Pihak Traveloka Lepas Tangan atas Penyalahgunaan Akun PayLater

Pada tanggal 12 Februari 2019, pukul 00:42 WITA, saya mendapat SMS dan email kalau akun Traveloka sudah dihapus. Saat saya membaca email dan SMS tersebut sekitar pukul 5:00 WIB, saya mencoba untuk masuk ke akun saya. Saat saya mencoba masuk kebetulan bisa masuk kembali, tetapi akun saya seperti di-RESET. Kemudian saya menghubungi CS Traveloka kalau ada notifikasi akun di-delete dan akun ter-reset, dan saya meminta untuk mengembalikan akun saya.

Saat itu saya langsung mencoba menghubungi pihak Bank Mandiri untuk mengetahui apakah ada penggunaan kartu kredit yang saya masukkan ke akun Traveloka saya. Setelah saya mendapat konfrimasi dari pihak bank kalau tidak ada transaksi, saya sedikit tenang. Namun saya tetap meminta Traveloka untuk mengembalikan akun saya.

Saat akun saya sudah bisa kembali, barulah saya mengetahui kalau limit Traveloka PayLater saya disalahgunakan untuk melaku pembelian:

1. Transaction ID: #1748282 Nominal Rp647.504.
2. Transaction ID: #1748421 Nominal Rp5.790.240.
3. Transaction ID: # 1748469 Nominal Rp404.474.
4. Transaction ID: # 1748487 Nominal Rp404.474.

Sehingga total yang digunakan adalah Rp7.246.692. Padahal limit akun Traveloka PayLater saya hanya Rp6.000.000.

Saya mencoba menghubungi CS Traveloka kembali dan menginformasikan bahwa ada penyalahgunaan akun saya. Pihak CS pun memberi jawaban akan melakukan investigasi dan diminta menunggu. Saya terus menghubungi pihak CS dan pada akhirnya saya menerima jawaban bahwa:

1. Kerahasiaan dan keamanan akun Traveloka merupakan tanggung jawab dari pemilik akun, sehingga kami tidak bertanggung jawab penuh atas penyalahgunaan akun Anda. Sesuai dengan perjanjian PayLater, tagihan akan tetap dibebankan kepada Anda selaku pengaju pinjaman.
2. Pihak Traveloka mengatakan kalau ada percobaan pencairan limit.
3. Silakan anda menghubungi pihak berwajib.

Atas jawaban tersebut saya tetap mencoba menghubungi CS, tetapi tetap menerima jawab yang sama. Atas jawaban yang sama tersebut saya tidak putus asa, saya mencoba melakukan refund atas beberapa transaksi yang masih ada nomor pemesanannya, di antaranya:

1. Transaction ID: #1748282 Nominal Rp 573.825,-
2. Transaction ID: #1748421 Nominal Rp 3.320.053,-
3. Transaction ID: # 1748469 & # 1748487 tidak bisa di-refund karena nomor pemesanan sudah dihapus. Sehingga atas kasus ini saya diwajibkan membayar oleh pihak Traveloka sebesar Rp3.352.814.

Atas kasus ini saya sangat dirugikan oleh pihak Traveloka yang sangat tidak bertanggung jawab dan lepas tangan atas problem ini. Yang paling parah lagi PIHAK TRAVELOKA TETAP MENAGIHKAN KEPADA PEMILIK AKUN. Padahal pemilik akun yang melaporkan kehilangan akun dan penyalahgunaan akun, tetapi pemilik akun yang diminta membayar atas yang bukan dilakukan oleh pemilik akun dan ternyata sudah banyak juga korbannya .

Bagi kawan-kawan yang memiliki fasilitas Traveloka PayLater untuk berhati-hati dan segeralah menonaktifkan fasiliatas yang sangat merugikan ini. Semoga pihak Traveloka bisa lebih professional dalam memberikan solusi kepada konsumen.

Best regards,

Kieki Wintarto
Kab. Tabalong – Murung Pudak
Kalimantan Selatan

NB: Mohon solusi kawan-kawan semua, terima kasih.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Traveloka PayLater:
[Penilaian Rata-rata: 2.8]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Pihak Traveloka Lepas Tangan atas Penyalahgunaan Akun PayLater

  • 11 Maret 2019 - (19:20 WIB)
    Sama yg saya alami,tp hp saya hilang.mlh di tuduh percobaan pencairan limit,skrg sy harus byr yg bukan sya pakai dah masuk angsuran ke 3,
  • 12 Maret 2019 - (08:14 WIB)
    Coba laporkan ke OJK. Apakah PayLater ini sudah dapat izin dari OJK sebagai metode pembayaran yg sah? Bagaimana dengan sisi perlindungan konsumennya? Apakah ada prosedur sanggahan transaksi untuk transaksi fraud? 🤔
  • 19 Maret 2019 - (11:53 WIB)
    sama seperti saya,,baru kejadian td malam tanggal 18 maret 2019,,saya kompalain tp jawaban nya tidak memuaskan,padahal saya pelanggan setia traveloka,,akun saya di bobol orang tidak bertanggung jawab dan paylater saya ada tagihan 1 juta sekian,,saya minta dibatalkan dana kembalikan limit paylater saya tp yang terjadi pesanan berhasi dibatalkan tp paylater saya tidak bisa digunakan alias di BLOKIR oleh pihak traveloka karna ada indikasi pencairan limit paylater..padahal disini saya korban.kecewa pake banget sama traveloka..

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka PayLater?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Pihak Traveloka Lepas Tangan atas Penyalahgunaan Akun PayLater

kieki wintarto 2 menit
7