Status ‘Gagal Kirim’ Lazada tanpa Upaya Pengiriman oleh Kurir

Pada hari Kamis, 14 Januari 2019 sejak pukul 08.30 saya sudah membuka halaman pembelian Lazada untuk berjaga-jaga mengikuti flash sale HP Samsung Galaxy M-20 pada hari pertama penjualannya. Menjelang pukul 09.00, saya sudah bersiap beberapa kali untuk me-refresh halaman pembelian tersebut. Setelah lewat pukul 09.00, saya akhirnya berhasil mendapatkan satu unit Samsung Galaxy M-20 yang tidak lama kemudian langsung dilakukan pembayaran senilai Rp2.699.000,- melalui transfer ATM.

Setelah melakukan pembayaran, saya mendapatkan e-mail konfirmasi bahwa barang saya akan dikirimkan oleh penjual berikut dengan nomor resi pengiriman untuk melacak status paket saya. Karena melakukan pelacakan paket melalui situs yang direkomendasikan oleh Lazada. Bagi saya kurang memuaskan (karena tidak mencantumkan kota untuk masing-masing status pengiriman), maka saya melakukan tracking pesanan melalui website cekresi.com.

Hingga pada hari Jum’at, 15 Januari 2019, hasil pelacakan menunjukkan bahwa paket saya telah sampai di fasilitas logistik di Banjaran, Bandung. Saya pikir tidak akan lama lagi paket saya akan sampai, mengingat jarak dari fasilitas logistik ke alamat saya di Jl. Kopo, Bandung sudah dekat. Namun saya tetap memberikan tenggat waktu paket saya akan sampai pada hari Senin, 18 Januari 2019, karena pada hari Sabtu dan Minggu, pihak Lazada setahu saya melalui halaman bantuan konsumen, tidak melakukan aktivitas pengiriman paket. Hingga habis hari Jum’at paket saya tidak kunjung diterima, maka saya semakin positif bahwa paket saya akan dikirimkan pada hari Senin saat operasional pengiriman sudah kembali bertugas.

Akan tetapi saya kaget karena saat kembali melacak status paket saya baik di halaman tracker.lel.asia maupun melalui website cekresi.com pada hari Senin, status paket saya dinyatakan ‘gagal kirim’ dan sedang dikembalikan kepada pihak pengirim.

Saya tidak mengerti mengapa status tersebut bisa muncul padahal upaya pengiriman jika dilihat melalui status belum pernah dilakukan, alias tidak pernah ada update status pengiriman ‘oleh kurir’ pada halaman tracking saya. Status sebelumnya hanya sampai pada ‘masuk di fasilitas logistik di Banjaran’ di hari Jum’at 15 Januari 2019, lalu tiba-tiba pada hari Minggu 17 Januari 2019 status pengiriman menjadi ‘gagal kirim’ padahal pada hari tersebut seharusnya pihak logistik tidak melakukan pengiriman. Kalaupun pihak logistik melakukan pengiriman tetapi tidak sempat mengupdate status pelacakan, saya rasa seharusnya bisa sampai karena saya selalu ada di rumah pada hari-hari tersebut dan alamat rumah saya cukup mudah ditemukan.

Saya sudah menghubungi CS melalui live chat, tetapi tidak membantu banyak karena hanya diminta untuk menunggu tanpa konfirmasi waktu yang jelas.

Saya merasa kecewa dengan pihak Lazada serta logistik LEX yang menangani pengiriman paket. Menurut saya untuk e-commerce sebesar Lazada hal ini tidak professional dan pelayanan yang dilakukan kurang memuaskan pelanggan.

Marsa Nur Aulianisa
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kurir Lazada:
[Penilaian Rata-rata: 3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Status ‘Gagal Kirim’ Lazada tanpa Upaya Pengiriman oleh Kurir

  • 19 Februari 2019 - (18:17 WIB)
    Update 19/02/2019:
    Janji CS Lazada untuk menginformasikan kendala yg saya alami pd tgl 18 Januari 2019 dalam 1×24 jam tidak saya terima sehingga saya kembali membuat pengaduan secara online. Kemudian saya diminta untuk menunggu lagi dalam 2×24 jam untuk mendapatkan informasi kesalahan pengiriman paket.

    Akhirnya sekitar pukul 08.00, pihak ekspedisi menghubungi saya dan meminta beberapa patokan untuk menuju ke rumah saya dengan alasan alamat yg saya cantumkan tidak jelas (padahal saya menggunakan alamat yang sama dgn yg tercantum pada seluruh data diri saya dan tidak pernah ada masalah pengiriman oleh ekspedisi manapun sebelumnya). Akhirnya pada pukul 11.00, paket saya sampai setelah sempat dihubungi oleh kurir yang mengantar. Setelah saya tanyakan pada kurir mengenai informasi pelacakan yang tidak jelas, dia mengatakan bahwa kesalahan tersebut biasa terjadi saat konsumen mengikuti promo flash sale dan diakibatkan oleh barcode yang tidak terbaca pada paket.

    Pukul 13.00 saya akhirnya dihubungi oleh pihak CS Lazada melalui telepon terkait pengaduan yang saya lakukan di hari kemarin. Untungnya paket yang saya komplain sudah datang di tangan saya dengan tanpa kekurangan.

    Saya harap hal ini tidak terjadi lagi pada konsumen manapun.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Lazada?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!

Status ‘Gagal Kirim’ Lazada tanpa Upaya Pengiriman oleh Ku…

Marsa Aulianisa 2 menit
1