Akun Kredivo Saya Di-hack/Disalahgunakan Orang Lain untuk Belanja di Shopee

Waktu itu pagi sekitar pukul 07.00 WIB saya melihat ada masuk SMS dari pihak Kredivo bahwa nomor saya telah diganti orang lain. Kemudian saat itu juga saya langsung buka akun Kredivo saya ternyata sudah ada transaksi pada pukul 03 .30 WIB dengan membeli dua buah handphone dengan cicilan dua belas 12 bulan.

Akhirnya tanpa pikir panjang saya langsung ke kantor Kredivo di Jalan Tentara Pelajar, dan saya langsung masuk menanyakan perihal akun Kredivo saya yang telah di-hack orang lain. Pada saat itu saya ketemu sama cleaning service dan dia menyuruh saya untuk menunggu sampai pukul 09.00 WIB. Akhirnya saya ketemu dengan orang yang bagian customer service dan menanyakan perihal masalah yang saya hadapi. Saya ceritakan masalahnya dan langsung cek akun Kredivo saya di laptopnya.

Saya disuruh untuk menghubungi pihak Shopee terlebih dahulu karena yang meng-hack akun saya telah membeli handphone di aplikasi Shopee. Saya langsung telpon untuk memohon melakukan pembatalan pada transaksi pada pemesanan handphone tsb.

Setelah beberapa pertanyaan pihak Shopee meminta saya untuk menunggu untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Kembali ke customer service Kredivo lagi dan dia meminta saya untuk menunggu dari pihak Shopee terlebih dahulu dengan alasan bahwa transaksi di Shopee sudah sukses. Akhirnya saya pulang tanpa tanpa menyelesaikan masalah.

Setelah beberapa saat email dari Shopee masuk dan mengatakan bahwa transaksinya tidak bisa dibatalkan dengan alasan bahwa penjual handphone tsb sudah melakukan pengiriman padahal transaksi saat itu pukul 03.30 WIB dan saya menghubungi Shopee sekitar pukul 9-an. Bagi saya pihak penjualnya terlalu cepat melakukan pengiriman atau itu akal-akalan dari pihak Shopee agar tidak terjadi pembatalan transaksi?

Apakah ada solusi dari teman-teman untuk masalah yang saya hadapi?

Muhammad Rusdi
0813770391**
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Akulaku:
[Total:18    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Muhammad Rusdi

Pada kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi keluhan yang dibuat oleh Bapak Muhammad Rusdi di Media Konsumen, tertanggal 12 Mei...
Baca Selengkapnya

50 komentar untuk “Akun Kredivo Saya Di-hack/Disalahgunakan Orang Lain untuk Belanja di Shopee

    • 14 Juli 2019 - (22:28 WIB)
      Permalink

      Jd hsilnya gmn pak? Apa bpk bayar cicilannya?soalnya sy jg mengalami hal yg sama di kredivo, thanks.

        • 24 Oktober 2021 - (09:00 WIB)
          Permalink

          apakah d byr sampai lunas pak,karna saya jg mengalami seperti itu,pembelian token 2jt 300 an 3 kali transaksi,tindakan selnjutnya gimana pak

    • 12 Oktober 2020 - (12:03 WIB)
      Permalink

      Mohon pencerahanya ttg pembobolan kredivo saya habis kena tipu org 9,5 juta dgn cicilan 12 d merchant lazada,saya bnhung dn hrs gmn ..pihak kredivo gk bs bantu dan pihak lazada sruh lapor ke polisi krena tdk bs mmbatalkan dgn alasan akunya si penilu pdhal hrusnya bisa kn ada id transaksinya saya pkir lazada gak mau khilangn konsumen dgn pmbelian sperti itu..akun saya dibajak org saya bngung hrs gmn lg klonk polisi apa pakai uang..mohon dsni bisa bantu

        • 18 Juli 2019 - (07:04 WIB)
          Permalink

          Coba pak hadapi DC nya, bicara baik-baik.
          Jd hasil investigasi dr pihak kredivo apa pak? Emg kita yg nanggung semua itu? Atau emg gak da keputusan dr mereka? Krna sy jg mengalami hal yg sama, rasanya berat membayar yg bukan tagihan kita. Bpk uda coba lapor ke pihak berwajib?

