Tanggapan Tokopedia atas Keluhan Bapak Emil

Hai Emil,

Jika kami cek transaksi Anda sebelumnya terindikasi Fraud sehingga dana akan kami proses pengembaliannya ke limit tagihan Kartu Kredit Anda selaku pembeli. Berdasarkan syarat ketentuan Tokopedia di https://www.tokopedia.com/terms.pl#CC point 4 dimana dana Anda akan melewati masa review pihak terkait kami selama 14 hari kerja dan selanjutnya akan diproses pengembaliannya oleh pihak bank terkait sesuai jangka waktu yang ditentukan pihak bank.

Mohon kesediaannya menunggu terlebih dahulu.

Terima kasih.

Customer Care Tokopedia
Wisma 77 Tower 2, 2nd Floor
Slipi – Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]
Kecewa dengan Proses “Refund” Kartu Kredit oleh Tokopedia

Yth. Media Konsumen, Pada tanggal 13 Februari 2016, saya membeli barang secara online di situs Tokopedia.com, nomor transaksi INV/20160213/XVI/II/27365859, dengan...
Baca Selengkapnya

Loading...

9 komentar untuk “Tanggapan Tokopedia atas Keluhan Bapak Emil

  • 23 Februari 2016 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Kok bisa terindikasi fraud? Padahal pemilik kartunya sudah konfirmasi melakukan transaksi tersebut..

  • 28 Februari 2016 - (14:32 WIB)
    Permalink

    sampe saat ini sudah 15 hari, tokopedia msh belum refund dana ke kartu kredit saya,

    • 29 April 2016 - (13:41 WIB)
      Permalink

      Pak Emil, bagaimana kelanjutannya? Apakah proses refundnya sudah selesai ?

      Mau cari info nih, soalnya saya juga mengalami problem refund yang lama prosesnya, sudah 1 bulan lebih sejak tanggal transaksi.

      Info dari tokopedianya harus tunggu 14 hari, tp ini sudah sebulan, masih belum masuk juga ke limit kartu kredit saya. Bahkan karena saya mengubah transaksi menjadi cicilan, sudah masuk tagihan cicilan ke 2 masalah belum solve juga.

      Pusing saya belanja di Tokopedia, bayar sudah cepat2, waktu di cancel dibalikinnya lama.

      X_X

  • 27 Maret 2016 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Halo semua,

    Saya juga akhir-akhir ini jadi puyeng nih sama Tokopedia, dari saya daftar ampe sekarang Alhamdulillah udah hampir 20x transaksi semuanya dengan menggunakan baik kartu kredit dan kartu debit saya (yang ada logo Visa untuk transaksi online), awalnya sih sebagian besar lancar tetapi belakangan ini sebagian penjual2nya suka agak mengecewakan (biarpun saya yakin sebagian besar penjual di Tokopedia tetap jujur dan OK, cuman kadang susah nemu yg mana). 2x transaksi dengan kartu debit online, pas dicontact penjual bilang stock ada, ternyata setelah saya bayar belakangan tau2 dicancel penjual bilang stock ga ada, lucunya barangnya masih dilisting aja ampe sekarang.

    Gimana sih Tokopedia kebijakannya kalo barang ga ada kok barangnya masih dilisting penjual, mestinya penjual seperti itu ditertibkan dan diwajibkan kasih keterangan habis kek di page nya (istilahnya “masuk gudang” ya) atau di pagenya kasih info kek stocknya masih ada berapa (available/not) kayak di fitur toko online lainnya, jadi pembeli juga ga perlu ragu atau nanya2 lagi kepenjual kalo stocknya masih ada atau tidak, soalnya kita nanya stock ada ke penjual aja juga gak selalu dijawab, belum kalo buyer baru daftar kan kadang main order aja tanpa nanya tapi akhirnya kecewa kasihan dikerjain. Fitur untuk kenyamanan customernya dimana nih Tokopedia?

    Ingat hak pembeli/buyer bukan hanya hak perlindungan terhadap jaminan pembelian barang dan fraud, tapi juga hak akan informasi barang yang dijual seller/penjual apakah ada barangnya secara real atau “fiktif”, apakah sesuai deskripsi dsb. Apalagi ini transaksi online/e-commerce dimana buyer dan seller tidak ketemu langsung (not present). Dan buyer juga punya perlindungan terpisah dari bank lho, khususnya kalo pake kartu kredit.

    Dana saya yang ordernya dibatalkan katanya direfund ke kartu debit Visa (rekening tabungan) katanya sama 14 hari juga kayak refund ke limit kartu kredit, ya udah dana saya kekunci dah sementara, lumayan, pasrah aja. Paling kalo sudah lewat 14 hari sesuai janji saya cek lagi ke bank saya udah masuk atau belum. Jika belum baru saya dispute. Tauk gini transfer bank aja kalo misal resikonya order batal, direfund katanya lebih instant langsung ke saldo, tapi konfirmasinya yg kadang ribet ama lama males, kayak temen saya kadang gak nongol. Mo pake click internet banking tokennya yg ga ada.

    Terakhir, nih order saya yang terakhir yaitu INV/20160324/XVI/III/30748320 senilai Rp 1.849.582 memakai kartu debit aja udah 3 hari belum jelas juga kabar sellernya ada stocknya atau bakal dikirim apa kagak, awalnya sih ditanya bilang stock ada eh saya bayar saya PM beliau gak dibales-bales. Saya sih positive thinking aja mudah-mudahan sih ada lancar jaya Amin tapi jangan sampe kalo sampai batal lagi ribet dah dana saya bakal kekunci lagi sekitar 14 hari dan saya akan jadi mikir kalo kapok atau masih mo belanja online lagi di Tokopedia, kok jadi gak jelas gini. Terima kasih.

