GoPayLater Kasih Denda Tak Kira-Kira, Pinjam Hari ini Suruh Bayar Besok, Tak Salah?

Halo, saya pengguna GoPay Later di aplikasi Gojek. Sebenarnya, fasilitas GoPay Later ini sangat membantu saya jika dalam keadaan memang sangat dibutuhkan. Limit saya tidak banyak, tapi cukup untuk saya gunakan dan membantu.

Yang saya keluhkan adalah kalimat “paylater”. Bukan kah artinya “bayar nanti”? Yang artinya pun konsumen bisa menggunakan saldo terlebih dahulu dan bayar sesuai jatuh tempo. Setahu saya, PayLater memberikan waktu maksimal 15-30 hari untuk pembayaran. Namun tidak dengan GoPay Later, dan saya sangat kaget melihat pembayaran.

Detail kejadian:

Saya menggunakan GoPay Later untuk membeli GooFod sebesar Rp90.400 pada tanggal 1 September 2023, yang otomatis saya pikir saya bisa menyelesaikan pembayaran itu di bulan September akhir. Saya orang yang tidak pernah keterlambatan membayarkan apa yang saya pinjam itu. Pada tanggal 26 September 2023, ketika saya ingin membayar, saya terkejut dengan pembayaran saya yang sudah jatuh tempo dan keterlambatan 18 hari!

Tidak salah? Artinya, ketika saya melakukan pinjaman pada tanggal 1 September 2023, saya seharusnya mengembalikan pada tanggal 2 September 2023.

Sebagai konsumen, saya sangat kecewa. Secara logika, jika memang tanggal pembayaran saya memang setiap tanggal 1, bukankah ketika saya melakukan pinjaman tepat di tanggal 1 otomatis sistem kalkulasi di 1 bulan berikutnya? Sepertinya tidak pantas dikatakan “Gopaylater”? OJK, tolong tutup saja!

Saat ini, tanggal 28 September 2023, denda saya sudah Rp44.000, sudah hampir 50% dari total yang saya pinjam yang saya pinjam belum 1 bulan. Saya ada uang dan bisa membayar itu semua. Cuma saya minta logika dari kalian, dan saya merasa tidak adil. Perbaiki sistemnya atau tutup sekalian!

Keterangan pembayaran

Yang lebih parahnya lagi, saya tidak pernah ditelepon oleh kolektor atau penagihan jika memang saya sudah jatuh tempo. Maksudnya begini, ketika nasabah seperti saya tidak tahu pembayaran sudah keterlambatan, karena memang H+1 apa yang kita pinjam harus dikembalikan, minimal reminder di WhatsApp atau SMS untuk pembayaran jatuh tempo, atau telepon. Ini sama sekali tidak ada. Saya tahu pun karena saya niat untuk pembayaran dan membuka aplikasi.

Saya coba chat live customer service di akun Gojek pun yang balas hanya bot, dan minta saya menunggu dihubungi, tapi apa? Tidak ada yang menghubungi sampai sekarang.

Saya sudah coba hubungi cs live chat, namun hanya dibalas bot.

Yang saya minta sekarang adalah di mana keadilan saya sebagai nasabah? Saya ingin kalian menjelaskan keluhan saya dan tutup saja. Sangat merugikan nasabah seperti saya, karena pembayaran receh menjadi buruk catatan hutang saya.

Catatan: Pelajaran buat saya untuk tidak pernah menggunakan PayLater ini kembali. Jujur sangat membantu, tapi tidak untuk sistemnya sangat jelek. Saya sangat kecewa. Perjanjian pembayaran yang memang baru saya baca.

Perjanjian pembayaran yang memang baru saya baca

Hikmatun Nafiah
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “GoPayLater Kasih Denda Tak Kira-Kira, Pinjam Hari ini Suruh Bayar Besok, Tak Salah?”

Terkait surat pembaca dari Ibu Hikma di Media Konsumen pada Sabtu, 30 September 2023, bersama ini disampaikan bahwa kami telah...
Baca Selengkapnya

88 komentar untuk “GoPayLater Kasih Denda Tak Kira-Kira, Pinjam Hari ini Suruh Bayar Besok, Tak Salah?

