Kurir SiCepat Diduga Memalsukan Tracking Berulang Kali Demi Menghindari Tanggung Jawab

Saya selaku penjual di marketplace online, berulang kali dalam waktu dekat menjadi korban dugaan pemalsuan tracking oleh kurir SiCepat. Modus yang diduga dilakukan dimulai dari kendala paket rusak saat pengiriman oleh kurir SiCepat, lalu oknum kurir memalsukan tracking di mana paket sudah dikembalikan ke penjual padahal baru dikembalikan setelah sekitar 3-4 hari kemudian.

Ketika penjual mengajukan komplain kerusakan, perwakilan perusahaan menolak untuk tanggung jawab apapun dengan berbagai alasan seperti sudah lewat masa komplain yaitu 3 hari setelah paket diterima penjual.

Kendala pertama terjadi dengan nomor resi: 004217586235 di mana pengiriman gagal dilakukan dan paket akan dikembalikan kepada penjual. Ketika paket tersebut dikembalikan tanggal 18 Agustus 2023 dalam keadaan rusak, saya langsung mengajukan komplain via email. Namun, CS SiCepat menyampaikan bahwa paket telah dikembalikan tanggal 14 Agustus 2023 tanpa bukti.

Oleh karena komplain telah melewati batas waktu 3 hari, penjual tidak bisa minta ganti rugi apapun. Bahkan setelah melampirkan berbagai bukti, seluruh perwakilan SiCepat merasa benar karena belum ada bukti CCTV.

Pada tanggal 11 November 2023 pukul 16:04 WIB, kurir SiCepat yang sama datang untuk retur paket dengan nomor resi: 005225594229 dengan alasan pecah saat pengiriman. Saat itu, saya langsung merekam kurir tersebut sambil melacak resi di website resmi SiCepat. Ternyata dugaan pemalsuan tersebut terjadi kembali karena menurut website resmi SiCepat paket telah dikembalikan ke penjual pada tanggal 8 November 2023 pukul 13:41, di mana sudah lewat 3 hari dari dinyatakan diterima oleh penjual. Kurir SiCepat langsung terlihat terburu-buru dan pergi.

Seketika, saya langsung menghubungi perwakilan SiCepat via email untuk menyampaikan kembali dugaan modus pemalsuan ini dengan melampirkan seluruh bukti rekaman video, CCTV, Foto, Screenshot, dll. Namun perwakilan SiCepat kembali mengabaikan seluruh laporan dugaan pemalsuan tracking dan seluruh buktinya karena diduga tidak bisa membantah.

Lalu, memberikan alasan dimana SiCepat tidak bisa ganti rugi apapun karena packing dari penjual tidak benar. Padahal packing tersebut jelas menggunakan bubble wrap dan kardus tebal di mana kerusakan seharusnya tidak terjadi jika ditangani dengan baik.

Memalukan menurut saya, perusahaan sebesar SiCepat bisa melakukan dugaan pemalsuan terhadap konsumen secara berulang kali tanpa merasa bersalah. Bahkan, customer service yang seharusnya membantu konsumen yang dirugikan berdasarkan bukti jelas, hanya menutupi terus dugaan pemalsuan oknumnya.

Setelah berulang kali dipertanyakan kenapa tracking dipalsukan dengan bukti jelas pun, seluruh perwakilan SiCepat tidak ada yang mau menjawab dan hanya mengalihkan permasalahan. Saya menduga modus tersebut adalah rahasia umum di internal perusahaan karena seluruh customer service terus mengabaikan pokok permasalahannya.

Suraj Kaish
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres perihal “Kurir SiCepat Diduga Memalsukan Tracking Berulang Kali Demi Menghindari Tanggung Jawab”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Suraj Kaish dengan judul “Kurir SiCepat Diduga Memalsukan Tracking Berulang Kali Demi Menghindari Tanggung...
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “Kurir SiCepat Diduga Memalsukan Tracking Berulang Kali Demi Menghindari Tanggung Jawab

  • 13 November 2023 - (13:18 WIB)
    Permalink

    pembaca tidak bisa menilai karena tidak ada video/foto bagaimana packing yang dilakukan dalam paket.
    semoga ada penyelesaian

