Kecewa Beli iPhone 15 Pro Max di Erafone, Produknya Cacat Fisik

Pada tanggal 10 Desember 2023, saya membeli iPhone 15 Pro Max di toko Erafone Megastore Jalan Gunung Bulusaraung Kota Makassar. Pembelian tersebut semua berjalan dengan lancar, proses di toko tersebut sampai akhirnya saya membeli produk iPhone 15 Pro Max 256 GB, seharga Rp24.999.000.

Kemudian pada saat saya pulang ke rumah, yaitu beberapa jam setelahnya, saya mengecek ulang hp saya dengan baik. Ternyata ada garis  pada bagian belakang hp saya, berupa cacat tak kasat mata, yang bila dilihat biasa tidak kelihatan, harus dilihat dengan baik agar kelihatan. Cacat garis tersebut terdapat pada bagian kanan bawah hp, yang berbentuk garis sudut kotak dan juga terdapat cacat berupa garis lurus pada bagian tengah kiri handphone iPhone tersebut.

Saya melihat cacat pada hp tersebut tidaklah normal. Kemudian saya bermaksud membawa hp tersebut kembali ke toko, tapi pada saat itu toko sudah tutup. Keesokan harinya saya memutuskan langsung ke toko untuk mengajukan penukaran unit handphone. Pada saat jam buka, saya langsung ke sana (pukul 10 pagi), yang artinya masih dalam ruang lingkup 1×24 jam.

Pada saat saya di sana, saya menyampaikan komplain saya terhadap produk tersebut. Saat itu saya langsung minta ganti dengan unit baru. Namun ditolak oleh sales yang menangani saya, dengan alasan unit telah diaktivasi. Padahal proses aktivasi dilakukan tanpa persetujuan saya terlebih dahulu dan ketika cek fisik, saya tidak dijelaskan apabila unit telah diaktivasi, maka tidak bisa ditukar unit.

Saya merasa dicurangi. Alasan saya datang dan membeli langsung ke Erafone agar bisa mendapatkan iPhone baru tanpa cacat. Sales juga mengatakan bahwa produk Apple tidak dapat diganti/ditukar kembali dengan produk baru. Hal tersebut berbeda dengan yang ia ucapkan pada saya saat membeli. Dia mengatakan “Kalau ada produk yang rusak/bermasalah karena memang dari produksi pabrik dan bukan karena kesalahan pengguna, nanti akan kami ganti. Selama bukan cacat karena pengguna/human eror, melainkan memang benar produk sudah cacat dari pabrik”. Padahal produk handphone saya masih ada dalam masa garansi (baru dibeli, belum sampai 1×24 jam).

Kemudian saya juga bicara dengan manajer toko tersebut. Si manajer juga mengatakan hal yang sama dengan si sales dan sama sekali tidak memberikan solusi kepada pelanggan dan sangat tidak kooperatif (pegawai toko tidak memberikan solusi, malah membuat beban kepada pelanggan).

Di sini saya sangat kecewa dengan pelayanan yang diberikan Erafone. Saya sebagai pelanggan sudah sering membeli hp di Erafone dan pertama kalinya juga mendapat kejadian seperti ini. Namun pihak toko seperti lepas tangan dan tidak mau betanggung jawab atas produknya yang cacat pabrik.

Keesokan hari setelah mendapati produk saya yang cacat, saya langsung melakukan komplain ke toko. Karena saya juga melihat pelayanan yang diberikan Erafone di website Era Space, bahwa produk tersebut dapat diganti dengan jaminan H+1 dalam kurun waktu 1×24 jam.

Saya sudah menyampaikan kepada pihak toko, langsung kepada manajer toko tersebut. Namun kata mereka hal tersebut tidak berlaku untuk produk iPhone. Informasi yang disampaikan pihak toko kepada saya (pelanggan) berbeda dengan yang tertulis di website Era Space sendiri. Pada website Era Space tidak ada tertulis khusus produk tertentu/merek tertentu saja yang mendapat jaminan ganti rugi.

