Flash Sale Shopee 9.9 Hanya Gimmick

Pada event flash sale Shopee 9.9 (tanggal 9 September 2023), saya memenangkan flash sale berupa handphone Infinix dengan harga Rp9.000 + ongkir Rp9.000, totalnya Rp18.000. Estimasi seharusnya paling telat tanggal 14 seller-nya sudah kirim barang. Namun karena sampai tanggal 14 barang statusnya masih dikemas, saya inisiatif memperpanjang masa garansi Shopee.

Saya sudah chat seller dan dijanjikan akan dikirim tanggal 17. Namun setelah tanggal 17, barang statusnya masih juga dikemas. Lalu saya chat lagi dan dijanjikan akan dikirim tanggal 21. Padahal tanggal 17 itu sudah paling telat, kalau sampai tanggal 17 gak dikirim, pesanan akan terbatalkan otomatis oleh sistem. Saya sudah kasih tahu seller tentang hal itu.

Benar saja, tanggal 17 barang gak dikirim juga, sehingga pesanan terbatalkan oleh sistem. Saya chat seller, dia malah suruh saya untuk check out ulang dengan harga normal. Saya komplain ke pihak Shopee, tapi gak ada jawaban yang memuaskan. Shopee hanya bilang seller akan kena penalti saja, tapi gak bisa melindungi konsumen untuk mendapatkan haknya.

Sampai sekarang saya gak percaya sama flash sale Shopee. Padahal saya belanja di Shopee hampir 80% semua kebutuhan saya. Meliputi kebutuhan kantor, rumah, pribadi dll. Saya sangat kecewa dengan pelayanannya, chat juga percuma, jawabannya kayak robot, muter-muter itu aja. Makanya saya bingung mau ngomong sama siapa, sampai pada akhirnya ketemu Media Konsumen. Semoga ada titik terangnya.

Aldiana Retno Utami
Jakarta Barat


Update (19 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee dan Infinix sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

81 komentar untuk “Flash Sale Shopee 9.9 Hanya Gimmick

  • 2 Oktober 2023 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Saya gk pernah percaya yg namanya flash sale dengan hadiah yg gk masuk akal seperti hp, laptop, motor,mobil dll.
    Paling smuanya cuma gimik aja, kmren di toko ijo yg 200 rb war aja klo gk di komplain gk di proses apalg ini yg cuma 18rb .
    Boleh dong komen klo ada yg pernah menang flashsale hadiah yg gk masuk akal, pngen tau ada yg pernah menang apa gk

    56
    2
    • 2 Oktober 2023 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Wah sama kaya kasusnya yang kmrn flashsale tokped tuh dh dipayment malah alasannya stok habis wkwk sellernya sama2 official jg dimasukin ke MK akhirnya dpt juga tuh customer brgnya, emg mesti diup di MK seller sekelas infinixofficial tipu2 gimmick sngaja ngulur2 wktu biar cancel by sistem, si oren jg enak bgt cuman ngasih pinalti, kmrn gw jg ada order brg dioren untung cuman tissue pke spx brg udh hmpir smnggu gak smpe2 ditracking stuck dihub pdhl sesama jkt, pas gw komplen brg dinyatakan hilang untung dh direfund dananya

      15
      1
        • 3 Oktober 2023 - (11:21 WIB)
          Permalink

          Baru tahu jika selama ini program kaya gitu cuma buat nipu aja 🤦

          Rugi ikut mantengin ternyata ujungnya hoaks..

          Perusahaan sebesar gitu kasih program ngibul 🤪

          15
        • 5 Oktober 2023 - (12:41 WIB)
          Permalink

          Inilah yg membuat UMKM offline Indonesia hancur, karena ketidaksadaran masyarakat sendiri, masih nyari yg namanya barang murah, gak tau ekonomi penopang inti akan hancur, dan hancurlah ekonomi Indonesia jika terus masyarakat nya gak sadar dalam hal belanja, memperkaya orang luar dan menghidupkan barang barang dari China

          • 6 Oktober 2023 - (13:31 WIB)
            Permalink

            Mas nya lawak? HP yang situ pakai itu made in mana? Made in UMKM Negeri? Situ kalo mau ngebela UMKM ya sangat bagus sekali, tapi konteks yang di highlight nya beda.