    3
    5
    • 13 November 2023 - (13:29 WIB)
      Permalink

      Iya packing boleh jadi argumentasi Kak, tetapi kenapa tracking diduga dipalsukan? Ini kejadian sudah berulang kali dalam waktu dekat. Menurut tracking paket sudah dikembalikan hari H padahal asli nya H+3-4. Ketika penjual komplain pernah diberikan alasan batas komplain H+3. Itu kan seperti manipulasi sistem dan ketentuan jadi penjual hak untuk minta ganti rugi nya otomatis hilang…

      6
      1
      • 14 November 2023 - (17:46 WIB)
        Permalink

        laporkan pihak berwajib kak ini sudah modus oknum si kurir…ya ada oknum yg tdk baik di kurir si cepot…ini ada bbrp jd delik aduan barang hilang dr penjual lain tdk hanya kurir tp bs jadi ada oknum2 yg jahat ingin merusak reputasi si cepot. laporkan atau jk tdk ada kelanjutan ya blacklost saja

    • 16 November 2023 - (08:40 WIB)
      Permalink

      Yah ginilah klo rekrut kurir hanya sebatas join kaya ojol… yg rugi perusahaan sendiri, pecat cari lsgi, dan terulang lagi…

    • 16 November 2023 - (15:06 WIB)
      Permalink

      SMPI SKRNG MSH ADA JUGA YG PAKE SISESAT (sicepat)??? BUSYET 😳 KMANA AJA ENTE PADE?? MASA BERITA2 TERKAIT SISESAT BLUM MENYELURUH?
      C.H.K SCHEME:
      C CRISSCROSS, H HILANG, KLU TDK HILANG MAKA K, KABUR DIBAWA KURIR. GA KAN ADA PAKET YG SMPI TEPAT WAKTU/SESUAI, MRKA MENSORTIR DETAIL ISI & NILAI PAKET, BERHARGA / TDK? BANGUNIN MBAH GOOGLE BOSS, PERLUAS WAWASAN. SAVE UR BUSINESS, MATIKAN PITUR SISESAT. MMG JNT, JNE KURANG GAGAH APA? BLUM LG ANTERAJA? GERAI2 SISESAT SDH GA DA, PICK UP? 1-3 BIJI PAKET? BUANG BEN(G)SIN

      • 16 November 2023 - (15:13 WIB)
        Permalink

        satu2nya xpedisi yg gunakan FAKE TRACKING PALSU, SISESAT.

        JG BISA BATALKAN TRANSAKSI SEPIHAK DGN BERBAGAI ALASAN. ITU RUGIKAN 2 PIHAK UTAMA YG TRANSAKSI YAKNI SELLER & PEMBELI. U GA BUTUH DURI ITU, BUANG, MATIKAN.

        GUNAKAN JASA TERBAIK DEMI BISNIS MU. JGN JD ORG ALAKADARNYA (WONG NDESO MENTALITY), ALWAYS USE THE BEST ONE 🙏, AT ALL COST 💪 DEMI CUSTOMER/BALON (BAKAL CALON)

        U BERTARUNG DEMI MRKA, BUKAN TUK MARKETPLACE APALAGI JASA KURIR GEMBEL ABAL2, F**CK EM.

        FOKUS KE CUSTOMER & PELAYANAN

    • 16 November 2023 - (23:45 WIB)
      Permalink

      si lelet emang edan,.
      pesanan di hari yg sama, dari kota yg sama, kurir expedisi lain udh nyampe si lelet belum nyampe malah melebihi estimasi
      parahnya lagi, pesanan belum dikirim tapi status paket udh delivered, boro” paket datang, panggilan telpon chat whatsap aja ga masuk, saya minta bukti foto penerima paket ga ada,.
      yg professional lah, kalo emang paket belum dikirim jgn asap update tracking pengiriman udh delivered..

      ya kalo cs si lelet cepet tanggap yg naggepin aja bot semua..
      hindari merchant dengan expedisi si lelet

  • 13 November 2023 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Betul Kak, saya sudah email dan whatsapp berulang kali menanyakan kenapa tracking di situs resmi SiCepat sendiri menunjukan paket dikembalikan tanggal 8 November 2023 pukul 13:41 padahal rekaman CCTV, Video & Foto (beserta time-stamp) jelas tanggal 11 November 2023 sekitar pukul 16:04 tapi seluruh perwakilan CS nya mengabaikan dan malah mengalihkan masalah ke packing tidak benar. Di kendala sebelumnya mereka berdebat merasa benar karena belum ada bukti CCTV, sekarang ada rekaman CCTV mereka pura-pura tidak lihat.