Dalam kurun waktu 1×24 jam, saya sudah menitipkan produk iPhone saya ke outlet toko, dengan membuat surat pernyataan resmi berupa tanda terima yang dilegalisasi oleh pihak manajemen toko, bahwa barang tersebut cacat. Jadi dari tanggal setelah mendapatkan barang tersebut cacat, saya dengan itikad baik langsung menaruh di toko untuk mencegah kemungkinan buruk yang terjadi. Saya pribadi belum memakai iPhone tersebut, sejak pembelian di toko pada tanggal 10 Desember 2023, sampai hari ini.

Saya sudah menyatakan keluhan melalui Era Space, yaitu layanan konsumen Erajaya melalui WhatsApp dan juga melalui email customercare@erajaya.com. Saya berharap bisa didengar komplain saya dengan bijak, dan dilakukan uji tes bahwa produk saya memang murni cacat pabrik. Namun jawaban/respons dari pihak customer care Erajaya mengatakan bahwa belum dapat dilakukan penggantian unit iPhone.

Bahkan mereka tidak mau mengecek iPhone saya yang cacat produksi. Pihak Erajaya hanya membela pihak mereka, dengan alasan SOP, yang menurut pihak Erajaya sudah dilakukan pengecekan unit sebelum hp dibawa pulang. Alasan tersebut sama dengan yang manajer toko Erafone tersebut katakan, oleh karena itu tidak dapat dilakukan penggantian unit.

Lantas bagaimana hak saya sebagai konsumen dalam membeli barang? Saya sudah membayar mahal, tetapi mendapatkan barang cacat. Apakah seperti ini sistem kerja dari pihak Erajaya? Tidak mendengar ataupun melihat yang dikeluhkan konsumen dan hanya mengandalkan SOP untuk melindungi pihaknya sendiri? Yang saya sayangkan, bagaimana quality control yang ada di Erafone hingga ada barang cacat produksi seperti ini?

Saya juga tidak menandatangani pernyataan, yang menyatakan bahwa saya tidak bisa menukar unit baru yang cacat produksi. Lantas apa alasan Erafone tidak mau mengganti unit yang cacat produksi? Bukankah di klaim garansi juga dicantumkan bahwa unit yang rusak bukan karena kesalahan customer/karena binatang bisa diganti dengan yang baru?

Sungguh sangat mengecewakan sekali pelayanan di toko Erafone Megastore jalan Gunung Bulusaraung Kota Makassar. Saya hanya disambut dengan baik pada saat mau melakukan pembelian. Namun ketika ada hal yang membuat konsumen dirugikan lalu ingin melakukan komplain, mereka pihak toko (terutama leader manajer) toko lepas tangan dan sangat tidak kooperatif. Bahkan ketika saya meninggalkan store, tidak ada ucapan terima kasih, apalagi permintaan maaf dari sales ataupun manajer yang melayani saya.

Saya sebagai pelanggan sangat kecewa berat dengan hal ini. Saya jadi kehilangan kepercayaan untuk berbelanja di toko Erafone.

Dwi Utomo Winarso
Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Kecewa Beli iPhone 15 Pro Max di Erafone, Produknya Cacat Fisik

  • 18 Desember 2023 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Pihak toko sudah menjalankan SOP dengan benar, di berikan form checklist dan sudah di periksa oleh pembeli serta di tanda tangan bahwa barang dalam kondisi OK.

    # Hal ini ibarat anda tarik tunai di TELLER, uang sudah di hitung PAS, setelah keluar gedung komplain kurang 1 lembar. Lalu apakah TELLER mau mengganti kekurangan nya ??
    SeSimple dan Sederhana itu saja,

    41
    5
    • 18 Desember 2023 - (18:58 WIB)
      Permalink

      Saya denger dari temen temen saya eraf0ne memang produknya banyak cacat” so harus hati hati berbelanja di toko tsb.
      Menurut pandangan saya pribadi produk tersebut memang cacat bawaan dari pabrik. banyak rumor iphone 15 proseries cacat produksi
      saya lihat diyutub cacat nya mirip seperti cacat di hp masnya dan kalaupun jatuh atau tergores gak kayak gitu cacatnya soal belakang iphone baru mulai seri Xr sulit tergores . Erafone perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan kontrol produknya sih.

