CS Citibank Melakukan Misinterpretasi Tagihan Annual Fee yang Harusnya Free untuk Tahun Pertama

CS Citibank atas nama Prabu melakukan misinterpretasi terhadap laporan saya dan saya minta pertanggungjawaban dari CS Citibank atas nama Prabu untuk ganti rugi biaya admin akibat pembayaran antar bank yang telah saya lakukan sesuai dengan arahan CS Prabu.

Kepada pihak Citibank saya meminta fasilitasnya untuk menyelesaikan langsung kepada CS Prabu pribadi.

Kronologi awal masalah:

Pada tanggal 15 April 2019 saya melaporkan tagihan annual fee sebesar Rp350.000,- pada kartu baru Citibank jenis Simplicity+ yang dimana kartu baru yang saya ajukan dari penawaran Tokopedia adalah jenis free annual fee di tahun pertama (saya ada bukti screen shoot penawaran dari pihak Tokopedia). Kemudian CS Prabu menjelaskan untuk penghapusan annual fee di tahun pertama secara langsung tanpa syarat tidak bisa tetapi memberikan 2 solusi untuk penghapusan annual fee yaitu solusi;

  1. Mendaftarkan minimal 1 jenis tagihan auto bill seperti tagihan listrik, telepon atau air.
  2. Dibayarkan dahulu annual fee sebesar Rp.350.000,- kemudian akan direfund sebesar 500.000,- berupa voucher saldo OVO yang dapat ditukar di marketplace Tokopedia.

Sebelum saya mengambil keputusan penawaran dari CS Prabu saya menanyakan secara jelas dan berulang kali kapan voucher saldo OVO bisa saya terima setelah melakukan pembayaran dan jawaban CS Prabu adalah voucher OVO sebesar 500.000,- akan diterima maksimal 3 hari kerja dari saat saya bayarkan dengan cara kode voucher akan dikirim ke sms sesuai no. hp saya yang terdaftar.

Akhir kata saya sepakat dengan CS Prabu untuk menerima solusi kedua yaitu dibayarkan terlebih dahulu tagihan annual fee yang kemudian akan direfund sebesar 500.000,- dalam bentuk voucher OVO Tokopedia.

Tanggal 24 April 2019 kemudian saya bayarkan, tetapi hingga tanggal 4 Mei 2019 saya belum mendapatkan voucher OVO tokopedia yang dijelaskan oleh CS Prabu.

Tanggal 4 Mei 2019 saya lanjut menghubungi Citibank dengan CS Uki untuk meminta pertanggungjawaban atas penjelasan dari CS Prabu tetapi CS Uki menjelaskan bahwa voucher OVO saya akan dikirim tanggal 11 Juni 2019.
Saya kaget merasa dibohongi karena penjelasan dari CS Prabu berbeda dan akhirnya saya melakukan komplain keberatan atas misinterpretasi oleh CS Prabu yang menjelaskan maksimal refund voucher OVO Tokopedia adalah 3 hari kerja sehingga saya telah melakukan pembayaran annual fee terlebih dahulu dengan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 7.500,-.

CS Uki tidak bisa memberi keputusan akhirnya saya minta disambungkan kepada manager on duty dan saya disambungkan kepada CS Kemal. Singkat kata CS Kemal tetap tidak bisa memberi jawaban dan meminta waktu maksimal 10 hari untuk investigasi dan disampaikan kepada pimpinan yang bisa memberi keputusan.

Malamnya saya dihubungi kembali oleh CS Kemal, dan akhirnya disepakati bahwa annual fee yang sudah saya bayarkan:

  1. Akan dikembalikan sebesar Rp. 350.000,- dengan cara di transfer ke rekening BCA saya.
  2. Biaya Materai di tagihan akan dihilangkan.
  3. Penutupan kartu kredit Citibank jenis simplicity+ saya dengan bukti penutupan akan dikirim melalui surat email dan surat tertulis akan dikirim ke alamat rumah saya dengan estimasi ±5 hari kerja.

Permasalahan yang belum terselesaikan adalah akibat dari biaya admin pembayaran antar bank yang telah dibebankan kepada saya akibat dari misinterpretasi CS Prabu yang seakan menurut saya CS Kemal lepas tanggung jawab atau tidak mau bertanggung jawab yang dimana jelas dikomplain saya apabila dijelaskan dari awal annual fee bisa dihilangkan tanpa saya harus membayar terlebih dahulu seperti yang kesepakatan saya dengan CS Kemal yaitu saya dikembalikan Rp350.000,- yang sudah saya bayarkan maka biaya admin antarbank tidak akan ada terjadi dan dibebankan kepada saya.

Daniel Efi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Citibank:
[Total:9    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “CS Citibank Melakukan Misinterpretasi Tagihan Annual Fee yang Harusnya Free untuk Tahun Pertama

  • 6 Mei 2019 - (13:51 WIB)
    Permalink

    Hm, rajin bener yah demi menuntut hak yang Rp 7500…

    Padahal kalau menurut saya:
    1. sudah sukses meminta refund transfer balik annual fee, yang berarti juga ada biaya transfer antar bank juga yang ditanggung oleh pengirim; umumnya KK ngasih refund dengan kredit ke KK (yang gratis biaya transfer bagi penerbit KK, tapi bagi pemilik KK menjadi berkurang faedahnya). Jadi bisa dibilang impas lah IMO
    2. bahkan biaya meterai pun dihapuskan
    3. saya kira, biaya pulsa yang dihabiskan untuk call2 ke CS juga sudah lumayan besar nominalnya
    4. sebetulnya zaman now sudah ada cukup banyak solusi untuk pembayaran KK dengan tanpa biaya admin. Atau mungkin untuk KK jenis ini tidak bisa? Entahlah, karena saya tidak punya KK dari citibank. Tapi saya ada KK dari 3 bank lain, & semuanya saya selalu bisa bayar tanpa kena biaya admin antarbank.

    Tapi yah manusia memang beda2. Dan memang benar bahwa Rp 7500 itu hak Anda.
    So, keep pressing on hehehe.

    • 9 Mei 2019 - (12:34 WIB)
      Permalink

      baca keluhan nya dengan jelas tong, bukan masalah 7.500 tp cs nya yg misinterpretasi!! anda temannya prabu???(bertanya) ya jgn out of topik dan sok mengurui!!

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Citibank?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

CS Citibank Melakukan Misinterpretasi Tagihan Annual Fee yang Harusnya…

oleh Daniel Efi dibaca dalam: 2 menit
2