      • 3 Oktober 2023 - (00:46 WIB)
        Permalink

        @Agunk
        Yang kasus beli TV TCL itu bukan? Masalahnya sudah dianggap selesai dalam bentuk si penulis membuat surat klarifikasi dengan iming-iming voucher belanja. Model klarifikasi begini cukup ampuh mengubah korban jadi oknum tanpa mencoreng kredibilitas pelaku sebenarnya.

        12
        • 3 Oktober 2023 - (09:21 WIB)
          Permalink

          Oh yg toko ijo ya bg, tp termasuk gercep langsung di tangani, kalo diem2 aja apa iya bakalan di peoses? Sy gak sengaja ini ketemu MK, jadi plong ni bisa curhat, makasih banyak buat temen2 yg udh menyempatkan waktunya buat komen 😄

          11
          • 3 Oktober 2023 - (17:13 WIB)
            Permalink

            lah ini serius ga dikirim barang nya?kirain program nya beneran gtu,no hoax ehh ternyata ini.

        • 3 Oktober 2023 - (09:44 WIB)
          Permalink

          Betul customernya dh dpt brgnya akhirnya TV diksh kode voucher diskon gt sesuai hrg beli pas FS/war si ijo, smoga TSnya ada yg hubungin jg dr sioren krn udh msk MK

          10
      • 3 Oktober 2023 - (06:55 WIB)
        Permalink

        udah jd rahasia umum klu byk yg pk gimmick buat narik perhatian masyarakat,

        n kasus di sp nih emg disengaja, biar waktu flash sale para user liat produk” lain yg ditawarin, tertarik, liat n akhirnya beli barang lain..

        sama halnya kk pas event tengah malem, waktu 11.59 aplikasi jd susah dibuka n seakan down n tiba” malah orang lain yg dpt..
        padahal tiap hari ada jutaan user yg pk dlm waktu yg sama,

        n balik lg, strategi marketing..

        19
      • 3 Oktober 2023 - (09:23 WIB)
        Permalink

        Spx Sekarang gak bagus ya, paket saya juga dah 1 Minggu lebih nyantol di Jakarta DC, giliran komplain dinyatakan hilang. Rugi voucher & buang² waktu nunggu refund 7-14 hari kerja

      • 4 Oktober 2023 - (13:49 WIB)
        Permalink

        Memang gimmick sih, selama bukan saya yg dapet flash sale itu.
        Kalau gak sistem aplikasi yg membatalkannya ya pihak shopeemall nya.
        Yaa begitulah yang terjadi, tapi saya curiga misal ini ramai pihak orens bakalan beneran ngadain flash sale buat konsumen biar gak malu 🤭

    • 2 Oktober 2023 - (22:34 WIB)
      Permalink

      Tapi sy sering gan liat video orang muncul, riview barang2 flash sale, makanya kemaren perdana menang seneng bgt kirain beneran 😂😭

      • 3 Oktober 2023 - (06:56 WIB)
        Permalink

        Lah yg di gembar-gemborin kemarin menang mobil rp 1 benar nggak?Beritanya ramai dan heboh,jika tidak benar berarti pencitraan saja atau iklan gratis terselubung?

        11
          • 3 Oktober 2023 - (07:53 WIB)
            Permalink

            Masih mending sang karyawan dapet mobil, bisa jadi cuma dikasi tambahan uang lembur karena udah jadi model dadakan buat foto2 seremoni. Lumayan ngirit biaya buat bikin berita heboh, mancing orang2 buka aplikasi.
            hehhe… tapi ini di MP Shotoy ya.. 🙂

            Anyway busway, Keluhan TS ini oke banget, ril apa yg dialaminya. Judulnya juga oke buat selingan berita heboh tempo hari yang bisa beli mobil 1 perak.