      7
      8
    • 20 Desember 2023 - (01:58 WIB)
      Permalink

      Sorry.. Kalau diibaratkan dengan tarik tunai di teller bank kayaknya kurang cocok / cacat logika..
      Anggap uang sudah dihitung pas di depan teller kemudian meninggalkan gedung.. Setelah itu, uang tsb disetor ke bank lain.. Ketika di cek di bank lain, ditemukan 1 lembar UPAL pada uang tsb..
      Apakah kita bisa klaim UPAL tsb? Jawaban nya bisa.. Ambil contoh Bank B*A saja, SOP nya, UPAL tsb tidak dikembalikan dan langsung digunting di hadapan kita, kemudian kita disuruh tanda tangan BAP mereka dan kita dapat fotokopi surat tsb sebagai bekal kita buat klaim di bank asal..
      Diganti sama bank asal? Diganti.. Walaupun sudah meninggalkan gedung..

      Sama seperti kasus ini, barang sudah dicek.. Sudah oke.. Sudah dibawa pulang.. Ternyata ada cacat produksi.. (kata si konsumen) Harus nya dicek kembali sama toko nya.. Tp toko sama sekali tidak mau melihat / mengecek unit, kata konsumen..

      Cuman.. konsumen sudah ttd form unboxing / form checklist.. Artinya sudah diperiksa oleh konsumen.. Cacat produksi secara fisik harus nya sudah bisa ditolak di awal.. Kecuali kalau cacat produksi (dalam arti software), itu harus dipakai dl baru ketahuan..

      Maaf, saya sependapat dengan toko.. Tidak dapat diganti dengan unit baru..

      10
      1
  • 18 Desember 2023 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Ya gimana ya, sudah dijalankan prosedur unboxing dan pengecekan langsung unit oleh pihak toko yang disaksikan langsung oleh kamu selaku pembeli, sudah tanda tangan form juga bahwa unit dalam kondisi baik tidak cacat, lengkap,dll..lalu dilakukan step aktivasi. Komplain mengenai fisik setelah meninggalkan toko ya menurut saya resiko dan tanggung jawab pembeli. Sama halnya jika kita ke bank untuk tarik tunai, teller hitung di depan mata melalui mesin disaksikan pemilik rekening, dihitung ulang sendiri atau tidak, itu opsional. Tapi ngga mungkin bisa komplain setelah tinggalkan loket/bank, datang lagi bilang uangnya kurang. Atau ketika pembelian unit kendaraan, diantar ke rumah, tanda tangan berkas serah terima menyatakan unit baik, lengkap, dsbnya. Setelah itu komplain baret, ya gimana ya…

    16
    3
  • 18 Desember 2023 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Kalau ada produk yang rusak/bermasalah karena memang dari produksi pabrik dan bukan karena kesalahan pengguna, nanti akan kami ganti. Selama bukan cacat karena pengguna/human eror, melainkan memang benar produk sudah cacat dari pabrik”. Padahal produk handphone saya masih ada dalam masa garansi (baru dibeli, belum sampai 1×24 jam).

    Kalau sy pribadi mengalami hal seperti itu akan sy kejar terus sales yg melayaninya dan minta tanggung jawab sesuai ucapannya, siapa juga yg mau beli barang mahal kemudian dpt barang dlm arti cacat pabrik, kejar terus aja jgn sampai nyesel beli brng mahal tapi dapat barang cacat

    7
    16
    • 18 Desember 2023 - (13:47 WIB)
      Permalink

      tetap gak logis bro

      notabene seller & buyer sudah cek bersama sama

      tiba2 buyer kembali dengan klaim kerusakan pabrik di fisik luar

      fisik luar adalah part pertama kali yang menjadi korban kelalaian user

      bagaimana seller bisa tahu kalau itu bukan kesalahan user?
      karena baret seperti itu sangat mudah terjadi karena kesalahan user

      11
      3
      • 22 Desember 2023 - (21:44 WIB)
        Permalink

        Ngeri2 sedap mmg klo beli barang elektronik/alat pertukangan baru mahal yg gk ada service center resminya di indo 🇲🇨 😮‍💨

    • 18 Desember 2023 - (12:35 WIB)
      Permalink

      tidak apa-apa to?
      kartu kredit biasanya banyak promo, atau minimal bunga 0%

      bukan masalah lah pokoknya.
      tp yang jadi masalah, barang sudah diterima dan dibawa pulang. mau komplain gimana pun, kayaknya bakalan susah kalo mau ganti unit.

