J&T Makassar Tidak Mengantarkan Paket ke Alamat Penerima dan Mengembalikan ke Penjual Tanpa Konfirmasi

No resi JP9213260503 dikirim tanggal 2 Februari, pengirim dan penerima sesama kota Makassar. Tanggal 3 Februari statusnya sudah diantar ke alamat penerima tapi paket tidak pernah sampai. Pada tanggal 3 – 5 Februari tiap hari status diantar ke alamat, tapi sore harinya sekitar pukul 5 selalu berubah menjadi gagal kirim karena melewati waktu pengiriman.

Saya sering mengalami hal seperti ini juga, mungkin kurir tidak sempat mengantar semua paket di hari itu jadi dilanjut keesokan hari. Tapi masalahnya ini terus terulang sampai 3 hari berturut-turut. Saya sudah hubungi JNT melalui email dan whatsapp tapi tidak ada solusi atau info pasti mengenai paket tersebut. Saya juga DM ke instagram JNT MAKASSAR tapi mereka tidak merespon padahal DM saya dibaca.

Saya hubungi admin Shopee dan dikatakan jika pesanan gagal kirim sebanyak 3 kali, maka selanjutnya pesanan tersebut akan dikirim kembali ke pihak penjual.

Apa yang salah dengan paketnya sehingga tidak diantarkan? Di rumah tidak pernah kosong karena merupakan rumah tinggal sekaligus tempat usaha berjualan jadi otomatis selalu ada orang. Alamat yang tertulis di paket juga jelas, saya sudah sering menggunakan alamat tersebut untuk menerima paket dengan kurir JNT.

Saya hubungi pihak penjual karena takutnya disangka melakukan orderan fiktif, tapi penjualnya juga ternyata kecewa dengan pelayanan JNT karena ini bukan kejadian pertama tapi sudah sering juga dialami oleh penjual, malah penjualnya menyarankan lain kali untuk tidak menggunakan jasa kirim JNT.

Pada tanggal 6 Februari pagi statusnya berubah lagi, sedang diantar ke alamat. Tapi anehnya sekitar pukul 10 pagi statusnya berubah, dikatakan pesanan gagal dikirim karena penerima menolak untuk menerima paket. Ini bagaimana ceritanya? Kurir tidak pernah sampai ke rumah, tapi seenaknya membuat status seperti itu yang bisa berimbas ke pembeli. Karena setahu saya jika sering melakukan penolakan paket atau memberi alamat fiktif maka akun Shopee bisa diblokir atau dibatasi.

Pada tanggal 6 itu juga email saya direspon pihak JNT memohon maaf karena paket diretur tanpa konfirmasi. Dan menyarankan untuk melakukan order ulang.

Kenapa paketnya diretur sepihak? Padahal isi paketnya bukan barang yang dilarang. Saya juga tidak tahu penjualnya benar menerima kembali paket tersebut atau tidak karena bukti pengirimannya seperti ini.

Oke, di sini saya masih memaklumi, karena untungnya saya dan penjual masih satu kota jadi saya order ulang dengan menggunakan pengiriman instan karena sangat butuh paket tersebut.

Tapiiiii… kejadian yang sama terulang kembali di nomor resi lainnya JP7953587453. Paket dikirim tanggal 6 Februari dari Jakarta ke Makassar. Tanggal 8 Februari statusnya sedang diantar ke alamat penerima dengan nama kurir yang sama dengan yang sebelumnya meretur paket saya tanpa konfirmasi.

Masih jam 3 statusnya sudah berubah menjadi pengiriman gagal karena melewati waktu pengiriman, padahal biasanya batas operasional pengiriman itu jam 5 sore.

Jangan sampai paket saya tidak dikirim lagi dan nantinya dikembalikan ke penjual tanpa konfirmasi seperti kejadian sebelumnya. Untuk itu saya menulis surat keluhan ini agar JNT bisa memperbaiki pelayanannya dan tidak mengecewakan customer.

Saya harap pihak JNT bisa menanggapi hal ini.

Andi Daniati
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “J&T Makassar Tidak Mengantarkan Paket ke Alamat Penerima dan Mengembalikan ke Penjual Tanpa Konfirmasi

  • 10 Februari 2024 - (07:02 WIB)
    Permalink

    No resi JP7953587453 waktu saya kirim surat diatas itu update terakhirnya tanggal 8 pengiriman gagal karena melewati waktu pengiriman. Sekarang sudah update lagi tanggal 9 dengan status yg sama. Ini kalo sampai tanggal 10 gagal lagi sudah otomatis di retur kah ke penjual? Terus statusnya seperti sebelumnya penerima menolak menerima paket? Padahal penerima tidak pernah menolak. Lama2 tugasnya bukan tukang antar paket tapi jadi tukang fitnah. Yg mengalami hal ini bukan cuma saya tapi banyak, bisa cek instagram jntexpress.makassar disana komenan orang2 semuanya mengeluh paket tidak diantar dan diretur tanpa persetujuan. Bukan cuma di instagram, di ulasan google JNT Express Drop Point Sunu juga semuanya kasih bintang 1.

    • 12 Februari 2024 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Sampai hari ini tanggal 12 barang belum juga diterima. Update terakhir kemarin tanggal 11, statusnya seperti biasa melewati waktu pengiriman.

      • 13 Februari 2024 - (07:06 WIB)
        Permalink

        Permasalahan sudah selesai,
        Berikut saya klarifikasi bahwa paket dengan resi JP9213260503 yang sebelumnya di retur itu sudah dikembalikan dananya, dan untuk resi JP7953587453 paketnya sudah saya terima dengan baik.

        Kekeliruan ini terjadi dikarenakan kurir tersebut adalah kurir baru yang mungkin belum menguasai wilayah. Dan tidak mendapatkan respon melalui WA, sehingga tidak menemukan alamat. Dikarenakan nomor WA saya ganti, tetapi nomor tersebut masih aktif dan hanya bisa dihubungi melalui telpon/sms.

        Kurir yg bersangkutan sudah beritikad baik dengan datang menjelaskan permasalahannya, sehingga saya sebagai customer juga sangat berterimakasih dan berharap kedepannya kurir tersebut dapat bekerja dengan lebih baik lagi dan berjaya bersama J&T.

        Juga saya ucapkan terimakasih untuk J&T Call Center dan J&T MAKASSAR atas responnya dalam menangani permasalahan ini.

        (Saya sudah mengirimkan surat klarifikasi ke Media Konsumen, hanya saja masih menunggu untuk dimuat).

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

J&T Makassar Tidak Mengantarkan Paket ke Alamat Penerima dan Menge…

oleh Andi Daniati, S.P dibaca dalam: 2 menit
4