Paket Tokopedia Hilang Dicuri Oknum Driver Grab

Saya adalah salah seorang penjual di Tokopedia (nama toko Kkkuma Shop). Pada 1 Maret 2018, salah seorang pembeli memesan barang di toko saya dengan layanan kurir Grab Instant (nomor resi 519956669582097). Saya segera memproses pemesanan dan melakukan pickup seperti biasa keesokan harinya (order masuk di atas pukul 16:00, sehingga pickup pun dilakukan keesokan harinya).

Tanggal 2 Maret 2018, driver menghubungi saya melalui Whatsapp dengan nomor yang berbeda ‪(0858878347**‬). Sementara identitas driver pada aplikasi Tokopedia adalah Dwi Hadi Cahyo dengan nomor telepon 0812910221** dan plat nomor F 32** DF.

Driver kemudian datang pukul 09.44 untuk melakukan pickup di kantor saya. Saya tanyakan perihal nomor HP yang berbeda, namun driver menjawab bahwa nomor tersebut hilang. Saya cek platnya juga berbeda. Saya tidak menaruh curiga (atau bahkan mencatat ulang platnya lagi) karena waktu saya cek aplikasi, sudah tertera alamat tujuan yang benar. Selain itu, selama ini saya sudah beberapa kali mendapat driver dengan nomor HP dan plat yang berbeda juga.

Barang pun diantar, dan pukul 10.11 tertera pada aplikasi Tokopedia bahwa barang telah tiba di tujuan dengan nama pembeli sebagai penerimanya. Namun barang itu tidak sampai di pembeli, sehingga saya segera menghubungi driver. Pada telepon pertama, driver menjawab barang sudah dititipkan di security bernama Bambang. Saya hubungi pembeli, namun di kantor (alamat tujuan pengiriman) tidak ada security bernama Bambang, dan sang pembeli sudah mencari barang tersebut ke semua security, namun tidak ada yang menerima barang tersebut.

Saya coba telepon lagi. Namun nomor driver sudah tidak bisa dihubungi lagi. Nomor Whatsapp saya pun di-blok (belakangan saya cek nama Whatsapp pada driver tersebut adalah Ahmad Jahanam, bukan Dwi).

Hingga hari ini (18 Maret 2018), walaupun sudah meminta bantuan lewat Pusat Resolusi di Tokopedia, namun tanggapannya sama. Mesti menunggu Grab melakukan investigasi.

Bagaimana ini Tokopedia dan Grab? Mau sampai kapan masalah ini diteruskan?

Heudy Steven
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Grab Instant:
[Penilaian Rata-rata: 1.6]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Paket Tokopedia Hilang Dicuri Oknum Driver Grab

  • 19 Maret 2018 - (09:26 WIB)
    Saran saya untuk Tokopedia, Tolong ada pilihan mengnonaktifkan kurir Grab, bukannya mau pukul rata. Memang Go-Jek juga ada yang nyolong, Tapi di Grab Lebih ngeselin driver nya, mungkin kurang Training atau asal pilih driver asal ramai.
    Driver Motor Grab Express
    1. Nyolot
    2. Cuek ngak mau tau
    3. Males Baca Posisi Pin Poin MAP
    4. Ngak mau ngaku kalau salah

    dan jika ada yang hilang. Sama seperti JNE pergantian 10X ongkos kirim saja. #pengalaman kirim barang hilang.

    Entah ada special case full refund atau tidak dari grab.

    Mungkin Grab Bike Specialis anter orang, kalau anter barang mereka ogah2an.

    • 19 Maret 2018 - (22:40 WIB)
      Untuk saran ini benar sekali kadang driver grab agak malas melihat point map.. tetapi untuk case di tokopedia setahu saya diganti 100% asal dibawah 10jt
  • 19 Maret 2018 - (18:52 WIB)
    bkn laporan saja, kenapa gak ngaih bintang satu, wah saya trt prihatin, nelpon saja ke grab ,truz curhat, kan ada nama akunnya biar no telp sama plat beda, ato sx ke kantor grab and d bikin kapok sx tu driver hehehehhe.
    • 19 Maret 2018 - (22:39 WIB)
      Kadang mba banyak sekali pengemudi yang berbeda nomor dan ternyata motor juga rusak atau pinjaman dan saya pun sudah sampe mengecek ke aplikasi ny dan benar itu order dari saya.
  • 19 Maret 2018 - (22:49 WIB)
    saya gak tgl d jak sich, jd smua krm JNE dkk hehehe, klo mau sel,cr dech kantor tokped sama grab d jak, klo gw cm itu jalan satu2, klo perlu nangisi2 d kantor grab heheheh, bkn ribut saja, klo smpe d panggil phk keamanan, lbh bagus lg, spya bisa heboh2, mang cm ema2 yg bisa bkn heboh, jgn pernh menyerah,d sn bkn masalah uang, tp gmana selesaikan masalah ini,siapa yg hrs ganti,dilemannya gak kebayang yah, mrp ikut asuransi truz uangnya hangus d tengah jalan, d tnya pihak bank, mereka gak mau tau,d tnya ke asuransix mereka lepas tangan, bagusnya bkn heboh saja biar rameeeeeeee biar is dead bareng hahahahah
    • 19 Maret 2018 - (22:52 WIB)
      Tapi akhirny sepertiny mulai ada titik terang si.. dari pihak grab mulai declare kalo itu barang emang hilang dan dana mau di refund ke pembeli baru diteruskan dana ke saya moga2 saja tidak ad masalah
  • 20 Maret 2018 - (15:24 WIB)
    sejak hari ini akhirnya tokopedia dan grab mengganti keseluruhan dana dari barang saya yang ilang!! terima kasih media konsumen ,tokopedia dan grab

 Apa Komentar Anda mengenai Grab Instant?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Paket Tokopedia Hilang Dicuri Oknum Driver Grab

Vens Steven 1 menit
9