Waiting for Godot (MNC Play)

Saya (mantan) pelanggan MNC Play dengan ID 1000266450. Setiap bulan saya pasti melaporkan jaringan terputus (loss merah menyala). Setiap kali putus, rata-rata dibutuhkan waktu 3 hari sebelum menyala kembali. Jadi dalam setiap bulan total downtime yang saya alami bisa mencapai 30%, bahkan kali ini sudah lebih dari itu.

Pada laporan kejadian yang terakhir, putus sejak 13 Januari 2018 malam, laporan tertanggal 14 Januari 2018 (ID pelaporan 1535726), tidak pernah ada kejelasan sampai saat ini. Setiap kali telepon ke call center dan kirim email, customer care hanya bilang “akan dieskalasi”, lalu bilang “perbaikan sedang dikerjakan pada tiang”. Mayoritas waktu saya ada di rumah. Saya bekerja juga dari rumah. Tidak pernah terlihat ada orang yang mengerjakan perbaikan di tiang. Kalau pun ada, apa perlu berhari-hari di sana?

Lebih celakanya lagi, jelas-jelas masalah ada di kabel di dalam got. Teknisi yang sempat datang berkunjung pada tanggal 15 Januari 2018 pun menutup work order maintenance-nya (nomor 343109) dengan keterangan:

“Perlu mendatangkan tim terkait untuk penarikan kabel baru under ground. Estimasi 50 meter. Sudah coba splash ulang kedua core, masih loss.”

Nah, bagaimana mungkin “sedang dilakukan perbaikan” tapi tidak terlihat seorang pun yang bekerja untuk menarik kabel baru?

Perlu diketahui bahwa saya mendampingi teknisi yang berkunjung pada tanggal 15 Januari 2018 tersebut. Saya juga mengerti masalahnya (FYI, saya sudah 20 tahun lebih berkecimpung di dunia jaringan komputer. Kabel fiberoptik bukan barang aneh buat saya).

Seperti halnya keluhan terhadap Customer Care MNC Play yang bertebaran di dunia maya (Facebook, Google Review, dsb), menghubungi Customer Care MNC Play seperti buang-buang energi saja. Saya minta bicara dengan staf yang lebih kompeten, tidak bisa disambungkan. Selalu hanya bisa mengatakan “akan dieskalasi”, “sudah dibuatkan laporannya”.

Saya kirim e-mail ultimatum agar ada kejelasan tanggal kunjungan untuk penarikan kabel baru atau saya putuskan berhenti berlangganan, akhirnya dihubungi via telepon. Memastikan bahwa akan ada kunjungan dan penarikan kabel pada hari Senin 22 Januari 2018, tetapi tidak bisa memastikan jam-nya. Fine. Tetapi faktanya,ditunggu sampai sore hari pun percuma. Kesimpulannya, selama yang menjawab telepon atau e-mail tersebut masih “Customer Care Representative”, wassalam.

Menurut pendapat pribadi saya, tim penarik kabel adalah tim yang paling enak di MNC Play (setelah sales). Banyak pelanggan MNC Play yang merupakan hasil daur ulang akal-akalan sales. Sekarang berlangganan pakai KTP suami, tahun depan disuruh berhenti, ganti atas nama istri (lanjut lagi bisa pakai KTP lain yang se-rumah). Pelanggan dapat diskon promo kembali, sales dapat komisi, KPI bagus.. seakan selalu dapat pelanggan baru. Padahal dia-dia juga… Akibatnya setiap ada sambungan baru, kemungkinan sebenarnya kabel di rumah itu sudah ada.

Kalau sudah begini, lama-lama malas untuk tarik kabel baru. Celakalah yang kabelnya sudah aus. Apalagi secara QoS memang buruk sekali. Kabel bukan ditanam di dalam tanah, tapi dicemplungkan ke dalam got. Rentan digigit tikus, dsb.

Ya wassalam beneran lah.

Rahmat Zikri
Kelapa Gading
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai MNC Play:
[Penilaian Rata-rata: 2]
Tanggapan MNC Play atas Surat Pembaca Bapak Rahmat Zikri

Menanggapi keluhan yang disampaikan oleh Bapak Rahmat Zikri melalui Surat Pembaca Mediakonsumen.com pada tanggal 24 Januari 2018, sebelumnya perkenankan kami...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai MNC Play?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Waiting for Godot (MNC Play)

Rahmat Zikri 2 menit
0