      8
      1
      • 18 Desember 2023 - (14:44 WIB)
        Permalink

        Dan yg gak disadari org2, dgn menyicil, uang 15jt itu bisa diputerin buat usaha hingga dpt hasil yg bs buat bayar cicilan cicilan.

        1
        2
    • 18 Desember 2023 - (18:25 WIB)
      Permalink

      Saya ingin membeli hp baru di erafone.
      Saya jadi ragu membeli di erafone setelah baca artikel ini . Kasihan si konsumen membayar mahal tapi dapat produk yang cacat .

      3
      3
      • 18 Desember 2023 - (21:03 WIB)
        Permalink

        maaf yahh cuman mau meluruskan sedikit nih kalau menurut sayaa pribadi bukan kesalahan pihak tokonya sih kak soalnyakan setiap beli di toko toko besar seperti ibox erafone itu pasti ada pengecekkan fisik nah kalau terdapat lecet pasti akan di gantikan unit baru tuh tapai kalau udah dibawa pulang berarti si pembeli ga teliti dong hehehe god bless you

        9
        2
        • 22 Desember 2023 - (19:55 WIB)
          Permalink

          Mohon maaf yah tapi kalau menurut uu perlindungan konsumen ga ada tuh ditulis hanya bisa di ganti yang baru bila masih ada di toko 😙.

          Pelaku usaha sudah sewajib wajibnya mengganti kerugian bila terdapat cacat tersembunyi. ( menurut UU perlindungan konsumen ) .

          Kalau takut dimintai ganti rugi karena barang cacat mending gausah jualan sekalian si toko nya . Buka rental ps aja 😉🙏.

          Btw terima kasih sudah menyempatkan komen . Sehat selalu yah🙏

          1
          3
  • 18 Desember 2023 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Pihak seller telah melakukan SOP dengan benar

    Seller & Buyer telah melakukan unboxing dan check fisik bersama sama

    setahu saya, semua merk hape apapun , saat pembelian offline biasanya unboxing di tempat
    apabila ada cacat fisik saat unboxing tsb, pasti diganti produk baru yang lain

    kembali ke topik
    setelah cek produk selesai, buyer pulang dan menemukan cacat produk kemudian komplain
    sangat masuk logika apabila seller menolak klaim tsb
    apalagi cacat fisik luar

    anggap aja ada selisih 3 jam, di rentang waktu begitu banyak, tentu banyak peluang kelalaian user
    jangankan hitungan jam, mungkin waktu ke foodcourt, bisa aja terbentur? lalu diklaim cacat produk

    beda cerita kalau layar dalam bergaris, padahal di fisiknya tidak ada benturan apapun

    11
    3
  • 18 Desember 2023 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak kasat mata harusnya tidak bisa terfoto, kayaknya pembeli kurang teliti tapi menyalahkan toko dan sales. Tapi tidak mau intropeksi diri sendiri apakah saat beli teliti memeriksa fisik atau memang lalai memeriksa.

    6
    1
    • 18 Desember 2023 - (21:10 WIB)
      Permalink

      nahh benar tuh kak kan pihak toko sudah melakukan pengecekkan fisik jadi kalu udah dibawa pulang artinyaa udah aman dong

      3
      1
  • 18 Desember 2023 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Udah pake case aja gk kliatan kok. Nnti ujung2nya kalo udah lama pula akan lecet dikit kyk iphone sy. Sy jaga lap pake tisu magic aja eh taunya ada tangan kita error.
    Masih untung gk green screen sih… lain kali beli di singapore deh. Jangan bli di indo. Sy aja beli airpods dlu mati sblah kanan malah dsuruh beli baru. Gk bisa di service katanya. Entah pihak keberapa erajaya group ini. Kita berdoa aja kedepannya asa apple store resmi. Gk kyk ibox ato eraspace. Mreka pihak ke seribu. Gk baik mereka. Manis di awal saja.

