Kebijakan Pembatalan Paylater Traveloka Tidak Tertulis Jelas

Tanggal 15 Mei 2019 pk. 13.36 saya lakukan transaksi di Traveloka untuk pemesanan di salah satu hotel no pemesanan 467910870 dengan metode pembayaran Paylater. Namun karena saya mendapatkan hotel lain yang lebih baik saya lakukan pemesanan ulang di traveloka di hari yang sama 5 jam kemudian sejak transaksi pertama dilakukan.

Kemudian transaksi pertama saya batalkan karena dalam dashboard pemesanan ada kebijakan pembatalan gratis. Pembatalan transaksi pertama sukses dilakukan. Dan ketika saya cek untuk rencana pembayaran, ternyata pembatalan tersebut dikenakan biaya bunga senilai 800 ribu lebih dalam bentuk cicilan 2.5 bulan.

Saya coba call ke Hotline CS, disarankan oleh mereka untuk cek Agreement Paylater. Namun saya cek secara detail tidak ada informasi terkait kebijakan Pembatalan tersebut, apalagi dalam awal order ada informasi pembatalan gratis.

Saya dirugikan karena saya dibebankan bunga untuk sesuatu yang tidak saya gunakan. Saya ingin direvisi tagihan saya tsb, dan jelaskan secara terbuka kebijakan pembatalan dengan Paylater tsb agar pelanggan tidak terjebak.

Leo Wibowo
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Paylater Traveloka:
[Total:3    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Kebijakan Pembatalan Paylater Traveloka Tidak Tertulis Jelas

  • 18 November 2019 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Ini sama seperti yg saya alami sekarang , kita belum menggunakan tapinharus bayar

  • 29 Desember 2019 - (23:51 WIB)
    Permalink

    Tanggal 28 Desember saya melakukan pemesanan hotel dengan aplikasi paylater. Saya refund di tanggal 29, namun saya dikenakan sanksi harus membayar 2x cicilan untuk sesuatu yg tidak saya pakai sama skali.
    Sedih dan kecewa.
    Percayalah setelah saya lunasi cicilan untuk sesuatu yg belum saya pakai sama skali dengan hasil keringat saya, saya akan tutup acc traveloka selamanya.

  • 28 Juni 2020 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Tgl 23 Mei 2020 sy bertransaksi tiket dgn menggunakan paylater cicilan, namun Krn tiket dibatalkan sm maskapai Krn alasan covid 19,makax sy ajukan refund pd pihak Traveloka. Dan akhirnya pd tgl 27 Juni refund sdh sy terima namun bunga cicilan msh tetap ditagihkan. Sy menghubungi pusat bantuan menanyakan hal tersebut namun infox sdh ketentuan penggunaan paylater.

    Bagaimana mungkin sy disrh bayar bunga cicilan untuk dana yg tidak sy gunakan???
    Sangat2 kecewa dgn paylater Traveloka…

    Help me…

  • 8 Juni 2021 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Ini penjelasan dari pihak traveloka

    Adapun pembatalan yang dilakukan oleh pihak penyedia jasa maka biaya installment Anda tetap wajib dilakukan pembayaran.

    Untuk ketentuan tersebut dapat dilihat pada Paylater’s loan agreement yang terdapat sebelum melakukan pembayaran menggunakan paylater Anda

    Pada nomor 3.4 tentang pengembalian produk di point 3.4 dimana tercantum bahwa “”Debitur dengan ini menyatakan telah memilih sendiri Produk sesuai dengan yang dikehendaki Debitur dan Kreditur tidak memiliki kewajiban apapun untuk melakukan pemeriksaan atas Produk tersebut. Kreditur tidak bertanggung jawab jika terdapat kerusakan terhadap Produk tersebut baik sebagian maupun keseluruhan atau apabila Produk tidak sesuai dengan permintaan Debitur. Kreditur juga tidak memberikan jaminan dan/atau pernyataan apapun mengenai Produk, baik secara tertulis maupun lisan.””

    Adapun Anda dapat melihat ketentuan tersebut pada tautan yang kami kirimkan berikut :

    https://www.traveloka.com/id-id/help/travelokapay-product/paylater/refund-reschedule/will-i-be-able-to-refund-my-flight-if-i-pay-it-with-paylater

    Demi kelancaran pembayaran cicilan Anda, mohon untuk melakukan pembayaran sesuai dengan billing tagihan pada aplikasi Anda dan melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo, dikarenakan jika lewat dari tanggal jatuh tempo yang ditentukan, akan ada denda keterlambatan.

    Adapun saya juga merasa dirugikan.
    Membayar bunga untuk sesuatu yg tidak jadi saya gunakan.

 Apa Komentar Anda mengenai Paylater Traveloka?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Kebijakan Pembatalan Paylater Traveloka Tidak Tertulis Jelas

oleh Leo Wibowo Hartanto dibaca dalam: 1 menit
7