Status Toko Star Seller Shopee Dicabut Tanpa Alasan yang Jelas

Terima kasih untuk Media Konsumen, yang telah mengizinkan surat pembaca ini diterbitkan. Saya ingin mengajukan komplain terkait peraturan dan kebijakan pihak Shopee, yang telah menonaktifkan status star seller saya dan memberikan poin penalti secara tidak jelas dan membabi buta. Status star seller Shopee dan bahkan status star seller+ Shopee, telah saya dapatkan karena performa toko yang baik selama 12 minggu. Yang jelas, sangat sulit untuk memperoleh predikat star seller+, karena ada poin-poin yang harus dilewati oleh penjual star+, di antaranya adalah poin penalti toko harus kurang dari 1.

Toko saya “Toko Sepeda Modern.”, telah mendapat predikat star seller+ selama hampir 4 bulan dan berjualan lebih dari 2 tahun. Tentunya predikat star seller+ didapatkan dengan tidak mudah. Predikat star seller+ memiliki keuntungan selain bonus-bonus top up, voucher, dll, yang terpenting adalah kepercayaan pembeli. Dengan dihapusnya predikat star seller+ akan membuat penurunan penjualan, karena kepercayaan pembeli berkurang dengan predikat seller yang biasa saja.

Menurut sistem Shopee, dikatakan bahwa toko saya mengarahkan pembeli untuk transaksi di luar Shopee. Padahal dari dulu hampir 2 tahun dari awal jualan halaman toko, tidak pernah kami mengarahkan pembeli untuk berbelanja di luar Shopee atau menaruh link di halaman produk. Anehnya, secara tiba-tiba toko kami dikenakan 2 poin penalti, karena mengarahkan pembeli ke luar Shopee, serta 1 poin dikarenakan keterlambatan pengiriman produk.

Lalu kami mencoba untuk menghubungi CS Shopee untuk melakukan banding dan crosscheck perihal penalti toko. Kami sudah memberikan bukti, bahwa keterlambatan pengiriman sering kali dikarenakan pihak kurir yang telat pick up dan baru keesokan harinya di-pick up. Bukti sering kali kurir yang lambat pick up sudah kami kirim ke CS Shopee dan berhasil dilakukan evaluasi, sehingga poin penalti kami berkurang menjadi 2. Namun tidak cukup untuk mengembalikan status star seller+ yang telah dicabut.

Untuk poin penalti bagian mengarahkan pembeli ke luar Shopee juga kami sudah lakukan banding. Namun tetap saja admin Shopee tidak mengembalikan poin penalti menjadi 0 dan beralasan bahwa toko kami mengarahkan pembeli ke luar Shopee. Padahal jelas-jelas tidak ada link, maupun kontak di halaman toko kami.

Sementara toko online yang lain, kami cek banyak yang  jelas menaruh alamat toko dengan nama dan nomor jalan di halaman produk, tetapi status star seller tidak dicabut. Yang anehnya lagi, banner maupun halaman toko kami tidak pernah kami ubah dan tidak pernah menaruh link-link aneh sejak kami buka toko online 2 tahun yang lalu, dan tidak pernah terdeteksi mengarahkan pembeli ke luar Shopee.

Harap kepada admin Shopee untuk segera mengembalikan status star seller+ “toko sepeda modern.”, yang sudah susah payah kami dapatkan selama 12 minggu percobaan dan bukan star seller biasa yang lebih mudah didapatkan oleh seller. Karena toko kami tidak pernah mengarahkan pembeli ke luar Shopee maupun memberikan kontak/link penjualan ke luar Shopee. Terima kasih atas perhatiannya.

Christian Budi Hartanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Status Toko Star Seller Shopee Dicabut Tanpa Alasan yang Jelas

  • 29 September 2023 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Shopee sekarang sensitif banget, Minggu ini aja banyak toko yg dibrendelin. Ngeri² kalo salah sedikit, apalagi yg gak tau penyebabnya

    2
    1
    • 29 September 2023 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Yg di brendel toko lokal pak. Coba lihat toko toko yang dari luar negri, atau domisili tercantum nya di jakarta namun deskripsi semua pake bahasa google transalate, balas chat juga bahaaa baku khas google translate (itu toko asing yg menyaru domisili lokal, kemungkinan di fasilitasi shopee atau shopee tutup mata, mereka kirim barang pun asal-asalan). Tapi Toko yg begini malah aman sentosa.

      3
      1
      • 29 September 2023 - (11:27 WIB)
        Permalink

        Saya kira kok tidak. Mereka memang toko dr luar, tp yg mereka jual produk yg umkn indonesia tdk memproduksi. Dan ini yg membuat pemerintah menurut saya agak2 bahlul. Yg jadi masalah cuma produk fashion malah semuanya diberangus tidak dicari akar masalahnya. Ditelusuri produk yg murah itu dapatnya drmana, kl import yg dihentikan, itu bijak. Anda tutup tokonya tp produk import anda legalkan, bahkan yg illegal jauh lebih banyak. Bahlul namanya.

