Kendala Transaksi Kartu Debit/Kartu Kredit di Bukalapak, Kesalahan Sistem atau Kesengajaan?

Sejak tanggal 3 Januari 2019 akun Bukalapak saya (user id: hsjuan) tiba-tiba tidak bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu debit/kredit (Visa/Mastercard), dengan notifikasi “maaf, terjadi kendala pada transaksi”. Padahal saya memasukkan nomor kartu, CVV dan OTP sudah benar semua.

Saya mengajukan keluhan via aplikasi maupun Twitter berulang kali, tapi hasilnya cuma tunggu dan tunggu tanpa ada kepastian batas waktu. Hari berganti minggu, saya coba transaksi dengan berbagai macam kartu debit/kredit dari beberapa bank, dan hasilnya tetap sama, transaksi gagal.

Kesal menunggu jawaban layanan konsumen via aplikasi dan Twitter yang tidak ada kepastian, saya pun telepon call center Bukalapak sampai 3 kali (tanggal 8 januari, 10 januari dan 15 januari 2019). Ternyata sama saja, jawaban yang didapat cuma tunggu dan tunggu. Satu kasus/keluhan sudah 12 hari masih tidak ada kejelasan? Bukalapak tidak punya SOP kah?

Sudah saya sampaikan dalam keluhan bahwa semua kartu debit/kredit saya tidak ada masalah dengan pihak bank, dana/limit kartu juga masih tersedia. Saya transaksi di mana pun, retail maupun online, memakai kartu bank mana pun, semua lancar-lancar saja. Cuma di Bukalapak saja yang tidak bisa dipakai transaksi. Dengan demikian, secara logika akal sehat sudah sangat jelas, pasti sistem Bukalapak yang bermasalah!

Hari ini, tanggal 17 Januari 2019 (14 hari dari keluhan pertama saya), jawaban dari Bukalapak via email adalah, “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Sehubungan dengan keluhan Anda tersebut, kami mendapat informasi dari pihak terkait kami bahwa untuk kendala pembayaran menggunakan kartu kredit, Anda disarankan untuk menghubungi pihak bank terkait untuk kendala tersebut, mohon kesediaan Anda untuk mencoba menghubungi pihak bank penerbit kartu kredit Anda ya.” Jawaban yang amat sangat tidak logis. Apa memang sedemikian rendahnya standar SDM tim terkait Bukalapak?

Saat itu juga, via telepon saya JELASKAN ULANG dengan CSO Bukalapak, Bapak Ilham, semua kartu debit/kredit saya bisa dipakai transaksi di mana pun, tidak ada masalah dengan dana/limit kartu, cuma di Bukalapak saja tidak bisa. Harus konfirmasi pihak bank macam apa lagi? Fakta sedemikian jelas masih menyalahkan kartu/pihak bank? CSO tidak bisa menjawab, juga tidak ada kesan berniat mengevaluasi kembali, dan kemudian cepat-cepat tutup telepon!

Dengan perlakuan macam ini, menimbulkan kecurigaan, apakah Bukalapak sengaja mencekal akun saya/konsumen supaya tidak bisa transaksi dengan menggunakan kartu debit/kredit?

Djuwanda
Surabaya – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:15    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Djuwanda

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Kendala Transaksi Kartu Debit/Kartu Kredit di Bukalapak, Kesalahan Sistem atau Kesengajaan?

  • 19 Januari 2019 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Tanggal 18 januari 2019, CSO Bukalapak, bapak Raka munghubungi saya dari nomor 021-30030350, memberikan informasi sebagai berikut, transaksi kartu debit/kredit saya ditolak dikarenakan bagian payment gateway Bukalapak mendapat informasi (dari pihak bank) bahwa kartu debit/kredit saya hilang. Untuk itu supaya bisa bertransaksi kembali dengan menggunakan kartu debit/kredit, maka saya diminta untuk mengirimkan foto diri, disertai KTP dan SEMUA kartu debit/kredit saya dengan membalas email yang akan dikirimkan oleh Bukalapak.
    Sebuah penjelasan yang sangat konyol dan permintaan yang sangat tidak pantas.

