Kebijakan Tokopedia yang Kontradiktif dan Menahan Saldo Penjualan Saya Secara Sepihak

Sebelum buyer melakukan order, saya sudah menyatakan bahwa tidak ada garansi sama sekali dari seller. Apabila ikan mati, silakan mencoba klaim ke jasa pengiriman langsung, dan buyer sudah menyetujuinya secara sadar.

Namun pada tanggal 20 Mei 2024, buyer saya mengajukan klaim ke Tokopedia karena paket ikan yang diterima dalam keadaan mati. Saya bertanya kenapa klaim diajukan ke Tokopedia, bukan langsung ke jasa pengiriman? Buyer menjawab ingin mengajukan klaim ke jasa pengiriman melalui Tokopedia, karena buyer juga sudah membayar asuransi Tokopedia.

Pada hari Selasa, 21 Mei 2024, pukul 23.51 WIB, klaim buyer sudah disetujui, dan dana yang diklaim sudah diteruskan ke saya sebagai seller.

Namun pada tanggal 27 Mei, pihak Tokopedia menghubungi saya melalui live chat bahwa klaim buyer ditolak karena asuransi tidak menerima klaim hewan hidup, dan saldo saya dibekukan secara sepihak oleh Tokopedia.

Saya sangat heran, klaim yang sebelumnya berhasil dan sudah selesai, tiba-tiba dianulir dan meminta seller mengganti kerugian buyer, dengan dalih kebijakan Tokopedia Pasal 2, yang mewajibkan seller melakukan refund atau pengiriman ikan kembali tanpa buyer harus retur ikan yang mati.

Padahal di kebijakan Tokopedia Poin 5, tertulis bahwa seluruh order dan pengiriman hewan sesuai persetujuan penjual dan pembeli, di mana kami sudah setuju bahwa tidak ada garansi apapun. Namun Tokopedia menekan seller harus melakukan ganti rugi.

Di sinilah saya sebagai seller merasa sangat dirugikan. Kami penjual ikan hias tidak diberi perlindungan sama sekali, padahal mereka mengambil komisi penjualan kami 5% per transaksi. Bagaimana jika ada buyer yang berniat jahat, melakukan order lalu asal klaim, dan kami sebagai seller wajib melakukan refund? Video unboxing hanya bersifat opsional, yang artinya tidak wajib bagi buyer melampirkan video unboxing untuk melakukan klaim. Jadi tanpa video unboxing pun kami tetap diminta refund.

Sampai saya menulis artikel ini, saldo saya masih ditahan semuanya oleh pihak Tokopedia.

Harap seller lain untuk berhati-hati dalam berjualan di Tokopedia, karena tidak ada perlindungan untuk seller. Tokopedia sangat tidak konsisten dalam setiap keputusan dan kebijakannya, setiap keputusan dari Tokopedia bisa berubah secara sepihak, dan jika ada kebijakan yang kontradiktif, Tokopedia memilih kebijakan yang paling menguntungkan bagi mereka saja.

Terima kasih.

Reza
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Kebijakan Tokopedia yang Kontradiktif dan Menahan Saldo Penjualan Saya Secara Sepihak

  • 30 Mei 2024 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Ini kayanya ngak ada solusinya. Mau kirim sendiri dengan kurir sendiri pun, asal pembeli klaim ikan mati, bakal masalah kaya gini lagi.

    • 30 Mei 2024 - (20:50 WIB)
      Permalink

      Betul sekali, rawan di salah gunakan oleh pembeli yang berniat jahat, kita sebagai seller tidak di beri perlindungan oleh Tokopedia, padahal mereka ambil Komisi 5% dari setiap transaksi kita.

      1
      2
    • 3 Juni 2024 - (16:45 WIB)
      Permalink

      Sejak akhir mei 2024 sampe hari ini 3 juni 2024, tiba tiba tokopedia menyalakan sicepat secara paksa di sistem penjual dengan alasan kurir rekomendasi, terus saya sebagai penjual heran dan cek, terus centang nya saya hilangkan baik sicepat dan kurir rekomendasi, tapi tetap saja orderan berikutnya yang masuk dengan sicipat yang tidak saya inginkan, saya pakai jne dan paxel selama ini lancar, tiba tiba harus komplain lagi ke cs tokopedia selama beberapa hari berturut turut. Fyi, sicepat dan anteraja di daerah kapuk muara lambat banget, terakhir 3 paket cancel by sistem karena kurir tidak jemput selama 3 hari, dan datang saat sudah dibatalkan, tanda tanya besar untuk apa kurir nya datang?

