Kecewa dengan Penjual Urban&Co Official di Shopee Mall

Selamat siang, saya ingin sedikit mengungkapkan rasa kecewa saya terhadap salah satu akun Shopee Mall yang bernama Urban&Co Official atau @urbancoshoes, di mana platform tersebut menjual sepatu, tas, dan lainnya.

Kronologinya, pada tanggal 20 Mei 2024, saya melakukan pemesanan flat shoes yang bernama Urban&Co Woman Shoes Lastisya dengan varian beige nomor 37. Saat saya checkout, status barang masih tercantum ready dengan stok kurang lebih 2.

Kemudian, pada hari Selasa, tanggal 21 Mei 2024, tiba-tiba olshop-nya chat saya, menginfokan bahwa stok barang tersebut habis dan menawarkan ingin menggantinya dengan size berbeda atau warna berbeda. Saya membalas dengan memberikan opsi warna pink size 37 dan memberikan capture bahwa stok untuk warna beige size 37 masih ada 2, tapi adminnya menginfokan bahwa sudah tidak ada karena terjadi double order yang bukan kesalahan dari customernya.

Saya juga bilang mau menunggu hingga stoknya ready karena memang yang saya butuhkan adalah size itu dan warna tersebut. Adminnya kekeuh bahwa hal tersebut tidak bisa dipastikan, tapi saya juga tetap kekeuh menunggunya. Sampai akhirnya saya kesal dan saya menyuruh admin untuk meng-cancel orderan saya, hanya saja adminnya tidak mau dan menyuruh balik saya untuk melakukan pembatalan. Namun, agak sedikit heran saya kenapa mereka memerintahkan pembatalan, tulisannya seakan disensor menjadi “P3mbatalan.” Entah ada apa.

Alasan saya tidak mau melakukan pembatalan adalah karena tidak ada opsi alasan tepat dan menyatakan bahwa pembatalan saya lakukan karena seller yang menyuruh atau seller yang tidak menjual barang yang saya mau. Niatnya saya menunggu saja sampai Shopee membatalkan sendiri pesanan saya karena adanya batas akhir pengiriman barang yang seingat saya sampai dengan tanggal 23 Mei 2024.

Kemudian, pada hari Rabu, 22 Mei 2024, hanya selisih 1 hari dari saat mereka bilang kalau barang habis, tiba-tiba barang saya dikirimkan. Pastinya saya memastikan kenapa tiba-tiba dikirimkan, terlebih batas akhir pembatalan otomatis masih sampai tanggal 23 Mei 2024. Admin online shop tersebut hanya menjawab bahwa akan dicek kembali dan saya mengancam akan memberikan bintang 1 karena ketidaksesuaian info yang admin tersebut berikan.

Pada hari Kamis, 23 Mei 2024, barang saya sampai berupa sepatu dengan jenis yang sama namun warna berbeda. Mereka seperti sengaja mengejek dengan memberikan tulisan kalau warna berbeda, dan memerintahkan untuk return jika tidak mau. Dari awal saya juga sudah bilang kalau saya tidak mau.

Saya sama sekali tidak pernah konfirmasi bahwa saya mengiyakan dikirim dengan warna yang berbeda. Dari pihak online shop juga tidak pernah menginfokan bahwa akan tetap mengirimkan warna yang berbeda, sehingga untuk pengajuan pembatalan saya tidak diberikan cukup waktu untuk berpikir.

Di sini saya merasa ditipu dan admin tersebut seakan-akan mengejek saya dengan sekedar minta maaf dan meminta barang tersebut dikembalikan. Logikanya, di sini saya dirugikan. Saya direpotkan harus mengirimkan kembali barang yang salah tanpa bisa saya review bahwa toko tersebut telah melakukan kesalahan besar. Sempat saya mengancam akan melakukan pelaporan secara hukum kepada mereka tapi seakan-akan mereka mengacuhkan kesalahan yang mereka lakukan.

Logikanya, jika saya kembalikan barang mereka, mereka dapat menjualnya kembali barang yang masih baru tersebut tanpa bisa saya review bahwa mereka melakukan kesalahan. Makanya, saya sempat menuntut dana saya dikembalikan tapi barang mereka tetap saya tahan dengan alasan kerugian waktu dan emosional yang mereka berikan. Bagi saya, online shop Urban&Co Official tersebut tidak mau tokonya terekspos dan dirugikan karena takut dinilai jelek, sehingga mereka melakukan hal seperti itu.

Jujur, saya pelanggan setia di toko tersebut, sehingga saya tidak menyangka hal seperti ini tega mereka lakukan kepada saya, tanpa ada tanggung jawab yang setimpal.

Besar harapan saya, tuntutan bahwa dana saya yang sebesar Rp 209.979 dapat dikembalikan tanpa perlu direpotkan dengan retur barang tersebut, karena saya juga sudah kehilangan selera untuk mengemas dan mengembalikan barangnya.

Terima kasih.

Widya
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Kecewa dengan Penjual Urban&Co Official di Shopee Mall

  • 24 Mei 2024 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Toko busuk. Admin busuk. Tidak punya integritas, batalin karena salah tulis stok aja ngak mau.

    2
    4
  • 24 Mei 2024 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Masalah akan jadi lebih sederhana jika pembeli membatalkan pesanan dan cari di tempat lain, toh jika pembatalan dilakukan pembeli maka tidak ada sangsi apapun dari pihak e-commerce. Keterangan jumlah stok jangan jadi acuan sebab belum tentu sinkron terutama jika toko bersangkutan juga jualan di platform lain. Pentingnya tanya stok via chat sebelum membeli. Jadilah pembeli yang cerdas dan bijaksana seperti SMARTphone-nya.

