Pengembang Sun Garden dan Sun Village Sidoarjo Tolong Kembalikan Uang Kami

“PERUMAHAN SUN GARDEN, TYPE 54/105 HANYA Rp.225 JUTA SAJA, PERSEMBAHAN PT JAYA TERRA GROUP”

Kepada Manajemen PT Jaya Terra Group,

Anda mungkin terkejut melihat penawaran diatas, tapi percayalah itu yang ditawarkan oleh oknum Marketing anda pada saya sehingga saya tertarik dan menyetorkan uang muka yang dipersyaratkan marketing tersebut total Rp.200 juta untuk 2 kavling rumah type 54/105. Detailnya akan saya ceritakan pada Anda sebagai berikut:

Setelah bertemu beberapa kali sebelumnya, tanggal 16 Februari, Sdr Ek** (marketing) dan Sdr.Riz** (Marketing Single Fighter) datang ke rumah saya untuk menjelaskan kembali tawaran perumahan SunGarden type 54/105 dengan harga per kapling Rp.225 juta cash keras dengan syarat mengambil 2 kapling dengan uang muka sebesar Rp.100 juta per kapling, sisanya dibayar lunas saat progres pembangunan rumah tercapai 70%. Harga ini menurut penjelasan Sdr. Riz** sudah disetujui atasannya yaitu Sdr. Ag** Nas****. Saat itu saya bayar sebagai tanda jadi sekaligus uang muka (UM) pertama Rp.10 juta untuk 2 kaling rumah.

Tanggal 19 Februari 2019, saya lunasi kekurangan UM kedua sebesar Rp190 juta di kantor pemasaran SunGarden di ruko Villa Jasmine Sidoarjo (kuitansi terlampir). Setelah melakukan pembayaran, saya meminta dokumen Surat Pemesanan Rumah (SPR) atas kapling yang saya pesan. Sdr Riz** menjawab, SPR tidak bisa diserahkan saat itu karena atasannya yaitu Sdr. Ag** Nas**** tidak ada di tempat. Riz** menjanjikan SPR baru bisa diserahkan besok harinya setelah ditandatangani oleh Sdr. Ag** Nas**** selaku pimpinan PT Jaya Terra yang mengelola SunGarden.

Namun janji tinggal janji. Tanggal 26 Februari 2019, saya tanyakan kembali perihal SPR, namun Sdr. Riz** beralasan belum ketemu pimpinan (Ag** Nas****). Hari-hari berikutnya saya tagih via WA tanggal 1, 4,6,9, dan 10 Maret 2019, namun betapa kagetnya saya ketika Sdr.Riz** mengatakan bahwa SPR ditolak oleh pimpinan. MUNGKINKAH Riz** dan Ag** Nas**** selaku pimpinan PT Jaya Terra bersekongkol untuk menilap uang konsumen??

Seketika saya langsung meminta pengembalian UM Rp.200 juta yang telah saya setor. Riz** menjanjikan besoknya setelah ketemu Ag** Nas**** selaku pimpinannya. Saya tagih tanggal 11 dan 16 maret 2019, jawaban Riz** sama. Baru pada 17 Maret 2019 Riz** mengatakan bahwa UM saya baru bisa dikembalikan tanggal 15 April 2019. Saat saya tanya kenapa lama sekali ? Riz** menjawab, sudah begitu prosedurnya kata Riz** menirukan penjelasan pimpinannya Ag** Nas****. Saya minta ketemu Sdr. Ag** Nas**** untuk meminta hak saya. Namun Sdr.Riz** tampak keberatan untuk memfasilitasi. Sungguh sangat dzalim sekali. Pembatalan bukan dari saya, tapi uang yang sudah saya setor dan masuk di rekening PT Jaya Terra (kuitansi terlampir) tidak bisa saya cairkan saat itu juga. SANGAT DHZOLIM SEKALI. Saya masih bisa bersabar. Saya tunggu 15 April 2019.

Tanggal 9, 13 dan 14 April, saya ingatkan Sdr.Riz** agar pengembalian UM yang dijanjikan tanggal 15 April 2019 dapat terealisir sesuai janjinya. Namun saat saya menemui Sdr.Riz** tgl 15 April 2019 di kantor SunGarden Jaya Terra, apa yang saya khawatirkan terjadi. Uang saya tidak dikembalikan. PT Jaya Terra mengingkari janjinya tanpa alasan yang jelas. Sdr.Ag** Nas**** yang saya hubungi (Nomor HP diberi Sdr.Riz**) tidak pernah mengaktifkan HP nya. Sdr.Riz** juga susah dihubungi sampai sekarang.

Saya yakin PT Jaya Terra adalah developer besar, perusahaan bonafid yang didirikan untuk jangka waktu lama, bukan setahun dua tahun. Apalagi dengan 2 proyek besarnya yaitu PERUMAHAN SUN GARDEN dan SUN VILLAGE DAMARSI tentu tidak ingin nama baiknya dirusak oleh ulah segelintir oknum marketing dan pimpinan operasionalnya.

Saya menunggu itikad baik manajemen PT Jaya Terra untuk menyelesaikan masalah ini dan mengembalikan uang saya. Terima kasih.

Toeng Hadi
Sidoarjo, Jawa Timur


Update 23/4/2019. Penulis menyatakan permasalahan di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait seperti disampaikan dalam surat berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai PT Jaya Terra Group:
[Penilaian Rata-rata: 2.9]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...
Tentang Penulis
Toeng Hadi  

Seorang ayah yg mencoba menafkahi keluarganya dgn kerja keras.

