Sulitnya Mendapat Restitusi Gangguan Internet Astinet Lite dari Telkom

Kepada PT. Telkom Indonesia,

Perusahaan kami (PT. Indodaya Cipta Lestari) menggunakan Astinet Lite (dengan SID = 300106673-0031420435) dari Telkom sejak 22 Maret 2018. Bulan Juni internet kami mengalami masalah, down lebih dari 15 jam. Kami buat laporan masalah tersebut pada tanggal 26 Juni 2018. Pada draft kontrak yang Telkom kirimkan ke kami, di situ tertera pada Paket Astinet Lite terdapat layanan SLA Network 98% yang artinya dalam 1 bulan batas wajar internet down adalah 14 jam yang otomatis seharusnya kami dapat restitusi dikarenakan internet kami down selama 15 jam lebih.

Pada tanggal 26 Juni 2018 seingat saya pada siang hari teknisi datang untuk memperbaiki jaringan, mereka cek di perangkat internal kami (seperti router mikrotik yang kami gunakan untuk mengatur internet yang langsung dari jaringan Telkom) tidak bermasalah, saat di lihat dari modem milik Telkom, indikator PON menyala warna merah yang artinya fiber lost. Kesimpulannya tidak ada masalah di perangkat internal perusahaan kami. Lalu teknisi melakukan pemeriksaan di perangkat ODP mereka di tiang jalan dan dilanjutkan entah ke mana. Pada keesokan harinya tanggal 27 Juni pukul 2 siang kami dikabarkan bahwa internet kami sudah berjalan normal.

Dengan masalah tersebut kami langsung mengurus restitusi langsung ke pihak Telkom dengan Ibu Ri**a. Lalu laporan kami diproses oleh pihak Telkom. Selang beberapa bulan tepatnya hari ini, saya mendapat kabar bahwa restitusi yang kami ajukan ditolak dikarenakan masalah internet down di atas bukan dari pihak Telkom yang artinya itu masalah dari internal kami. Ibu Ri**a selaku AM bilang kalau laporan dari teknisi masalah bukan dari Telkom. Jelas-jelas teknisi cek router kita tidak ada masalah lalu kemudian dia cek ODP dan kabel fiber mereka di jalan. Saya coba mencari kejelasan langsung ke Ibu Ri**a dan ke bagian teknisi tetapi tetap tidak mendapat kejelasan.

Intinya, dengan down-nya internet kami selama lebih dari 15 jam seharusnya saya mendapatkan restitusi yang Telkom janjikan, tetapi malah ditolak dengan alasan yang menurut kami mengada-ada.

Terima kasih.

Rahmat Baktiar
Jl. Nusa Indah
Cengkareng, Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Telkom Indonesia:
[Penilaian Rata-rata: 2.4]
Tanggapan PT Telkom atas Surat Bapak Rahmat Baktiar

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terimakasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Rahmat Baktiar pada tanggal 12 Agustus...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Sulitnya Mendapat Restitusi Gangguan Internet Astinet Lite dari Telkom

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indonesia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Mendapat Restitusi Gangguan Internet Astinet Lite dari Telkom…

Rahmat Baktiar 1 menit
1