Sudah Ikut Program Cicilan dan Selalu Bayar Tapi Tiap Bulan Ditagih Bahkan Didatangi Kolektor

Dear Niaga Collection,

Perkenalkan saya, Mia, nomor kartu kredit 356534********76. Dengan ini, saya ingin mengajukan keluhan terkait penagihan yang terus berlangsung, padahal saya sudah mengikuti program cicilan tetap di Bank Niaga sejak bulan Juni 2023. Terlampir bukti surat permohonan, pembayaran DP, surat persetujuan, dan pembayaran cicilan yang selalu saya bayarkan rutin dan tidak pernah telat.

Sebelumnya, pada bulan Agustus 2023, saya sudah pernah mengajukan keluhan ke Niaga via email dan sudah dihubungi oleh pihak Niaga dengan alasan bahwa bagian penagihan tersebut tidak mengetahui bahwa saya sudah mendapatkan keringanan. Padahal seharusnya dalam sistem sudah tercantum nasabah-nasabah mana saja yang sudah mengikuti program keringanan agar tidak terjadi miskom seperti ini yang merugikan nasabah.

Saat itu, pihak Niaga juga sudah meminta maaf atas kejadian tersebut dan menjamin bahwa tidak akan ada penagihan lagi. Namun, nyatanya sejak bulan September 2023, saya masih ditagih melalui pesan WhatsApp, bahkan setelah saya mengajukan keluhan lagi pada tanggal 30 September 2023.

Informasinya, tindak lanjut akan dilakukan paling lambat tanggal 10 Oktober 2023. Namun, yang saya terima bukan tindak lanjut, melainkan datangnya seorang kolektor pada tanggal 13 Oktober 2023. Lucunya, kolektor tersebut juga mengaku bingung kenapa data penagihan masih diberikan kepadanya atau pihak penagihan.

Dari situ, sudah jelas bahwa ada kesalahan dalam sistem di Niaga atau kelalaian yang merugikan saya sebagai nasabah yang telah kooperatif membayar setiap bulan. Saya menuntut tanggung jawab dari Niaga, bukan hanya sekadar permintaan maaf lalu bulan berikutnya kejadian yang sama terulang lagi!

Bagaimana bisa nasabah yang sudah mengikuti program keringanan dan membayar sesuai jadwal masih ditagih? Apakah tidak ada koordinasi internal di bagian collection sehingga data saya tidak ter-update bahwa saya sudah mengikuti cicilan dan sudah membayar?

Saya menunggu tanggapan, karena saya juga lelah mengajukan keluhan langsung ke Niaga. Responsnya lambat dan tidak tuntas. Jangan salahkan nasabah jika kekecewaan nasabah tidak ditanggapi dan harus menulis surat terbuka kepada Niaga. Hal ini akan menjadi track record buruk di internet mengenai penanganan keluhan di Niaga. Terima kasih.

Terlampir Surat Persetujuan Program Cicilan dan Bukti Pembayaran DP hingga bulan Oktober 2023.

 

Salah satu bukti penagihan:

Bukti komplain kedua dengan nomor laporan keluhan yang tidak mendapatkan tindak lanjut:

Mia J.
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sudah Ikut Program Cicilan dan Selalu Bayar Tapi Tiap Bulan Ditagih Bahkan Didatangi Kolektor”

No. 059/CCG/MBCX/X/2023 26 Oktober 2023 Kepada Yth.: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Mia Jumiati...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Sudah Ikut Program Cicilan dan Selalu Bayar Tapi Tiap Bulan Ditagih Bahkan Didatangi Kolektor

  • 15 Oktober 2023 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Mungkin itu DC eksternal, jadi kurang update informasi untuk penagihan ke nasabah

    • 16 Oktober 2023 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Saya sudah konfirm pak, dan itu DC internal bahkan DC nya sendiri bingung kenapa datanya masi di kasi ke dia padahal sudah ikut program cicilan

  • 15 Oktober 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Kalau jatuh tempo pembayaran cicilan CC tiap tgl 2 dan kamu bayarnya melalui transfer dari bank lain, sebaiknya pembayaran dilakukan di tgl 27 bulannya sebelumnya. Kalau transfer dari bank lain dilakukan di tgl 1, bisa jadi update pembayaran di sistem CC bank niaga baru di tgl 6 dan kamu terdeteksi terlambat membayar dan masuk ke laporan collector. Kalau transfernya dari bank yang sama aja (sesama niaga) bisa perlu waktu 3 hari untuk update settlement pembayaran. Periode settlement pembayaran CC seperti itu berlaku hampir di semua bank manapun. Aku kalau ada tagihan CC jatuh tempo tgl 19 selalu kubayar paling telat tgl 13, karena update pembayaran CC bank ku perlu waktu 5 hari kalender (beda bank).

    Itu dari bunyi WA menandakan Collectornya sudah paham kalau kamu nasabah yang ikut program cicilan.
    Coba perhatikan kalimat di WA : “Mohon dibayarkan ketertunggakan cicilan hari ini minimal 1 bulan terlebih dahulu agar PROGRAM TIDAK BATAL. Terima kasih”
    Nasabah yg ikut program keringanan cicilan memang dimonitor ketat dan gak boleh terlambat bayar 1 hari pun supaya tidak dibatalkan program keringanan cicilannya.
    Kalau sampai dibatalkan programnya, maka nasabah akan ditagih normal sejumlah minimal pembayaran 10% dari total tagihan.