    7
    1
    • 14 November 2023 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Sicepat ekspedisi yg isi y penipu/maling karena saya juga korban sicepat beli hp di Tokopedia yang datang malah madu anak pihak toko udah jelas kasih bukti video klo yang di kirim hp tapi ternyata udah ditukar sama kurir sicepat jadi kapok beli online melalui ekspedisi sicepat yang isi y penipu/maling…dan sampai skrg lom dikembalikan dana saya…

      • 14 November 2023 - (13:55 WIB)
        Permalink

        Waduh kok bisa terjadi seperti itu Kak? Kronologi nya gimana? Semoga cepat ada penyelesaian atau ganti rugi ya…

    • 14 November 2023 - (17:49 WIB)
      Permalink

      kerjasama antar oknum…mrk haus kerjaan tapi juga jahat krn lupa dan pura pura Tuban tdk melihat perbuatan mrk bahwa itu kelakuan dosa…kelak kalau sdh di cambuk mrk akan jerit jerit. ntar juga kena tulah mrk org jahat itu.

      1
      1
  • 13 November 2023 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Sudah di prank berkali-kali, hapus layanan ekspedisi ini di toko. Bahkan SEKALI saja lancung ke ujian seumur hidup konsumen tak percaya. 😁

    13
    1
    • 13 November 2023 - (16:40 WIB)
      Permalink

      Parah memang Kak bahkan setelah kejadian berulang kali dan bukti rekaman CCTV pun masih saja mereka tidak mau menanggapi sama sekali permasalahan nya. Malah yang disalahkan bubble melulu, bukan oknum nya yang di tindak…

      8
      1
      • 14 November 2023 - (02:21 WIB)
        Permalink

        Itu memang benar apa lagi j&t juga sering kyk gt retur blm sy terima di sistem marketplace sudh ada notif retur sudah di kembalikan ke penjual..
        Ini marketplce nya hrs di benahi bukti penerimaan retur jg di ksh tombol bukti penrimaan ,kayak tombol pas paket di terima kyk gt

        • 14 November 2023 - (10:14 WIB)
          Permalink

          Betul banget ini Kak, saya juga pas kejadian minta bukti foto retur ke marketplace dan kurir tapi tidak ada yang bisa kasih satu pun. Seharusnya wajib ada bukti retur dari marketplace.

  • 13 November 2023 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Kantor pusat SiCepat telah menghubungi saya sore tadi dan mengatakan akan segera investigasi kendala ini dan akan coba maksimal untuk ganti rugi kerusakan. Kepala cabang SiCepat Sunter Karya beserta kurir terakit yang mengantarkan juga datang ke tempat untuk minta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi kejadian seperti ini.

  • 13 November 2023 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Kejadian yg sama pernah saya alami, dan sekarang, sudah tidak pernah menggunakan jasa kirim sicepat… Takut dengan informasi palsu/Lacakan palsu yg sengaja dibuat buat oleh kurir sicepat…

  • 13 November 2023 - (22:26 WIB)
    Permalink

    Sicepat tlng di breafing kurir² nakal…masa setiap hari keluhan layanan sicepat selalu muncul di MK.

  • 14 November 2023 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Kl saya kendalanya dibrequest pick up.
    Brg sdh siap.. tp laporan notivnya sigesit telah malakukan pick up tp brg blm siap.

    NGAPAIN REWUEST PICK UP KL BRG BLM SIAP.. SAMPEK2 SERING DIKOMPLIN PEMBELI.. AKHIR SY BERFIKIR.. DIBIKIN MUDAH SJA DEH.. NON AKTIF.. BERES

    • 14 November 2023 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah tapi dengan kurir lain Kak, beruntung tapi waktu lapor ke CS pusat perusahaan tersebut langsung ditindak cepat dan kurir nya minta maaf. Memang penjual dirugikan kalo kejadian seperti itu, pembeli bisa marah dan jadi berpikir barang kita tidak ready.

