Pinjaman Kupedes BRI Apakah Tercover Asuransi?

Terima kasih kepada media konsumen,

Sebelumnya saya sudah membuat laporan via customer care BRI dengan nomor laporan 53206640 tapi sampai saat ini belum mendapat jawaban.

Perkenalkan, saya Rezha, anak kandung dari Bapak Djajang Permana dengan nomor rekening BRI 331401010308537. Singkat cerita, ayah saya meninggal bulan September 2023.

Kira-kira bulan Desember awal, datang tim collector pihak ketiga utusan dari Bank BRI Cabang Kayuputih, Jakarta Timur, yang bernama Pak Suryadi. Beliau menyampaikan bahwa ayah saya masih ada pinjaman Kupedes BRI yang masih belum dibayarkan. Saya diminta datang ke kantor untuk bertemu dengan kepala cabang.

Pertengahan Desember saya datang, kepala cabang menjelaskan bahwa masih terdapat pinjaman atas nama bapak saya. Kepala cabang hanya menjelaskan nominal pinjaman dan cicilan yang harus dibayarkan, tanpa pernah memberitahu tenor pinjaman (awal dan akhir berakhirnya pinjaman). Pak Suryadi selaku tim collector, sempat memberitahu apabila kreditur meninggal selama masa pinjaman belum berakhir, otomatis tercover asuransi (lunas).

Beberapa kali saya datang ke kantor cabang untuk meminta keringanan cicilan, dan menanyakan detail pinjaman tapi tidak pernah diberikan. Setiap saya ke kantor, pihak BRI hanya menyampaikan harus dilakukan pelunasan, atau jaminan akan dilelang.

Kepada Bank BRI, ada beberapa poin yang mau saya tanyakan:

  1. Apakah pinjaman Kupedes tercover asuransi?
  2. Bila tercover, bagaimana cara klaim asuransinya?
  3. Bila tidak tercover, saya meminta keringanan cicilan kepada Bank BRI, pembayaran cicilan sebesar Rp1.500.000,- sampai Rp2.000.000,- setiap bulan (sesuai kemampuan).

Catatan tambahan:

  • Pada 7 Juni, saya transfer Rp10.000.000,- untuk pembatalan lelang dan meminta keringanan cicilan tapi tidak disetujui.

 

Semoga dengan terbitnya surat ini bisa segera terselesaikan. Terima kasih.

Rezha Aminulloh
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pinjaman Kupedes BRI Apakah Tercover Asuransi?”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Rezha...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Pinjaman Kupedes BRI Apakah Tercover Asuransi?

  • 19 Juni 2024 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Setauku kalo asuransi itu opsional ya, atau bisa jadi fasilitas kreditnya, jadi gmn pun sudah ketentuan dari bank pemberi kredit, soal bisa di cover atau gak habis debitur meninggal prefer konfirm ke petugas banknya saja biar dapet penjelasan valid

    • 20 Juni 2024 - (11:08 WIB)
      Permalink

      saya sudah sering ke kantor bang, tp dr pihak bank tidak pernah memberikan informasi apapun, hanya di suruh bayar,bayar,bayar

  • 19 Juni 2024 - (17:52 WIB)
    Permalink

    alm. ortu ngga cerita bang, kalo ada ajuin pinjaman? biasanya kan keluarga dekat diberitahu ya.. itu kalo jaminannya sertipikat rumah, bank biasanya nge-push buat lelang..

    • 19 Juni 2024 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Asuransi jiwa kredit tergantung kebijakan bank, ada yang wajib dan optional. Kalau optional biasanya ditawarkan ke debitur mau dicover dengan bayar premi atau tidak.
      Selama periode pandemi covid19, banyak perusahaan asuransi yang kesulitan keuangan sehingga banyak bank memutus kerjasama untuk pertanggungan debitur baru yang cair di masa pandemi selama klaim2 debitur meninggal yang diajukan bank saat pandemi belum dibayarkan oleh perusahaan asuransi.
      Sehingga sejak periode pandemi itu, asuransi jiwa kredit menjadi optional. Segala konsekuensi atas pilihannya pasti dijelaskan kepada debitur saat akad kredit.

      1
      1
      • 20 Juni 2024 - (07:02 WIB)
        Permalink

        jahat kenapa? jaman sekarang, semua orang juga harusnya sudah tau resiko berurusan dengan hutang piutang di lembaga keuangan.

        • 20 Juni 2024 - (07:27 WIB)
          Permalink

          Jahat, karena sengaja dipersulit. Aji mumpung ada aset bagus yang bisa disita/dilelang/dll. Penulis minta info aja ngak dikasih.

    • 20 Juni 2024 - (11:11 WIB)
      Permalink

      ga pernah cerita, tau setelah beliau meninggal, value aset 1,2M hutangnya kurang dr 10% dr nilai aset, memang kejam ya

  • 19 Juni 2024 - (19:25 WIB)
    Permalink

    “3. Bila tidak tercover, saya meminta keringanan cicilan kepada Bank BRI, pembayaran cicilan sebesar Rp1.500.000,- sampai Rp2.000.000,- setiap bulan (sesuai kemampuan).”

    Setahuku, program2 keringanan dll terkait pinjaman hanya diperuntukkan bagi debitur karena akan berlanjut adanya perjanjian tambahan mengikuti perjanjian awal. Dalam hal debitur meninggal dunia dan tidak ada cover asuransi jiwa kredit, tidak ada opsi lain bagi ahli waris selain : membayar angsuran sesuai nominal yang dijadwalkan sampai pinjaman lunas, pelunasan sekaligus seluruh sisa pinjaman & lelang agunan (opsi terakhir).

    2
    1
    • 20 Juni 2024 - (07:47 WIB)
      Permalink

      masalahnya sudah ditanyakan detail mengenai pinjaman berapa tenornya dan kapan dan berakhirnya tapi masih belum di infokan

    • 20 Juni 2024 - (11:14 WIB)
      Permalink

      kejam memang,value aset 1,2M hutangnya kurang dr 10% dr nilai aset, minta keringanan tp tidak di acc

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Pinjaman Kupedes BRI Apakah Tercover Asuransi?

oleh Rezha Aminulloh dibaca dalam: 1 menit
12