    5
    1
  • 18 Desember 2023 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Tokony sudah sesuai SOP..kamuny ajh yg Gk teliti..kamu tu harusny cekny sesuai SOP.haruany hpny jgn di aktifasi.. harusnya ketika di aktifasi SMA sales kamu nolak..

    2
    1
  • 18 Desember 2023 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Dinyatakan human eror karena unit sudah dibawa pulang! Mo 1 jam atau 15 menit sama aja! Sudah deal dibayar ya sudah lah!

    2
    1
  • 18 Desember 2023 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Saya pribadi selaku anak SMP tertawa, barangnya sudah dicek diawal sama sipembeli sudah tanda tangan dikertas pengecekan bahwa barangnya aman, tapi setelah pulang tiba2 ada baret? Salah kah penjualnya menganggap baret itu terjadi karena kesalahan pengguna? Toh omnya pada saat ditokonya bilang aman tapi setelah pulang jadi gak aman? Kalau saran saya kalau om merasa dirugikan coba ke pihak berwajib om, soalnya itu om udah nyebut nama perusahaannya nama PTnya nama Tokonya dan banyak nama nama lain, kan barabe kalau ada yg nuntut merasa dicemarkan namanya.

    3
    1
    • 22 Desember 2023 - (20:00 WIB)
      Permalink

      Saya hanya menyampaikan sejujur jujurnya 🙏 dan juga saya sudah mengecek barang saya di servis center resmi apple sekaligus servis center erafone di makassar produk saya dinyatakan aman tanpa ada kesalahan pengguna 🙏

      Btw terima kasih pak atas masukannya 🙏 sehat selalu buat keluarga 🙏

  • 18 Desember 2023 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Kayanya si pihak toko dah sesuai SOP deh waktu unboxing kan bersama” dengan pembeli bahkan diperlihatkan produk masih tersegel.. dan pembeli diminta memegang dan melihat langsung unitnya untuk mengecek apakah ada cacat fisik atau tidak.. untuk aktivasi saya rasa dah jadi prosedur rutin untuk menunjukan produk dan segala fiturnya berfungsi dengan normal.. dan biasanya aktivasi dilakukan pasca pengecekan fisik.. artinya secara kondisi fisik pembeli sudah mengeceknya dan tak ada masalah yg ditemukan.. selanjutnya adalah pengecekan fungsi.. yg salah satunya memerlukan aktivasi..

    • 22 Desember 2023 - (19:51 WIB)
      Permalink

      Bukan tidak ada masalah ditemukan bro , lebih tepatnya belum ada masalah ditemukan 🙏 btw saya sudah mengecek unit hp saya Di ASSP Apple dan sekaligus servis center erafone . Dan memang benar hp saya sudah cacat dari awal di buka di box .
      Saya juga jelaskan kenapa bisa lewat dari pemeriksaan :
      1. Si sales sudah pasti ga teliti karena barang hp saya yang sudah di cek unit terbukti cacat pabrik.
      2. Cacatnya mmg ga normal bro bila dilihat biasa ga nampak . Harus sangat jeli untuk melihatnya bro .

      Disini saya sebagai konsumen hanya bisa menyampaikan sejujur jujurnya.

