CS Tokopedia dan JNE Saling Lempar Tanggung Jawab

Singkat cerita, pada tanggal 12 Oktober 2023, saya order kursi lipat di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20231012/MPL/3506478830. Tanggal 13 Oktober 2023, paket sudah dikirim seller dengan nomor resi JNE: TLJR3DC85VMK3MX2 (REG 2-3 hari).

Namun sampai tanggal 16 Oktober 2023 (batas akhir tunggu untuk buka komplain paket belum diterima), tidak ada perubahan update dalam tracking. Saya langsung buka komplain. Seperti biasa, jawaban di halaman komplain cuma jawaban template robot untuk menunggu lagi dan lagi.

Karena tidak ada jawaban jelas dari Tokopedia, pada tanggal 18 Oktober 2023 saya hubungi pihak JNE via Facebook untuk info dengan resi di atas. Pihak JNE cepat dalam konfirmasi dan memberi tanggapan via chat di Facebook. Komplain siang hari, malam harinya saya langsung dihubungi pihak JNE.

Saya tanyakan statusnya, tapi dijawab sedang ditanyakan tim terkait. Saya bilang sekalian dibatalkan saja, karena tidak ada perubahan update dari tanggal 13 – 18 Oktober 2023, paket stuck dan tidak bergerak di gerai pengiriman. Pihak JNE akan follow up untuk konfirmasi pembatalan ke marketplace, yaitu Tokopedia.

Malam harinya pukul 23.24, direspons langsung oleh CS Tokopedia untuk konfirmasi pembatalan (setelah ditelepon pihak JNE sore harinya).

Saya pikir akan selesai komplainnya, karena sudah ada 2 konfirmasi dan pihak JNE dan CS Tokopedia. Namun ternyata malah semakin tidak jelas. Sampai akhirnya pada tanggal 20 October 2023, CS Tokopedia respons di halaman komplain, untuk menunggu pengecekan dari pihak kurir 7×24 jam. Padahal sebelumnya sudah konfirmasi untuk pembatalan.

Saya tanya ke JNE lagi, disuruh konfirmasi lagi ke pihak marketplace. Jadi yang benar yang mana? Menurut saya sudah tidak wajar jika resi tidak update/stuck selama 9 hari (sampai saat ini saya menulis keluhan ditanggal 22 Oktober 2023).

Sekian keluhan saya, dan saya menunggu konfirmasi yang jelas dari pihak Tokopedia dan JNE. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih untuk Media Konsumen, yang telah menerbitkan keluhan ini.

Christian
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “CS Tokopedia dan JNE Saling Lempar Tanggung Jawab

    • 24 Oktober 2023 - (15:53 WIB)
      Permalink

      Setelah surat terbit lgs berubah claim asuransi produk hilang. Gak dimasukin media konsumen mereka selalu lempar jawaban, tanya JNE disuruh hubungin marketplace, tanya CS tokopedia disuruh nunggu pihak JNE

  • 24 Oktober 2023 - (23:50 WIB)
    Permalink

    Hilang kayaknya tuh,, saya pernah nunggu lama gitu, akhirnya dinyatakan paket hilang.. gak saya komplain karna gak begitu penting sih (pentil ban)..

  • 25 Oktober 2023 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Koq ngak komplain ke seller kenapa belum di kirim dsb, biasanya saya chat seller kalau sudah lewat tgl saya minta batal saja dan cari seller lain yg lebih amanah.

  • 27 Oktober 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Kita senasib gan. Saya order laptop seharga 12jt namun yang datang paket kosong yang datangnya tgl 11 oktober 2023 oleh kurir JNE. Namun sampai sekrang statusnya gak jelas stuck proses kelengkapan berkas oleh JNE ke pihak asuransi. Setiap ditanya kapan deadline pihak JNE melengkapi berkasnya namun jawaban CS Tokopedia hanya selalu menjawab mohon kesediaannya menunggu. Ini sudah 15 hari tetapi gak selesai2 klaimnya.

    • 28 Oktober 2023 - (11:03 WIB)
      Permalink

      Saya kmr uda beres si gan uda refund dananya. Cuma emg ngeselin kalo nunggu balasan / jawaban dari pihak tokopedia, gk kayak dulu sat set sat set. Dicoba aja buat surat dimediankonsumen gan, biasa lgs jd prioritas sama masalah biasanya lgs beres

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

CS Tokopedia dan JNE Saling Lempar Tanggung Jawab

oleh JAMZ dibaca dalam: 1 menit
10