Pengembalian Dana Dipotong Penggunaan Voucher Belanja

Dear Media Konsumen, terima kasih sudah memuat surat pembaca ini.

Pada tanggal 6 Oktober 2023, saya memesan meja lipat portable di Shopee. Saya sertakan catatan: Tolong ricek produk dan packing yang aman.

Tanggal 14 Oktober 2023, barang sampai dan penuh cacat, semua penyambung berkarat, pengait juga tidak simetris.

Akhirnya saya ajukan komplain, pengembalian barang dan dana. Sempat ditolak oleh seller, tapi akhirnya disetujui karena semua bukti yang saya lampirkan kuat.

Setelah disetujui, tertera nominal yang bisa dikembalikan ke saya tidak sesuai dengan harga yang sudah saya bayarkan. Alasan dari CS Shopee karena ada item yang tidak diajukan pengembalian. Saya sudah jelaskan bahwa sikat seharga Rp2.999 tidak bermasalah dan 1 item lagi adalah bubble untuk membungkus meja agar aman. Meskipun saya sudah panjang lebar menjelaskan kepada CS, jawaban mereka tetap sama, yaitu nominal pengembalian akan dikurangi voucher yang dipakai.

Pelajaran yang bisa dipetik dari kejadian ini adalah, jika order barang ratusan ribu apalagi jutaan, jangan tergiur pakai voucher apa pun yang disediakan. Voucher disediakan Shopee sebagai iming-iming menarik perhatian. Begitu kita pakai untuk belanja dan barang yang dikirimkan tidak sesuai, uang Anda tidak bisa dikembalikan sesuai harga yang Anda bayarkan, dengan alasan dipotong voucher-voucher yang terpakai.

Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga. Order barang dikirimkan barang cacat, ajukan pengembalian barang dan dana pun percuma karena uang tidak bisa kembali full. Untuk Shopee, lihay sekali cara kalian nilep uang konsumen. Untuk seller, tidak akan berkah jualan produk dengan cara seperti itu. Sekian.

Aurelia Yanti
Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Pengembalian Dana Dipotong Penggunaan Voucher Belanja

  • 21 Oktober 2023 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Sama halnya dengan si Ijo yak.Jika menggunakan voucher akan dikurangi dulu senilai vouchernya baru nominal dana refund,baik barang hilang maupun rusak/salah/return.Semua olshop kiblatnya pada si ijo.Dari ide pengenaan biaya layanan hingga aturan penggunaan voucher.Setidaknya olshop lain gak ikut-ikutan bikin langganan plus atau cc khusus.

    • 22 Oktober 2023 - (11:57 WIB)
      Permalink

      Ini akan jd simalakama buat konsumen…jika kejadian seperti sy, brg dikirimin yg cacat…mau retur pun jadi mikir…ujung²nya ga dpt brg (brg dibalikin) dan uang melayang

      • 22 Oktober 2023 - (14:01 WIB)
        Permalink

        Contoh harga barang 300 pakai vocer 30 konsumen bayar 270, otomatis yang di kembalikan ya 270

  • 22 Oktober 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Lah ya bener shopee kan bayar nya udh dikurangi voucher, masa pembayaran hasil diskon minta harga normal barangnya. Kan ga mungkin kita beli hp aslinya 4jt dapet diskon bayar jadi 3jt eh tiba2 diretur dan minta refund 4jt. Be smart guys.

    • 22 Oktober 2023 - (11:55 WIB)
      Permalink

      Yg sy kritisi adalah…jika uang konsumen dipotong bukan krn kesalahan yg dilakukannya, apakah adil? Yg curang dan mengakibatkan terjadinya proses komplain adalah seller, kenapa konsumen yg harus dirugikan? Vchr juga memotong ke ongkir, bkn ke brg. Makasi feedbacknya.

  • 22 Oktober 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Ngak jelas harga barang berapa, bayar berapa pakai voucher berapa, total belanjaan berapa sengaja tidak di kirimkan fotonya sehingga membuat lain berandai2.

  • 23 Oktober 2023 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Ya bener dong uang yang dikembalikan itu yang dipotong voucher, enak bener kalo duit kembali full. Ibarat kata kita beli barang harga 300rb dapat voucher cuman bayar 270. Pesanan batal atau retur masa mau minta balik full 300, ngelawak juga ente. Terus katanya nilep duit konsumen, emang yang ditilep duit apaan coba? Duit voucher? Sebelum pake voucher budayakan baca dulu boss. Disitu jelas udah ada syarat dan ketentuan kalo voucher tidak bisa diuangkan. Nah kalo bisa mikir pasti tahu itu artinya apa? Mending besok kalo belanja gak usah pake voucher, biar bayar full sama bayar ongkirnya sekalian bro🤣🤣

  • 23 Oktober 2023 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Judul yg sy kirimkan ke MK adalah “Voucher shopee dan seller yg merugikan” tapi diubah MK menjadi “Pengembalian dana dipotong penggunaan voucher belanja”. Jika hanya membaca sekilas judul, pasti akan menimbulkan persepsi lain.
    Harga meja 340.000
    Harga sikat 2.999
    Harga bubble 5.000
    Diskon pengiriman 20.000
    Voucher shopee 27.600
    Voucher toko 3.000
    Biaya layanan 1.000
    Total dibayar 391.799
    Bukan tdk upload, tapi dibatasi hanya bisa max 6 foto.
    Yg sy kritisi adalah, seller yg sengaja kirim barang cacat..kok malah sy yg harus menanggung kerugian jika ingin balikin barang? Jika memang sy hrs rugi, yaudah gpp tapi seller dikasih pinalty apa? Apa yg shopee lakukan agar seller tdk berbuat demikian lagi ke konsumen lain? ~> hal² ini sudah sy sampaikan ke shopee saat mas Ando head leader Medsos tlp 2 hari lalu (sebelum SP ini diterbitkan MK) dan shopee menawarkan permintaan maaf berupa voucher potongan belanja tapi tdk sy ambil.

    • 23 Oktober 2023 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Dari pembicaraan dengan mas Ando, adanya kejadian ini menjadi pembelajaran, jika next ada kejadian 1 brg rusak/cacat dan ada orderan brg lain juga di invoice tersebut…maka tetap kembalikan semuanya sekaligus.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana Dipotong Penggunaan Voucher Belanja

oleh Aurelia Yanti Lay dibaca dalam: 1 menit
10