    • 30 Mei 2024 - (20:53 WIB)
      Permalink

      Semua usaha ada resiko nya, jualan hewan resiko mati, jualan barang resiko rusak, Concern nya disini bukan soal resiko, tapi kebijakan tokopedia yang kontradiksi, keputusan yang dapat berubah-ubah, dan tidak memberikan perlindungan kepada Seller, padahal mereka ambil 5% komisi per transaksi.

      2
      2
      • 31 Mei 2024 - (12:36 WIB)
        Permalink

        Kebijakan senantiasa bisa berubah. Barusan saya cari tau lebih lanjut dan ketemu lah ini.

        INFO TER-UPDATE: Syarat & Ketentuan Berjualan Hewan Peliharaan di Tokopedia (Diperbarui 10 Mei • Baca 3 menit)

        “Bersedia mengganti rugi dengan cara refund atau pengiriman ulang jika hewan peliharaan yang diterima pembeli sakit/tidak selamat karena tidak ada asuransi untuk makhluk hidup.”

        Transaksi kamu mengacu ke syarat baru ini karena terjadi setelah tanggal tsb.

        Perlu kamu ketahui, asuransi di Tokopedia itu bukan diganti ekspedisi, namun pihak rekanan (ketiga).

        Lalu kamu bilang di counter Paxel ada disediakan sticker khusus Ikan Hias hidup dan memperbolehkan pengiriman. Silahkan kamu kejar “hak” kamu ke Paxel sendiri, minta ganti rugi ke sana.

        • 31 Mei 2024 - (12:51 WIB)
          Permalink

          Itulah kenapa saya bilang kontradiktif, coba bapak baca kebawah lagi S&K pengiriman Hewan hidup,.

          Point 5. “Tidak ada asuransi pengiriman untuk hewan peliharaan, baik asuransi dari Tokopedia maupun asuransi dari pihak layanan pengiriman. Semua hal yang terjadi dalam proses order dan pengiriman dilakukan berdasarkan persetujuan pembeli dan penjual atas segala resiko yang akan terjadi”

          Jadi Bapak yang terhormat, saya jelaskan sekali lagi, saya tidak ada masalah dengan Jasa pengiriman, Tapi Concern dari Artikel ini adalah S&K yang kontradiktif, dan keputusan Tokopedia yang bisa diubah sesuka hati. Contoh keputusan nya sudah saya jelaskan diatas, bahwa Sebelumnya Klaim buyer sudah di setujui, dan saldo saya sudah bisa di tarik, tapi beberapa hari kemudian, Tokopedia menahan saldo saya, dengan Alasan Klaim tidak disetujui.
          Nah disini lah masalahnya juga, sesuatu yg sudah diputuskan harusnya tidak boleh di anulir, dan apabila klaim nya di tolak, silakan informasikan ke Buyer, karna yang mengajukan Klaim Buyer dan bukan Seller, apabila Klaim hewan hidup itu tidak bisa di lakukan, maka yang salah ada Buyer, karna buyer tidak membaca S&K tersebut.
          Tapi disini saya di paksa untuk tanggung jawab, padahal saya sudah punya Gentleman Aggrement dengan Buyer, sesuai dengan S&K tokopedia point 5 tersebut.

          Dan ada juga masalah lain nya, dimana saat Buyer klaim, tidak di wajibkan memiliki Video Unboxing, jadi coba Bapak bayangkan, betapa bobrok sistem tokopedia ini bagi seller.
          Mungkin bapak sebagai Buyer justru merasa sangat di untung kan, namun di balik kemudahan Buyer, ada seller yang di korban kan.