    • 3 Oktober 2023 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Maklum namanya juga settingan…
      Btw, hebat juga mbak bisa tembus FS Shopee. Pakai BOT yah?! 🤭🤭🤭

      12
      • 3 Oktober 2023 - (11:46 WIB)
        Permalink

        Enggak pake bot kak, aku kemaren numpang wifi kantor biar gak loading, udah pernah nyoba pake data gagal mulu hehe

        • 3 Oktober 2023 - (17:18 WIB)
          Permalink

          Dari dulu udah gak yakin apa bener2 dapet hadiah mahal dengan harga yang murah banget… Pernah ikut Flash sale tapi gak dapet baru berapa menit mulai saya chekout gak bisa tapi di keterangan habis dalam waktu 1 menit ternyata itu akal2lan penjual aja..

          5
          0
    • 3 Oktober 2023 - (12:04 WIB)
      Permalink

      kk tapi aku pernah lihat di tik tok yg dapet iphone kuning pas 9.9 fyp, di unboxing, itu beneran gak ya ? jadi ragu nih ama si toko oren

      10
    • 4 Oktober 2023 - (10:22 WIB)
      Permalink

      Aku pernah. Tapi tidak dalam bentuk flashsale. Potong kalap bukalapak. Dapat hp huawei 12rb. Tapi itu event memang metodenya susah sih. Dulu bukan siapa yg lebih dulu. Tapi memang siapa yg klik cek out pas di waktu cek outnya dibuka sana. Kadang tepat waktu kadang tidak. Yg dapet motor juga ada cuma surat2nya disuruh ngurus sendiri. Dapat juga gx langsung dikirim. Karena barang memang di pegang tim bukalapak sendiri jadi selama 1 bulan bukalapak memantau akun yg dapet itu berbuat kecurangan atau tidak. Dan berhubung barang yg pegang bukalapak sendiri jadi ya sistem paling lambat dikirim di atur bukalapaknya sendiri. Tapi Kalau bentuk flashsale tanpa susah2 gitu saya sendiri juga gx percaya. Yg dapet aja tangkapan layar hpnya meragukan kayak tempel gambar gitu. Kalau dapetnya memang dari proses kayak ikut game ini itu ikut tantangan ini itu yg harus diselesaikan sampai batas tertentu dgn ketentuan tertentu, biasanya pasti dikirim selama tidak melakukan kecurangan seperti punya akun ganda.

      • 4 Oktober 2023 - (10:37 WIB)
        Permalink

        Maaf ka itu sc an dari PC , bukan hape, karna kalo chat tu hanya kecil aja bisa munculnya gabisa gede, kemarin juga sebenernya hanya iseng aja mau tau ada yg senasib gak sama aku, jd gak kepikiran buat SC in HP nya, btw kemarin pagi sy sempat di hubugin oleh pihak shopee nya langsung, CS shopee udah tau kabar dari MK ini, akun ku juga sdh di cek, sedang di lakukan pelaporan ulang, 1-3hari kerja di suruh tunggu

        • 6 Oktober 2023 - (20:47 WIB)
          Permalink

          Selamat malam kak Aldiana Retno Utami, mohon maaf mengganggu waktunya. Perkenalkan saya Ivy mahasiswa dari Surabaya, Apakah saya blh meminta contact kakak atau alamat email kakak utk saya contact atau hubungi lebih lanjut mengenai permasalahan diatas guna keperluan penelitian akademis? Terimakasih banyak kak atas waktunya.

    • 4 Oktober 2023 - (12:54 WIB)
      Permalink

      aku pernah menang alat grill dan steamboat 1 rupiah, dibilang seller sistem salah input harga. tapi akhirnya dikirimin juga sih, malah aku yg kasian tokonya rugi kalau bener salah sistem

    • 5 Oktober 2023 - (06:41 WIB)
      Permalink

      Duluuuuuu bgt, aku pernah menang gan. Tapi di jd.id , sekrang udah tutup jd.id nya. Dapet rice cooker harga 49rb. Harga aslinya 500rb an. Sama pernah di bli2 TV 32inch harga 900rb, harga asli 2,5jt. Hp samsung 700rb, harga asli 3jt an. Dan itu dikirim semua. Barang sampe rumah saya jual. Kalau di toko ijo sama oren belum pernah menang sih

