Harus Adu Otot dan Pikiran Kalau Mau Beli Barang di IKEA Melalui WA Order karena CS-nya Suka-suka Menerima Pesanan

Terima kasih kepada Media Konsumen untuk memuat sedikit permasalahan saya dengan pihak IKEA. Hari ini, Minggu, tanggal 28 Januari 2024, saya ingin membeli sebuah barang dari IKEA. Namun, stok di website IKEA habis dan di IKEA Alam Sutra juga stoknya habis. Hanya tersedia di Bandung sebanyak 8 pcs dan Surabaya sebanyak 57 pcs. Dari website IKEA, kami diminta untuk mengorder via WhatsApp di nomor +6281113002242.

Akhirnya, saya mencoba untuk mengirim pesan ke nomor tersebut mulai jam 18.17 sore. Ditanggapi oleh autobot untuk pilihan permasalahannya sampai akhirnya ditanggapi oleh pihak CS IKEA.

Kami diinformasikan bahwa produk tersebut sudah discontinued. Jika ditemukan di salah satu toko offline, stok tersebut merupakan stok terakhir yang hanya bisa dilakukan pembelian offline di toko tersebut. Langsung dimatikan chatnya sehingga kami harus mengklik “Terhubung ke Agen” lagi untuk kedua kalinya.

Tetapi informasi yang diberikan tetap sama. Kami diminta datang ke IKEA Surabaya Ciputra World langsung. Kalau kami bisa datang langsung ke Ciputra World, tidak mungkin kami chat kan? Kami di Tangerang, bagaimana bisa kami ke Surabaya hanya untuk membeli 1 item ini?

Coba Anda, manajemen IKEA, kalau membaca ini, dipikirkan. Saya rasa Anda sudah memikirkan hal ini sehingga Anda membuat WA order agar kami pembeli lebih mudah melakukan pembelian produk IKEA, bukan? Apa bedanya pembeli yang walk in langsung di IKEA dan yang memesan lewat WA? Mereka perlu membayar, dan saya juga harus membayar.

Saya bukan minta gratis ke IKEA. Kalau kami harus datang langsung, kenapa ditulis silahkan dipesan order via WA? Apakah CS IKEA tersebut memilih-milih produk mana yang bisa dipesan, dan ada produk yang tidak bisa dipesan via WA? Kalau produknya tidak bisa dipesan via WA, ya jangan ditulis silahkan dipesan via WA dong atau CS yang suka-suka dia menerima pesanan atau tidak?

Kalau pihak manajemen IKEA ada membaca ini, coba tolong di-review apakah CS berhak memilih produk mana yang diterima pesanannya dan produk mana yang tidak dia terima sesuka-suka dia? Apakah ini SOP dari manajemen IKEA? Apakah perlu sampai ngotot begitu ke pembeli?

Setelah adu otot sama CS IKEA sampai pukul 19.50 dari pukul 18.17, saya memutuskan menghubungi CS IKEA by phone di nomor 021 2985 3900 dan diterima oleh bapak … (siapa saya lupa namanya). Saya jelaskan permasalahannya dan saya diminta menunggu cukup lama.

Akhirnya, bapak tersebut menginformasikan bahwa pesanan bisa dibantu dengan stok yang pasti dari Bandung sebanyak 8 dan untuk stok di Surabaya masih menunggu dicek stoknya. Saya diminta menunggu informasi total stok pastinya melalui WA.

Saya bilang baik. Baru CS yang di WA menginformasikan bahwa pesanannya bisa dibantu proses, tetapi hanya bisa langsung menggunakan pengiriman langsung ke alamat kami dan tidak bisa dipickup di IKEA terdekat. Stok yang tersedia 8 pcs, dan kami diminta mengisi form pemesanan dengan konfirmasi pembayaran sebelum pukul 21.00.

Di form ini sudah ada pilihan PICKUP, dan sebelumnya saya juga pernah melakukan pesanan melalui WA order ini dan bisa di-pickup di IKEA Alam Sutra walaupun jumlahnya di bawah 10. Karena saya tidak terima dipaksa harus membayar ongkir sebesar 110.000, yang dimana kami bisa pickup barangnya di IKEA Alam Sutra, saya menghubungi CS IKEA kembali di nomor di atas. Diangkat oleh wanita, dan kali ini beliau mengetahui permasalahannya (kemungkinan beliau ini yang merespons saya di WA).