    5
    3
    • 16 Oktober 2023 - (14:39 WIB)
      Permalink

      hallo mohon maaf sebelumnya saya sudah tanya ke banknya bahwa jika di bayarkan menggunakan menu tf antar bank itu langsung masuk pembayarannya. katakan lah ternyata apa yang dikatakan mba benar ada proses 5 hari kerja, saya bayar tgl 1 masuknya tgk 6 september, nah ini kenapa nagihnya tgl 30 seeptember? harusnya kan tgl 6sudah diterima sehingga tdk perlu di tagih lagi tgl 30.

      dan kedua, disini mereka memang sudah tau saya sudah ikut cicilan namun dengan bukti bayar / asumsi pembayaran masuk tgl 6 itu seharusnya tdk ada penagihan apalg bahasa penagihannya 2 bulan tunggakan dan di minta 1 bulan dulu.

      dan ketiga, di complain saya yang pertama ke niaga pada bulan agustus, mereka mengakui kesalahan mereka hanya saja disini yang disayangkan setelah mereka minta maaf dan berjani tdk akan ada kesalahan lagi, tgl 30 sept itu nyatanya terjadi lagi.

      jadi pihak niaga sendiri sudah mengakui semuanya namun yg saya sayangkan selalu berulang terjadi lagi

    • 17 Oktober 2023 - (02:11 WIB)
      Permalink

      Lihat dulu itu pembayaran dari bank lain yg memakai layanan/metode RTOL (real time online transfer).
      Yang mana pembayaran metode RTOL ini langsung masuk secara real time ke kartu kredit.
      Saya selalu bayar kartu kredit pakai metode RTOL ini dan semua real time masuk, termasuk CIMB.
      Beda jika kita bayar kartu kredit lewat metode “pembayaran” di menu “pembayaran tagihan”.

  • 15 Oktober 2023 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Kalau kami, sudah bayar dengan syarat dan ketentuan, lah kok ditagih via online ya kami abaikan, kalau ditagih offline DUEL DONG . .!??

    2
    2
    • 16 Oktober 2023 - (14:29 WIB)
      Permalink

      iya pak, masalahnya ini saya di tagih online dan offline dan status kami sbg nasabah di posisi yang benar jadi pihak niaga harus tanggung jawab

  • 15 Oktober 2023 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Gue salfok sama hutang apaan ini yah….. Minimum payment 1.497.000 berarti cicilan normal seharusnya di atas itu donk,,,,,,selama 3 tahun sampe 2026 , TPI ini cuman bayar 775.000 , ini baru 2 bulan,klo 3 tahun lagi apa ga jerit² tu dompet , cuman saran klo ga mampu pake CC harusnya jangan hutang gede² mending gadaikan aja tu aset

    2
    8
    • 16 Oktober 2023 - (14:27 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf disini saya ada kemampuan untuk menyelesaikan dgn keringanan yang di tawarkan bank tsb, namun bank tersebut yang posisinya salah jadi jangan di putar balik dgn menyalahkan “kalo ga mampu jangan pake cc” karna kasus nya bukan saya gamampu bayar cicilan tapi saya mampu bayar namun pihak niaga masi menagih, itu pointnya

      • 16 Oktober 2023 - (15:27 WIB)
        Permalink

        Abaikan aja yg komen kek gitu. Dr awal artikel ini terbit, sy baca tp ngga komen. Krn memang ngga tau dan ngga ditampilkan estatement nya itu billing terbit tgl brp dan tgl jatuh tempo nya kapan. Coba di cek? Krn mgkn bukan di awal bulan sesuai dgn pembayaran kamu bbrp bulan ini. Walau rekonstruksi, billing cycle tetap mengikuti yg sblmnya.

        • 19 Oktober 2023 - (14:35 WIB)
          Permalink

          hahaha gemes aja pak sama yang komen begitu, bank nya sendiri mengakui kesalahannya eh dia gatau apa apa malah nyalahin nasabahnya

      • 19 Oktober 2023 - (09:21 WIB)
        Permalink

        Hihihi…..d bls katanya mampu bayar, Masalahnya simple loh padahal klo ga mau ditagih ya dilunasi aja, pasti ga bakal ada yg nagih, ni mbak bayar aja kurang dari minimum payment padahal minimum payment tu jauh lebih rendah dari tagihan cicilan normal, di tagih merengek….

        Dari jaman dlu orang klo lagi hutang, di tagih model apapun ya udh, mulai hutang saudara, hutang bank, hutang rentenir cara nagih pasti beda²,emank Lo hutang kok…. Ga usah baper, klo ga hutang nagih baru bacok aja

        • 19 Oktober 2023 - (14:41 WIB)
          Permalink

          Waduhh mba nya ga paham juga ternyata disini masalahanya bukan saya gamau bayar mbyaak wkwkwk dah lah mba baca dulu sebelum komentar jelas2 saya bukan bayar minimum TAPI SUDAH IKUT PROGRAM CICILAN jadi udah berlaku minimum payment.

          dan FYI bank niaga sudah telp saya dan mengakui kelalaian dan kesalahan mereka yaa jadi case closed. Niaga nya aja ngaku salah kok mbyak nya sibuk nyalahin saya? wkwk

          yang kaya gini gini nih, ga baca detil / ga paham tapi ikutan komen, sok pro ke bank padahal banknya aja minta maaf dan mengakui kesalahan ckck

 Apa Komentar Anda mengenai kartu kredit CIMB Niaga?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Sudah Ikut Program Cicilan dan Selalu Bayar Tapi Tiap Bulan Ditagih Ba…

oleh Mia j dibaca dalam: 1 menit
14