          • 18 Juli 2019 - (08:04 WIB)
            Permalink

            Pihak kredivonya udah investigasi katanya. Dia bilang kesalahan saya . Dan bilang harus bayar cicilannya . Blom lapor polisi sih.

      • 21 Juli 2019 - (19:19 WIB)
        Permalink

        Hari selasa saya mau ke reskrimsus cybercrime polda metrojaya. akun tokopedia, traveloka, kredivo saya dihack tgl 20 juli kemaren . pelaku menggunakan samsung galaxy j7 prime dengan ip 140.213.49.81 hp 081807946039 dengan lokasi terakhir di daerah timur monas. Limit kredit saya di kredivo dihabiskan dan kredivo tetap menyuruh saya membayar tagihan tersebut , investigasi 90 hari kerja. saya ga mau bayar yg bukan transaksi saya , jatuhnya udah fraud.

        • 21 Juli 2019 - (21:11 WIB)
          Permalink

          Sy pun sperti itu pak. Limit kredivo sy dihabiskan. Sy jg mau lapor ke polda krna mnrt sy agak agak aneh/mencurigakan gtu. Jd biar jlas… Smkin byk yg lapor kan semakin bagus. Brarti kasus sperti itu ada, biar bs jd koreksi bg semua pihak yg bersangkutan terutama pelaku. Krna qlo viral kan bs sampai ke pemerintah pusat jdnya cpad di proses.

          • 22 Juli 2019 - (07:12 WIB)
            Permalink

            Kalau perlu saya ke OJK sama YLKI. Enak aja disuruh bayar, dikira cari duit gampang.

          • 3 Februari 2020 - (19:39 WIB)
            Permalink

            Iya bener itu akun kredivo saya jg ada yg bobol dia ganti pin sama no hp nya, tau2 ada email transaksi dri kredivo , jd gimana punya bpk/ibu cara penyelesaian nya. Mohon info nya trimakasih

        • 29 November 2020 - (12:33 WIB)
          Permalink

          Saya juga mengalami hal yg sama kak… Lalu bagaimana solusi nya? Sy mau bayar pun saya ga ada dana nya

  • 13 Mei 2019 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi pak. Kartu kredit hsbc saya dibobol orang. Dipake di toko online jg. Percuma ke kredivo, bank aja ga membantu.

    • 18 Mei 2019 - (01:31 WIB)
      Permalink

      Pihak kredivonya seolah2 membiarkan .pdahal d keterangan aplikasi kredivonya klo misal kita bukan yg transaksi di aplikasi kita bisa lapor sebelum 24 jam. Tp di biarkan sama pihak kredivonya aja.

    • 18 Juli 2019 - (21:06 WIB)
      Permalink

      Hahhaha bukan diinvestigasi namanya tu bilang itu kesalahan kita tp melarikan dri dr mslh. Jgn2 itu malah permainan mereka sndri spy menghasilkan uang. Soalnya ini kejadian uda sering dgn metode yg sama, tp smpai skrg gk da penyelesaiannya malah smkin berkembang. Yg anehnya aku baca ada bbrp org korban, device yg membobol akun sama yakni memakai samsung SM-A105G. Jd nya aneh kan pak? Saran sy lapor polisi za pak, nanti mereka pikir kita lemah jd sasaran empuk.

        • 18 Juli 2019 - (21:18 WIB)
          Permalink

          Selasa kemarin saya sempat ke polsek daerah saya, tp mereka anjurkan ke polda saja krna disana ada IT nya jd mereka bs buka akun kita. Waktu ke Polda ternyata semua sms, akun kredivo kita, kita print semua sbg bukti. Jd rencananya senin depan kesana, soalnya pihak cyber crime jam kerjanya seperti jam kantor. Jd kalau bpk mau lapor ke polda za pak sambil bawa print sms, dll sbg bukti. Korban yg lainnya jg sy baca ada yg uda lapor polda.

          • 19 Juli 2019 - (03:29 WIB)
            Permalink

            Polda metro jaya yah bu.?