  • 14 November 2023 - (07:27 WIB)
    Permalink

    Ajukan sengketa konsumen aja ke pengadilan negeri tempat konsumen, kalau memang ada bukti2 fraud terkait pemalsuan tracking

    • 14 November 2023 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Perwakilan kurir sudah datang dan minta maaf secara pribadi Kak, akan diusahakan ganti rugi sesuai katanya. Semoga penyelesaian nya baik

  • 14 November 2023 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Silambat ini memang sudah bermasalah sejak tahun lalu, dimulai dr phk karyawan, banyak gerai tutup, trs naik ongkirnya, silambat sudah nyaris bangkrut, makanya sdh tidak pernah pakai silambat lg. Komplen via wa juga percuma, ga bakal dibalas. Oknum kurir di semua jasa kirim pasti ada, saya juga sering ngalami, makanya semua paket lebih baik di asuransikan. Ada asuransi aja kadang masih dipersulit komplennya, sampai kayak ngemis2, terutama di si oren.

    • 14 November 2023 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Bener Kak lebih baik asuransi semua ya. Kurir harus benahi divisi customer service nya memang karena konsumen komplain apa dijawab nya apa seperti robot. Makanya terpaksa sampai harus masuk MK.

  • 14 November 2023 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Sicepat di Denpasar juga ugal – ugalan. Paket saya sejak 9 Nov 2023 stuck di denpasar sortation. Beberapa review mengatakan saat mereka mendatngi lokasi tersebut, barang tertumpuk kayak sampah

  • 14 November 2023 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Wah jadi ngeri pakai sicepat, lebih baik saya mulai sekarang tidak pakai sicepat lagi

      • 14 November 2023 - (15:53 WIB)
        Permalink

        waduhhh sya juga lagi ada orderan barang nih di si Ijo pake sicepat juga, dari kemarin masa masih di jkt terus ya..padahal yg dari jnt udah dateng hari cekout nya juga sama

  • 14 November 2023 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Biar aman buble dus Paking kayu, klo buble dus aja kurang aman

    Apalagi elektronik leptop sejenis

    • 14 November 2023 - (17:38 WIB)
      Permalink

      Barang nya tepung dan minyak goreng Kak, masa iya harus pake paking kayu hehe…

      • 14 November 2023 - (18:33 WIB)
        Permalink

        ekspedisi paling sampah …kirim sabun kemasan drigen 5 liter aja bisa sobek drigennya…padahal drigen kemasan 5 liter itu tebal…uda di paking dus tebal..tempel stiker fragil dll..kalo bocor atau rembes masih masuk akal…ini malah bisa sobek pecah 5cm…gila gak tuh kurir…uda gitu disuruh bubble setebal 3cm…guoblok banget bubble 3cm…akhirnya sekarang pakai jne jtr aja…lebih murah dan gak ada masalah pecah atau bocor ..emang beda kualitas nya

  • 15 November 2023 - (01:00 WIB)
    Permalink

    pasti si cepat, udah dari dlu, saya pernah jugaa dulu , dan gk pernah pake si cepat ini lgi ..

    ujung ujungnya pasti gk mau ganti rugi sicepat, emang kelompok ekspedisi paling buruk

  • 15 November 2023 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Waduh, ngeri ya, saya juga ada pesanan yg belum tiba dari sicepat, pesan 10 nov, hari iini 15 nov saya tracikng paket masih dijakut, tujuan Langkat Sumut, aneh banget, 5 hari masih dijakut

  • 15 November 2023 - (12:26 WIB)
    Permalink

    oknum kak , kita dari sisi penjual kadang juga merasa jengkel barang udah di terima pembeli eh si kurir dan adminnya gak update status … status masih dalam pengiriman , estimasi tanggal pengiriman habis malam di tambah ….
    mereka gak mikir penjual lewat online jikalau pembeli bisa klik terima baru dana bisa di cairkan, , iya kalo modal yang gede usahanya gak mikirin masalah itu …. saya yang kecil modalnya perlu buat perputaran lagi …. untung gak seberapa masih perlu menunggu ber minggu minggu lamanya

 Apa Komentar Anda?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Kurir SiCepat Diduga Memalsukan Tracking Berulang Kali Demi Menghindar…

oleh S dibaca dalam: 2 menit
47