2 komentar untuk “Pengembang Sun Garden dan Sun Village Sidoarjo Tolong Kembalikan Uang Kami

  • 23 April 2019 - (19:03 WIB)
    Kami tuliskan, respon positif atas kesigapan jajaran manajemen PT Jaya Terra untuk menuntaskan keluhan pelanggannya melalui kolom komentar ini tak lain karena kami mengalami kesulitan untuk mengirimkannya melalui fitur Kirim Surat. Login yang kami lakukan selalu gagal pada 23 April 2019 pukul 17 s.d.19.
    Bahkan sebelum surat saya di atas dimuat dalam situs Media Konsumen ini, manajemen PT Jaya Terra telah berinisiatif untuk bertemu dengan kami, untuk melakukan klarifikasi atas permasalahan tersebut. Kami mengirim surat pembaca ini via Media Konsumen pada hari Sabtu pagi tanggal 20 April 2019. Setelah melengkapi berkas yang dipersyaratkan, kami diharuskan menunggu beberapa waktu sampai moderasi atas artikel dilakukan untuk layak muat. Sambil menunggu verifikasi tersebut, kami berinisiatif untuk mengirim permasalahan kami tersebut melalui situs olx.
    Tidak menunggu lama, begitu situs olx ditayangkan pada hari itu juga Sabtu 20 April 2019, manajemen PT Jaya Terra (dalam hal ini diwakii oleh Sdr.Agus Nasroni) berinisiatif mengundang kami untuk meminta kejelasan duduk permasalahannya.
    Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Sdr.Rizal selaku marketing single fighter, Sdr.Agus Nasroni selaku pimpinan PT Jaya Terra mengungkapkan tidak pernah mengeluarkan kebijakan untuk menahan uang konsumen, yang karena kesalahan prosedur ataupun oleh sebab lain harus dikembalikan pada konsumen. Informasi yang disampaikan kepada kami bahwa pencairan uang baru dapat dilakukan dua bulan lagi (15 April 2019) karena kebijakan pimpinan PT Jaya Terra adalah tidak benar dan sepenuhnya inisiatif Sdr.Rizal untuk mendapatkan keuntungan ekonomis berupa komisi atas penjualan unit rumah. Sedangkan pengembalian atas uang kami akan dicarikan dari pembayaran uang muka konsumen baru.
    Sdr.Agus Nasroni juga menyampaikan bahwa Sdr.Rizal menginformasikan kepada dirinya bahwa kami bisa menerima pengembalian uang muka dalam tenggang waktu 2 bulan per 15 April 2019. Penjelasan yang mengagetkan kami. Karena kami tidak pernah menyetujui dan menerima penundaan pengembalian uang kami. Hal ini terlihat dari komunikasi via WhatsAp antara kami dengan Sdr.Rizal. Dalam pertemuan itu, Sdr.Agus Nasroni meminta agar publikasi kami di olx dihapus. Kami menyanggupi.
    Pertemuan kami pada Sabtu 20 April 2019 pukul 15.00 WIB berakhir positif. Sdr.Agus Nasroni selaku pimpinan PT Jaya Terra berkenan untuk mengembalikan uang yang menjadi hak kami dan menuangkannya dalam surat pernyataan bermeterai berisi kesanggupan untuk mengembalikan uang kami sebesar Rp.200 juta pada hari Kamis 25 April 2019. Pernyataan terlampir.
    Namun pada hari Minggu 21 April 2019 pukul 22.41, surat keluhan yang kami kirim via Media Konsumen diterbitkan. Kami sangat memahami jika manajemen PT Jaya Terra melalui pimpinannya Sdr.Agus Nasroni menyampaikan keberatannya. Oleh karena itu didorong niat baik untuk menuntaskan permasalahan ini dan menyadari bahwa PT Jaya Terra juga memiliki semangat yang sama untuk mengutamakan kepuasan konsumennya, kami sampaikan klarifikasi tertulis kami kepada publik melalui surat pembaca situs Media Konsumen pada hari ini Selasa 23 April 2019, bahwa kami tidak memiliki maksud apapun dengan terbitnya keluhan kami di Media Konsumen. Hal ini terjadi semata-mata penerapan prosedur yang diberlakukan secara ketat di Media Konsumen.
    Akhir kata,kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Sdr.Agus Nasroni selaku pimpinan PT Jaya Terra yang telah bertindak cepat untuk menuntaskan permasalahan ini. Saya yakin orientasi manajemen PT Jaya Terra pada pemenuhan hak-hak konsumen dan penghormatan yang tinggi atas nilai-nilai kemanusiaan akan membawa PT Jaya Terra terus bertahan sebagai developer papan atas yang bukan hanya produk-produknya yang berkualitas tapi juga kemampuannya menumbuhkan rasa aman dan kepercayaan yang tinggi dihati konsumen atas setiap transaksi yang dilakukannya.
    Sebagai apresiasi kami atas semangat PT Jaya Terra melayani konsumen dengan hati dan agar kejadian serupa ini tidak terulang di masa depan, kami bersedia memberikan rekomendasi perbaikan sistem pembelian rumah. Insya Alloh Gratis Pak Agus..!
    Tak lupa kami juga menyampaikan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mengabdikan dirinya sebagai pejuang pelindung konsumen, yang rela mengorbankan waktu, tenaga dan biayanya hanya agar konsumen mendapatkan hak-haknya kembali. Terima kasih, telah bersedia menerima curhatan kami.
    Toeng.
  • 24 Mei 2019 - (12:51 WIB)
    pak, apakah bisa minta nomor pak agus nasroni, selaku pimpinan jaya terra? kebetulan saya juga konsumen perumahan sun garden sidoarjo.

    terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai PT Jaya Terra Group?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pengembang Sun Garden dan Sun Village Sidoarjo Tolong Kembalikan Uang …

Toeng Hadi 2 menit
2