  • 30 September 2023 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Seingatku, di peraturan yg baru jatuh tempo gopaylater itu tanggal 2 setiap bulannya. Kalau makenya tanggal 1, otomatis ditagih di tanggal 2/besoknya. Dan kalau dipakai di tanggal 2 dst, ditagih di tanggal 2 bulan berikutnya.

  • 30 September 2023 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Dari sini saya bisa simpulkan ternyata yg bodoh adalah para komentator yg asal bacot, saya juga pengguna gopaylater pernah pakai untuk gofood di bulan September dan tagihannya jatuh pada 1 November artinya jatuh tempo 1 bulan lebih. Buat komentator yg asal bacot kalian lah yg harus banyak BACA.

    2
    3
    • 1 Oktober 2023 - (09:43 WIB)
      Permalink

      Gopaylater setelah kepemilikan yg baru sistem nya cutoff pemakaian. Misal pemakain 15okt-14nov itu dibayar di 1 des. 15 nov-14 des dibayar 1 jan. Yg komen bener kok itu. Pliss lah sebelum ngatain BACA dulu aturannya. Jd sistem nya cuttoff bukan mengira2. Liyat lagi anda pakainya rentan tanggal yg mana

  • 30 September 2023 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Sy rasa penulis musti lebih jeli lg melihat kontraknya.
    Sy jg pernah kejadian seperti itu sy pakai tgl 1 ternyata jth tempo tgl 2 alhasil sy musti balikin keesokan harinya.
    Jd sy skrg sdh mengerti kalau biasa bayar diakhir bulan sy br bisa pakai di tgl 3 bln berikutnya…heheh

  • 1 Oktober 2023 - (00:49 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna aktif Gopaylater sejak sistem lama dan pernah ada di kejadian serupa. Selalu bayar seluruh pemakaian akhir bulan, dan jika masih pakai untuk Gofood di tanggal 1, tetep aja beberapa jam setelahnya segera saya bayar sebab memang pemakaian tanggal 1 masih terhitung di bulan sebelumnya di sistem lama. Penggunaan Gopaylater sistem lama di tanggal akhir menjelang tutup tanggal memang jadinya pendek, sama aja dengan kartu kredit.

    Fungsinya Paylater untuk mempermudah. Aturan mainnya bisa berbeda-beda di tiap perusahaan. Ya diikuti saja. Kalo tidak mau ikut aturan main ya jangan dipakai. Kalo belum sempat baca aturan mainnya dan akhirnya kena denda, ya segera dibayar dan dijadikan pelajaran.

    Dimana-mana denda emang seringkali tidak masuk akal. Tapi memang tujuannya denda kan untuk membuat orang menghindarinya. Untuk bisa menghindari denda, ya mesti ikut aturan main.

  • 1 Oktober 2023 - (06:04 WIB)
    Permalink

    Saya juga pelanggan lama gojek paylater,memang aturan atau sistem gojek selalu update, custumer harus lebih jeli dan teliti

    Dulu sistem awal saya menggunakan paylater tgl berapa pun kita memakai limit tetap akhir bulan jatuh tempo pembayaran nya,contoh menggunakan tgl 1 s/d 27 bulan september maka jatuh tempo di akhir bulan yg sama

    Sistem sekarang berbeda lagi,saya amati dan teliti ternyata penyedia jasa keuangan berganti juga,maka otomatis ikut juga sistem berganti, yg sekarang denda lebih parah ketimbang sistem lama,yg mana sistem lama mulai denda hari ke 5 itupun hanya Rp 2000/hr

    Untuk denda sekarang 1 s/d 7hari Rp50.000
    Untuk lebih dari 7 hari Rp 30.000
    Sebagai konsumen kita harus jeli dan teliti,baca dengan melotot jangan lupa ngopi

