Pengembang Sun Garden dan Sun Village Sidoarjo Tolong Kembalikan Uang Kami

“PERUMAHAN SUN GARDEN, TYPE 54/105 HANYA Rp.225 JUTA SAJA, PERSEMBAHAN PT JAYA TERRA GROUP”

Kepada Manajemen PT Jaya Terra Group,

Anda mungkin terkejut melihat penawaran diatas, tapi percayalah itu yang ditawarkan oleh oknum Marketing anda pada saya sehingga saya tertarik dan menyetorkan uang muka yang dipersyaratkan marketing tersebut total Rp.200 juta untuk 2 kavling rumah type 54/105. Detailnya akan saya ceritakan pada Anda sebagai berikut:

Setelah bertemu beberapa kali sebelumnya, tanggal 16 Februari, Sdr Ek** (marketing) dan Sdr.Riz** (Marketing Single Fighter) datang ke rumah saya untuk menjelaskan kembali tawaran perumahan SunGarden type 54/105 dengan harga per kapling Rp.225 juta cash keras dengan syarat mengambil 2 kapling dengan uang muka sebesar Rp.100 juta per kapling, sisanya dibayar lunas saat progres pembangunan rumah tercapai 70%. Harga ini menurut penjelasan Sdr. Riz** sudah disetujui atasannya yaitu Sdr. Ag** Nas****. Saat itu saya bayar sebagai tanda jadi sekaligus uang muka (UM) pertama Rp.10 juta untuk 2 kaling rumah.

Tanggal 19 Februari 2019, saya lunasi kekurangan UM kedua sebesar Rp190 juta di kantor pemasaran SunGarden di ruko Villa Jasmine Sidoarjo (kuitansi terlampir). Setelah melakukan pembayaran, saya meminta dokumen Surat Pemesanan Rumah (SPR) atas kapling yang saya pesan. Sdr Riz** menjawab, SPR tidak bisa diserahkan saat itu karena atasannya yaitu Sdr. Ag** Nas**** tidak ada di tempat. Riz** menjanjikan SPR baru bisa diserahkan besok harinya setelah ditandatangani oleh Sdr. Ag** Nas**** selaku pimpinan PT Jaya Terra yang mengelola SunGarden.

Namun janji tinggal janji. Tanggal 26 Februari 2019, saya tanyakan kembali perihal SPR, namun Sdr. Riz** beralasan belum ketemu pimpinan (Ag** Nas****). Hari-hari berikutnya saya tagih via WA tanggal 1, 4,6,9, dan 10 Maret 2019, namun betapa kagetnya saya ketika Sdr.Riz** mengatakan bahwa SPR ditolak oleh pimpinan. MUNGKINKAH Riz** dan Ag** Nas**** selaku pimpinan PT Jaya Terra bersekongkol untuk menilap uang konsumen??

Seketika saya langsung meminta pengembalian UM Rp.200 juta yang telah saya setor. Riz** menjanjikan besoknya setelah ketemu Ag** Nas**** selaku pimpinannya. Saya tagih tanggal 11 dan 16 maret 2019, jawaban Riz** sama. Baru pada 17 Maret 2019 Riz** mengatakan bahwa UM saya baru bisa dikembalikan tanggal 15 April 2019. Saat saya tanya kenapa lama sekali ? Riz** menjawab, sudah begitu prosedurnya kata Riz** menirukan penjelasan pimpinannya Ag** Nas****. Saya minta ketemu Sdr. Ag** Nas**** untuk meminta hak saya. Namun Sdr.Riz** tampak keberatan untuk memfasilitasi. Sungguh sangat dzalim sekali. Pembatalan bukan dari saya, tapi uang yang sudah saya setor dan masuk di rekening PT Jaya Terra (kuitansi terlampir) tidak bisa saya cairkan saat itu juga. SANGAT DHZOLIM SEKALI. Saya masih bisa bersabar. Saya tunggu 15 April 2019.

Tanggal 9, 13 dan 14 April, saya ingatkan Sdr.Riz** agar pengembalian UM yang dijanjikan tanggal 15 April 2019 dapat terealisir sesuai janjinya. Namun saat saya menemui Sdr.Riz** tgl 15 April 2019 di kantor SunGarden Jaya Terra, apa yang saya khawatirkan terjadi. Uang saya tidak dikembalikan. PT Jaya Terra mengingkari janjinya tanpa alasan yang jelas. Sdr.Ag** Nas**** yang saya hubungi (Nomor HP diberi Sdr.Riz**) tidak pernah mengaktifkan HP nya. Sdr.Riz** juga susah dihubungi sampai sekarang.

