Pengiriman dengan Service JNE YES yang Tidak Kunjung Sampai

Dear Media Konsumen,

Berawal dari transaksi saya melalui aplikasi bukalapak untuk pembelian kacamata dari optik yang juga berjualan online di Solo, Jawa Tengah. Proses transaksi selesai dan informasi seller sekaligus pengirim barang dikirimkan pada tanggal 14/06/2018 dengan jenis service yang digunakan YES ‘Yakin Esok Sampai’ estimasi barang sampai ke penerima tanggal 15/06/2018.

Sehubungan proses pengiriman tetap berjalan walaupun libur lebaran atau paling lambat 1 hari setelahnya saya tunggu pengiriman. Sampai tanggal 15/06/2018 saya lakukan pengecekan/tracking nomor resi 120130030306518 dari web JNE. Informasi yang tertera: 15-06-2018 06:34 WITH DELIVERY COURIER [JAKARTA]

Berharap barang datang di hari yang sama ternyata sampai malam tidak kunjung datang. Saya berpikir kemungkinan karena bertepatan hari lebaran. Hari berikutnya tanggal 16/06/2018, h+1 setelah lebaran saya tetap menunggu dikarenakan di rumah tidak ada yang menjaga jadi saya harus stand by untuk menunggu pengiriman barang sampai dengan saya terima. Dan saya tetap lakukan pengecekan kembali melalui web JNE dan informasinya masih sama tidak ada yang berubah. Dan alhasil sampai dengan malam haripun tidak kunjung ada paket yang datang.

Keesokan harinya tanggal 17/06/2018 karena stand by menunggu dari siang sampai sore hari belum juga ada paket/kiriman yang datang saya berinisiatif menghubungi CS JNE pada pukul 19.23 dan berbicara dengan CS. Dibantu dengan penyampaian yang sangat menyita waktu karena tidak langsung ke inti pembicaraan dan lebih banyak pengulangan kata-kata dengan informasi barang ada di warehouse/gudang Angke, rekan CS menanyakan apakah ada konfirmasi dari pihak kurir? Saya jawab tidak ada sama sekali. Rekan CRO tersebut sampaikan akan bantu buatkan laporan dan koordinasikan ke bagian pengiriman atau kurir kenapa barang tidak diantarkan dan informasinya 3 jam kedepan saya akan dihubungi kembali dari pihak CS JNE tersebut. Saya catat nomor laporannya CAS7473114.

Saya tunggu sampai pukul 23.00 tidak ada kabar berita dan saya berinisiatif hubungi CS JNE kembali pada pukul 23.52 dan informasinya masih sama barang ada di warehouse Angke namun ada penyampaian yang berbeda, disampaikan pengecekan estimasi 4 hari kerja sedangkan saya diinformasikan di awal saat telepon pertama akan diinformasikan 3 jam ke depan. Setelah percakapan dengan CS yang tidak ada ujung penyelesaian hanya kalimat-kalima “tindak lanjut” saja yang saya dengar akhirnya teleponpun terputus karena habis pulsa.

Keesokan harinya tanggal 18/06/2018 masih tetap sama saya stand by menunggu kurir yang akan datang karena tidak ada orang menerima di rumah dan mengesampingkan urusan lain yang lebih penting. Sampai dengan sore hari tetap tidak ada juga paket yang datang sampai akhirnya saya menghubungi CS JNE kembali pada pukul 16.51. Informasi yang saya dapat masih sama, interaksi dengan CRO ini cukup baik karena setidaknya CRO ini cukup bersimpati dengan keluhan saya tidak seperti yang sebelumnya dan disampaikan juga bahwa terkait libur lebaran pengiriman tetap berjalan dan saya minta dibuatkan note saat itu urgent agar saya dihubungi kembali 1 jam ke depan untuk informasi lebih lanjut seperti apa.

Saya tunggu kabar sampai pukul 19.00 tidak ada juga dan terakhir saya inisiatif hubungi kembali pukul 19.11 sampai dengan verifikasi data dan diminta menunggu untuk lakukan pengecekan dan telepon pun terputus karena pulsa saya habis. Saya tunggu dihubungi kembalipun tetap tidak ada sampai akhirnya saya inisiatif email ke JNE pukul 19.26 perihal keluhan yang sama dan dibalas pukul 20.58 dengan informasi berkonten template yang tidak mengandung solusi yang saya harapkan. Hanya informasi tindak lanjut dan tindak lanjut seperti sebelumnya saja.

Sampai dengan hari ini pun saya belum terima informasi apapun selain balasan email terakhir. Apa ada indikasi dikirimkan oleh pihak pengiriman lain mengatasnamakan JNE? Atau pihak ekspedisi kedua? Biar konsumen lain yang menilai. Hal yang mau saya sampaikan sekiranya dari manajemen dapat lakukan eskalasi atau tindakan langsung terhadap keluhan pelanggan, tapi yang saya terima justru sebaliknya karena merasa diabaikan laporan dan keluhan yang saya buat. Maka saya putuskan untuk buat surat pembaca ini dengan harapan ada solusi untuk masalah yang saya alami dan juga masukan untuk CS JNE sekaligus manajemen agar diperhatikan keluhan pelanggan jangan dibiarkan atau diabaikan saja, sebab makin lama akan seperti bom waktu yang akan siap meledak kapan saja.

Terima kasih.

Simon Kristanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]
Tanggapan JNE atas Surat Bapak Simon Kristanto

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 19 Juni 2018 berjudul “Pengiriman dengan Service JNE...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pengiriman dengan Service JNE YES yang Tidak Kunjung Sampai

Simon napitupulu 3 menit
0