Transaksi Rp13,3 Juta yang Tidak Diketahui oleh Pemilik Kartu Kredit

Yth. Pimpinan/Manajemen Divisi Kartu Kredit BRI,

Hari Rabu tanggal 27 September 2023 pukul 04.20 WIB pagi, saya terbangun dan dikejutkan oleh transaksi yang tidak dikenal di kartu kredit BRI saya.

Transaksi ini terjadi pada tanggal 26 September 2023 pukul 23.44 s.d. 23.46, sebanyak 5 transaksi dengan nominal:

  • 1 transaksi Rp6.999.999
  • 4 transaksi @ Rp1.599.999
  • Total nominal transaksi: Rp13.399.995

Saya terkejut karena saya merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut. Sebelumnya saya tertidur pukul 22.00 WIB dan ponsel saya letakkan di tempat tidur. Posisi saya tidur adalah sendiri dan kamar terkunci.

Berhubung perangkat yang saya gunakan adalah iPhone 14 Pro Max, saya membuka aplikasi iTunes di ponsel saya untuk memastikan. Ternyata benar, tidak ada transaksi di ponsel saya tersebut. Sampai dengan saat ini saya juga tidak pernah memakai iTunes.

Saya kembali melakukan pengecekan ke histori pembelian di iCloud yang pernah saya lakukan, dan tidak ada juga histori yang sesuai dengan transaksi anomali tersebut.

Pukul 04.38 akhirnya saya menghubungi Contact Center BRI. Saat itu saya menceritakan seluruh kronologi yang saya ketahui serta transaksi anomali yang dimaksud. Pihak BRI mengatakan untuk menunggu 2×24 jam, karena transaksi tersebut masih status “Dana Menggantung”. Pihak Bank BRI melakukan pemblokiran permanen kartu kredit saya dan mengganti kartu kredit baru dengan akan mengirimkan ke alamat rumah saya.

Singkat cerita, hari Jumat tanggal 29 September 2023, saya kembali menghubungi Contact Center BRI dan pihak BRI menyarankan untuk membuat dan mengirimkan Surat Sanggahan. Saya pun mengiyakan dan saat ini proses ini masih menggantung dan belum selesai.

Saya sebagai pihak nasabah Bank BRI merasa tidak aman dan nyaman atas kejadian ini. Saya berharap teman lainnya tidak akan terjadi lagi hal seperti ini. Kepada Pimpinan/Manajer Divisi Kartu Kredit BRI, saya tunggu proses ini sampai selesai. Berikut nomor laporan saya: 48075127.

Nefri Anri P Sianturi
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Transaksi Rp13,3 Juta yang Tidak Diketahui oleh Pemilik Kartu Kredit”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Transaksi Rp13,3 Juta yang Tidak Diketahui oleh Pemilik Kartu Kredit

  • 3 Oktober 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Anda dapat mengirim email kepada pihak Apple menyatakan bahwa Anda tdk melakukan transaksi tersebut . Nanti mereka akan suspend dan membatalkan transaksi tsb. Anda kumpulkan bukti2 dan share ke pihak Apple.

  • 3 Oktober 2023 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal serupa , tpi sampai saat ini sudah 1tahunan pihak bri belum juga mengembalikan limit yg sudah terpakai oleh pihak tdk bertanggung jawab . Pembobolan cc bri sudah marak terjadi .

    • 3 Oktober 2023 - (08:52 WIB)
      Permalink

      Ya, memang tidak ada yang aman 100%, tapi dari bbrp keluhan yang aku baca yang ada di MK, rata-rata yang kartu kreditnya di bobol itu kebanyakan dari bank BUMN.

        • 9 Oktober 2023 - (18:46 WIB)
          Permalink

          26 September 2023 BRI Tokopedia card saya juga terjadi 5 transaksi di Apple.com.
          Saya hubungi Toped, dibuat laporan via live chat.
          Lalu hubungi BRI via telpon dibuat laporan, kartu kredit diblok permanen, diberikan form sanggahan via email, keesokan sorenya baru email balik form sanggahan.
          Hubungi apple.com via website live chat, tidak membantu.
          Tanggal 28 dan 29 September sudah diselesaikan oleh BRI.

  • 3 Oktober 2023 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Itu transaksinya di aplikasi Toped ya Kak, aplikasinya gak login di hp lain kan? Selama kakak gak pernah nginfoin data pribadi ke orang lain pasti aman kok pake CC. Kalo kakak udah buat laporan sih mending tunggu aja prosesnya. Semoga cepet kelar ya laporannya.

  • 3 Oktober 2023 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Udah bocor berarti ini data kartu. Jadi was-was juga nih pake Tokopedia Card, secara itu transaksi tidak butuh OTP.