          Maaf ya pak, ini sebenarnya artikel dari kacamata Seller saja, namun siapapun boleh menanggapi artikel ini dengan pandangan nya sendiri, saya harap bapak dapat bersikap Objektif.
          Terima kasih

          • 1 Juni 2024 - (13:19 WIB)
            Permalink

            buyernya nakal, sudah jelas kalau buyer sudah diinfokan oleh seller bahwa tidak ada garansi (kecuali pakai grab atau gojek) dan si buyer sudah setuju, tp malah komplain melalui tokopedia.

          • 1 Juni 2024 - (15:51 WIB)
            Permalink

            Benar Pak Ari, dan yang lebih parah nya, kami tidak punya perlindungan dari Tokopedia, jadi apabila bertemu dengan Buyer nakal seperti ini, kami cuma bisa pasrah, ini yang sedang kami perjuangkan.

  • 30 Mei 2024 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Paxel itu bisa sameday,tapi gak secepat Grab/Gojek karena nyambi anter paketan lain juga.Mending expedisi paxel dinonaktifkan,hanya bisa grab/gojek.Saya malah baru tahu bisa jualan ikan hias hidup di tokped.

    • 30 Mei 2024 - (22:06 WIB)
      Permalink

      Bisa, ada kategori nya, dan komisinya lumayan besar yaitu 5%.
      Kendala saya bukan di jasa kirim nya, tapi kontradiksi dari syarat dan ketentuan tokopedia, serta tokopedia yang hanya membela pembeli, kami sebagai seller tidak punya perlindungan.

      Jadi meskipun paket saya antar sendiri, apabila Buyer mengajukan klaim fiktif di Tokopedia, maka seller wajib melakukan Refund kepada Buyer.

  • 30 Mei 2024 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya untuk kedepannya kamu nonaktifkan jasa kirim selain instan dan sameday, karena tokopedia pasti berpegang pada syarat dan ketentuan yang mereka buat.
    Adapun langkah yang diambil pembeli sebenarnya betul karena dia transaksi lewat tokopedia maka klaimnya pun bukan ke paxel langsung, tapi ke tokopedia
    Justru pihak penjual yang menyalahi prosedur dengan meminta pembeli klaim ke paxel langsung, semua ada aturan mainnya.

    3
    1
    • 30 Mei 2024 - (22:03 WIB)
      Permalink

      Halo, mohon dibaca lagi concern dari Artikel saya, dan dibaca juga Screenshot yg saya lampirkan, tolong dicerna lagi artikel saya sebelum komentar. Makasih

      1
      4
      • 30 Mei 2024 - (22:40 WIB)
        Permalink

        Yg ngga paham itu justru kamu. Pelajari dulu s&k nya. Hewan dan tanaman hidup termasuk jenis yg tidak bisa dikirim melalui Paxel. Mau klaim biar bayar asuransi ya akan percuma aja. Ojol juga sebenarnya ngga terima kiriman hewan, tapi selama bukan jenis yg bakal membahayakan si driver (meloloskan diri, gigit), mereka tetap mau bawa, dan itupun lebih baik hanya aktifkan instant, same day tetap ada resiko jika kejauhan jaraknya. Saya beberapa kali jual anakan sugar glider ternakan pribadi, hanya aktifkan instant. Memang resiko target pembelinya jadi berkurang (lebih susah laku krn kadang berat di ongkos), namun yg penting aman dari hal” kek gini.

        • 31 Mei 2024 - (08:03 WIB)
          Permalink

          Apakah kamu orang paxel? Saya jualan ikan sudah lama kirim pake paxel, pernah juga klaim ikan mati ke paxel, dan di ganti, jika anda bilang paxel gabisa kirim hewan, itu HOAX, paxel terima pengiriman hewan, sebelum komentar dicari tahu dulu agar tidak menyesatkan.
          Yang saya permasalahkan, S&K tokopedia yang kontradiktif, Pasal 5 bilang semua order dan pengiriman hewan berdasarkan persetujuan pembeli dan penjual atas semua resiko yg terjadi, tapi pihak Tokped malah paksa kami (seller) untuk refund ke Buyer, padahal kami sudah Disclaimer tidak ada garansi dan Buyer setuju.

