Sistem Tokopedia Mengalihkan Order Saya ke Seller yang Tidak Senonoh

Pada tanggal 20 Desember 2018 saya melakukan pembelian ke sebuah toko langganan saya di Tokopedia. Namun saya berubah pikiran dan mengontak seller langganan saya untuk membatalkan order saya karena saya tidak membutuhkan lagi barang tsb. Kemudian oleh Tokopedia secara otomatis order saya dilelang ke dalam kolom peluang yang bisa diambil oleh seller-seller lain secara terbuka tanpa persetujuan dari saya. Saya tidak sempat meng-cancel hal tsb karena hanya dalam 2 menit order saya diproses oleh seller lain yang tidak saya kenal.

Saya kemudian baik-baik mengontak seller tsb meminta untuk cancel order saya. Saya bahkan sudah klik ajukan pembatalan di halaman order saya. Dengan begini seller tidak akan mengalami kerugian poin akibat menolak pesanan saya karena memang pembeli yang ajukan pembatalan. Tetapi seller malah mengata-ngatai saya dengan kata-kata tidak senonoh yaitu ta* dan kon***. Padahal saya sudah jelaskan kronologinya baik-baik bahwa ini order yang dilelang oleh Tokopedia tanpa persetujuan saya dan saya tidak menginginkan hal tsb terjadi.

Saya hanya mau uang saya kembali dan seller pun tidak ada kerugian apapun baik dalam penurunan point ataupun kerugian usaha, karena saya mengontak seller langsung setelah dia ambil order saya. Jadi tidak mungkin dia sudah mem-packing ataupun mengirimkan barangnya. Seller pun langsung respon chat saya dalam 5 menit tapi adanya malah makian ke saya. Tidak ada niatan baik dari seller sedikit pun, dia senantiasa membalas chat saya dengan makian dan tidak meng-cancel order saya.

Saya laporkan ini pada Tokopedia dan hanya dijawab mereka tidak bisa membatalkan pesanan. Hanya seller yang bisa. Pertanyaan saya, order ini adalah akibat sistem Tokopedia yang lancang melelangkan order saya ke seller-seller yang tidak jelas. Padahal memakai uang saya tapi seenaknya melemparkan order ke seller tak jelas yang ternyata kebetulan adalah orang yang asusila kata-katanya. Jadi saya harus menerima begitu saja? Uang saya tidak kembali. Saya dapat seller yang memaki-maki saya.

Dan apa salah saya dalam hal ini? Uang itu adalah uang saya, harusnya hak saya untuk memilih seller mana yang mau saya beli, bukan sistem Tokopedia. Apa ada orang mau beli di seller seperti ini? Dan saya diharuskan untuk menerima hal ini? Uang saya tidak bisa kembali dan saya diharuskan order di seller tak sopan seperti ini yang bukan pilihan saya? Dan apalagi itu order yang seharusnya saya memang tidak jadi beli pula. Saya sudah komplain ke Tokopedia dan hanya dijawab jawaban template seperti mesin berulang-ulang.

Ini semua akibat kesalahan sistem Tokopedia yang lancang melemparkan order saya dan juga kebetulan dapat seller yang tidak karu-karuan. Tapi dengan mudahnya mereka lepas tangan bilang itu keputusan seller yang bisa cancel. Padahal ini bukan seller pilihan saya. Sampai detik ini saya tidak mendapatkan solusi dari Tokopedia dan seller masih memaki-maki saya setiap membalas chat saya. Harus bagaimana saya bisa dapat uang saya Rp2,4 juta yang terlanjur dibelanjakan seenaknya oleh Tokopedia ke seller macam ini?

Melinda
0812345602**
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 1.9]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Sistem Tokopedia Mengalihkan Order Saya ke Seller yang Tidak Senonoh

  • 21 Desember 2018 - (09:14 WIB)
    Tokopedia terlalu mendewakan sistemnya, seolah sempurna tanpa celah. Makanya berurusan sama Tokopedia kek berurusan sama robot, gak ada orangnya. ? Pengalaman sy belanja di Aliexpress n eBay, ketika ada masalah dengan seller nakal, CS-nya cepat tanggap dan bisa ngasih keputusan dan solusi tanpa harus bertele2. ?
    • 21 Desember 2018 - (12:45 WIB)
      Benar sekali. Cs tokopedia masi membela bilangnya sistem ini utk membantu buyer agar ordernya bisa tetap terlaksana meskipun diambil seller lain. Lah masalahnya saya bener2 mau cancel, ini pemaksaan beli namanya. Apalg seller lain itu sikapnya seperti ini. Lalu tokopedia lepas tangan, nasib saya skg tergantung sama seller ini. Sementara sampai skg chat saya ga dibalas sm skl setelah dia memaki2 saya. Seller rikade45 dgn sengaja berniat buruk mempersusah saya. Order gak mau cancel, memaki2 saya, dan kalaupun dia jadi kirim maka siapa yg tau barang macam apa yg bakal dia kirimkan kalau sudah niatnya busuk spt ini.saya sampai heran pdhl dia ga ada rugi apa2 kalau cancel, kok bisa2nya ada org sejahat ini berniat menyusahkan buyer dengan sengaja.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Sistem Tokopedia Mengalihkan Order Saya ke Seller yang Tidak Senonoh

Yanti 2 menit
2