Saya yakin PT Jaya Terra adalah developer besar, perusahaan bonafid yang didirikan untuk jangka waktu lama, bukan setahun dua tahun. Apalagi dengan 2 proyek besarnya yaitu PERUMAHAN SUN GARDEN dan SUN VILLAGE DAMARSI tentu tidak ingin nama baiknya dirusak oleh ulah segelintir oknum marketing dan pimpinan operasionalnya.

Saya menunggu itikad baik manajemen PT Jaya Terra untuk menyelesaikan masalah ini dan mengembalikan uang saya. Terima kasih.

Toeng Hadi
Sidoarjo, Jawa Timur


Update 23/4/2019. Penulis menyatakan permasalahan di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait seperti disampaikan dalam surat berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

56 komentar untuk “Pengembang Sun Garden dan Sun Village Sidoarjo Tolong Kembalikan Uang Kami

  • 23 April 2019 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Kami tuliskan, respon positif atas kesigapan jajaran manajemen PT Jaya Terra untuk menuntaskan keluhan pelanggannya melalui kolom komentar ini tak lain karena kami mengalami kesulitan untuk mengirimkannya melalui fitur Kirim Surat. Login yang kami lakukan selalu gagal pada 23 April 2019 pukul 17 s.d.19.
    Bahkan sebelum surat saya di atas dimuat dalam situs Media Konsumen ini, manajemen PT Jaya Terra telah berinisiatif untuk bertemu dengan kami, untuk melakukan klarifikasi atas permasalahan tersebut. Kami mengirim surat pembaca ini via Media Konsumen pada hari Sabtu pagi tanggal 20 April 2019. Setelah melengkapi berkas yang dipersyaratkan, kami diharuskan menunggu beberapa waktu sampai moderasi atas artikel dilakukan untuk layak muat. Sambil menunggu verifikasi tersebut, kami berinisiatif untuk mengirim permasalahan kami tersebut melalui situs olx.
    Tidak menunggu lama, begitu situs olx ditayangkan pada hari itu juga Sabtu 20 April 2019, manajemen PT Jaya Terra (dalam hal ini diwakii oleh Sdr.Agus Nasroni) berinisiatif mengundang kami untuk meminta kejelasan duduk permasalahannya.
    Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Sdr.Rizal selaku marketing single fighter, Sdr.Agus Nasroni selaku pimpinan PT Jaya Terra mengungkapkan tidak pernah mengeluarkan kebijakan untuk menahan uang konsumen, yang karena kesalahan prosedur ataupun oleh sebab lain harus dikembalikan pada konsumen. Informasi yang disampaikan kepada kami bahwa pencairan uang baru dapat dilakukan dua bulan lagi (15 April 2019) karena kebijakan pimpinan PT Jaya Terra adalah tidak benar dan sepenuhnya inisiatif Sdr.Rizal untuk mendapatkan keuntungan ekonomis berupa komisi atas penjualan unit rumah. Sedangkan pengembalian atas uang kami akan dicarikan dari pembayaran uang muka konsumen baru.
    Sdr.Agus Nasroni juga menyampaikan bahwa Sdr.Rizal menginformasikan kepada dirinya bahwa kami bisa menerima pengembalian uang muka dalam tenggang waktu 2 bulan per 15 April 2019. Penjelasan yang mengagetkan kami. Karena kami tidak pernah menyetujui dan menerima penundaan pengembalian uang kami. Hal ini terlihat dari komunikasi via WhatsAp antara kami dengan Sdr.Rizal. Dalam pertemuan itu, Sdr.Agus Nasroni meminta agar publikasi kami di olx dihapus. Kami menyanggupi.
    Pertemuan kami pada Sabtu 20 April 2019 pukul 15.00 WIB berakhir positif. Sdr.Agus Nasroni selaku pimpinan PT Jaya Terra berkenan untuk mengembalikan uang yang menjadi hak kami dan menuangkannya dalam surat pernyataan bermeterai berisi kesanggupan untuk mengembalikan uang kami sebesar Rp.200 juta pada hari Kamis 25 April 2019. Pernyataan terlampir.
    Namun pada hari Minggu 21 April 2019 pukul 22.41, surat keluhan yang kami kirim via Media Konsumen diterbitkan. Kami sangat memahami jika manajemen PT Jaya Terra melalui pimpinannya Sdr.Agus Nasroni menyampaikan keberatannya. Oleh karena itu didorong niat baik untuk menuntaskan permasalahan ini dan menyadari bahwa PT Jaya Terra juga memiliki semangat yang sama untuk mengutamakan kepuasan konsumennya, kami sampaikan klarifikasi tertulis kami kepada publik melalui surat pembaca situs Media Konsumen pada hari ini Selasa 23 April 2019, bahwa kami tidak memiliki maksud apapun dengan terbitnya keluhan kami di Media Konsumen. Hal ini terjadi semata-mata penerapan prosedur yang diberlakukan secara ketat di Media Konsumen.
    Akhir kata,kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Sdr.Agus Nasroni selaku pimpinan PT Jaya Terra yang telah bertindak cepat untuk menuntaskan permasalahan ini. Saya yakin orientasi manajemen PT Jaya Terra pada pemenuhan hak-hak konsumen dan penghormatan yang tinggi atas nilai-nilai kemanusiaan akan membawa PT Jaya Terra terus bertahan sebagai developer papan atas yang bukan hanya produk-produknya yang berkualitas tapi juga kemampuannya menumbuhkan rasa aman dan kepercayaan yang tinggi dihati konsumen atas setiap transaksi yang dilakukannya.
    Sebagai apresiasi kami atas semangat PT Jaya Terra melayani konsumen dengan hati dan agar kejadian serupa ini tidak terulang di masa depan, kami bersedia memberikan rekomendasi perbaikan sistem pembelian rumah. Insya Alloh Gratis Pak Agus..!
    Tak lupa kami juga menyampaikan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mengabdikan dirinya sebagai pejuang pelindung konsumen, yang rela mengorbankan waktu, tenaga dan biayanya hanya agar konsumen mendapatkan hak-haknya kembali. Terima kasih, telah bersedia menerima curhatan kami.
    Toeng.

