Tanggapan Tokopedia terhadap Korban Penipuan Mengecewakan

Tanggal 16 April 2019 saya membeli hp melalui Tokopedia. Ternyata setelah pengiriman uang beberapa saat saya ditelepon toko katanya ada pembelian barang lalu mau dikonfirmasi barang untuk diproses. Setelah itu beberapa saat ditelepon kembali dari yang mengaku penjual barang sudah diproses dan mau dikirim. Kemudian minta dikonfirmasi alamat pengirim agar tidak terjadi kesalahan pengiriman. Kemudian minta no kode yang dikirim ke pembeli untuk konfirmasi saja, bukan dibilang kode otp. Dan ketika saya bilang ini kode tidak diberikan ke siapapun, lalu penjual cuma bilang hanya konfirmasi karena pake alasan sistem Tokopedia lagi terkendala dan tidak mempengaruhi yang lain. Lalu minta no hp pada saat daftar.

Kemudian beberapa saat saya melihat pemberitahuan kalau dana yang dikirim ke Tokopedia untuk pembelian tadi lalu ditarik. Kemudia saya berusaha telepon call center Tokopedia yang susah dihubungi. Akhirnya saya mencari twitter Tokopedia untuk melaporkan hal tsb dan tidak berapa ternyata dana tsb sudah masuk ke rekening penipu. Dan saya kemukakan ke Tokopedia tapi respon Tokopedia yang lama seolah-olah ikut kerjasama dengan penjual yang akhirnya merugikan korban. Dan dengan enak Tokopedia memberikan jawaban kalau itu kesalahan kita memberikan kode otp ke pihak penipu. Walaupun saya memang lalai memberikan kode tsb tapi bisakan jika ada niat dari Tokopedia ditelusuri kasus tsb dan bisa memberikan tundaan penarikan dana bukan lepas tangan begitu saja.

Dan ternyata kasus ini bukan terjadi sama saya sekali tapi ternyata sudah ada korban sebelumnya yang saya baca terjadi padanya dan respon Tokopedia sama dengan respon yang saya dapatkan.

Saya mohon dengan sangat Tokopedia selaku perantara wajib dipertanyakan lagi karena dari respon dan tanggung jawab tidak ada sama sekali. Berikut nama toko penipu dan no rek penipu yang saya lampirkan berhati-hatilah terutama beli barang online apalagi khususnya di Tokopedia jikalau terjadi kasus susah cari solusi karena tidak ada pertanggungjawaban.

Lydia Hung
Medan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 1.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Tanggapan Tokopedia terhadap Korban Penipuan Mengecewakan

  • 16 Mei 2019 - (13:58 WIB)
    Saya juga merasa kena tipu. Saya juga beli hp dan lagi promo Ramadhan. Terus saya tanya harganya berapa katanya 400dg ongkos kirim. Saya tanya harganya cuma segitu kan? Katanya iya. Lalu saya kirim uangnya. Katanya sedang di packing. Terus dia. Nelffon saya kalau barangnya sudah diantar ke jne dan dikasih no pihak jne dan dsruh menghub dia agar tidak ada mslh dalam pengiriman. Saya hub tuh pihak ine, trus kata pihak jne dsruh mengirim uang 2jt untuk menyelesaikan nota pelusan karena gk ada, nnt duitnya bakal kembali. Lah, mana ada duit sebanyak itu, saya beli juga karena promo. Saya bilang saya gk ada duit sbnyk itu, eh malah memaksa dan sruh usahain agar barangnya cepat dikirim dan tidak ada terjadi kendala. Lalu saya hub pihak penjual nya, katanya dsruh ikutin apa kata jne. Saya sampaikan kalau gk ada uang sbnyk itu, malh dia ikutan sruh usahain.saya bilang gk ada eh dia malah maki” saya dan memblokir saya.
    Dan sekarang duit saya hilang seketika
    Bagaimana pihak toped? Padhl saya percaya dg aplikasi, dg adanya kejadian ini membuat saya tidak ingin membeli di aplikasi ini lagi karena takut akan tertipu lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Tanggapan Tokopedia terhadap Korban Penipuan Mengecewakan

Lidya Hung 1 menit
3