua tidak ada yg harus dibayarkan lagi.

    Nah Kirain Kita sudah selesai semua nie, Ternyata Pas Saya BI, Masih ada Yg belum dibayarkan 231 ribu, Di BCA Finance, sejak 2 Tahun Lalu. Bukanya saya tidak mau bayar Saya Taunya pun setelah BI.
    Saya Sudah Kecabang Untuk Membayar, Dari BCA cabang, Tidak bisa langsung proses, harus Bikin surat pengajuan kepusat dulu.
    Dari tgl 11 Agustus saya sudah mengajukan, Tapi belum ada infonya juga.
    Saya cuma butuh surat lunas, dan Kalaupun masih ada tanggungan, biar segera saya selesaikan. Tapi Dari Pihak Cabang Jogja Gak punya Akses, Harus Nunggu Pusat.

    • 11 September 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Karena skema pembayaran model anuitas (bunga dibayar didepan) ditambah dengan tenor yang panjang, menjadikan mereka yang terkena masalah pada awal angsuran (< 1/2 Tenor) akan sangat besar nilai sisa pokoknya dan bisa jadi sisa pokok hutang lebih besar daripada nilai unit kendaraan belum ditambah dengan biaya penarikan unit dan polis asuransi saat awal kredit.

    • 29 September 2023 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Kbnyakan yg komen pada menghakimi ts dan kluar tema…
      Menurut saya sih apa yg di lakukan ts di jalur yg sesuai dan beritikad baik… mnyadari kondisi yg sedang sulit, segera mngambil jalan agar di lelang…. ts pun sedia membayar kekurangan jika hasil lelang blm cukup menutupi sisa pinjaman…bukan nunggak2 dan mmpertahankan jaminan tdk mau di tarik spt kbanyakan…

      Yg di permasalahkan ts bukan soal skor kredit slik, tapi srt keterangan lunas…. ‘kekurangan’ bca mngkin tdk menginformasikan dan menagih sisa kekurangan yg hny bbrp ratus rb tsb…
      ‘kekurangan’ ts tidak meminta SKL pada saat di beri info kl lelang beres dan cukup…
      Mmg, biasanya jarang finance jarang mmberi SKL jika tdk di minta… baiknya sll mnta SKL, krn kadang2 acuan catatan kredit bukan hanya di lihat dr slik ojk, tpi ada lagi… (sy lupa asosiasinya… perfindo kl ga slh)..
      Pengalaman pribadi, pernah kredit rumah yg 10 thn lalu lunas, tpi masih tercatat blm lunas…

  • 11 September 2023 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Itu histori kredit macet yang sebelumnya, dan peringatan untuk penyedia kredit yang lainnya, ya ada sebab ada akibat jadi memang itu sudah aturannya,

  • 13 September 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    jadi melebar yaa hehehe, intinya TS hanya ingin membayarkan sisa hutangnya dan sampai saat ini terkendala karna tidak ada akses ke pusat dan harus menunggu info dari cabang, begitu loo. kayaknya emang TS tidak ada kredit jelek, dan sdh bagus ada insiatif ikut lelang, yang mana sudah untung juga dari bank dari lelang tsb.mungkin ada miss aja jadinya ada kredit skor jelek di slik

 Apa Komentar Anda mengenai BCA Finance?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Mengurus Surat Keterangan Lunas atas Kendaraan yang Sudah Dik…

oleh Muhammad dibaca dalam: 1 menit
24