      • 5 Oktober 2023 - (06:49 WIB)
        Permalink

        Satu lagi. Di bilna (sekarang ganti nama jadi orami). Outer ria Miranda dapet harga 35rb atau 45rb saya lupa. Harga aslinya 700rb an. Sekarang di orami sudah gak jual Ria Miranda lagi (jadi pas aku dapet itu kayak semacam habisin stock dan sudah gak lanjut lagi kerjasamanya) dan dikirim kok.

    • 5 Oktober 2023 - (19:04 WIB)
      Permalink

      Dari awal, sy sudah gk percaya, mslhnya gk masuk akal, mana ada seller mau rugi, pengusaha, toko mau rugi….Shopee hny tipu”….benar” dajjal

  • 3 Oktober 2023 - (07:40 WIB)
    Permalink

    seharusnya shopee ga hanya kasi hukuman penalti ke shopee mall tp pembekuan akun juga sampe barang benar2 dikirim. No chance for shopee mall for kidding people like this

    10
  • 3 Oktober 2023 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Owalah , jadi ternyata selama ini sy begadang setiap tanggal cantik percuma dong, setiap 8.8, 9.9 dan seterusnya sy selalu meluangkan waktu buat stand by ikut event FS di market oren ini , ya gak munafik ya gaes yak, siapa sih yg gak mau beli handphone seharga nasi goreng, bagi pelajar cara ini tu jalan pintas yg halal gitu , daripada minta ortu kasian kan kita harus paham ekonomi ortu juga, makasih banyak loh mbak udah share pengalaman, sy jd gak capek begadang lagi , dan gak ngantuk pas masuk sekolah , mau move on dari toko oren hehe

    11
    • 3 Oktober 2023 - (12:02 WIB)
      Permalink

      Aku juga baru tahu, kirain beneran flash sale harga produk yang gak masuk akal itu real.. Eeehh… gak tahunya kena jebakan Batman.. dan jelas merugikan banyak orang, waktu, tenaga, biaya (paket).. Njiir.. bener..

      Nih Pak Menteri juga harus tahu dan ikut pantengin tuh jika ada yang promo gak bener gini juga ditindak jangan cuma tiktokshop aja 😒

      • 3 Oktober 2023 - (13:36 WIB)
        Permalink

        @NM iya nih, sejauh ini si oren soalnya kelihatanya kaya anak baek2 gitu, cukup menarik, eh nggak taunya zonk, ngomong2 tiktok itu beneran mbak mau di hapus ? katanya gak jadi ?

        • 6 Oktober 2023 - (13:45 WIB)
          Permalink

          Tiktok shopnya aja yang ngga dibolehin beroperasi. Tiktoknya mah aman. Kalo pengen dilanjutin, harus bikin aplikasi terpisah dengan s & k yang berlaku di republik ini.

  • 3 Oktober 2023 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Masih percaya yg namanya Flash sale itu hanya strategi marketing.
    Klo flash sale yg diskon besar2an sih mungkin krn gw sering beli harga flash sale. Tp klo yg flashsale harga Rp 1, 99, 1000 dll ya gak mungkin bnget

  • 3 Oktober 2023 - (13:31 WIB)
    Permalink

    waduhhh, gimana gimana ? si Oren ini termasuk market place yg cukup besar loh yg masuk ke indonesia, harusnya bisa mengatasi permasalahan kecil seperti ini, sampe masuk MK loh, si oren emang gak baca artikel se ramai ini? malu dong, hpnya gak mahal lagi , cuman sejutaan, masak gak mampu ngeluarin duit sejuta sih, lawak juga ni si oren, kacau, kacau…, ada kelanjutan nya gak ni mbak ? saya jadi ragu sama si oren kalau ceritanya begini, pantau terusssss, di tunggu mbak kelanjutan nya

