Masalah Pengiriman Kurir Rekomendasi Tokopedia

Kepada Tokopedia, selaku penyedia aplikasi jual beli online yang sudah saya pakai dari lama. Baru kali ini saya menggunakan kurir yang direkomendasikan oleh pihak Tokopedia, yang mana kurir tersebut adalah ID Express.
Pesanan saya dengan nomor invoice: INV/20230901/MPL/3433475049 dan nomor resi: TKP01-F0LHGTJK, yang saya pesan tanggal 1 September 2023, estimasi barang diterima yaitu antara tanggal 3-5 September 2023.

Namun saat saya lacak pada tanggal 2 September 2023, posisi pengiriman yaitu keluar dari sorting center Jakarta Barat (MH Jakarta Barat). Hingga batas waktu yang ditentukan yaitu tanggal 5, barang belum diterima. Akhirnya saya ajukan komplain di Pusat Resolusi Tokopedia.

Pihak Tokopedia menyarankan menunggu 4 hari untuk investigasi dari kurir. Hingga tulisan dibuat tanggal 10 September 2023, sudah 5 hari, Melebihi dari estimasi yang diberikan oleh Tokopedia. Jawaban dari Tokopedia Care saya hanya disuruh menunggu, karena masih dalam tahap investigasi pihak ekspedisi, tapi tidak dikasih tahu sampai kapan.

Jika memang barang hilang, silakan refund nominal yang sudah saya bayarkan, dan hapus ID Express dari kurir rekomendasi karena tidak profesional dalam pengantaran barang. Pertimbangkan kembali penilaian Tokopedia dalam memilih kurir rekomendasi. Karena harga yang harus dibayarkan ke kurir rekomendasi lebih mahal dari ekspedisi lainnya yang biasa. Terima kasih.

Moh. Ilham Ariyanto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Masalah Pengiriman Kurir Rekomendasi Tokopedia

  • 12 September 2023 - (11:41 WIB)
    Permalink

    kurir rekomendasi ini ide gagal. gonta ganti kurir, lama sampenya. orderan saya dikirim pakai id express malah ga sampe. ga jelas bgt.

    • 12 September 2023 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Pantes… sekarang kalau ada yg beli di tokopedia larinya ke id express…
      Bingung harus nge drop off dimana…
      🤔🤔🤔

    • 12 September 2023 - (15:55 WIB)
      Permalink

      Ini malah ganti jadi 7 hari untuk di tindak lanjuti .. sampai saat ini toko ijo bilang menunggu respon dari kurir .. kan aneh .. harus berqpq lama lagi saya nunggu?? Nanti nunggu lagi buat pengembalian dana kurang lebih 2 X 24 jam, bisa lebih

      • 12 September 2023 - (16:59 WIB)
        Permalink

        Sebenarnya masalah seperti ini banyaknya konsumen yang ngalamin, cuma mungkin malas aja komplainnya karena seolah-olah diharapkan dengan robot / mesin penjawab dari aplikasi penyelenggara belanja online..
        Saya juga pernah ngalamin kejadian seperti ini (dipaksa menggunakan kurir rekomendasi dari tokopedia). Kurir rekomendasi ternyata kurir yg berganti-ganti, yg jemput beda dengan yang ngirim, beda juga dengan yang ngantar, suka-suka mereka sehingga estimasi diperpanjang terus, shukur barangnya tidak rusak/hilang.. Ketika tokopedia dimintai pertanggungjawaban, terkesan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kurir yang nota bene kita penerima paket tidak tahu kurir apa (karena gonta-ganti kurir).
        Sampe-sampe saya tidak mengharapkan paket tsb lagi biar rugi aja dari pada habis waktu ngurusin paket tsb.
        Sekitar kurang lebih 2 minggu paket tsb diantar oleh kurir tapi saya keburu menghapus aplikasi tokopedia dan tidak pernah belanja lagi di tokopedia..
        Harusnya pihak tokopedia tidak sok memberikan kurir rekomendasi kepada konsumen, ternyata rekomendasi tokopedia memang untuk merugikan konsumen, bayangkan dana yang mengendap di rekening tokopedia bisa berbunga besar dari beberapa konsumen yang mengalami masalah seperti ini.
        Terimakasih…

        • 12 September 2023 - (20:02 WIB)
          Permalink

          Harga kurir rekomendasi jauh lebih mahal dari pada kurir lainnya beda bisa 10rb rupiah .. meskipun gratis ongkir karena berat total yang lebih dari 1KG dan maksimal gratis ongkir hanya 20rb lumayan kan kalau di hitung”. apakah nasib tokopedia nantinya sama dengan J*.ID atau B*kal*p*k?? Yang sepi, karena sudah habis bakar” duit kemaren .. rencana memang habis ini saya hapus aplikasinya, masih banyak toko online lainnya yang lebih baik

