Pengiriman Paket Shopee Melalui J&T Tertahan 6 Hari dengan Alasan Reschedule dengan Customer

Selamat malam Media Konsumen,

Pada tanggal 10 Februari 2024, saya dengan akun istri melakukan pemesanan tiang jemuran premium di seller Shopee rajatirai dan dikirim melalui pengiriman reguler (tidak ada opsi pengiriman kargo). Pada tanggal 11 Februari 2024 pukul 19.22 seller sudah mengirimkan paket melalui J&T dan paket sudah sampai pada tanggal 12 Februari keesokan harinya.

Pada tanggal tersebut, status pengiriman adalah: “tertahan sementara karena sudah reschedule dengan customer, mohon hubungi jasa kirim untuk informasi lebih lanjut”.

Selanjutnya esok harinya tanggal 13 Februari sampai dengan surat ini saya kirim tanggal 18 Februari, setiap pagi hari statusnya paket diantar ke alamat tujuan dan sore hari selalu berubah menjadi “pesanan gagal dikirim karena sudah reschedule dengan customer” padahal tidak pernah ada kurir ataupun pihak J&T yang menghubungi dengan media apapun.

Pelaporan sudah dilakukan dengan komunikasi chat Shopee dengan seller dan diarahkan agar menghubungi CS J&T. Pelaporan juga sudah dilakukan melalui CS Shopee pada tanggal 15 Februari 2024.

Pada tanggal 17 Februari, saya menghubungi CS J&T di nomor 02180661888 untuk komplain kenapa paket saya sudah ada di kecamatan yang sama tapi statusnya sudah 6 hari selalu reschedule dengan persetujuan customer, padahal tidak pernah ada persetujuan apapun. CS membuatkan pelaporan dan disarankan menunggu 3×24 jam. Pada tanggal 18 Februari, seller rajatirai komplain juga ke J&T dan diberikan nomor kurir 0858-0304-xxx (tidak saya cantumkan lengkap). Dan kemudian saya chat melalui whatsapp dan telepon tapi tidak dibalas maupun diangkat.

Tanggal 18 Februari saya kembali telepon CS J&T terhubung dengan CS Jaya, saya menyampaikan bahwa tidak ada yang menghubungi istri saya untuk follow up paket dan bahkan saya whatsapp kurir pun tidak direspons. CS menyampaikan agar saya menunggu kembali dan akan dilakukan percepatan follow up namun tidak memberikan SLA yang jelas berapa lama saya harus menunggu.

CS juga memberikan kontak kurir dan kontak gudang JNT Peundeuy tempat paket saya tertahan, tapi nomor gudang tidak bisa dihubungi dan tidak memiliki whatsapp. Saya menyampaikan kendala itu kepada CS dan minta CS untuk membuktikan bahwa nomor gudang memang tidak aktif, dan nomor kurir tidak membalas chat saya tapi CS tidak mau dikarenakan tidak ada prosedur menghubungi gudang.

Bahkan setelah konsultasi dengan leadernya pun sama sekali tidak ada usaha untuk menghubungi kurir/gudang dari CS JNT (Silakan JNT untuk cek record percakapan saya dengan CS).

Pada intinya terdapat indikasi ketidaksesuaian sebagai berikut:

1. Gudang Peundeuy dan/atau kurir menuliskan alasan paket tidak dikirim dengan alasan sudah reschedule dengan customer selama 6 hari berturut-turut padahal sama sekali tidak ada konfimasi apapun kepada customer (bahkan setelah nomor kurir didapatkan dari CS, sama sekali tidak direspons). Terdapat indikasi kurir berbohong pada status agar seolah-olah paket tidak dikirim karena customer sudah setuju direschedule.

2. dengan status semacam ini apakah paket saya hilang, rusak, atau memang kurir malas mengirim tidak diketahui pasti. Jika memang ada pelanggaran dari kurir dengan sengaja tidak mau mengirim paket, harap diberikan tindakan yang tegas karena penundaan paket bukan 1-2 hari tapi sampai dengan 6 hari.

3. CS Jaya meminta saya untuk menghubungi kurir dan gudang dan sudah saya sampaikan tidak ada respons apapun dan meminta CS ataupun leadernya membuktikan dan membantu menghubungi kurir/gudang tapi CS ataupun leader tidak mau membantu menghubungi hanya mengupdate pelaporan saja. Apakah memang prosedurnya seperti ini? bahkan ketika customer sudah mengikuti permintaan CS untuk menyelesaikan sendiri ke kurir/gudang gagal pun tidak ada inisiatif untuk melakukan cara yang lain untuk percepatan, seolah-olah customer harus pasrah dengan indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh kurir/gudang.

Mohon klarifikasi dan penindakan lebih lanjut dari JNT terhadap paket saya dan indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh kurir/gudang peundeuy serta agar prosedur complaint handling dan CSnya diperbaiki sehingga pelanggan tidak dibiarkan tanpa solusi apapun.

Mohon bantuan Media Konsumen untuk dapat fasilitasi komunikasi dengan JNT, terima kasih.

Naufal Faiz
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pengiriman Paket Shopee Melalui J&T Tertahan 6 Hari dengan Alasan …

oleh naufal dibaca dalam: 3 menit
0