          Lalu tidak adanya perlindungan seller, dimana pembeli dapat langsung klaim ke Tokopedia tanpa perlu video Unboxing, jadi meskipun Seller antar sendiri Ikan nya secara langsung, bisa saja Buyer melakukan Klaim fiktif.
          Jadi disini masalahnya bukan kepada jasa pengiriman nya, tapi S&K tokopedia yang kontradiktif dan cenderung membela Buyer, tidak memberikan kami perlindungan sebagai seller sama sekali, hanya makan uang komisi kami saja.

          Sekali lagi mohon dipahami maksud artikel saya.

          • 31 Mei 2024 - (08:15 WIB)
            Permalink

            Heran sama orang indo, komen di pinjol dituduh DC, copy paste syarat di web Paxel dibilang org Paxel, soal marketplace bank dsbnya dibilang buzzer. Bisanya sebatas itu maen nuduh kalo pendapat ngga sesuai.

            Jenis paket yang tidak bisa kamu kirim melalui Paxel:

            1.Narkoba
            2.Minuman keras, minuman beralkohol
            3.Senjata api, bahan peledak & amunisi
            4.Materi pornografi
            5.Materi sensitif terhadap politik
            6.Hewan dan tanaman hidup

            Sumber:
            https://paxel.co/id/detail-layanan-dan-bantuan/apa-saja-jenis-paket-yang-bisa-atau-tidak-dikirim-melalui-paxel

            Plus saya dah mampir ke lapak kamu, dan terlihat hanya aktifkan Gosend, Grab & TiKi next day (ONS). Kalau memang udah sering lolos klaim Paxel kenapa ngga diaktifkan saat ini.

          • 31 Mei 2024 - (08:23 WIB)
            Permalink

            Silakan datang ke Counter Paxel nya langsung, ya saya matikan karna handling nya asal, Ikan sering dimasukan Chiller, padahal sudah jelas ada Tulisan jangan di taruh Chiller, dan Ada stiker Ikan hias juga, btw stiker ikan hias memang di sediakan oleh paxel untuk paket yang isinya ikan hias, sekali lagi saya infokan, paxel menerima kiriman ikan hias ya.

          • 1 Juni 2024 - (14:15 WIB)
            Permalink

            Membaca kronologi trllu panjang, kalau berdasarkan penglaman saya beli ikan di toped. Hitungan 1-2 jam pakai instan , ikan mati 2 , sisanya hidup (waktu itu ikan puffer). Saya chat masih drespon baik sma penjual lalu diganti diantar langsung ke rumah dia jg blg klo msh hitungan jam msh kita toleransi, misal udh lewat 10 jam baru klaim mati biasanya dtolak sm dia ktny. Tp di deskrip dia banyak nyantumin ketentuan selain sameday-instat jika ikan mati tidak dpt diklaim. Ulasannya emg bnyk yg jelek tp g ngata2in cm ywdhlah terima resiko dr pembeli2 luar kota. Cuma poin yg sya tangkep bukti chat dr pembeli bahwa menyetujui ketentuan yg di infokan sblmnya hrsnya bs jd dalil untuk menyanggah tokopedia.

          • 1 Juni 2024 - (15:34 WIB)
            Permalink

            Betul sekali pak F.Kur.
            Kami juga demikian, di deskripsi dan pesan otomatis juga sudah di tulis, Garansi 100% hanya untuk pengiriman Gojek/Grab dengan syarat melampirkan video Unboxing.

            Saat ini kami masih Fight dengan Tokopedia, karena kami sudah disclaimer dan buyer setuju, kalau menurut S&K Tokopedia point 5, harusnya saya benar, Tokopedia tidak boleh memaksa saya Refund.