Saya diinformasikan tidak bisa di-pickup di IKEA Alam Sutra, saya informasikan bahwa ini bukan pesanan WA saya yang pertama. Sebelumnya sudah pernah memesan melalui WA, karena kalau produk IKEA tidak tersedia online, hanya ada di toko yang lain, pasti kami diminta pesan melalui WA order. Jadi ini bukan pertama kalinya.

Akhirnya, saya diinformasikan ada minimum order 10 pcs, dan pesanan kali ini hanya 8 pcs. Beliau menyatakan yang di Surabaya sedang dicek. Ada informasi yang tidak jelas karena saya sedang mengendong anak saya yang ngantuk dan menangis sehingga pembicaraannya tidak jelas.

Yang terakhir yang saya ingat, beliau “mengingatkan” kalau pembayaran harus diterima sebelum jam 20.45 agar bisa diproses hari ini. Kalau sudah lewat, stok barang tidak bisa di “hold”. Sebelum mengisi form konfirmasi pembayaran jam 21.00, sekarang jam 20.45 (suka-suka beliau aja).

Pertanyaan saya dari tadi, dari jam 18.17, kemana aja? Ngotot-ngotot sama pembeli buat apa? Apakah itu ada di SOP “Customer Service”? Sekarang sudah mempet kita yang dikejar-kejar. Saya langsung emosi dan saya minta bicara dengan toko Bandung yang menurut beliau menolak untuk pengiriman pickup hanya bisa langsung pengantaran dengan ongkir sebesar 110.000 atau saya ingin berbicara dengan supervisor beliau, dan saya diinformasikan kalau tidak ada supervisornya.

Manajemen IKEA, supervisornya kemana? Apakah tidak ada supervisor yang mengawasi pihak CS ini sehingga mereka suka-suka melayani pembeli? Apakah ini SOP perusahaan IKEA kelas dunia yang sudah ada banyak negara? Tetapi supervisornya aja tidak ada (atau tidak mau menerima keluhan dari pembeli)? Karena waktu sudah mempet dan anak saya sedang nangis, akhirnya saya tutup telepon dengan satu informasi bahwa saya akan posting perlakuan CS IKEA kepada pembeli seperti ini dan saya langsung melakukan pembayaran.

Setelah saya bayar, saya menanyakan yang di Surabaya yang stok 57, berarti lebih dari 10 pcs. Harusnya berdasarkan informasi telp terakhir sama beliau, harusnya bisa dipickup di IKEA Alam Sutra. Tetapi informasinya tetap sama, sedang dicek stok dan hanya bisa dikirim langsung ke alamat tujuan kita dengan biaya yang ditanggung kami.

Konsistensinya di mana? Sudah jelas-jelas terlihat suka-suka beliau aja prosesnya. Saya informasikan kalau saya akan posting hal ini di Media Konsumen. Betul-betul beliau luar biasa, berbagai cara tidak ingin kami atau saya lebih spesifik untuk membeli produk ini secara WA order.

Terakhir baru diinformasikan kalau 10 pcs minimal perpindahan dari toko menuju gudang pusat. Disini sangat terlihat jelas, setiap hari ada pengiriman dari gudang pusat ke IKEA Bandung atau IKEA Alam Sutra atau IKEA lainnya, kecuali yang jauh mungkin seperti IKEA Surabaya dan Bali. Tetapi kalau IKEA daerah JABODETABEK, saya yakin setiap hari ada pengiriman karena saya hampir setiap hari melakukan pemesanan SO order yang barangnya tidak ada di IKEA Alam Sutra, hanya ada di gudang pusat, dan keesokan harinya sudah tersedia. Berarti kan ada pengiriman dari gudang pusat ke IKEA Jabodetabek.

Berbagai alasan dibuat hanya untuk menghentikan saya membeli produk ini. Saya juga diharuskan membayar dulu baru dikirim. Jadi apa bedanya dikirim langsung atau saya pickup ke IKEA Alam Sutra? Toh setiap hari Anda juga melakukan pengantaran ke IKEA Alam Sutra?

Pihak Manajemen IKEA, kalau membaca postingan ini, apakah ini perlakuan Customer Service IKEA yang dimana sebagai “Customer Service” harusnya membantu pembeli untuk melakukan pembelian, bukan dihalang-halangi apalagi sampai dipersulit seperti ini? Apakah saya harus sampai membuat surat terbuka di internasional agar pihak IKEA pusat disana membaca kalau IKEA Indonesia seperti ini memperlakukan pembeli?