  • 3 Oktober 2023 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Selama ini sy selalu bertanya tanya sih tentang program FS ini, real atau hoaxs, dan sekarang sdh terbukti ya, gak real, dulu mikirnya kok bisa si keranjangoren ini bakar uang setiap bulan, tapi setelah di itung2, kalaupun dia bakar uang beneran yg pasti tetap profit kok, bayangkan saja setiap barang yg di pajang di event itu sudah ada 21rban orang yg klik “ingatkan saya” , berarti pas event kemungkinan user yg masuk dan stand by lebih dari 21rb orang di dlm MP, belum lagi skrg sdh ada fitur games yg bermacam2, user yg betah di dlm aplikasi itu juga menghasilkan profit, belum tentang top up sh*pay ya admin nya 1000 itu per transaksi ya / per orang, lalu skrg sdh ada fitur se* bank dll, pokoknya sih ttp masuk akal aja kalau setiap bulan si keranjangoren bakar uang, yg gak masuk akal ya yg kaya gini ni sudah di nyatakan menang flash sale tiba2 tidak jadi menang

  • 3 Oktober 2023 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Wah trending topik nih, harus di bahas lebih dalam, karna selama ini rakyat indonesia sudah di kelabuhi promo abal2, bayangkan MP orens ini sudah naik grafiknya melampaui MP buatan anak bangsa, sampai mungkin 70% penduduk indo pindah ke MP ini, kalau sesuai realita sih ga masalah, tp kalo gak real ini udah termasuk penipuan jatuhnya

    • 3 Oktober 2023 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Setuju, walaupun masih pro dan kontra namun sejauh ini memang itu fakta nya, berdasarkan penelitian, MP ini sangat populer di kalangan masyarakat, ironisnya iklan sampai masuk TV , sangat di sayangkan apabila ada kejadian seperti ini, sampai sekarang blm ada komen / penjelasan dari pihak terkait, kita tunggu saja masalah ini apakah pihak terkait akan bertanggung jawab atau tidak, jangan sampai ini viral dimana2 baru pihak terkait angkat suara, jngn menunggu nasi menjadi bubur, mana nih pihak dari shopee

  • 3 Oktober 2023 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Jangankan hp yg mahal. Saya aja pernah pakaian harga asli 199.000 an fs shopee dapat 9.999 udah seneng kan. Eh sama penjualnya gk dikirim2 padahal udh dichat, penjualnya online tapi gak balas. Akhirnya batal otomatis. . Php banget.

    • 3 Oktober 2023 - (16:05 WIB)
      Permalink

      @Sopiyana Sy memang sering dengar kejadian seperti itu kak, katanya sudah menghubungi customer sevice , tetapi tidak membuahkan hasil, boleh di share ni yg lain kalo punya cerita serupa, cukup menarik untuk di bahas

    • 12 Oktober 2023 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Selamat pagi kak Sopiyana, mohon maaf mengganggu waktunya. Perkenalkan saya Ivy mahasiswa dari Surabaya, Apakah saya blh meminta contact kakak atau alamat email kakak utk saya contact atau hubungi lebih lanjut mengenai permasalahan diatas guna keperluan penelitian akademis? Terimakasih banyak kak atas waktunya.

  • 3 Oktober 2023 - (16:30 WIB)
    Permalink

    ini mah kebiasan toko ga mau rugi, kalau yang dapet bukan orang dalem. jadi pernah inget kasus flash sale yang lain dan ternyata yang dapat pas foto backgroudnya sama semua.

    dari dulu gue kaga percaya ama flassh sale macam ni, udah pengaturan!

  • 3 Oktober 2023 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Harusnya kalo tidak bersedia kirim barang jangan ikut flash sale, karena sebenernya dari shopee nya sendiri SDH ada syarat dan ketentuan nya untuk mengikuti program tsb, parah ini giliran ada yg dapet tapi gak mau kirim barangnya, ada unsur ketersengajaan..