        • 13 September 2023 - (08:56 WIB)
          Permalink

          Kirain sy doang yg ngalamin kurir rekomendasi yg ga rekomendasi,semenjak kejadian itu sy enggan blanja di toped,lebih enak toko oren

          • 13 September 2023 - (23:25 WIB)
            Permalink

            Rencana kalau dana sudah kembali memang bakalan uninstall toko ijo ini, pindah ke toko orange, laz*da atau t*kt*k shop aja

        • 24 Februari 2024 - (16:04 WIB)
          Permalink

          Saya dapat kiriman pake kurir rekomendasi Tokopedia, di tracking barang sudah sampai di sortir J&T pagi hari. Sorenya saya datang ke J&T mau saya ambil paketnya begitu sampai di J&T malah pegawainya bingung karena no resi tidak bisa dilacak karena tidak sesuai dengan resi J&T. Saya tanya penjual katanya suruh tunggu dikirim kurir karena resi kurir Tokopedia tidak bisa diakses sama J&T. Sekarang saya kapok dan Muak Sama kurir rekomendasi Tokopedia Karena kiriman tidak jelas dimana dan tidak sesuai tracking di aplikasi.

    • 10 Oktober 2023 - (20:44 WIB)
      Permalink

      Bner skali bang seenaknya sendiri ubah2 kurir yg biasanya sy pakai si cepat kurir rekomendasi buat pick up tiba2 pengambilan jadi idexpress harusnya ada pilihan untuk seller memilih.

  • 12 September 2023 - (16:13 WIB)
    Permalink

    emang tergantung daerahnya ya, selama ini saya pke id express sebagai seller dan buyer blm ada kasus paket hilang.

    tp temen pernah sebagai buyer di toped, sama dpt pngiriman lama stuck di gudang daerah saya, yg saya tau tempatnya karena suma drop off langsung

  • 12 September 2023 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Kurir rekomendasi alias kurir yg bebas ongkir tokped biasa nya kurir nya agak di oper2 jadi lama saya dl pengalaman sbg seller krm hp ke Kalimantan Krn buyer pakai free ongkir tokped kurir rekomendasi di tempat aplikasi seller saya muncul nama kurir anteraja tp setelah dikirim selang beberapa hari resi gak update berhenti di SBY, ternya kurirnya ganti yg kirim dr SBY ke Kalimantan JNE, mana gak dpt info update kurir pengganti nya saya di aplikasi tokped selang seminggu akhirnya saya ke kantor anteraja Krn kurir rekomendasi tokped ini megeli , sesampai dikantor anteraja saya tanya perihal resi ternya sudah sampai dr 3hRi yg lalu tapi sistem tokped masih tracking resi anteraja, yg status berhenti di SBY, pdhal dh dkrm dan sampai akhir ny saya diksh no resi JNE nya dan saya liat bukti pengiriman sudah diterima yg beli,

    Jadi saya sbg pembeli dan penjual tokped gak mau pakai kurir rekomendasi sudah lama gak jelas brg nya. Bagi seller yg ikut program gratis ongkir tokped pilih salah satu kurir yg aktif saja anteraja/sicepat/JNE, biar gak dioper2 pengiriman nya pengalaman saya dl semua kurir aktif jd lama pengiriman, kunci nya sabar kalau pakai kurir rekomendasi tokped.

  • 12 September 2023 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Paling males ngurus paket id express. Dari pertama tokopedia ngasih rekomendasi id express sampe sekarang, belum ada kurir mau pick up paket. Jadi harus di drop di cabangnya sedangkan cabangnya agak jauh dari rumah. Apalagi banyak customer kalo beli pasti milih kurir rekomendasi jadi hampir setiap hari pergi buat drop. Lama² bikin males aja

    • 13 September 2023 - (05:23 WIB)
      Permalink

      Setau sy ID express bs drop ke alfamart kak. Coba datang ke alfamart terdekat utk konfirmasi dulu.

  • 12 September 2023 - (23:01 WIB)
    Permalink

    Kurir rekomendasi Tokopedia..bbrp kali pakai pilihan pengiriman ini,krn free ongkir tentu saja selama ini baik2 saja..barang dari surabaya,jakarta,tangerang ttp sampai..memang kurir nya ganti2 ( mgk krn kerjasama dari bbrp logistik ) tp alhamdulillah smpai hari ini tdk berkendala..