  • 31 Mei 2024 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Gue udah baca isi artikel lu nih, terus lu maunya siapa yang mau tanggung jawab bang?
    Kalo pembeli dia terima ikannya mati, masa dia mesti ikhlasin duitnya buat lu?
    Kalo dari asuransi dan pihak paxel mereka ga terima klaim dan kiriman berupa hewan.
    Jadi siapa nih yg mau lu minta tanggung jawab bang?
    Kalo dibilang Tokopedia berpihak ke pembeli ya wajar, karena di kasus ini dia terima ikan dalam keadaan mati, sedangkan asuransi ga terima klaim hewan hidup. Maka duit lu sama Tokopedia ditahan buat dibalikin ke pembeli.
    Terus lu ga terima bilang itu merugikan? Cuma karena udah kasih komisi 5% per transaksi? Ada ada aja.
    Lu sendiri gamau rugi, pengennya dapet duit tapi ikannya mati ya bodo amat. Wkwkwkwk

    • 31 Mei 2024 - (08:29 WIB)
      Permalink

      Iyaa bapak, dibaca lagi deh baik2, mungkin bapak sudah baca tapi belum paham juga.

      Pasal 5 S&K tokopedia bilang, semua order dan pengiriman berdasarkan persetujuan pembeli dan penjual atas segala resiko yang terjadi.
      Saya sudah membuat Gentleman aggrement dengan Buyer tidak ada Garansi sama sekali, jadi kalau ikan Mati ya ikhlaskan, kalau tidak mau ya jangan Order. Dalam berusaha siapa juga yang mau Rugi, klo resiko nya besar ya kita gamau garansi, tapi kalo buyer Ngotot mau beli ya Silakan, tapi tanggung Sendiri resiko nya, makanya jadi Buyer harus Bijak Pak.

      1
      1
    • 31 Mei 2024 - (12:00 WIB)
      Permalink

      namanya jg wibu bang, pelan2 napa ngasi taunya, kesianan ntar kena mental breakdown, wkwkwk

      • 31 Mei 2024 - (12:29 WIB)
        Permalink

        Maksudnya bagaimana ya? Apakah ada masalah?
        Kenapa media konsumen isinya sama seperti netizen FB ya sekarang ini, apa komentar di suatu artikel gak harus verifikasi dulu ya..

    • 31 Mei 2024 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Itulah kenapa saya bilang kontradiktif, coba bapak baca kebawah lagi S&K pengiriman Hewan hidup,.

      Point 5. “Tidak ada asuransi pengiriman untuk hewan peliharaan, baik asuransi dari Tokopedia maupun asuransi dari pihak layanan pengiriman. Semua hal yang terjadi dalam proses order dan pengiriman dilakukan berdasarkan persetujuan pembeli dan penjual atas segala resiko yang akan terjadi”

      Jadi Bapak yang terhormat, saya jelaskan sekali lagi, Concern dari Artikel ini adalah S&K yang kontradiktif, dan keputusan Tokopedia yang bisa diubah sesuka hati. Contoh keputusan nya sudah saya jelaskan diatas, bahwa Sebelumnya Klaim buyer sudah di setujui, dan saldo saya sudah bisa di tarik, tapi beberapa hari kemudian, Tokopedia menahan saldo saya, dengan Alasan Klaim tidak disetujui.
      Nah disini lah masalahnya juga, sesuatu yg sudah diputuskan harusnya tidak boleh di anulir, dan apabila klaim nya di tolak, silakan informasikan ke Buyer, karna yang mengajukan Klaim Buyer dan bukan Seller, apabila Klaim hewan hidup itu tidak bisa di lakukan, maka yang salah ada Buyer, karna buyer tidak membaca S&K tersebut.
      Tapi disini saya di paksa untuk tanggung jawab, padahal saya sudah punya Gentleman Aggrement dengan Buyer, sesuai dengan S&K tokopedia point 5 tersebut.

      Dan ada juga masalah lain nya, dimana saat Buyer klaim, tidak di wajibkan memiliki Video Unboxing, jadi coba Bapak bayangkan, betapa bobrok sistem tokopedia ini bagi seller.
      Mungkin bapak sebagai Buyer justru merasa sangat di untung kan, namun di balik kemudahan Buyer, ada seller yang di korban kan.

      Maaf ya pak, ini sebenarnya artikel dari kacamata Seller saja, namun siapapun boleh menanggapi artikel ini dengan pandangan nya sendiri, saya harap bapak dapat bersikap Objektif.
      Terima kasih

 Apa Komentar Anda?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Kebijakan Tokopedia yang Kontradiktif dan Menahan Saldo Penjualan Saya…

oleh Reza dibaca dalam: 1 menit
25