  • 24 Mei 2019 - (12:51 WIB)
    Permalink

    pak, apakah bisa minta nomor pak agus nasroni, selaku pimpinan jaya terra? kebetulan saya juga konsumen perumahan sun garden sidoarjo.

    terima kasih

  • 11 Maret 2020 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Yang butuh lawyer dan skalian pengurusan untuk pelaporan silahkan hubungi saya.wa saya 088830021**.minggu depan kita proses

    • 18 Oktober 2021 - (15:24 WIB)
      Permalink

      Benar apakah bisa, ada yang bilang pakai pengacara ya percuma ga bisa, pintaran mereka hanya dikasih janji saja.

      • 15 Oktober 2022 - (09:35 WIB)
        Permalink

        Betul krn agus ini berkelit dia bukan pimpinan melainkan manager operasional…di akta pt juga tdk ada nama dia…kalau laporan polisi apa bisa krn kalau spt ini kasusnya perdata jd dinilai kesangupan mereka mengembalikan uang user…kalau gak sanggup gmn apa bisa jd pidana

  • 4 April 2020 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Saya juga korban dari PT. Jaya Terra Group
    Saya memesan unit di perumahan The Sun Villages Blok J-01 (50/96), dengan rencana pembayaran cash keras, di bulan Maret 2019 saya transfer booking unit sebesar 5 jt, lalu di bulan april saya transfer DP sebesar Rp. 150 jt, seles saya yg bernama lukman dan managernya pak tono meyakinkan jika unit yg saya pesan i dent 1 thn, dengan kesepakatan jika ada progres uruk atau pun fondasi saya akan melunasi, sayapun meminta perja jian notaris yg saya bayar dgn biaya saya sendiri sebesar Rp. 1 jt
    Namun sampai akhir tahun 2019, tidak ada progres, setiap saya tanya hanya di janji – janji palsu dengan seles nya, sampai awal tahun 2020 saya makin tidak percaya dan akhirnya saya membatalkan unit yg saya pesan pada 3 maret 2020, saat ini saya kesulitan minta pengembalian DP saya, namun saya menempuh jalur hukum saat ini lowyer saya sedang mengumpulkan materi dan persiapan somasi kepada pimpinan/direksi PT. Jaya Terra Group
    Untuk bapak/ibu yg menjadi korban dr PT. JAYA TERRA GROUP , bisa menghubungi saya, saya butuh support, dan pengaduan saya ke pada pihak berwajib akan semakin kuat, jika di dukung dari korban2 yg lain
    Saya dengan Ibu Frieda Tlp. 083849700993
    Mari kita laporkan beramai2, klu saya pelajari developer ini sepertinya banyak korbanya dari tahun 2015

    • 9 April 2020 - (13:39 WIB)
      Permalink

      Bu silahkan cari fb atau ig saya.saya minggu depan ajukan gugatan ga usa somasi.monggo ikut lawyer saya juga.nama fb dan ig saya sama.