    1. jika pihak bank menemukan adanya transaksi mencurigakan, yang dihubungi pertama adalah Pemilik Kartu, bukan merchant!
    2. jika pihak bank mendapat laporan kartu debit/kredit dari Pemilik Kartu, maka tindakan yang dilakukan adalah memblokir kartu, supaya tidak bisa dipakai transaksi. bukan menghubungi merchant!

    Jadi jelas “informasi kartu hilang” Bukalapak tersebut cuma alasan konyol yang mengada-ada!

    3. Jika permintaan foto diri dan KTP saja masih bisa dimaklumi, tapi permintaan data sensitif foto SEMUA Kartu debit/kredit saya dari SEMUA Bank yang saya miliki??
    sebuah permintaan yang berlebihan dan sangat tidak pantas.
    saya Sarjana Informatika, paham sistem & pemrograman. saya pakai bank dan transaksi dengan kartu debit/kredit juga sudah bertahun-tahun.
    Transaksi visa/mastercard saya yang diblokir secara global oleh sistem/program Bukapak, bukan blokir terhadap kartu bank tertentu.
    tim IT + payment gateway Bukalapak cukup mengedit 1 kondisi/variable pada akun saya, maka kasus ini sudah selesai.

    Jadi tolong tim Bukalapak jangan mencari-cari alasan-alasan konyol lagi. Makin terlihat sistem & SDM Bukalapak sangat buruk dan tidak ada niat baik.

  • 21 Juni 2019 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Kalau masalah saya di tokopedia kartu kredit saya tidak bisa di gunakan di tokopedia tapi di shopee dan lazada ga masalah. Bahkan di akun saya dan akun teman saya/di app atau pc cc saya jg ga bisa di pakai.
    anehnya kartu kredit orang lain saya pakai belanja di tokopedia saya ga masalah.
    saya sudah hubungin cs tokopedia mereka bilang ga ada masalah hanya suruh coba lagi. Telepon ke bank jg ga ada masalah karna limit masih banyak. Klo ada yg baca dan tau masalahnya tolong di balas ya. Thq

  • 9 Desember 2019 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Gimana caranya om supaya bisa transaksi cicilan kartu kredit di Bukalapak, soal nya saya sudah tulis surat pembaca tapi belum ada respon, mohon bantuannya om

    • 9 Desember 2019 - (17:20 WIB)
      Permalink

      Mau beli produk apa n harga berapa gan? Kalo di BL dan beberapa marketplace lain transaksi pake kartu kredit kena biaya layanan sekian persen tergantung lamanya cicilan. Tapi ada jg e-commerce lain yg gak pake biaya layanan. Mending transaksi di tempat lain aja kalo di BL gak bisa.

    • 9 Desember 2019 - (19:00 WIB)
      Permalink

      @razy: harusnya tinggal pilih metode pembayaran dgn kartu kredit, kemudian pilih tipe pembayaran yg dikehendaki, bayar penuh atau cicilan.

      anyway, tepat sekali saran pak Donny G.
      apalagi promo BL berbasis cashback, dimana kredit cashback cuma berlaku 7 hari. Jadi konsumen “dipaksa” untuk bertransaksi dlm waktu sempit. kalau ada pilihan mending transaksi di toko sebelah deh.

      • 9 Desember 2019 - (19:47 WIB)
        Permalink

        Sesudah memlih kurir dan lain-lain, pas mau bayar pakai cicilan kartu kredit, terus sesudah semua data tentang kartu kredit. Trus saya klick bayar itu salah adaa tulisan TERJADI KENDALA SAAT TRANSAKSI ama seperti keluhan bapak beberapa waktu lalu

        • 9 Desember 2019 - (19:50 WIB)
          Permalink

          Kalau di Shopee malah setelah memasukkan semua data kartu kredit ada tulisan MOHON MASUKKAN NOMOR KARTU BNI YANG BENAR, trus saya coba pakai mandiri, juga ada tulisan MOHON MASUKKAN NOMOR KARTU KREDIT MANDIRI YANG BENAR gitu

        • 9 Desember 2019 - (21:33 WIB)
          Permalink

          jika kartu kredit bapak bisa dipakai transaksi online di tempat lain, kemungkinan besar sistem ecommerce atau payment gateway-nya yg error.
          semoga kendalanya segera teratasi.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kendala Transaksi Kartu Debit/Kartu Kredit di Bukalapak, Kesalahan Sis…

oleh Djuwanda dibaca dalam: 1 min
8