    • 13 September 2023 - (23:27 WIB)
      Permalink

      Nah ini pengiriman dari jakarta ke surabaya .. kenapa harus ganti kurir?? Kota besar pasti ada kan ID express, kenapa harus ganti om?? Dan harga kurir juga selisih 5rb s/d 10rb dari pada reguler

      • 14 September 2023 - (00:09 WIB)
        Permalink

        kurir rekomendasi ini ( sebatas pemahaman saya ) seperti program/terobosan/kerjasama tokopedia dgn bbrp logistik,id express,si cepat,jne,anter aja mgk masih ada lagi ga hapal saya..dlm pengiriman barang logistik2 tadi bisa bekerja sama ( yg pickup id express..smpai jateng ganti jne masuk sby si cepat..sampai di desa saya yg kirim anter aja )..bagaimana tokped ngatur siapa yg pickup dan siapa yg antar mungkin tergantung pada success delivery report yg sebelum2 nya..tujuan nya bagus sih..ke user tokopedia free ongkir walau belanja dikit ( user senang..makin loyal pakai tokped,rekomendasi in ke kawan sodara )..di sisi lain seller juga makin mudah ga perlu jauh2 antar ke drop point logistik tertentu..tp entah ya di lapangan nya apa bisa benar2 jalan s.o.p begini..yg saya rasakan selama ini baik2 aja..dan free ongkir walau belanja dikit he2..

        • 14 September 2023 - (10:32 WIB)
          Permalink

          Nah masalahnya baru pakai kurir rekomendasi, saya pikir pasti sesuai dengan harapan karena sudah di sortir sama tokopedia langsung, mana kurir dengan ketepatan waktu yang paling baik dan tanpa masalah di tempat saya, ternyata hasilnya zonk, dan harga juga lebih mahal 5rb s/d 10rb dari pada pakai reguler, karena paket lebih dari 1Kg saya harus bayar lebihnya, gratis ongkir hanya maksimal 20rb. Jadi kalau ke saya pribadi gak rekomen

          • 14 September 2023 - (13:25 WIB)
            Permalink

            semoga bisa cepat selesai pak masalah nya..

  • 13 September 2023 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Kurir rekomendasi ya,kmrn beli hp pake rekomendasi dari id expres paket saya di hand over ke lion dan hilang kabar, rupanya banyk juga korban kurir rekomendasi.

  • 13 September 2023 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Profesi kurir itu Team work.
    Ada beda divisi Kurir Deliv & kurir pickup, ada jga yg jdi 1 deliv+pickup. Soal beda2 kurir itu jga mgkin ada salah satu kurir yg bawaan paket y kurang jdi dikasihkan teman, mengingat gaji kurir dri Per paket.
    Investigasi g seperti masak telor mata sapi karna di cek CCTV dri gerai asal hingga Gerai Tujuan.

    -Jika anda yakin di tempat itu maka percayakanlah kepada mereka & biarkan mereka bekerja.

    • 13 September 2023 - (23:31 WIB)
      Permalink

      Halo kak, ini sudah hampir 2 minggu, tokopedia sendiri yang ngasih estimasi yang awalnya 4 hari jadi 7 hari saya ikutin donk. Meski komplainnya tiap hari, saya tahu kalau kurir gajinya per paket, saya hargai itu, tapi boleh juga donk saya menanyakan tentang kejelasan paket saya yang sudah 2 minggu belum sampai?? Karena saya bayar jasa ekpedisinya, meski tulisannya free ongkir, pihak toped tetep bayar full kan ke pihak ekpedisi?? Apa saya salah??

      • 14 September 2023 - (00:00 WIB)
        Permalink

        Boleh & itu hak anda.
        Saya yakin pasti di kasih jawaban y.
        Jika refund pasti jga di input.

        • 14 September 2023 - (10:33 WIB)
          Permalink

          Siap kak, tapi hingga saat ini masih belum ada perkembangan kembali, dan tidak tahu batas waktunya kapan

  • 19 September 2023 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Pengiriman toped terburuk sepanjang sejarah… Lama dan ganti2 ekpedisi, resiko rusak semakin besar.. Yg pickup sicepat, yg kirim JNE.. Tadinya kebanggaan bangsa, sekarang jadi aib bangsa..

  • 14 Januari 2024 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Saya sampe saat ini masih gantung,, keterangan awal paket entah kemana,, suruh nunggu, dan saya cek hari ini barang sudah diterima oleh pihak keluarga, barangnya gaib kayanya sama penerima nya gaib kali. Biasanya klo barang sudah diterima suka ada foto bukti penyerahan paket, ini ga ada sama sekali.

    Kapok pake kurir rekomendasi dari tokopedia, rekomendasi barang anda cepat hilang ,ini baru slogan yg bener.

  • 22 Januari 2024 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Memang parah nih id express. Paket saya sudah 1 minggu juga masih belum sampai. Padahal dari kota depok ke jakarta timur, komplin ke tokopedia jawabannya robot semua, komplin ke pihak id express jawabannya sedang dibuatkan laporan dengan tiket sekian, tapi tidak ada pergerakan juga tuh paket. Pengiriman dari tgl 15 januari 2024, hingga hari ini tgl 22 januari 2024 status paket masih di Pesanan keluar dari gerai JAKARTA BARAT (MH JAKARTA).
    Tapi sampean buat surat terbuka di media konsumen saya liat juga gak ada tanggapan tuh dari pihak tokopedia ataupun id express.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir rekomendasi Tokopedia?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Masalah Pengiriman Kurir Rekomendasi Tokopedia

oleh Mohammad dibaca dalam: 1 menit
27