    7
    3
    • 24 Mei 2024 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Paham banget kaa, tp maaf sebagai konsumen yang kecewa masalah tidak sesimple membatalkan, coba kaka trial pembatalan di shopee tidak ada keterangan yg bisa membuat kita melaporkan kesalahan seller. Saya mau batalkan ada opsi bahwa seller yang menyuruh membatalkan karena stok tidak sesuai, lebih cleared bukan, dan shopee. Intinya disini seller tetap kirim barang tanpa yg salah tanpa permisi agar tokonya “mungkin” tidak dapat rating jelek dri platform shopee

      2
      4
      • 24 Mei 2024 - (19:26 WIB)
        Permalink

        Terlebih yang bikin saya sedikit happy adalah dengan barang yang saya pesan tiba tiba basoknya dikirim, karena saya bersyukur ternyata stok sudah ada. Sampai saya tanyakan ke sellernya dan disuruh tunggu, ternyata mereka menyuruh saya menunggu barang yang sengaja dibuat salah 🙁

        2
        4
    • 24 Mei 2024 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Btw barangnya juga udh aku buang kaa, kecewa soalnya, proses pengajuan pengembalian juga saya batalkan karena dari awal tidak ada etikat baik dari toko tersebut. Tujuannya Biar saya juga bisa review do shopee mereka agar tidak ada konsumen yang kejadian seperti saya lagi.

      1
      4
      • 24 Mei 2024 - (20:14 WIB)
        Permalink

        kalau benar sudah dibuang sebenarnya sayang juga bisa didonasikan ke yang membutuhkan. dan media konsumen ini adalah review negatif buat toko ybs

        • 24 Mei 2024 - (20:17 WIB)
          Permalink

          Kebetulan kalau dirmh saya tukang sampah ada yg menampung untuk mengambil barang barang tidak terpakai, jadi sepertinya mungkin tersalurkan ke yang lain, yang terpenting tidak disaya lagi barangnya karena kecewa sekali rasanya.

          1
          5
  • 25 Mei 2024 - (04:09 WIB)
    Permalink

    “saya sempat menuntut dana saya dikembalikan tapi barang mereka tetap saya tahan dengan alasan kerugian waktu dan emosional yang mereka berikan”. Ini namanya minta gratisan. Seharusnya dari awal juga masalah bisa cepat selesai kalau pembeli membatalkan pesanan. Tapi pembeli malah pilih jalur ribet hanya karena pingin ngasih penjual review jelek. Nurutin emosi akhirnya rugi 200 rebu (kl saya sih gak mau). Tapi kalau review jelek tersebut sepadan dengan uang 200 ribu dan emosi batin yang bakal terus anda pendam, ya sudah clear berarti. Pisss

    6
    3
    • 25 Mei 2024 - (04:27 WIB)
      Permalink

      So far sih ka aku better rugi 200 rb tp orang lain tau review jujur toko tersebut, mencegah korban lain aja karena itu salah satu platform besar toko flatshoes. Karena Sya pun kalau beli sering baca komentar/ reviewnya.
      Karena emng tbtb dikirim barang yang salah dengan sengaja tanpa konfirmasi ulang dan memberikan waktu lebih untuk pembatalkan.
      Dan tidak pernah pula menuntut barang gratisan karena udah tau aja dari awal tokonya tidak kompeten untuk itu. Disini hanya menyalurkan sedikit review dan penapat saya mengenai toko tersebut, toh semua prusedur pengembalian barang juga sudah saya batalkan. Pisss juga kaka hehehehe

      2
      4
  • 25 Mei 2024 - (14:11 WIB)
    Permalink

    bagus anda lihat reviewnya, masalahnya orang beli online itu jarang baca review.. coba lihat sekelas official hanya kena rating B1 1 orang? g akan dipedulikan.. jadi kalau hanya direview.. ya mereka akan sangat senang sekali.. bodo amat.. tapi sekali lagi, itu hak buyer.. jadi yaaa sah sah saja, kalau sy memang ada niat dikrim acak, ya sya kembalikan

  • 27 Mei 2024 - (02:30 WIB)
    Permalink

    Kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah ya gag,, women memang kadang sulit dimengerti.. Kalau aku tinggal klik batalkan pesanan udah, terus cari di toko yg lain. Barang dateng hati senang,🤣🤣

    3
    1
  • 27 Mei 2024 - (02:38 WIB)
    Permalink

    Just info ya. Toko dengan status mall di shopee akan kena penalty uang sebesar 50-100 rb jika mereka pencet tombol cancel. Makanya mereka akan melakukan berbagai cara untuk menghindari punishmen tersebut.

  • 27 Mei 2024 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Salah lu sendiri goblok apa susahnya lu batalin sendiri kecuali tombol pembatalan ga ada wajar lu kecewa
    Gini tipikal betina ga mau ngalah wkwkkw

    1
    1
  • 30 Mei 2024 - (01:31 WIB)
    Permalink

    Pembeli ribet..Barangsiapa yang menyulitkan (orang lain) maka Allah akan mempersulitnya para hari Kiamat.

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Penjual Urban&Co Official di Shopee Mall

oleh Sdw dibaca dalam: 2 menit
17