      • 26 September 2020 - (14:29 WIB)
        Permalink

        Siang pak, boleh share nomor bapak. Saya juga ada keluhan terkait pengambilan rumah di sun village

      • 11 Agustus 2021 - (12:25 WIB)
        Permalink

        Saya juga pembeli perum sunvillage
        Marketing rizal (entah kmn dia,msh hidup apa g)
        Saya cash keras…beli 2015….hingga skrg blm dpt rumah…
        Saya batalkan uang jg tak kunjung kembali hingga skrg

      • 28 Oktober 2021 - (17:31 WIB)
        Permalink

        up date dari saya, terimakasih bahwa PT. Jaya Terra Group Telah memberikan respon perihal pengembalian Uang Muka saya dan sudah ada pengembalian walaupun secara bertahap dikarenakan pademi ini,,

        saat ini proses sedang berjalan,
        demikian saya sampaikan
        sekali lg terimakasih PT jayatera

    • 20 Januari 2021 - (18:46 WIB)
      Permalink

      up date dari saya, bahwa PT. Jaya Terra Group Telah memberikan respon perihal pengembalian Uang Muka saya dan mereka telah menandatangini pernyataan di atas materai bahwa mereka sanggup utk mengembalikan kekurangan uang muka saya sebesar Rp. 100,000,000, dengan cara di angsur 3x :
      Termin 1 tgl 19 Desember 2020 Rp. 25,000,000
      Termin 2 tgl 19 Januari 2021 Rp. 25,000,000
      Termin 3 tgl 19 Februari 2021 Rp. 50,000,000

      saat ini proses sedang berjalan, hingga bln februari 2021
      demikian saya sampaikan

  • 19 Juli 2020 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Boleh kasih saya info g? Untuk yang proyek the sun garden ini aman g y?? Soalnya saya jg tertarik mw ambil

  • 17 Oktober 2020 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Ada yg sedang menunggu proses pengembalian DP atau pembayarannya di perumahan Sun Village? Prosesnya gmna ya kalau boleh tahu minta tolong sharingnya.
    Karena saya jg sudah mengajukan pembatalan pembelian, surat pernyataan juga sudah ditandatangani, tetapi per tanggal jatuh tempo masih juga belum menerima pengembalian uangnya.

    • 2 November 2020 - (12:50 WIB)
      Permalink

      pak saya bs mnta no hp njenengan? atau njenengan bs wa saya 0878575720**
      saya baru hari ini ngajukan pembatalan dan td kyak ditunjukkan surat pembatalan an Nur cholis ataubsapa gtu

          • 3 Oktober 2022 - (11:32 WIB)
            Permalink

            saya jg User pak boleh minta nomer njenengan untuk koordinasi, saya ada grup yg terbelit kasus jg sama developer

          • 15 Oktober 2022 - (09:25 WIB)
            Permalink

            082145310066 monggo pak

  • 29 Oktober 2020 - (21:14 WIB)
    Permalink

    Mohon pencerahannya bapak Ibu, keluarga kami salah satu korban yang tidak jelas mengambil rumah di sun garden, dari bulan maret sudah bayar cash krna covid pembangunan di tunda sampai agustus, dari agustus tidak ada kabar malah minta tambahan uang tanah sebesar 90jt, kami tidak mau karna tidak butuh, ditunda lagi sampai oktober, tidak ada kabar dan kami minta pengembalian uang/pembatalan, Surat sudah di TTD tapi saat minta tanggal pasti pihak developer tidak mau memberika tanggal pasti. Sampai saat ini kami hubungi tidak ada respon sama sekali. Mohon bantuan bapak/ibu yang sudah berhasil atau kita sama sama melaporkan penggelapan uang ini.

    Terimakasih.

