Gagal Beli HP di Tokopedia Prosesnya Sudah 32 Hari, Pengembalian Dana Hanya Disuruh Menunggu

Saya memesan HP Xiaomi Redmi 7 sebanyak 2 (dua) unit di toko Nic-cell di Tokopedia. Rencananya HP tersebut sebagai hadiah Lebaran untuk anak saya yang pertama dan kedua. Proses pemesanan, pembayaran, pengemasan, berjalan lancar. Nomor transaksi di Tokopedia adalah INV/20190524/XIX/V320618434. Barang dikirim pada tanggal 24 Mei 2019 menggunakan JNE dengan nomor resi: 011440132510719. Masalah mulai terlihat muncul saat proses pengiriman. Saat dilacak di situs lacak JNE barang sudah sampai di JNE kupang sejak tanggal 26 Mei 2019 namun dari tanggal tersebut tidak ada progres pengiriman sampai tanggal 12 Juni 2019. Saya sebagai pembeli rutin melakukan cek ke agen JNE di Kota Waikabubak.

Pada tanggal 31 Mei 2019 saya mengajukan komplain di aplikasi Tokopedia “ kenapa barang yang saya pesan belum sampai”. Diskusi mulai berlangsung antara saya sebagai pembeli, Tokopedia dan Penjual (Nic-Cell). Hampir setiap hari saya bertanya pada forum tersebut tapi jawaban Tokopedia hanya sabar menunggu, begitu terus setiap kali bertanya. Pada tanggal 12 Juni 2019 baru ada progres barang diteruskan dari JNE Kupang ke kota tujuan. Saya mulai ada harapan semoga barang saya sampai dalam waktu dekat. Namun ternyata sampai dengan tanggal 22 Juni 2019 barang belum juga sampai.

Dalam forum diskusi komplain Tokopedia menyampaikan akan memproses mengembalikan dana pembeli dan penjual diminta mengisi form klaim barang sebelum tanggal 25 Juni 2019. Penjual terkonfirmasi sudah selesai mengisi form dan data klaim barang pada tanggal 24 Juni 2019. Pada tanggal 25 Juni 2019 saya berkomentar ke Tokopedia pada forum diskusi, “ Tokopedia tolong sekarang kembalikan uang saya”. Jawabannya apa “ Penjual yang terhormat, kami sedang menunggu BAP kehilangan barang dari JNE, estimasi pembuatan BAP selama 3 x 3 hari kalender terhitung dari tanggal 22 Juni 2019. Info terbaru akan diinformasikan pada forum ini”.

Saya cukup kecewa proses BAP muncul setelah informasi penjual mengisi form klaim barang. Pada tanggal 25 Juni 2019 saya bertanya ke forum “apa uang saya sudah bisa dikembalikan? Ternyata yang dimaksud 3 x 3 hari kalender berakhir tanggal 26 Juni 2019. Pada tanggal 26 Juni 2019 siang saya bertanya “Sekarang sudah tanggal 26 Juni 2019, apakah uang saya sudah bisa dikembalikan? Sampai dengan sekarang belum ada jawaban.

Saya menulis surat pembaca ini karena sudah cukup frustasi dengan proses seperti di atas. Harapan saya agar pihak TOKOPEDIA dapat mengambil langkah percepatan agar uang saya segera dapat dikembalikan. Terima kasih.

Syamsul Bukhori
Waikabubak, Nusa Tenggara Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:6    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Gagal Beli HP di Tokopedia Prosesnya Sudah 32 Hari, Pengembalian Dana Hanya Disuruh Menunggu

  • 27 Juni 2019 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Tokopedia pake asuransi pihak ketiga, jadi kalo barang hilang dalam pengiriman jadi ribet urusannya.

    Saya pernah pengalaman barang hilang (HP Xiaomi jg) dalam pengiriman JNE. Tapi karena belinya di Shopee, asuransinya langsung dari JNE. Setelah JNE declare barangnya hilang, JNE menggantinya ke seller, dan Shopee refund dana ke sy selaku pembeli.

    Anyway, banyak juga yah keluhan HP yg hilang dalam pengiriman JNE di MK ini. ?? Coba itu JNE benerin lagi pengawasan ke para kurirnya!

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Gagal Beli HP di Tokopedia Prosesnya Sudah 32 Hari, Pengembalian Dana …

oleh Syamsul Bukhori dibaca dalam: 1 menit
2