      Btw terima kasih sudah berkomentar 🙏 sehat selalu 🙏

  • 19 Desember 2023 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Kan di toko sudah ngecek sama2 dan aman. Eh tiba2 pembeli balik bilang hapenya baret. Kalau sdh meninggalkan toko apapun bisa sj terjadi dan toko boleh tidak bertanggung jawab kalau sdh meninggalkan toko

  • 19 Desember 2023 - (14:48 WIB)
    Permalink

    Tadi pagi saya lagi scroll tok tok juga ada nemu viti yang komplain beli hp di erafone, beli iphone 15 sama ada garis hijau di layarnya, mau dituker gak bisa juga

  • 19 Desember 2023 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Bikin keluhan di mari harus lebih cerdas dari para pembaca setia universe Mortal Kombat. Banyak tuh yang kasih argumentasi logis. Jika ingin membungkam semua komentar cerdas disini, coba TS sertakan video yang jelas runut lengkap komplit saat barang dibuka bersama-sama di toko. Bisa? 😀

    3
    1
  • 20 Desember 2023 - (03:51 WIB)
    Permalink

    Main logika aja, buka bareng, aktivasi bareng, cek bareng, setelah pulang lu baru komplain, dimana-mana ya gak bisa

  • 20 Desember 2023 - (06:06 WIB)
    Permalink

    Coba cari tau dulu apakah cacat yg ada di iPhone anda adalah hal yg umum, misalkan ada reviewer di YouTube yg mengulas itu, dll.
    Dan apakah yg mengalami hal tersebut mendapat ganti dari pihak Apple.
    Jika ya, kemungkinan bisa dapet juga.
    Tapi apapun, saran saya bisa email ke Apple mengenai kendala yang dihadapi. Dan permintaan ganti unit tersebut.
    Jika beruntung, bisa diganti.
    Saya pernah mengalami, kendala wifi yg lemah dan sering tidak dapet sinyal, dan diganti baru setelah mengirim email ke Apple.

    • 22 Desember 2023 - (19:46 WIB)
      Permalink

      Terima kasih bro sudah memberi masukan .
      Saya sudah melakukan seperti yang bro bilang . Saya langsung tahu kalau hp iphone saya cacat produksi karena saya sudah melihat vidio reviewer hp terkenal di media youtube (jerryrigeverything) bisa dilihat di bagian belakang hp bahkan udah di gunakan cutter untuk menggores bagian belakang tetap tidak tergores sama sekali. Dan permukaan belakang handphone saya sangat mulus namun tampak muncul garis seperti yang di foto bro.

      Dan saya juga sudah menunjukkan pada pegawai toko namun pihak toko hanya mengelak , kata mereka kami ga bisa memastikan 😅. Susah bro toko nama doang besar tapi pegawai tamatan Sma seperti tidak menguasai bidangnya. 🙏

      Btw terima kasih sudah berkomentar bang sehat selalu untuk keluarga🙏 .

  • 20 Desember 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Makanya, kalau duit pas2an, beli hp sesuai kantong wkwkw, kan baret dikit aja udah protes koar2

    • 21 Desember 2023 - (20:21 WIB)
      Permalink

      Org kalo beli HP merk kyk gt dgn harga yg cukup wah pasti ga liat2 lg, apa lg ada cacat kecil spt itu. Apa lg pas hati lg senang banget baru bisa beli hp impian setelah sekian lama, pasti mata terfokus sama fitur HP bukan cari cacat fisiknya dulu. Goresan halus pula. 😏 masalahnya napa erafone lsg nolak kan bisa saranin hubungi ke apple dll ato dibantu gimana2. Servisnya cacat.

      • 22 Desember 2023 - (19:29 WIB)
        Permalink

        Terima kasih bro tanggapannya 🙏 bener banget seperti yang bro bilang .

        Gw juga ga nyangka beli hp di toko ternama bisa dapat barang cacat produksi.
        Btw gw udh bawa ke service center resmi apple udah di cek unit barangnya memang bener cacat produksi bro 🙏.

        Jadi untuk yang bilang ga teliti cek tolong jangan bilang konsumen yg gk teliti dan memang tidak terlihat cacatnya. Kalau terlihat jelas ya pasti gw tuntut ganti di tempat lah logika aja bro.
        Pertanyaan simpel saja kok erafone bisa jual barang cacat produksi sampai ke konsumen??
        Sangat memalukan.

      • 22 Desember 2023 - (19:39 WIB)
        Permalink

        Lain cerita kalau kita membeli di toko yang bukan authorized resseller pasti kita ragu dan lebih berhati hati.

