Kualitas SSD V-GeN Mengecewakan dan Membuat Susah

Pada tanggal 13 Januari 2024, saya menerima SSD merk V-gen 256 GB SATA-3 dari toko Jaya PC Official Store di Shopee, nomor pesanan: 240111JNSDU3Y4. Karena belum sempat ke toko service laptop, akhirnya pesanan saya klik selesai pada tanggal 18 Januari 2024.

Tanggal 1 Februari 2024, saya bawa laptop dan SSD V-Gen tersebut ke toko service laptop (Peace Komputer, lokasi di Pengasinan, Kota Bekasi). Saat diperiksa dengan aplikasi HD sentinel oleh teknisi, diketahui bahwa kondisi SSD tersebut drop 91% dan tertulis “Bad”.

Setelah menghubungi toko online Jaya PC Official, akhirnya SSD kami kirim tanggal 4 Februari 2024 untuk diperbaiki. Pihak toko menjanjikan proses klaim maksimal 14 hari kerja. Setelah ditagih berkali-kali, akhirnya SSD perbaikan dikirimkan kembali ke kami tanggal 5 Maret 2024 (1 bulan prosesnya!). SSD kami terima tanggal 7 Maret 2024.

Tanggal 8 Maret 2024, SSD kami bawa ke toko service laptop untuk di-install Windows 10 dan MS Office. Malam harinya SSD sudah terpasang di laptop Asus kami dan sudah terpasang Windows dan Office.

Tanggal 14 Maret 2024, saat kami presentasi di kantor klien, laptop bermasalah dan bahkan SSD tidak terdeteksi sehingga booting Windows gagal. Teknisi IT kantor klien juga membantu install ulang Windows, tetapi laptop tetap lambat dan sering hang. Praktis hari itu pekerjaan jadi berantakan dan sangat memalukan.

Malam harinya laptop kami bawa kembali ke toko service laptop untuk diperiksa. Hasilnya, kondisi SSD tinggal 14% (bad). Akhirnya laptop dipasangi SSD Samsung evo870 500 GB bekas. Namun keluar biaya instalasi windows lagi Rp150 ribu.

Kami sudah menghubungi toko online Jaya PC lagi dan diminta mengirimkan kembali SSD yang bermasalah. Sehingga SSD kami kirim kembali ke toko online Jaya PC tanggal 27 Maret 2024 dan diterima tanggal 28 Maret 2024. Kami masih menunggu perbaikan kembali dari toko online Jaya PC, yang mungkin akan memakan waktu 1 bulan lagi.

Kami sangat dirugikan baik itu biaya, waktu, dan terutama reputasi kami dalam bekerja. Tidak ada yang beritikad baik memberikan kompensasi kerugian kami. Kualitas SSD V-Gen yang kami beli sangat buruk dan membuat susah.

Welisman
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Kualitas SSD V-GeN Mengecewakan dan Membuat Susah

  • 3 April 2024 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Jaya pc, saya termasuk pelanggan tetap disitu dan blm pernah bermasalah. Untuk merk v-gen salah satu produsen ssd terbaik dan saya lihat di jaya pc penjualannya ribua . Kl ssd nya benar2 baru dan langsung rusak, agak aneh memang, apalagi sampai 2x. Bisa jadi itu ssd bekas atau ssd returan. Tp apa iya Sekelas jaya pc, penjual mall mempertaruhkan nama besarnya menjual bekas, yg mana kl komplain pasti diganti baru sama produsennya. Jangan2 anda dikerjai sama tukang servicenya atau malah laptop yg bermasalah.

    • 3 April 2024 - (23:36 WIB)
      Permalink

      Tukang service bermasalah? Patut dipertimbangkan, tapi saya tidak punya bukti. Tapi sampai saat ini laptop berjalan normal dengan ssd Samsung evo 860 yg saya beli di toko service tersebut. Nanti kalau ssd V-Gen hasil perbaikan tiba, saya akan coba install di tempat service yang lain.

  • 4 April 2024 - (14:13 WIB)
    Permalink

    Kenapa gak direct ke V-GeN saja om kalau klaim kerusakan, biasanya dia bisa lho klaim secara online, Jadi gak usah bolak-balik toko yang makan waktu lebih lama..
    Bisa hubungin call center dulu di http://www.v-gen.co.id nanti akan diarahkan untuk alamat pengiriman ke kantor pusat biasanya..

    • 4 April 2024 - (15:32 WIB)
      Permalink

      Boleh juga saran nya. Nanti kalau ada kesempatan akan dicoba. Terima kasih atas sarannya

  • 4 April 2024 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Langsung ke prinsipalnya aja. Ngapain balikin lg ke toko?
    Lama banget karena kan toko ngurusin penjualan. Dia gak dpt fee dr retur brg yg ada boncos return cost yg harus dia tanggung. Jualan brg kek gt paling gak lebih ceban profitnya.
    Kl ke prinsipal langsung ganti unit baru, dijamin.

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kualitas SSD V-GeN Mengecewakan dan Membuat Susah

oleh Welisman dibaca dalam: 1 menit
8