  • 3 Oktober 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Wah Kartu Kredit si Ijo…mereka nyari nasabah dengan iming2 ini itu tapi ya gitu banyak minusnya.

  • 3 Oktober 2023 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Saya saranin untuk kalian yang punya kartu kredit. Kalo abis belanja di ecommerce dengan kartu kredit setelah pembayaran selesai, daftar kartu kreditnya di hapus kembali dari aplikasinya. Memang merepotkan dan jadi kena biaya setiap mau belanja. Tp setidaknya kartu kredit anda akan aman dari pembobolan.

    6
    1
  • 3 Oktober 2023 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan pernah ngeklik phising email dgn subject spt ini: confirmation apple id purchase… Dan isi email menginfokan bahwa ada transaksi sekian, jika tidak merasa membeli, harap melaporkan fraud dgn klik SINI. Kalau di klik, akan diarahkan ke web palsu yg persis apple.com, dan setelah login… Segala data beserta payment info bocor.

    Saya jg punya apple id dan lumayan sering dapat spam email model begini, tapi berhub ngga gaptek dan anti panik, sampai saat ini aman.

    Sepertinya anda sudah jadi korban phishing tsb.

  • 3 Oktober 2023 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Proses sanggahan cukup memakan waktu sih, bisa sebulan bisa beberapa bulan. Yang jadi masalah transaksi tersebut ditagihkan atau tidak. Saya tidak tahu BRI bisa mengabaikan tagihan atau gak, kalo bank lain seperti Citibank, BNI, Danamon sih bisa. Lainnya entah.

    Langkah2 sesuai SOP dan pengalaman banyak orang: menjalankan sanggahan lalu minta ganti kartu baru dengan nomer baru. Daripada risiko “dihajar” fraud transacation lagi.
    Semoga permasalahan bisa segera dituntaskan.

  • 3 Oktober 2023 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal serupa yang kaka alami dengan hilangnya limit kartu kredit atas transaksi mencurigakan. Kebetulan saya pengguna CC BRI OVO U Card. Kejadian di bulan Agustus 2023 tanggal 26 dengan adanya notifikasi dari aplikasi BRI Kredit Mobile dan aplikasi OVO kalau limit saya terpotong sebesar Rp. 196.000 dari Google temporary pukul 22.00 malam. Padahal itu bukan saya yg melakukan. Kemudian saya hubungi Call Center BRI saya ceritakan kronologi yg saya alami dan pihak bank pada akhirnya menyuruh untuk memblokir kartu permanen. Kemudian untuk melakukan sanggahan transaksi. Form sanggahan transaksi dikirimkan by email dari Bank BRI, dan panduan langkah2 yg diberikan di email bank BRI. Kemudian satu bulanan setelah mengirimkan email berupa scand form sanggahan transaksi saya, scand KTP dan foto cc tampak depan, saya dapat email dari BRI bahwa transaksi tersebut sudah di fraud kan dan limit saya kembali utuh di bulan September 2023. Memang nominal limit yg hilang terbilang kecil tapi itu celah kejahatan sebelum tindakan pencurian limit dengan nominal yg besar terjadi makanya saya langsung buru2 telpon ke call center Bank BRI untuk lakukan pemblokiran. Kemudian 4 hari setelah pelaporan saya menerima CC BRI OVO U Card yg baru dengan nomor kartu yg berbeda ke rumah saya karena pengiriman Kartu waktu awal apply ke alamat rumah saya. Asumsi saya terjadi entah benar atau tidak mungkin karena saya menautkan link kartu kredit saya di beberapa platform market place belanja online ternama dan taksi online ternama. Memang bayar lebih mudah tetapi kita tidak tahu apakah data perbankan kita aman. Semenjak kejadian itu, saya tidak berani untuk menautkan CC dan Kartu Debit saya secara online. Semua tautan kartu saya hapus. Lebih baik isi saldo aja kalo mau lebih aman. Itu saran saya. Yg penting kakaknya ikuti step by step yg diberikan sama bank, saya yakin limitnya akan kembali, sekian Terima kasih 🙏

  • 4 Oktober 2023 - (06:27 WIB)
    Permalink

    itu nomor kartunya sama cvc/cvv, cvc/cvv itu tiga digit yang berada dibelakang kartu sudah bocor. saya pernah mengalami ini ketika membeli domain diluar langsung pk kartu bkn pake paypal, akhirnya bocor dan disalahgunakan orang.

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan kartu kredit BRI?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Transaksi Rp13,3 Juta yang Tidak Diketahui oleh Pemilik Kartu Kredit

oleh Nefri Anri dibaca dalam: 1 menit
18