Pelayanan Pengembalian Dana oleh Tokopedia yang Sangat Membingungkan

Selamat pagi,

Pada tanggal 10 Oktober 2016 saya melakukan transaksi di Tokopedia dengan nomor INV/20161010/XVI/X/53132783. Pembayaran menggunakan kartu kredit dari Bank HSBC dengan nilai 9 juta rupiah. Akan tetapi oleh Tokopedia transaksi dinilai melanggar sehingga dana disebutkan di-review 3 hari kerja.

Pada tanggal 14 Oktober 2016, diinfokan bahwa ini dianggap melanggar dan dana akan dikembalikan kepada saya. Tetapi sudah lebih dari 3 hari kerja dana belum dikembalikan ke kartu kredit saya. Apa yang membuat dana lama sampai ke saya lagi? Ada teman saya yang mengalami kendala serupa, tapi hanya memakan waktu 1-2 hari dana sudah dikembalikan ke kartu kredit dia. Apa karena dana saya lebih besar? Sehingga Tokopedia menahan dana saya sekian lama.

Kenapa harus ditahan-tahan uang saya? Dikembalikan saja secepatnya. Saya sendiri ada kebutuhan harus bayar biaya rumah sakit. Limit 9 juta yang sudah saya bayarkan ini mau sampai kapan dibalikin Tokopedia?

Saya coba berkali-kali menggunakan fitur layanan pengguna di Tokopedia sebagai proses mediasi, akan tetapi staf-staf yang menjawab bikin saya makin bingung. Mereka bilang masih di-review. Kok bisa jawaban staf berbeda dengan email dari tokopedia yang menyebutkan dana saya sudah selesai di-review dan akan segera dikembalikan?

Screenshot email dari Tokopedia bahwa dana akan dikembalikan ke saya tanggal 14 Oktober 2016. Dan jawaban yang berbeda lagi ketika saya tanyakan tanggal 20 Oktober 2016.
Screenshot email dari Tokopedia bahwa dana akan dikembalikan ke saya tanggal 14 Oktober 2016. Dan jawaban yang berbeda lagi ketika saya tanyakan tanggal 20 Oktober 2016.

Jadi jawaban mana yang harus saya jadikan acuan sekarang? Kalaupun di-review, mau sampai kapan lagi? Perjanjian awal hanya 3 hari kerja, ini sudah lebih dari 10 hari loh?

Tolonglah Tokopedia jangan juga menyulitkan konsumen, dan penjual juga. Saya jujur sampai gak bisa tidur tenang kepikiran dana saya 9 juta gak ada kejelasan seperti ini.

Makasih.

Fany
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 3]
Tanggapan Tokopedia atas Surat Pembaca Berjudul: “Pelayanan Pengembalian Dana oleh Tokopedia yang Sangat Membingungkan”

Dear Redaksi Media Konsumen, Tokopedia melalui surat ini ingin menanggapi keluhan Ibu Fany di laman Media Konsumen. Pertama, kami memohon...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Pelayanan Pengembalian Dana oleh Tokopedia yang Sangat Membingungkan

  • 20 Oktober 2016 - (09:31 WIB)
    Koq bisa dibilang transaksi gesek tunai mbak? Apakah belanjanya dari toko sendiri di Tokopedianya?
    • 20 Oktober 2016 - (13:17 WIB)
      Hi mbak dessy corina 🙂
      Kebetulan saya membeli barang di toko keponakan saya, berupa tas.
      Mungkin ini yang dianggap menyalah gunahi aturan
      Entahlah saya juga bingung dengan tokopedia walaupun saya sudah menjelaskan tetap saja dana saya bilangnya mau dikembalikan, otomatis saya harus membayar 9jt lagi ke keponakan saya cash.
      Dan harus terpotong limit 9jt yang harus saya bayarkan ke bank namun belum dikembalikan oleh pihak tokopedia ini.
      Jadi saya keluar 2x 9jt dengan transaksi ini.

      Sungguh merepotkan dan bikin saya pusing juga karena proses dari cust service bertele-tele dan berbeda jawaban.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Pengembalian Dana oleh Tokopedia yang Sangat Membingungkan

Fany 1 menit
3