        1
        2
    • 29 September 2023 - (12:41 WIB)
      Permalink

      Saya liat ada pencantuman link instagram @modernbikeshop di foto banner toko. Mohon segera sadar diri untuk dihapus.

      6
      1
  • 29 September 2023 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Shopee jadi sensitif mungkin banyak seller live nya di shopee tapi ngarahin transaksi di toktok.

    1
    1
  • 29 September 2023 - (11:02 WIB)
    Permalink

    bukan hanya menaruh link, tapi di chat jika ada pembeli yang ngajak cod dan diiyakan juga bisa kena pelnalti.. coba dicek chatnya

    1
    1
    • 30 September 2023 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Maaf mau nanya(saya jg punya toko, dn srg diajak cod/ambil di toko, tp sy ga pernh mau,dan sy jwb maaf gan hanya lwt shopee) Apa kalao yg ngajak transaksi diluar shopee pembeli, termasuk “Mengarahkan” Saya fahamnya peraturan shopee itu kalao penjual mengajak pembeli transaksi di luar shopee, sdg yg srg malah pembeli yg ngajak

  • 29 September 2023 - (13:51 WIB)
    Permalink

    Nyadar diri saja kak.. saya juga Star+ & berjualan di Shopee sudah 3 tahun lebih, Alhamdulillah predikat toko dikatakan shopee “Sangat Baik”.

    Intinya jadilah pelajaran, jangan menyalahkan pihak lain. Karena kita hanya numpang jualan, akan lebih sepi dan repot apabila Anda punya toko online di Website sendiri.. lebih baik, bangun lagi dari awal. Jadikan pelaharan buat perbaiki diri.

    • 12 Oktober 2023 - (16:21 WIB)
      Permalink

      TERIMAKASIH MEDIA KONSUMEN, ADMINN SHOPEE karena status STAR SELLER saya sudah dikembalikan. MEDIA KONSUMEN MEMANG MANTAP!!

  • 29 September 2023 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Ada link ke instagram dan di insta profile ada link ke tokopedia, bukalapak, offline.

  • 29 September 2023 - (17:53 WIB)
    Permalink

    perasaan dari dulu si sopi tak pernah menanggapi keluahan konsumenya ya disini

  • 29 September 2023 - (18:34 WIB)
    Permalink

    banner toko aja ada link pacific-bike. com terus ada akun IG juga sy kira sdh tepat dapat sanksi..

  • 30 September 2023 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Oalah benar komen komen yang sebelum saya ada arahan follow IG di banner toko, segera dihapus pak itu yang melanggar ketentuan dari Shopee nya.

  • 30 September 2023 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Jangan mencari dukungan di MK. Memang benar ini kesalahan penjual. Jangan salahkan Shopee jika admin Shopee tidak mendukung penjual. Memang kamu salah. Mau banding pun ya pasti ditolak. Kan memang salah. Jangan bandingkan toko mu dgn penjual lain yg sama sama mencantumkan link external. Mungkin toko lain blm ada laporan atau blm ketauan. Secara aturan mencantumkan link external atau no HP memang itu melanggar. Ada baiknya membaca s&k sebelum berjualan.

    • 12 Oktober 2023 - (16:20 WIB)
      Permalink

      TERIMAKASIH MEDIA KONSUMEN, ADMINN SHOPEE karena status STAR SELLER saya sudah dikembalikan. MEDIA KONSUMEN MEMANG MANTAP!!TERIMAKASIH MEDIA KONSUMEN, ADMINN SHOPEE karena status STAR SELLER saya sudah dikembalikan. MEDIA KONSUMEN MEMANG MANTAP!!

  • 30 September 2023 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Ini mah murni kesalahan anda.
    Di banner home ada akun IG.
    Dalam produk ada logo TOKOPEDIA
    Ini di foto ke 10 https://shope.ee/10b882UKvv ada logo tokopedia

    Ya wajar kena ban. Untung gratis ongkir xtranya gak di banned juga.

    Murni kesalahan anda.

    1
    1
  • 1 Oktober 2023 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Banyak Banget Link External Instagram dan Tokopedia,,,
    Memasang link kompetitor tidak ada ampun bagi shopee, pelanggaran keraas.!!!
    beberapa minggu Sebelum di Banned biasanya ada notice terlebih dahulu untuk cek deskrip profile, nama produk, gambar, deskripsi produk.
    Hapus semua link ekternal lalu ajukan banding lagi pasti nanti diterima produk akandi unblok.
    untuk status toko starseller harus dimulai dari awal lagi

    • 12 Oktober 2023 - (16:20 WIB)
      Permalink

      TERIMAKASIH MEDIA KONSUMEN, ADMINN SHOPEE karena status STAR SELLER saya sudah dikembalikan. MEDIA KONSUMEN MEMANG MANTAP!!

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Status Toko Star Seller Shopee Dicabut Tanpa Alasan yang Jelas

oleh rudi dibaca dalam: 2 menit
24