    2
    1
  • 3 Oktober 2023 - (17:12 WIB)
    Permalink

    kemarin toko ijo , sekarang toko orens, kejar terus mbak sampai dapet, itu kan hak nya konsumen , susah loh nembus FS saingan nya bot, semoga ada respon dari pihak shopee nya, tp kacau sih si shopee…

  • 3 Oktober 2023 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Flash sale itu ada dan nyata, bukan gimmick atau tipu tipu, kalau ada barang contoh pulsa atau token listrik, harga flash sale nya pasti lebih murah seribu atau dua ribu rupiah, selain itu ya sepertinya tidak ada ya, he he, he

    • 3 Oktober 2023 - (19:47 WIB)
      Permalink

      Yah jangankan hp mba,saya aja yg dpt beras dibatalin,sejak saat itu udh ngga mau lg deh nungguin flashsale kapok,apalagi si oren flashsalenya ngga masuk akal bgt 😂

  • 3 Oktober 2023 - (23:27 WIB)
    Permalink

    Kalo baca artikelnya kenapa aku jadi pengen suudzon ke shopee ya, jangan jangan tu infinix ama pihak shopee uda ada kong kalikong lagi duh duh
    Karna kalo ditelisik lagi dari pihak shopee ama si infinix nya sama sama ya udah gitu aja ngga ada respon lanjutan sama sekali
    Lah kan aneh yak kalo gitu
    Pembohongan public banget ini mah, gampangnya gini deh kalo ngga mampu kirim barang ya nggak usah ngadain flash sale lah, salah 2 2 nya kalo ini mah, dari pihak infinix juga harusnya ada klarifikasi mengenai hal ini, ngga cuma modal minta maaf doang pengembalian dana abis itu ngilang, dari pihak shopee yang harusnya melayani kebutuhan customer apalagi ini kasusnya udah diranah penipuan tapi sebatas pinalti ke toko dan kita ngga tau sebenernya di pinalti atau engga ya kan, intinya si infinix lu buru buru dah ambil tindakan sebelum artikel ini lama lama semakin naik, dan namalu kecoreng, rugi kan jadinya perkara hp sejuta ibarat kata kan ya, emosi sendiri bawaannya kalo tau flash sale begitu ternyata..
    Sabar ya kak ya, moga nanti segera ada titik terangnya, untung kepikiran buat artikel di media konsumen, kalo pasrah pasrah aja gimana itu, aku aja yang cuma baca artikel plus komen2nya greget sendiri, aku dukung dan pantau dari jauh sampai ada klarifikasi dari kedua belah pihak ya kak, up terus ya temen temen biar kakaknya bisa dapet keadilan, semangat kak🤗

  • 4 Oktober 2023 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut yang paham IT : Order fs pakai ponsel apalagi dengan speed inet lambat itu ngelawak, yang buyer lawan kan robot. Dengan fitur cangggih.

    • 4 Oktober 2023 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Iya kak , sy pinjam iphone nya (Bu bos salad), sama numpang internet kantor 250mbps

  • 4 Oktober 2023 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah tertipu oleh pedagang d Shopee tapi sangat d sayang kan pihak Shopee seolah tutup mata dan membiarkan para penipu yg berkedok penjual semakin merajalela.
    Saya hanya d hadapkan oleh robot yg semakin memperlihatkan kecurangan dari Shopee.

  • 4 Oktober 2023 - (11:41 WIB)
    Permalink

    i komers kerja begini emang nih sopi tekpod blabla dkk

    cm antusias dr masyarakat kita memang banyak dan rame sih
    jd ya zonk mereka gak mau rugi

    wkwkwkkw

  • 4 Oktober 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Hebat ya cara Flash sale., biar laris manis dagangan tapi dengan cara tidak benar. Ngk ada ketentuan yg jelas perihal flash sale. Ngak ada jaminan berarti yang buat menang flash sale. MANTAAAAAAPPPP

 Apa Komentar Anda mengenai Promo 9.9 Shopee?

Ada 81 komentar sampai saat ini..

Flash Sale Shopee 9.9 Hanya Gimmick

oleh Aldiana Retno utami dibaca dalam: 1 menit
81