Kecewa dengan Proses Retur Barang Bukalapak

Pada tanggal 01 September 2018 saya melakukan pembelian barang di Bukalapak dengan nomor transaksi 181097552622 di pelapak Nose11 dan baru dikirim tanggal 04 September 2018. Saat membuka paket tersebut saya sangat kecewa karena warna dan merk yang saya pesan tidak sesuai dengan lapak tersebut. Lalu saya mengajukan komplain kepada pelapak. Pelapak tersebut membenarkan terjadinya kesalahan barang yang dikirim.

Kemudian saya mengirim kembali barang tersebut pada tanggal 06 September 2018 melalui Tiki dan mendapatkan SMS konfirmasi bahwa barang sudah diterima di alamat yang diberikan oleh pelapak Nose11. Sesuai perjanjian admin Bukalapak bahwa setelah barang dikirim kembali, pelapak akan mengirimkan kembali barang penggantinya.

Saya coba hubungi nomor hp pelapak tetapi tidak ada satupun yang diangkat. Lalu saya hubungi Call Center Bukalapak. Jawabannya mengecewakan, hanya membaca sesuai tulisan di komplain aplikasi Bukalapak. Tolong Pak Achmad Zaky benahi Pelapak yang menjadi partner anda. Beri coaching dan training mengenai kepuasan pelanggan.

Erwin Permana Permana
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Erwin Permana

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Kecewa dengan Proses Retur Barang Bukalapak

  • 9 September 2018 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Beberapa kasus banyak melibatkan Bukalapak dan memang masalah sudah selesai semua diselesaikan oleh Pihak Bukalapak. Tapi seharusnya tim BL tidak menunggu komplain dan kecewa nya konsumen.
    Yang sudah pernah saya berikan pendapat di komplain Pak Zaenal Arifin. Benahi, berikan Coaching dan Training Kepuasan Pelanggan kepada para Pelapak.

  • 9 September 2018 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Iya Bukalapak memang sangat mengecewakan buat para konsumen yg ga bisa melakukan pengembalian pesanan Karna rusak pada saat diterima atau sudah diterima dan di pakai/baru di coba…seolah-olah Bukalapak angkat tangan dan tutup mata Karna dana transaksi tersebut sudah di cairkan oleh si pelapak dan pelapak tidak di bisa kooperatif atau menipu konsumen sehingga proses penukaran atau komplain customer hanya sia-sia….

  • 9 September 2018 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Kenapa tidak pakai fitur komplain di bukalapak. ? Dan ini sudh salah user karena tidak teliti.

  • 9 September 2018 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Hans Lie ga baca ente…… Disitu tertulis sudah mengajukan komplain. Cape deh….. Karyawan BL ente?

  • 9 September 2018 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Buka Bantuan Bukalapak…. masalah ini sudah di selesaikan oleh Tim Bukalapak dengan menghubungi saya langsung.
    Saya terima permintaan maaf mereka, tapi bukan ini masalah yang ingin saya selesaikan. Konsumen Kecewa…. Operator minta maaf…. Dan terus seperti itu, jika begini terus bagaimana pembenahan nya? Apakah sudah di laksanakan dengan baik?
    Waktu terbuang percuma dengan terlalu lama menunggu komplain dan tenaga untuk mengirim kembali barang tersebut.
    Pangkas semua permintaan komplain konsumen, jadi bisa lebih cepat di selesaikan.
    Semoga ini menjadi pembenahan oleh Bukalapak dan ke depannya tidak mengecewakan kembali konsumen.

  • 9 September 2018 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Hmmm kesalahan ada di sellernya sih, bukan dari Bukalapak. Tapi ada baiknya jg Bukalapak ada sistem reward n punishment buat para pelapaknya. Misalnya pelapak yg sering terima komplain hasil pencarian produknya jadi di bawah. Saya sering belanja di Aliexpress, para sellernya takut banget kalo kita pake fitur komplain. Mereka selalu tawarkan kirim ulang barang kalo ada masalah daripada kita komplain lewat fitur di Aliexpress.

  • 26 Mei 2019 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga saat ini ngalamin return barang yg mengecewakan skalili di BL ,sesuai perjajian di kolom komplain di BL barang penggati akan di kirimkan lagi setelah barang yg rusak yg kita kembalikan itu sadah di terima oleh si pelapak,, tapi setelah barang yg kita kmbalikan itu dia terima dia ga kirimin kita barang penggantinya, katanya sih udah dia kirim tapi bohong nomor resi pengiriman yg di cantumkan di kolom kompalian adalah nomor resi pengiriman tahun 2018 sangat ga masuk akal bang, dan sekarang di hub atau di cahat ga ada respon sama sekali…inilah bukti bahwa BL kerja sama dengan penitu itu makanya tidak memakai layanan CS agar kita tidak bisa berkomunikasi langsung.

  • 22 Juli 2019 - (15:51 WIB)
    Permalink

    BL semakin mengecewakan, saya pun merasakan experience yang tidak baik berbelanja di BL apalagi dalam hal pengajuan komplain.

  • 7 Maret 2020 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami ketidak nyamanan dalam aplikasi ini. Sebagai pelapak saya sangat di rugikan. Sebab saya mengirim barang sesuai yg saya cantum kan. Tapi si pembeli mengkomplain dengan alasan barang saya tdk sesuai, kemudian d retur di kirim kembali tapi ada yg d tukar, sebetul nya antara pelapak dan pembeli harus jujur. Kalau seperti ini saya ruginya double. Buka lapak tidak mau tau, saya sangat kecewa dengan proses jual beli di aplikasi BL ini. 🙁

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Proses Retur Barang Bukalapak

oleh Baby S Krypton dibaca dalam: 1 menit
10