Tidak Pernah Ditawarkan, Tidak Ada Pengajuan, Tiba-tiba Ada Nomor Pinjaman pada Tunaiku Amar Bank

Selamat siang redaksi Media Konsumen. Saya bekerja di salah satu asuransi di Jakarta. Saya ingin menyampaikan keluh kesah dan pengalaman saya, agar dapat disampaikan kepada pihak Tunaiku PT Amar Bank.

Pada tanggal 22-23 Februari 2024, saya tiba-tiba menerima email dari Tunaiku. Email tersebut menyatakan bahwa pinjaman saya telah disetujui dengan nomor pinjaman tertentu, nominal tertentu, dan angsuran tertentu. Saya tidak pernah mendapatkan penawaran pinjaman, dan saya juga tidak pernah mengajukan pinjaman. Meskipun saya pernah meminjam sebelumnya, tidak ada masalah dan saya telah melunasinya tanpa ada tunggakan atau keterlambatan pembayaran.

Saya merasa keberatan, karena saya tidak pernah menerima penawaran pinjaman apapun. Jika ada penawaran, seharusnya pihak bank menghubungi saya melalui telepon, SMS, atau email. Mereka mengklaim sudah menghubungi saya dengan alasan “no answer“, padahal nomor telepon lama saya sudah tidak digunakan.

Saya berpikir bahwa persetujuan secara sepihak tanpa memberitahu nasabah apakah mereka menerima penawaran tersebut atau tidak, dapat dianggap sebagai tindakan fraud. Saya tiba-tiba mendapatkan email dengan nomor pinjaman tertentu.

Apakah pihak Amar Bank Tunaiku, untuk bagian penawarannya seperti ini? Tanpa konfirmasi kepada nasabah, pinjaman tiba-tiba disetujui dan cair. Menurut saya, ini sangat berbahaya dan berisiko, bahkan dapat dianggap melanggar aturan dan bersifat ilegal.

Saya berhak melaporkan hal ini karena tidak ada persetujuan dari saya dan tidak ada konfirmasi kepada saya. Pinjaman tiba-tiba disetujui dengan tenor angsuran dan limit pinjaman, bahkan nomor pinjaman sudah keluar dan sudah cair ke rekening Amar Bank, yang pada akhirnya diterima oleh rekening bank BCA milik orang lain, bukan saya.

Saya meminta kepada pihak Tunaiku Amar Bank untuk mengevaluasi kembali prosedur penawaran mereka. Saya telah memeriksa sistem OJK, dan Tunaiku sudah berbentuk KTA di bawah naungan PT Amar Bank Indonesia, bukan lagi pinjol, dan sudah terdaftar di SLIK.

Saya juga akan mengirim email kepada pimpinan Amar Bank, Bapak Viskal, mengenai prosedur penawaran Tunaiku yang terkesan riskan tanpa ada konfirmasi persetujuan dari nasabah, sehingga tiba-tiba ada email persetujuan secara sepihak.

Semoga redaksi Media Konsumen dapat meneruskan keluhan ini kepada manajemen Tunaiku Amar Bank. Terima kasih. Saya lampirkan bukti email persetujuan pinjaman saya.

Helin
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tidak Pernah Ditawarkan, Tidak Ada Pengajuan, Tiba-tiba Ada Nomor Pinjaman pada Tunaiku Amar Bank”

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang telah Ibu Helin Candraningsih sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Helin...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Tidak Pernah Ditawarkan, Tidak Ada Pengajuan, Tiba-tiba Ada Nomor Pinjaman pada Tunaiku Amar Bank

    • 25 Februari 2024 - (21:33 WIB)
      Permalink

      Saya tidak menerima dananya data saya disalahgunakan oleh orang lain .saya tidak pernah buat nomer rekening amar bank tidak pernah verifikasi dan tidak mengajukan pinjaman tau2 dapat notifikasi email yahoo saya cair ke rekening amar bank saya tidak pernah buat tau2 ada verifikasi yang saya tidak pernah verifikasi dan ditransfer ke bca yang memakai data saya bocor saya tidak kenal saya kaget sangat kecewa dengan tunaiku amar bank bahaya ini sudah melanggar hukum tindak pidana saya akan laporkan ke pihak polisi ojk harap berhati2 dijaman digital ini semua segala cara bisa dimanfaatkan ke oknum yang tidak bertanggung jawab terimakasih

      3
      2
  • 25 Februari 2024 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Data nasabah lama disalahgunakan dipake orang lain ini sudah melanggar hukum tanpa identifikasi verifikasi ttd langsung tlp sms dan survey langsung yang jelas bahaya data ktp saya disalahgunkan pihak tunai amar bank bocor ke oknum yang tidak bertanggung jawab saya tidak pernah membuat nomer rekening bank amar dan tidak mengajukan pinjaman jelas melanggar hukum pidana saya akan laporkan ke polisi karena data saya bocor disalahgunakan dan slik id BI Cheking saya pasti dibacklis karena data disalahgunakan bahaya harap hati2 buat semua waspada dijaman digital ini terimakasih

    4
    2
  • 25 Februari 2024 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Byk bgt kejadian2 kaya gini, seharusnya masalah seperti ini cepat ditindak biar tidak ada korban selanjutnya…!!!

  • 26 Februari 2024 - (06:08 WIB)
    Permalink

    Semua kesalahan ada pada amar bank…bang ***** .riba…lucu banget…yg di kasih pinjam siapa…yg terima siapa…ojk juga *****
    ..tidak mengawasi sistem.harus nya…pinjol kalau mau di cairkan yg ke rek. Pribadi

    • 26 Februari 2024 - (11:36 WIB)
      Permalink

      Betul sekali, yang minjem siapa cair nya kesiapa,,?? kocakk bangett nii PEGAWAI AMAR
      BISA PIDANA PENGGELAPAN INI

  • 26 Februari 2024 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Lagian, sekalinya masuk dalam LINGKARAN PinJol walaupun sudah lunas dan selesai. Mereka akan membuka pintu PANDORA

    • 26 Februari 2024 - (11:34 WIB)
      Permalink

      Kronologinya dibaca dulu ya BANG, ini masalahnya orang itu ga pernah TERLIBAT PINJOL hanya DATA PRIBADI DIA MUNGKIN KTP YANG SUDAH TIDAK AKTIF DISALAHGUNAKAN!!!!

  • 26 Februari 2024 - (13:23 WIB)
    Permalink

    SEHARUSNYA SI RENTERNIR RIBA INI SUDAH TAU SOPNYA KALO PENCAIRAN TIDAK SAMA DENGAN KTP MAKA TIDAK BOLEH DILAKUKAN, KARENA INI DILUAR SOP MAKA TENANG SAJA ADA BISA MELAWAN KARENA TIDAK SESUAI PROSEDUR JANGAN TAKUT KARENA DANA TIDAK MASUK KE REK ANDA

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku Amar Bank?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Ditawarkan, Tidak Ada Pengajuan, Tiba-tiba Ada Nomor Pinj…

oleh Helin dibaca dalam: 1 menit
13