Biaya Keterlambatan Kartu Kredit CIMB Niaga Membingungkan

Saya nasabah kartu kredit CIMB Niaga, dengan nomor kartu: 45**********8647 dan 45**********89895. Saya ingin menanyakan bagaimana sistem perhitungan biaya keterlambatan kartu kredit di CIMB Niaga.

Pada tagihan bulan November 2023, saya dikenakan biaya late charge masing-masing sebesar Rp75.000 pada kedua kartu kredit saya dan juga biaya interest. Tagihan bulan Oktober hanya sebesar Rp525.844 dan Rp147.299, dan saya hanya terlambat membayarkan selama satu hari.

Saya telah melaporkan kejadian ini via Call Center CIMB Niaga pada tanggal 7 November 2023, untuk meminta penghapusan biaya keterlambatan dan memberitahukan alasan keterlambatan pembayaran tagihan. Nomor pengaduan saya adalah: CBCWF071123003177 dan CBCWF071123003171.

 

Pada tanggal 9 November 2023 pukul 10.22, saya mendapat informasi via WhatsApp dari CIMB Niaga yang menginformasikan bahwa pengaduan koreksi biaya/denda belum dapat dipenuhi.

Bagi saya, biaya late chargeRp 75.000 yang diberlakukan oleh CIMB Niaga, dengan total tagihan hanya sebesar Rp147.299 dan hanya terlambat satu hari tidak masuk akal. Apakah begini cara CIMB Niaga mencari untung? Tidak masuk akal jika terlambat membayar dalam jangka waktu satu hari langsung dikenakan biaya late charge Rp75.000 tanpa toleransi.

Sebagai pemegang kartu kredit dari bank lain, saya baru-baru ini dikenakan biaya interest di tagihan kartu kredit Mandiri, karena saya baru mengubah transaksi menjadi cicilan setelah tanggal cetak. Setelah saya menghubungi call center Mandiri untuk meminta penghapusan biaya interest, permohonan saya disetujui. Tidak seperti CIMB Niaga yang terkesan tidak mau tahu dengan problem yang dialami nasabahnya, sehingga permohonan penghapusan koreksi biaya/denda saya belum dapat disetujui.

Padahal, selama ini saya hampir tidak pernah terlambat membayarkan tagihan kartu kredit CIMB Niaga saya. Namun karena suatu hal yang mengakibatkan saya tidak bisa mengakses akun OCTO Mobile saya pada tanggal 6 November 2023, saya baru bisa membayarkan tagihan kartu kredit CIMB Niaga saya pada tanggal 7 November 2023.

Terima kasih kepada Mediakonsumen.com yang sudah memuat keluhan saya. Atas perhatian dan kerja samanya, saya ucapkan terima kasih.

Steven Wijaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Biaya Keterlambatan Kartu Kredit CIMB Niaga:
[Total:16    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan perihal “Biaya Keterlambatan Kartu Kredit CIMB Niaga Membingungkan”

No. 721/CB/MBCX/CC/XII/2023 27 Desember 2023 Kepada Yth.: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Steven Wijaya...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Biaya Keterlambatan Kartu Kredit CIMB Niaga Membingungkan

    • 6 Desember 2023 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Masalah ga sekolah dulu..klo sekolah pasti d baca..dulu kuliah saja terlamat 1 menit ga bole masuk kelas atau ikut ujian

    • 6 Desember 2023 - (11:01 WIB)
      Permalink

      disini sudah terjawab sistem telat bayar cimb seperti apa. mungkin yang harus diperjuangkan melalui surat pembaca ini adalah agar cimb mau menghapus biaya tersebut

      2
      3
    • 10 Desember 2023 - (18:00 WIB)
      Permalink

      Lebih baik bayar, sebelum jatuh tempo, jika bisa H-7. Dan selalu bayar lebih dari total tagihan.

      • 15 Januari 2024 - (22:35 WIB)
        Permalink

        Kalau di kasus saya sekarang, Saya bahkan sudah lakukan pembayaran H-16 sebelum tanggal jatuh tempo yang nilai pembayaran mencapai 96% dari nilai transaksi yang sudah dilakukan(karena ada tambahan transaksi setelah saya lakukan pembayaran). Tapu Saya juga tetap ditagih biaya denda keterlambatan. Sampai saat ini, pihak bank belum memberikan solusi. Sungguh saat terlalu…

  • 6 Desember 2023 - (09:49 WIB)
    Permalink

    TS tampaknya selalu bermasalah dengan kartu kredit. Sudah waktunya TS untuk memikirkan menutup. Korban gaya hidupkah?

    4
    1
  • 6 Desember 2023 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Sebelum mengajukan kartu kredit, Anda sudah dianggap “menyetujui” syarat & ketentuan tarif & biaya kartu kredit.
    Jangan bilang tidak tahu karena tiap kali pengajuan pasti ada S&K baik di formulir pengajuan atau di form digital.

    Tidak ada alasan untuk keterlambatan. Terlambat ya terlambat. Bank tidak mau tahu itu.