  • 21 Februari 2021 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Sy korban juga….kalau dp sdh masuk ada pembatalan yg bkn kesalahan cust..krn sy sdh nunggu 5 thn knp jg ada pemotongan…sesuai spr..100 harinkerja..kan salah developer gak ada progres apa apa…sampai 5 thn uang mengendap…sun vilage atau sun garden sama saja..lebih berhati hati saja

  • 22 Februari 2021 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Up date dari saya,
    Terima kasih kepada PT. Jaya Terra Group, telah mengembalian Uang Muka pembelian rumah dari The Sun Village, yang telah saya batalkan

    Thank u

  • 23 Februari 2021 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada PT. Jaya Terra Group, telah mengembalikan semua Uang Muka Pembelian rumah dari The Sun Village, yang telah saya batalkan

    dan mohon maaf selama ini karna ada salah paham.

    Thank u

  • 2 Agustus 2021 - (14:20 WIB)
    Permalink

    tolong pencerahnya sy konsumen sejak 2017 hampir 5th ambil di the sun villa tp belum ada proges akhirnya sy batalkan dan sudah nunggu 100hari krja dan bahkan lebih smpe skrg ini tidak ada pengembalian dana apapun.sy udah datang baik” berkali” tp tetp hanya janji” dan sy pastikan ini tidak beres
    0813344108**

    • 2 Agustus 2021 - (14:21 WIB)
      Permalink

      ayo yg punya permasalahan yg sm dengan sy kita selasaikan bersama” ayo kita berjuang bersama karna tidak sedikit uang sy yg sudah masuk dijaya tera
      ini no wa sy 0813344108**

  • 17 November 2021 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Saya user jaya terra sejak 2018.
    DP sudah masuk lunas 70jt. Namun sampai dengan pertengahan 2020 rumah tak selesai2. Begitu rumah tinggal jendela, juni 2021 saya malah dikasih surat pembatalan, DP akan dikembalikan penuh tanpa potongan namun sampai saat ini hanya ditf 5jt. Janji tinggal janji, sampai cuti habis cuma buat nagih uang saya yg sampai saat ini blm ada kejelasan.

  • 2 Maret 2022 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Sekedar masukan saja kalau mau beli rumah pilih developer yg bonafit dan terpercaya jgn ecek ecek..untuk jaya teta tolong Pak Agus pak hati nurani kasihan banyak yg tertipu…kami sangat ingin punya rmh tp ditipu untuk refund yg notabene bkn kesalahan user dipot 5 jt..tp refund juga msh janji janji saja

  • 2 Maret 2022 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Luapan kekesalan saya lwt media ini krn ke kantornya pun tdk memberikan kejelasan apa apa…sy cuma minta hak saya tp seperti pengemis..sy user dari thn 2016 …kemana saya hrs menuntut hak sy …

  • 2 Maret 2022 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Meski DP sy sdh dikembalikan, baca kronologis yg sy tulis, jadikan pelajaran.
    Karena sekali anda transfer, anda berubah menjadi pihak yg lemah.
    Hapalin saja perusahaannya, pemiliknya, marketingnya.
    Tetap hati2 dan waspada.

  • 18 April 2022 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Ini developer yg paling top bikin orang susah, saya termasuk korbannya beli rumah cash 2 unit pada th 2017 tidak dibangun2, saya tarik uang saya sampai sekarang belum lunas, dicicil berhenti lama dicicil berhenti lama dengan nominal yg tidak pantas, sy cuma minta uang saya kembali secepatnya perkara keadilan saya serahkan kepada Yang Maha Adil

  • 21 April 2022 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Kepada pimpinan Jaya tera pak agus nasroni, tolong cepetan kembalikan uang saya s cepat nya, saya sdh bosan dengan janji”yg bapak janjikan, ini sdh lama banget.

  • 6 Juni 2022 - (21:44 WIB)
    Permalink

    saya user sun garden juga pak bu, saya tgl 7 juni 2022 akan lapor polisi untuk mediasi, jika bapak/ibu berkenan ayok lapor bareng ini IG saya silahkan DM indraprstya
    saya lapor karena blm ada pengembalian DP

  • 30 Juni 2022 - (17:01 WIB)
    Permalink

    Kalau ada masalah sama pt jaya terra boleh wa saya 085607822542, kita atur waktu untuk menyelesaikan sama-sama melalui jalur hukum.

 Apa Komentar Anda mengenai PT Jaya Terra Group?

Ada 56 komentar sampai saat ini..

Pengembang Sun Garden dan Sun Village Sidoarjo Tolong Kembalikan Uang …

oleh Toeng Hadi dibaca dalam: 2 menit
56