Mempertanyakan Kebijakan Akses Data Aplikasi Halo BCA

Pada tampilan aplikasi Halo BCA tanggal 1 Juni 2024, pengguna dipaksa untuk menyetujui pihak BCA dapat mengakses data pribadi di HP pengguna, tanpa ada batasan yang jelas. Ironisnya lagi, mereka meminta pengguna untuk memperbolehkan datanya diakses oleh pihak ketiga, yang pengguna tidak tahu siapa itu.

Kita tahu aturan perbankan itu sangat ketat, tidak boleh membagikan data personal kepada siapapun. Nah, ini malah meminta persetujuan untuk mengakses data di smartphone pengguna dan di-share ke pihak ketiga, yang tidak diketahui siapa saja pihak ketiga tersebut.

Mohon penjelasannya baik pihak BCA maupun Bank Indonesia, maksud dari permintaan perbankan yang seperti ini. Tidak setuju dan tidak setuju memang menjadi pilihan. Namun jika tidak setuju, menjadikan pengguna tidak bisa menggunakan aplikasi secara keseluruhan. Ya, maksa intinya.

Syarif Hidayat I Kosasih
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

6 komentar untuk “Mempertanyakan Kebijakan Akses Data Aplikasi Halo BCA

  • 4 Juni 2024 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Yah begitulah. Madesu kalo masalah keamanan data. Kalo ditanya, teller ama customer service juga ngak ngerti. Ujung2 bocor, rakyat lagi yang kena.

  • 4 Juni 2024 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Pernah saya marah marah karena dihubungi untuk penawaran ini itu, mengatasnamakan bank, siang katanya mereka berhak karena saya nasabah. Nah siapa yang memberi mereka hak? ³3

    • 5 Juni 2024 - (11:15 WIB)
      Permalink

      Saya juga gak setuju, Nomor 12 poin B artinya pihak ke 3 yang kerja sama dengan BCA bisa simpan, akses dan olah data pengguna sedangkan pengguna gak tau siapa saja pihak ke 3 itu.

  • 4 Juni 2024 - (12:08 WIB)
    Permalink

    jgn pake m-banking kalo gitu, semua aplikasi bank pasti bisa akses data hp begitu di “yes” kan, mirip2 pinjol. jaman sekarang mana ada aplikasi yg gak gitu, mau aplikasi call center apa credit card, sama aje..

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Mempertanyakan Kebijakan Akses Data Aplikasi Halo BCA

oleh Syarif dibaca dalam: 1 menit
6