Sudah 3 Tahun BCA Finance Tidak Memperbarui SLIK Saya

Saya adalah nasabah BCA Finance Tegal. Pada tahun 2018, saya membeli satu unit mobil Suzuki Ertiga tahun 2013 secara kredit melalui BCA Finance Tegal. Kurang lebih pada tahun 2020, sebelum tenor tahun selesai, kredit mobil saya lunasi dengan pengajuan diskon ke BCA Finance Tegal, dikarenakan ada keterlambatan angsuran.

Pada saat itu kasir tidak memberi saya bukti pelunasan. Nilai pelunasan jauh dari kemampuan saya, sesuai yang tertulis pada permohonan pengajuan keringanan yang sebelumnya saya ajukan. Kemudian BPKB pun keluar dan saya terima setelah menunggu 2 minggu.

Pada tanggal 2 November 2020, saya melakukan pengajuan kredit motor. Akan tetapi leasing tidak menyetujui tanpa kejelasan. Begitu pun pengajuan pinjaman ke bank dan koperasi, tidak disetujui. Setelah pengecekan nama saya di OJK Tegal, ternyata masih ada tunggakan angsuran saya di BCA Finance dan tertulis macet Kol 5.

Saya kaget dan coba minta kejelasan dari remedial BCA Finance. Lalu saya disarankan untuk mengajukan permintaan penghapusan via email pusat BCA Finance. Sesuai instruksi email dari BCA Finance, saya ikuti melalui tahap demi tahap, meski terkesan mengulur-ngulur dan tidak ada kejelasan yang pasti.

Sampai pada bulan Desember 2023, saya mengajukan lagi pinjaman ke salah satu bank. Namun pengajuan saya ditolak atau tidak disetujui, karena menurut keterangan marketing nama saya Kol 5 di BCA Finance.

Atas kasus ini, saya minta kepada BCA Finance untuk memberi penjelasan, yang membuat nama baik saya tercoreng. Karena selama ini BCA Finance Tegal tidak ada sama sekali pemberitahuan kepada saya, baik tertulis berupa surat ke alamat saya maupun lisan via telepon/HP maupun WA. Padahal status selesai dan bukti lunas adalah hak kami sebagai nasabah atau pun konsumen.

Saya sudah mendatangi BCA Finance Tegal. Jawaban customer service-nya, saya harus membuat surat permohonan yang akan dikirim ke BCA Finance Jakarta, dan untuk jawaban surat permohonan tersebut saya harus menunggu selama 3 bulan.

Saya sangat dirugikan atas kasus ini. Saya sudah menunggu selama 3 tahun, sejak saya melunasi dan memasukkan surat permohonan tersebut pada tahun 2020 via email. Seharusnya dari dulu, semenjak dilunasi, pihak BCA Finance meng-update SLIK OJK saya.

Gatra Prabawa
Kab. Brebes, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sudah 3 Tahun BCA Finance Tidak Memperbarui SLIK Saya”

Menanggapi keluhan Bapak Gatra selaku suami dari Ibu Deny Ardi Lourina melalui Rubrik Surat Pembaca www.mediakonsumen.com pada tanggal 27 Desember...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Sudah 3 Tahun BCA Finance Tidak Memperbarui SLIK Saya

  • 27 Desember 2023 - (11:35 WIB)
    Permalink

    terus push pak, itu hak bapak..selama masih kol 5 nama bapak akan selalu hitam walau putih kenyataannya.

  • 27 Desember 2023 - (13:40 WIB)
    Permalink

    terus push pihak banknya. jangan lupa minta surat keterangan lunas di tahun pelunasan dan minta kompensasi atas kerugian tersebut.

    • 27 Desember 2023 - (20:55 WIB)
      Permalink

      betul ada rencana saya bawa kasus ini ke persidangan biar nasabah bca khususnya tidak di sepelekan,dengan se enaknya mereka memberi data slik ojk jelek padahal sudah lunas,

  • 10 Januari 2024 - (08:56 WIB)
    Permalink

    BCA finance memang gitu. Motor lunas juga masih ada slik nya. Dilaporkan saja biar tutup banknya.

 Apa Komentar Anda mengenai BCA Finance?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Sudah 3 Tahun BCA Finance Tidak Memperbarui SLIK Saya

oleh Gatra dibaca dalam: 1 menit
5