  • 1 Oktober 2023 - (07:27 WIB)
    Permalink

    Setau saya gopaylater itu memang tanggal bayar dan jatuh temponya setiap tgl 1 disetiap bulannya jd mungkin dikarenakan ibu memakainya ditgl 1 dan ditanggal 1 itu jg lah memang tanggal saatnya utk membayar dan jatuh temponya jd ya sdh langsung masuk ke waktunya harus membayar dan jatuh temponya. Setau saya jg akan ada notifikasi dan pemberitahuan di aplikasi klo tagihan gopaylaternya sdh akan dan sdh jatuh tempo, mungkin ibu tdk mengaktifkan fitur notifikasi di aplikasinya. Dan yg terakhir yg sepengetahuan saya jg, memang tdk akan ada DC yg akan menelpon utk menagih2 tp akun gopaylater nya lah yg akan langsung dibekukan (tdk bs digunakan lg) klo tagihan dan dendanya msh jg tdk dibayarkan sampai dgn waktu yg telah ditentukan.

    • 1 Oktober 2023 - (14:53 WIB)
      Permalink

      Jatuh tempo

      Mulai tanggal 30 November 2022, tanggal jatuh tempo GoPayLater adalah tanggal 1 di setiap bulan. Kamu bisa melihat tanggal jatuh tempo di halaman utama GoPayLater

      Siklus pembayaran tagihan
      Pembayaran bisa dilakukan pada saat jatuh tempo, yaitu tanggal 1 setiap bulannya. Jika kamu membayar tagihan sebelum jatuh tempo dan menggunakannya lagi, maka tagihan tetap harus dibayar sebelum jatuh tempo berakhir.

      Misal, kamu membayar tagihan di tanggal 29 September lalu kamu menggunakan GoPayLater lagi di tanggal 30 September maka kamu tetap harus membayar tagihannya di tanggal 1 Oktober.

      Apa yang terjadi jika saya belum membayar tagihan setelah lewat jatuh tempo?
      Kamu masih memiliki masa tenggang 5 hari setelah jatuh tempo. Setelah masa tenggang berakhir, akan ada denda keterlambatan jika belum melunasi tagihan.

  • 1 Oktober 2023 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya dibaca dan dipahami dulu aturan yang berlaku di Gopaylater, karena mereka punya aturan yang berbeda dengan Paylater lain. Contoh Kredivo yg memberi tenggat pembayaran 30 hari setelah transaksi, sedangkan Gopaylater tidak, mereka menggunakan tenggat tanggal yang sama tiap bulannya.

    Jadi seperti kasus ini kalau jatuh tempo tgl 2 dan anda transaksi tgl 1 ya besoknya memang harus sudah bayar.

    Kemudian untuk Gopaylater cicilan juga ini yang saya benci, tidak bisa dibayar lebih cepat, harus tunggu tanggal penagihan terbit terlebih dahulu. Makanya jarang saya pakai Gopaylater karena aturan-aturan yang dimiliki menurut saya kurang fleksibel.

  • 1 Oktober 2023 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Kapan lalu jg pakai buat gofood ama tokopedia…dan dikasitau kalo bayar nya sekitar sebulanan dgn bunga 10 rb… jd pas mau jatuh tempo langsung bayar

  • 3 Oktober 2023 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Makanya jangan pakai yang dari findaya
    Mending pakai yang dari mab,,,misal pakai di tgl 1-15oktober bayar tgl 1nov
    Nah paku di 17okt bayar di bulan Desember cuma kena charge 2%
    Cashback ya lumayan
    Harus bijak pakai paylater biar gak kejebak dan gak kuat bayar nantinya.

  • 12 Oktober 2023 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Yg komentar pada sok tau,eh pada salah semua,wkkwwk,ternyata sistem di gojek nya lagi error,saya kasih tgl jatuh tempo,

 Apa Komentar Anda mengenai GoPay Later?

Ada 88 komentar sampai saat ini..

GoPayLater Kasih Denda Tak Kira-Kira, Pinjam Hari ini Suruh Bayar Beso…

oleh Ime dibaca dalam: 2 menit
88