    Pembayaran kartu kredit CIMB selain melalui OCTO Mobile kan bisa dilakukan di channel pembayaran bank lain atau melalui e-commerce.

    Apakah bank mempertimbangkan jika anda tidak bisa akses OCTO mobile di saat tanggal jatuh tempo?
    Kenapa tidak jauh hari melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo?
    Itu sdh jd tanggung jawab anda.

    • 6 Desember 2023 - (13:14 WIB)
      Permalink

      “Bagi saya, biaya late chargeRp 75.000 yang diberlakukan oleh CIMB Niaga, dengan total tagihan hanya sebesar Rp147.299 dan hanya terlambat satu hari tidak masuk akal.”

      Ini lebih gak masuk akal : dengan total tagihan yang hanya Rp 147.299 aja sampai terlambat bayar dan gak segera dibayar sebelum jatuh tempo.

      “Namun karena suatu hal yang mengakibatkan saya tidak bisa mengakses akun OCTO Mobile saya pada tanggal 6 November 2023, saya baru bisa membayarkan tagihan kartu kredit CIMB Niaga saya pada tanggal 7 November…”

      Kamu (dan nasabah lain) sudah dikasih kelonggaran waktu 20 hari untuk bayar tagihan sejak terbit billing statement sampai tgl jatuh tempo tagihan. Kan bisa bayar sebelum tgl jatuh tempo dengan jumlah nominal tagihan sekecil itu.

  • 6 Desember 2023 - (10:20 WIB)
    Permalink

    lah ?
    jelas2 TS melanggar aturan kok malah gak terima dihukum?

    meskipun 1 hari, itu udah melanggar aturan, dan sudah harus menerima hukuman

    CIMB tidak melanggar aturan, karena sesuai aturan yang dibuat, telat bayar = denda meskipun itu cuma 1 hari

    kayaknya TS ini tipikal kalo anaknya nakal, yang ditampol malah pak guru nya karena menghukum si anak

  • 6 Desember 2023 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Klo sdh lewat JATEM pembayaran, biar setengah atau 1 hari memang dikenakan denda minimum sesuai peraturan masing² bank…tergantung kebijakan pihak analis bisa dihapuskan atau tidak dia yg memutuskan…klo lebih nyaman pake kartu kredit bank lain ya tutup saja yg dirasa gak nyaman

  • 6 Desember 2023 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Apa iya gak pernah terlambat? Di MK aja anda sdh pernah lapor sekali di 2019 wkwkwk. Late charge kalau 1 hari ya ud kena persentase atau minimum late charge tergantung mana lebih besar. Ditambah bunga lagi. Pemakai CC masa kagak tau beginian. Di term and condition jg tertulis perhitungannya

    • 6 Desember 2023 - (16:19 WIB)
      Permalink

      mungkin dia menulis di MK berlatar belakang berhasil menghapus “hukuman” alias denda late charge di kasus sebelumnya berkat MK

      jadinya dia mencoba kembali seperti itu

      • 6 Desember 2023 - (22:31 WIB)
        Permalink

        membingungkan gimana ya? kan dulu tahun 2019 udh pernah ngalamin masalah yg sama. knapa gk belajar dr pengalaman terdahulu?

  • 6 Desember 2023 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Biaya keterlambatan sangat jelas aturannya, demikian dengan besaran bunga yang bahkan dihitung dari tanggal transaksi dilakukan, bukan mulai dari tanggal cetak atau jatuh tempo. Kalau sampai terlilit bunga utang, ya siap2 lebih gak masuk akal lagi karena akan bunga berbunga.
    Dihapus atau gaknya biaya bersifat permohonan/pengajuan, bisa disetujui bisa ditolak

    Untuk alasan tidak bisa mengakses octo mobile untuk bayar, saya kira nasabah sudah diberikan sekitar 15-20an hari sampai jatuh tempo. Nilai tagihan pasti sudah tahu dari PDF tagihan email yang diterima… dan pembayaran tidak harus via sistem CIMB, bisa transfer online antar bank dari bank lain misal bank digital yang kebanyakan gratis. Itu langsung masuk realtime dan valid sebagai pembayaran. Jadi jangan lah mepet atau bahkan lewat dari jatuh tempo.

  • 6 Desember 2023 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Mau terlambat 1 hari atau berapa hari ya tetap sama namanya TERLAMBAT BAYAR dan ada konsekuensi denda. Mau tidak kelupaan bayar tagihan, cukup bikin transaksi pembayaran terjadwal saja, sangat mudah dengan OCTOMobile. Tidak usah menunggu tagihan datang, karena saldo outstanding kartu juga bisa dicek melalui aplikasi.

 Apa Komentar Anda mengenai Biaya Keterlambatan Kartu Kredit CIMB Niaga?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Biaya Keterlambatan Kartu Kredit CIMB Niaga Membingungkan

oleh Steven Wijaya dibaca dalam: 1 menit
17