          • 19 Juli 2019 - (12:21 WIB)
            Permalink

            Saya di sumut pak, jd sy lapor di polda sumut. Bpk lapor di polda wilayah bpk za. Ada bbrp org uda lapor sy baca di web ini. Mn tau nanti kita bs buat grup bg yg uda lapor, dan mendiskusikan gmn lngkah slanjutnya apa diviralkan biar ditindaklanjuti atau gmn. Sy lg tunggu pihak kredivo nya nlpon, liat hsilnya gmn… Qlo mereka lepas tangan, brarti pihak korban yg trun tangan brarti mereka hrs siap terima konsekuensinya. Masak bs bbrp org dibobol dgn cara yg sama dan device yg sama tp mereka diam saja pdhl pihak korban yg membobol uda lapor jauh2 hari, seolah2 org itu sengaja membiarkan. Makanya sy lapor dlu dlu di polda biar tau langkah slnjutnya. Paling tdk kalau kita uda lapor membuktikan kalau kita memang pihak korban, bukan sengaja. Itu menurut sy pak..

          • 19 Juli 2019 - (12:40 WIB)
            Permalink

            Ya bu. Saya d jakarta . Saya jg heran . Pdahal saya datang ke kantor kredivonya langsung untuk melaporkan biar transaksinya d batalkan . Tp dia menyurug saya ke shopee dlu. Bahkan data saya dia ngak mau menunjukkannya. Mudah2an ada disini yg mau bareng ke polda . Tp saya dr bulan mei apa masih bisa yah ?

  • 18 Juli 2019 - (23:56 WIB)
    Permalink

    Heran ya, kenapa mesti di shopee? Ngga di bukalapak, tokopedia, lazada dan lain sebagainya? Saya juga mengalami hal yang sama, akun akulaku saya digunakan orang yang tidak dikenal untuk beli barang di shopee, bukan kah ini sebuah kebetulan? Bagaimana keamanan sistem di shopee? Bukankah pemilik akun shopee harus mendaftarkan akun akulaku di sistem shopee dan harusnya ada keamanan lebih baik dengan memverifikasi ke nomor telp pemilik akun akulaku, sehingga pada saat pelaku menggunakan akun akulaku orang lain atau aplikasi kredit lainnya di shopee tidak akan pernah bisa digunakan karena verifikasi nya langsung ke nomor telp pemilik sah, sehingga bisa ketahuan kalau akun sedang dicolong pelaku.

    • 19 Juli 2019 - (03:27 WIB)
      Permalink

      Pdhl waktu itu saya telpon pihak shopee pas pagi bngt buat membatalkan transaksinya tp pihak shopeenya ngak mau dengan alasan baranv sudah d kirimkan. Pdahl itu masih 4 jam dr pembelian .

  • 19 Juli 2019 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Kemaren saat sy ke polsek sy tanya brp lama batas akhir bs melapor? Pihak polisi bilang utk kasus pidana 6 bln. Ini termasuk kasus pidana, jd masih bisa pak. Coba saja pak lapor krna itu menandakan kita serius. Msak pihak pembobol tau limit2 yg masih ada? Kan aneh… Takut sy memang ada permainan org dalam, makanya bs leluasa gtu dgn device yg sama. Lagian yg membobol itu pun kyknya bukan seorang hacker yg handal, jd qlo di telusuri pasti hrsnya bisa. Hy za kita kan gk py akses utk minta data dr infokom, onlineshope bersangkutan dll. Qlo pihak2 terkait sperti polisi, teknologi dan informasi hrsnya bs dilacak. Tohh semua perangkat ada imeinya, stiap jaringan ada ip nya hrsnya itu bs di lacak. Blom lg ke pihak mn dy bertransaksi.

  • 19 Juli 2019 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Minggu kemren pak. Drpd kita b’pikir yg gak2 tentang mereka “ada org dlm dsb” dan mereka b’pikir2 yg gak2 ttg kita seolah2 kita sengaja dgn m’berikan nik mkanya niat lapor biar tau qlo kita sbg korban bukan seperti yg mreka blg.