Charles Winarto
Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Harus Adu Otot dan Pikiran Kalau Mau Beli Barang di IKEA Melalui WA Order karena CS-nya Suka-suka Menerima Pesanan

  • 30 Januari 2024 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Masukan juga untuk IKeA dlm menjawab/merespon pelanggan. Alangkah baiknya panggilan ke pelanggan diawali dengan “bpk/ibu”. Bukan kakak. Terkesan urakan dan penjilat.

    1
    5
    • 30 Januari 2024 - (13:59 WIB)
      Permalink

      Urakan bijimana, giliran dipanggil Pak /Bu juga komplain, katanya masih muda.
      Kocak banget elo

      3
      2
  • 30 Januari 2024 - (13:05 WIB)
    Permalink

    ciri pembeli ribet, maunya banyak belinya cuman seiprit, suka maksa maksa, udah dibilang pembelian di offline masih nanya lagi hadehhh

    13
    2
    • 30 Januari 2024 - (17:12 WIB)
      Permalink

      WA order bisa di lakukan kalau produk tidak ada stok di toko online hanya tersedia di toko offline (Bisa dilihat di foto kedua paling atas sesuai dengan arahan dari website ikea “Silahkan order via Whatsapp”) dan sebelumnya juga saya sudah sering melakukan WA order dan tidak ada masalah selalu saya pickup di ikea alam sutra, baru kali ini mau pesan dipermasalahkan oleh CS Carol dan sesuai arahan keesokan paginya saya chat lagi untuk memesan produk yang stok di surabaya yang sebanyak 57 dan diterima oleh cs billy dan dibisa dipesan sebanyak 25 pcs dan bisa dipickup di ikea alam sutra tanpa perlu OTOT jadi menurut anda yang bermasalah yang mana ?

      1
      3
  • 30 Januari 2024 - (14:54 WIB)
    Permalink

    Harusnya ganti judul jadi “Apa Fungsi Mediasi Shopee Perkara Chat WA IKEA” hehehe

    1
    1
    • 30 Januari 2024 - (15:01 WIB)
      Permalink

      Banyak juga yah komplainnya TS yg masuk ke MK. Hidup begini capek.

      Kadang2 hidup perlu juga ikhlas walaupun ada sesuatu yg ga sejalan dengan kemauan (bukan dengan SOP yah).

      2
      1
      • 30 Januari 2024 - (17:15 WIB)
        Permalink

        ini udah keterlaluan om masa di awali dengan cara stop chat langsung tanpa mau mendengar dari pembeli lagi ? saya harus klik chat dengan agen 2 kali. Dan harusnya bisa dipesan melalui wa dan dipickup di alam sutra buktinya keesoakan harinya saya pesan lagi untuk stok yang di alam sutra dengan cs yang berbeda engga ada masalah diberikan sebnayak 25 pcs dan bisa dipickup di alam sutra. jadi yang bermaslahnya di saya atau di cs yang malam itu ?

        1
        5
  • 31 Januari 2024 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Karma is REAL! Makanya sebagai pedagang online kamu harus jujur biar pembeli juga puas. Akhirnya sakit hati para pembeli yang kecewa sama anda dibalas sama karyawan IKEA. Semoga karyawan IKEA yang sempat anda maki2 gaji dan tunjangannya dinaikkan.

    4
    1
    • 31 Januari 2024 - (09:23 WIB)
      Permalink

      Bisa diberikan bukti tidak jujurnya dimana ? Kalau anda menuduh tanpa ada bukti itu namanya pencemaran nama baik dan ada pasalnya
      Saya tunggu buktinya dari anda ya

      2
      3
      • 5 Februari 2024 - (16:37 WIB)
        Permalink

        Banyak seller ga bener om disini. Males kita lama2 post dimari. Isinya banyak alay bayaran mending pindah detik or kompas.

  • 31 Januari 2024 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Kalau liat kasusnya sih menurut saya wajar… Info dari pihak ikea barang sudah discontinued jadi pihak ikea gak akan ambil barang yang sama lagi pembelian di bawah 10pcs di kirim langsung ke rumah gak bisa di pickup di ikea cabang lain yah itu sih kebijakan perusahaanny… Cuman yah menurut saya wajar barang discontinued kan bisa gara2 2 hal pertama barangnya emang kurang dari penjualannya atau emang dari produsennya udah stop produksi… Mangkanya dari pihak ikea juga maksa untuk pengiriman langsung ke rumah buat meminimalisir barang sudah di kirim ke toko cabang lain tapi gagal di pickup pembeli… Sehingga barang jadinya numpuk di gudang toko…
    Yah yang sabar aja buat TS semoga di baca dari pihak ikea dan bisa kasih penjelasan buat TS