        Disini gw udh percaya banget ama kualitas erafone makanya gw beli disana , eh tau taunya kena prank juga bro 🥲
        Apakah mungkin erafone ingin image tokonya terlihat jelek dengan menjual barang cacat ?🤭 ini konsumen udah percaya malah di katain ga telitilah sama oknum toko jadi maunya gimana ? Harus ragu beli hp di erafone ? Artinya pihak erafone sendiri ragu akan kualitas barang yang ia jual.. pesan saya kalau memang barang cacat tolong sebagai pelaku usaha bertanggung jawab.

        Disini gw bisa aja beli hp di toko lain tpi gw memilih beli di erafone , malah kena prank ahahaha dan disalah salahin .

        Ps saya : hati hati kalau belanja di toko ini, sales hanya tau menjual saja biar barang laku ga peduli mreka barang nya mau cacat , mau ilang 1 bobanya wkwkw yang penting lu udh keluar toko .

        Ga 2 kali lagi mau kena tipu belanja di toko ini 🙏 terima kasih sudah menyempatkan untuk berkomentar broo sehat selalu.🙏

  • 20 Desember 2023 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Tidak mau ikut berkomentar ,,soalnya saya sudah beli ponsel android jebolan redmi note 12 pro ,, walaupun murah tp mantap lah beli cash di Shopee live 😂😂

    2
    1
  • 20 Desember 2023 - (19:24 WIB)
    Permalink

    udah cek fisik langsung, begitu sudah dirumah komplain, manusia purba darimana ini? yakin cacat fisik? gak lu sendiri yang baretin?? dasar manusia play victim, mampu beli 25 juta tapi ga mampu pakai logika dan etika aturan.. cari dukungan di media konsumen malah dibuly wwjwjwjw

  • 22 Desember 2023 - (16:40 WIB)
    Permalink

    Buyer pas beli engga dalam keadaan MABOK kan?
    1. Transaksi di toko
    2. Buyer dan seller melihat hp dalam keadaan segel (ya iyalah klo gk segel masa mw lanjut beli)
    3. Buyer cek kondisi fisik HP (sampe hp bisa dibawa pulang, pasti si buyer sudah memastikan HP itu tidak ada kekurangan suatu apapun, klo cacat mana mungkin mau bawa pulang)
    4. Isi form bahwa HP dalam keadaan good/serah terima
    5. Buyer pulang (posisi buyer pulang kan seller gak ikut ke rumah buyer wkwk, artinya tidak tau tu hp abis di apain atau kena incident apa sampe baret, bisa miliaran kondisi sampe HP baret wkwk)
    6. Kembali ke point 3, buyer dan seller sudah memastikan hp normal dan dalam keadaan baik sehingga buyer bersedia bawa pulang
    7. Jadi jangan ngada-ngada cacat pabrik, dan mengemis-ngemis klaim garansi, orang sudah jelas ada di point 3
    8. Tolong baca berulang-ulang kalimat ini soalnya buyer rada rada, soal SOP aja gk paham.
    9. Masih belum paham? baca lagi point 3 wokwokwok
    10. sekian dan hatur thankyou

    • 22 Desember 2023 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Dan ternyata…

      “Btw gw udh bawa ke service center resmi apple udah di cek unit barangnya memang bener cacat produksi bro 🙏.

      Jadi untuk yang bilang ga teliti cek tolong jangan bilang konsumen yg gk teliti dan memang tidak terlihat cacatnya. Kalau terlihat jelas ya pasti gw tuntut ganti di tempat lah logika aja bro. ”

      10 point kamu pointless wokwokwok

  • 8 Januari 2024 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Service center mau bilang cacat produksi tapi tetep aja seller gamau tukar unit. Jaman dulu Blackberry mau udah dibawa pulang kek tetep garansi seminggu tuker baru kalau ada masalah. Iphone indonesia udah laku keras tapi merki bener yak. Hahaha

 Apa Komentar Anda mengenai Erafone?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Kecewa Beli iPhone 15 Pro Max di Erafone, Produknya Cacat Fisik

oleh Dwi Utomo Winarso dibaca dalam: 4 menit
42