    • 25 Juli 2019 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Mslh akun saya sdh diselesaikan oleh pihak kredivo dgn cpad. Thanks kredivo.
      Dan b’harap mslh bpk pin sgra diselesaikan dgn cpad.

      • 24 Agustus 2019 - (10:58 WIB)
        Permalink

        hi bu dya, saya punya masalah yg sama dengan ibu terkait akun yg dihack. boleh diceritain bu diselesaikan oleh kredivonya bagaimana?
        apa untuk bisa selesai harus laporkan masalah ini ke polda dulu atau tunggu sama dari pihak kredivo?

  • 1 Agustus 2019 - (17:45 WIB)
    Permalink

    Diselesaikan nya seperti apa bu apa tagihannya hilang saya juga kena dan saya sudah melapor ke kredivo tokopedia dan besoknya saya ke reskrim polda metro jaya saya kesal tanggapan pihak kredivo yg lepas tangan.

    • 20 Agustus 2019 - (11:00 WIB)
      Permalink

      Assalamu’alaikum
      saya juga kena seperti ini
      saya sudah lapor ke kredivo di suruh tunggu 90 hari kerja
      apakah ada solusi lain untuk kasus seperti ini
      mohon bantuanya
      terimakasih

  • 15 Desember 2020 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Pak saya mau minta solusinya.
    Saya kamarin tgl 3-12-2020. akun kredivo saya kena bobol sampai sekarang saya tidak bisa login ke akun kredivo saya lagi. Trus kemarin saya dapet email. Dari kredivo saya katanya melakukan Transaksi beli pulsa sampai 13 juat lebih. Padahal saya tidak pernah ngasih kode OTP atau pun pin. Saya pernah ngasih Nik ktp doang yg mengaku dari pihak Kredivo. Trus kasih nik ktp saya.
    Trus dia minta pin dan otp saya tapi saya tidak kasih kalau otp dan pin soalnya saya tau kalau kode otp sama pin kan rahasia. Trus saya blokir aja wa yg mengaku dari pihak kredivo itu. Trus pas besok saya dapet email dari kredivo kata nya saya telah melakukan Transaksi beli pulsa sebesar 13 juta lebih trus saya kan kaget pas ada kabar kaya gitu.
    Trus saya tlp ke pihak kredivo nya saya tanya kan dan kasih kronologi nya.
    Pas saya tanya nomor saya kata pihak kredivonya nomor anda tidak ter daftar. Eh bener pas saya coba masuk ke aplikasi kredivo nya bener pak nomor saya sudah ada yg ganti.
    Trus saya tanya kan lagi ke pihak kredivonya kenapa akun saya bisa di bobol oleh orng yg tidak di kenal. Trus kata kredivonya kata nya bapa telah mengasih nomor nik ktp.
    Trus saya jawab ko bisa bu cuma pakai ktp aja si pelaku bisa masuk akun saya sedangkan saya tidak pernah sma sekali mengasihi kode otp atau pin atau pun nama ibu kandung. saya tanya ke pihak kredivonya ko bisa dia masuk. Trus saya tanya tentang tagihan saya trus gimana soal tagihan saya bu. Kata pihak krdivonya saya tetap harus bayar. Saya iya gak bisa lah kan itu bukan saya yg transaksi. Trus dari pihak kredivonya nya gak mau tau tetep saya yg harus bayar,
    Gimana tuh pak Solusinya masa saya yg harus bayar
    🙏🙏🙏🙏😭😭😭

  • 1 Februari 2021 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Itu gimana pak d bayar ga. Kasus nya sama yg sy alami skrg..
    Akun sy d hack orang. Apa ada dc krumah pak klo d ga d byra

  • 3 April 2021 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Perkenalkan, Sy Algarozi dan saya juga menjadi korban dari penyalahgunaan Akun kredivo. Bapak dan Ibu semua yang ada di sini yang menjadi korban adakah grup nya dari para korban Kredivo boleh kah saya bergabung untuk kita berkonsultasi. Kalau belum ada baik nya kita buat Grup untuk sharing bersama dan Syukur2 bisa mengadukan Kasus ini bersama ke Polda Metro Jaya. Terimakasih..