    • 1 Februari 2024 - (09:45 WIB)
      Permalink

      Pertama kalau produk itu tidak bisa dipesan melalui wa kenapa tertera hanya bisa dipesan melalui wa ? Dan setau saya kalau dionline habis dan stok di toko masih ada seperti di ss saya di bandung masih ada 8 dan disurabaya masih ada 57 itu bisa dipesan melalui wa. Walapun produk sudah discontinued tetapi kan stok masih ada ? Jadi yg mempersulit saya atau cs wa yg malam itu ?
      Kedua sepengelaman saya belanja walaupun 1 item bisa dipickup di ikea alam sutra kalau dibilang takut engga dipickup sama pembeli kan pembeli sudah membayar kalaupun pembeli tidak pickup kan tinggal di taruh didisplay ikea alam sutra aja apa bedanya ditaruh di toko offinr bandung atau surabaya dengan alam sutra bagi mereka ?
      Ketiga cs wa mengatakan tidak bisa, saya tlp langsung ke cs ikea by phone dan dia mengatakan bisa dipesan barangnya nanti dilanjutkan via wa baru informasinya berubah bisa dipesan tetapi hanya dikasih 8 dan harus dikirim langsung berarti kan cs wa itu hanya mencari alasan dan mempersulit pembeli saja. Keesokan harinya saya chat lagi dan memesan lagi dengan cs wa yg berbeda dikasih 25 pcs dan bisa dipickup di alam sutra, transaksi hanya memakan waktu 30 menit selesai terlihat tidak kalau cs wa yg malam itu memang mempersulit pembeli ? Atau masing masing cs suka suka dia mau terima pesanan atau tidak ?

      • 1 Februari 2024 - (15:24 WIB)
        Permalink

        Lha berarti masalahnya udah beres di esok harinya setelah ganti cs…. Kenapa koar2 di MK? Heran gw….. Lg gabut yaa, sampe sempet2nya balesin hampir semua komen

        • 2 Februari 2024 - (09:21 WIB)
          Permalink

          Kalau begitu malam itu perlu engga ngotot ngotoan sama berjam jam kalau seharusnya bisa dipesan ?

      • 3 Februari 2024 - (07:39 WIB)
        Permalink

        Pertama admin cs wa sudah bener… Dia bilang kalau stok kosong di online otomatis sistemnya akan mengarahkan untuk order via wa dan di situ adminnya bakalan jelasin orderannya ada di toko offline di mana aja…kedua kalau barang sudah anda bayar tapi gagal pickup oleh anda sendiri… justru resiko untuk ikeanya mereka gak akan bisa display karena itu bukan barang mereka tapi barang anda kalau mereka display dan barangnya ada yang beli waktu anda mau ambil quantity nya kurang jadi repot lagi kan…mangkanya kenapa di arahkan untuk pengantaran langsung ke alamat rumah untuk meminimalisir kerugian dari ikeanya… Atau mungkin karena stok yang di beritakan pihak ikea kan stok di bandung yang cuman 8 pcsjadi memang kurang dari minimum ordernya untuk di kirim ke pickup point alam sutera… Buktinya anda bisa dapet 25 pcs kan dari ikea ciputra besoknya… Jadi mungkin kalau anda bisa sabar nunggu total stok dari ciputra besoknya anda gak usah adu otot sama admin wa
        Ketiga memang kalau ada miskomunikasi apalagi via wa seperti itu kalau kita tau no kantor pusatnya kita jauh lebih baik untuk menelpon langsung ke pusat nya…
        Overall apa yang saya liat admin wa sih udah cukup bener dari segi mereka kabarin informasinya… Cuman yah mungkin anda memang lagi butuh barang dan informasinya cepet mangkanya tensi jadi ikut naik… Tapi syukur kalau orderannya udah clear

  • 2 Februari 2024 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Ini jastip barang IKEA yg lagi sale. Makanya dibela2 in order barang yg jauh sampe ngotot2. Segala cara & upaya dilakukan sampe masuk MK. Hehehehe

 Apa Komentar Anda mengenai IKEA Indonesia?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Harus Adu Otot dan Pikiran Kalau Mau Beli Barang di IKEA Melalui WA Or…

oleh Charles Winarto dibaca dalam: 4 menit
23