    • 22 Juni 2016 - (21:41 WIB)
      Permalink

      @teuku-syahrani lantas bagaimana kelanjutannya dengan kasus ini? apakah konsumen tidak dapat menuntut pihak online shop yang berlaku semena2 yah?
      kebetulan saya mengalami hal yang lebih kurang hampir sama dengan online shop lain, tetapi kategori nya lebih berat, boleh dikatakan sudah masuk kategori pembohongan dan pelecehan hak konsumen. Saya memesan 2 item produk dengan kategori yang sama, salah satunya adalah barang murah karena hanya berupa accessories tambahan. Namun, pihak penjual kemungkinan lupa mengirimkan accessories tersebut (hanya terkirim 1 item barang). Setelah di complaint dan minta bukti di foto dan email segala macam akhirnya diakui memang lupa dan berjanji akan segera diproses pengiriman keesokan hari. Berselang seminggu tidak ada kabar dan ketika ditanyakan malah dijawab ada kesalahan delivery handling sehingga barang belum terkirim. Sekali lagi dijanjikan akan segera diproses. Namun hanya dalam waktu beberapa jam pihak penjual mengirimkan SMS dengan isi berita bahwa barang telah dikirim seminggu yang lalu mungkin ada problem dengan pihak delivery. Otomatis saya kecewa dan melaporkan hal tersebut kepada pihak online shop.
      Setelah beberapa hari berlalu akhirnya pihak online shop menghubungi saya menyatakan bahwa terjadi kesalahan kegagalan kirim dan serta merta mengembalikan uang saya atas barang yang tidak terkirim tersebut. Dengan keras saya menolak karena merasa dilecehkan.
      Menurut saya, hal ini terjadi karena penjual keberatan mengirim ulang barang yang tertinggal tersebut karena harganya yang murah sehingga akan mengakibatkan rugi di ongkos kirim. Dan anehnya, pihak online shop malah terlihat membela penjual dan mengenyampingkan hak saya sebagai konsumen.
      Saya benar2 kecewa dan ingin blow up kasus ini menjadi besar. Sesuatu yang sungguh sangat keterlaluan kalau menurut saya.
      Kira2 ada yang tahu gak yah bagaimana menyiasati hal ini? Ada kemungkinan malah mereka yang menggugat balik dengan segala macam UU yang bisa disiasati.

    • 14 Januari 2017 - (12:54 WIB)
      Permalink

      lalu bagaimana mas teuku syahrani kelanjutannya,,apa dana refund debit card nya akhirnya bisa masuk ke rekening apa tidak? soalnya sya mengalami hal yang sama sya pembayaran pakai debit card tp harus nunggu lama skitar 14 hari padahal sya perlu banget itu buat beli barang yang lain,,mohon infonya yg sudah pernah pengalaman hal ini…

  • 25 Juni 2016 - (05:49 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami nasib serupa, saya pesan HP S6 edge ditoko Liqua shop di tokopedia online, dilihat dari history ratingnya sangat bagus dan review dari pihak customernya bagus juga.
    tetapi udah lebih dari 1 minggu ini barang tidak kunjung saya terima, tiap ditanya jawabnya “maaf stoknya abis”, loh bagaimana tho??kalo stok abis ya harusnya jangan dijawab ada barang waktu saya mau pesan.
    dijanjikan sejak 3 hari yang lalu,katanya barang datang tapi tanggapan dari tokonya jg diem aja.
    saya komplain ke tokopedia, dan dari tokopedianya sendiri respondnya lambat, bahkan email saya yang terakhir tidak ada tanggapan..BAGAIMANA INI NASIB SAYA …TOKOPEDIA?
    KALO NIATNYA CUMA TIPU-TIPU CUSTOMER, TOLONG DONK..BRENTI JUALAN AJA…
    TOKOPEDIA MOHON DONK DIATASIN BAGAIMANA SOLUSINYA…
    Saya email dengan alamat email sugianto@sumberrejekiban.com

  • 21 Juli 2016 - (01:33 WIB)
    Permalink

    kalian yg merasa dibohongi bisa lapor ke polisi kok, sekarang kan ada undang2 konsumen kok, undang-undang no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.
    langkahnya
    1. datang ke pihak kepolisian sambil bawa bukti2 nya ingat di foto copy
    2. datang ke YLKI, isi form laporan sambil sertakan bukti2nya juga
    3. klo masih ngak mempan datang ke LBH untuk lakukan gugatan hukum
    4. utk yg kartu kredit bisa ke lembaga abitrase atau BI untuk permasalahan sengketa / pengembalian dana atau lainnya menyangkut masalah kartu kredit / perbankan lainnya sebelum lakukan nomor 1
    sekarang kite sbg konsumen jangan mau dibohongi

  • 30 November 2017 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Saya betul betul kecewa dengan Toko Cash Tokopedia. Saya sudah belanja dan sudah mendapat cashback (menurut Tokopedia sudah ada di Tokocash) Tapi ketika saldo Tokocash mau dipakai, dan meminta verifikasi keamanan, kode verifikasi tdk bisa digunakan, walaupun sudah berkali kali dicoba kirim ke email dengan kode yg berganti2, tetap saja tidak bisa dimasukkan dalam kolom verifikasi yg diminta oleh Tokopedia. Tolong dong diperbaiki sistemnya, supaya customer tidak kesal dan kecewa. Saya minta komentar saya ini ditanggapi!

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Tanggapan Tokopedia atas Keluhan Bapak Emil

oleh CS Tokopedia dibaca dalam: <1 min
9