    • 15 Oktober 2021 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Pak saya mau tanya jadi gmn kelanjutannya apakah bapak membayar lunas ,saya juga mengalami hal yang sama?

      • 18 Oktober 2021 - (08:09 WIB)
        Permalink

        @afudz sama mas saya juga tgl 15 okt kmren mengalami hal yg sama. hanya aja saya ketipu,, saya baru banget kecolongan.. saya di tlp sama yg ngaku pihak kredivo. katanya dapet hadiah tuker point.. terus pas lg ditlp saya disuruh ikutin intruksinya saya ikutin. klik link yg dia kirim ke wa saya. terus di link nya itu saya pilih hp klw gak salah.. terus isi no tlp isi lg no pin. begonya saya ngikutin .. terus saya engeuh nyaa pas masih di tlp sama itu org tau tau ada sms. “transaksi berhasil senilai 3.5 jt sekian. dengan tenor 12 bulan”. saya langsung matiin. syok bgt. pas cek ke kredivo saya ternyata dia beli barang di bukalapak. terus saya ke kredivo cerita smua nya terus katanya akun saya di blokir sementara. pas nanya apa gak bisa di cancel pesenannya. kata dia gak bisa harus ke bukalapak. ehh saya ke bukalapak katanya gak bisa dibatalin transaksi udah berhasil.. padahal mah itu baru banget kejadiannya. kmren tgl 15 okt 2021 hr itu jg saya lapor.. nah skrg saya bingung itu gmna bayar nyaaaa.. saya udh ke polres katanya harus nunggu ada kerugian yg dikeluarkan dulu. sedangkan sekarang belom ada kerugian karena tagihannya nanti tgl 14 nov.. saya gak mau bayar, karena itu bukan pengiriman ketempat saya kan.?
        dan dr bukalapaknya gak mau ngasih tau pengiriman itu barang kemana..
        jadi sekarang saya bingung apa saya harus bayar itu tagihan sedangkan saya gak merasa..
        memang salah saya. saya bego. tp saya pun iya iya aja pas di tlp..
        saya harus apaa.???

        • 21 Oktober 2021 - (17:35 WIB)
          Permalink

          Iyaa sama saya juga kena seperti itu baru hari ini, terus gimana ya itu buat proses selanjutnya? Langkah2nya
          Karena saya juga sudah menghubungi pihak kredivo nya tapi jawabannya harus tetep membayar dan sudah menghubungi bukapalaknya belum ada kepastian

          • 22 Oktober 2021 - (07:01 WIB)
            Permalink

            @wulan mbaa di daereah mana.? udh lapor ke polsek belum.?

          • 24 Oktober 2021 - (19:26 WIB)
            Permalink

            Saya sudah ke polres dan dari sana hanya diberikan surat laporan singkat saja katanya untuk dibawa ke kantor kredivo dan bukalapak nya, apakah hanya itu saja sudah cukup? Mohon info nya kalo ada yang tau

          • 26 Oktober 2021 - (19:13 WIB)
            Permalink

            @wulan.. mbaa aku udh ke polres tp katanya aku harus nunggu tagihan awal dulu. baru boleh bikin laporan.. klw belom ada tagihannya gak bisaa.. dan klw boleh tau bikin laporan dipolresnya ada biaya gak.?

        • 27 Oktober 2021 - (03:28 WIB)
          Permalink

          Saya juga menghadapi masalah serupa seperti ini
          Lalu bagaimana kelanjutannya ya kak untuk masalah ini?mohon bantuannya kalau ada informasi terkait masalah ini

    • 18 Oktober 2021 - (08:03 WIB)
      Permalink

      maaf mas. boleh minta kontak yg bisa di hubungin karena 3 hari lalu saya dapet musibah seperti ini jugaa.. tgl 15 okt kmren.. saya bingung harus apa..

  • 24 Oktober 2021 - (09:22 WIB)
    Permalink

    sya rasa lebih aman akulaku,karna klau akulaku pke verifiksi wajah,klau gk nomer belakang nik ktp

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Akulaku?

Ada 50 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Saya Di-hack/Disalahgunakan Orang Lain untuk Belanja di S…

oleh Rusdi Siregar dibaca dalam: 1 menit
50