Pembayaran Tidak Kunjung Terverifikasi, Transaksi di Bukalapak Kedaluwarsa

Selamat siang Tim BukaBantuan,

Nama saya Agus Fauzi dan ini ke-2 kalinya saya mengalami kendala yang cukup membuat shock menggunakan marketplace Bukalapak. Saya menulis surat terbuka di Media Konsumen, karena sudah 3 hari ini tidak ada update lagi dari Tim BukaBantuan dan saya sedang butuh dananya untuk membayar tagihan kartu kredit.

Kronologi bermula pada tanggal 1 Januari 2019 pukul 12.34 AM, saya melakukan transaksi Pembayaran Kartu Kredit sebesar Rp3.600.000 (Nomor Tagihan BL1911X25CFKINV) menggunakan metode pembayaran transfer virtual account BCA. BIASANYA pembayaran otomatis terverifikasi langsung setelah saya melakukan pembayaran, TAPI tidak untuk transaksi kali ini! Tidak ada verifikasi apapun yang muncul di notifikasi hp saya. Merasa ada masalah dengan transaksi ini saya pun membuka BukaBantuan (tepat pukul 06:55 AM) dengan nomor tiket #9465697, karena batas pembayaran (transaksi dianggap kedaluwarsa) pada pukul 10:33 AM di tanggal yang sama.

Selama menunggu tanggapan dari Tim BukaBantuan, saya menghubungi CS BCA untuk memastikan apakah pembayaran saya sudah berhasil atau pending. Pukul 07:13 AM saya dihubungi via telepon oleh CS BCA bernama Gio dan menjelaskan dengan rinci dan detail bahwa pembayaran saya ke Virtual Account Bukalapak BERHASIL! Sekali lagi BERHASIL!

Karena tidak ada balasan BukaBantuan untuk nomor tiket #9465697, saya pun berusaha menghubungi BukaBantuan melalui chat pada pukul 07:21 AM dan ditanggapi oleh CS Milea via chat Bukalapak. Di dalam chat tersebut saya diminta untuk melampirkan bukti transaksi dan menceritakan sedikit kronologi kejadian. Chat berakhir dengan janji akan ditindaklanjuti.

Setelah itu saya menunggu hingga Transaksi Pembayaran Kartu Kredit saya dengan nomor tagihan BL1911X25CFKINV FIX KEDALUWARSA pada pukul 10:33 AM dan saya harus menahan rasa takut saya karena tagihan kartu kredit saya jatuh tempo pada tanggal 5 Januari 2019 (Saya masih ingat bahwa saya sebagai seorang manusia harus sabar dan setiap ujian pasti ada hikmahnya). Pada pukul 02:36 PM masuk email dari BukaBantuan dengan nomor tiket #9465331 yang menginformasikan bahwa transaksi memang sudah kedaluwarsa dan BukaBantuan tidak dapat melakukan pengecekan mutasi rekening pada tanggal tersebut (01 Januari 2019).

Pada tanggal 2 Januari 2019 saya kembali menagih janji kepada Tim BukaBantuan melalui email. Saya juga berusaha chat melalui komplain di aplikasi Bukalapak tapi sampai surat ini saya tulis tidak ada satu kata balasan pun dari tim BukaBantuan. Jadi asumsi saya, Tim BukaBantuan lebih suka melalui email. Email tanggal 2 Januari 2019 dari Tim BukaBantuan menutup pembicaraan dengan alasan sama tidak dapat melakukan pengecekan mutasi rekening pada tanggal tersebut (02 Januari 2019) dan menyuruh untuk menghubungi lagi tanggal 3 Januari 2019.

Hari ini tanggal 3 Januari 2019, sudah 3 kali saya email Tim BukaBantuan (saya juga tetap melakukan chat sendiri tanpa balasan di komplain Bukalapak), tetap tidak ada tanggapan. Kalau seandainya dana Rp3.600.000 tersebut memang tidak terpakai PASTI saya sangat sabar untuk menunggu penyelesaian dati Tim BukaBantuan. Padahal saya berencana ingin memindahkan pembayaran kartu kredit saya melalui Bukalapak.

Mohon dengan sangat untuk Tim BukaBantuan menyelesaikan komplain saya, dan mengembalikan dana saya, karena dana Rp3.600.000 sangat saya butuhkan mengingat sekarang sudah tanggal 3 Januari 2019. Sementara jatuh tempo pembayaran kartu kredit saya tanggal 5 Januari 2019 :'(.

Agus Fauzi
Surabaya – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 4]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Agus Fauzi

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Pembayaran Tidak Kunjung Terverifikasi, Transaksi di Bukalapak Kedaluwarsa

  • 7 Januari 2019 - (22:19 WIB)
    Idem , pembayaran BCA Transfer Virtual Account untuk BL1911YMUBQKINV juga delay, kayaknya system ini belum solid di bukalapak, aku tunggu sampai besok sore 08/01/2019 , jk masih belum clear aku akan tulis masalah ini di mediakonsumen, yutub fb dan twiter aku.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Tidak Kunjung Terverifikasi, Transaksi di Bukalapak Kedaluw…

Agus Fauzi 2 menit
1