Sudah Bayar OVO PayLater, Tapi Terus Ditagih dan Kena Denda; Komplain ke Pihak OVO dan Taralite Tidak Ditanggapi

Pada tanggal 23 Mei 2019, saya mengaktifkan OVO PayLater dengan akun bernama Dinda Shabilla Ragatha dengan nomer 08128316*3*9, untuk saya gunakan berbelanja di Watson FX Senayan. Saya mendapatkan limit di OVO PayLater sebesar Rp1.000.000. Lalu, saya gunakan berbelanja sebesar Rp285.600. Saya membayarkan tagihan tersebut pada tanggal 27 Mei 2019 melalui BCA Virtual Account dan sudah berhasil serta mendapatkan bukti transaksi.

Kemudian saya membuka aplikasi OVO saya untuk melihat tagihan OVO PayLater saya yang sudah terbayarkan. Setelah saya membuka aplikasi OVO tersebut, ternyata di aplikasi OVO masih belum terbayarkan. Saya mencoba menghubungi Customer Service OVO melalui email yang tertera tetapi hanya mendapatkan auto reply serta nomer tiket keluhan. Namun tidak ada tindakan dari OVO untuk mengatasinya.

Lalu saya mencoba mengirim pesan melalui Instagram dan dibalas seperti autoreply di email dan tidak ada solusi sama sekali. Saya mencoba menelepon Customer Service tetapi selalu sibuk. Setelah berhasil telepon ke Customer Service, operator tidak memberikan solusi yang jelas dan pasti. Saya hanya disuruh menunggu terus, sedangkan pulsa saya sudah habis sebesar 40 ribu hanya untuk menelpon Customer Service.

Saya mencoba menelepon melalui WA, tidak pernah diangkat. Saya mengirim pesan di WA belasan kali dan dibalas isinya sama semua tanpa ada solusi yang pasti. Akhirnya, saya memutuskan untuk menelepon Customer Service lagi, dan operator baru melihat laporan yang saya keluhkan. Saya disuruh menunggu terus, sedangkan saya membaca di internet dan Instagram tentah keluhan mereka atas sikap pelayanan OVO atas keluhan konsumen yang buruk sekali. Lalu saya bertanya kepada operator Customer Service untuk memberikan alamat kantor OVO agar saya bisa datangi dan keluhan saya cepat terselesaikan, tetapi Customer Service tidak memperbolehkan saya untuk datang ke kantor OVO dan tidak dapat memberikan saya alamat kantor OVO.

Akhirnya tanggal 29 Mei 2019, saya datang ke kantor OVO yang berada di gedung Lippo Kuningan, lantai 20. Saya mengetahui alamat kantor OVO, setelah mencari alamatnya di Google Maps. Sesampainya saya di kantor OVO, receptionist OVO mengarahkan saya untuk ke lantai 1 untuk ke bagian Customer Service. Sesampainya saya di lantai 1, mbak yang di sana tidak dapat membantu dan hanya menyarankan saya untuk laporan lagi melalui email Customer Service.

Lalu saya kembali ke lantai 20, dan saya bersikeras untuk ditangani keluhan saya. Kemudian salah satu pegawai OVO menghampiri saya dan saya menjelaskan kronologi keluhan saya secara lengkap seperti yang saya tulis di atas. Pegawai itu hanya suruh saya menunggu lagi. Saya katakan jika tagihan saya terkena denda dan nama saya jelek di Bank Indonesia karena tagihan ini, apakah OVO akan bertanggung jawab? Karena saya sudah membayarkan tagihan sebelum tanggal jatuh tempo yang dianjurkan. Pegawai itu bilang bahwa saya tidak usah khawatir karena saya memiliki bukti transaksi pembayaran beserta tanggal transaksinya jadi tidak akan terkena denda.

Kemudian saya ingin buat perjanjian tertulis yang berisi bahwa OVO akan bertanggung jawab jika saya dikenakan denda, tetapi pegawai OVO itu menolak untuk membuat perjanjian tertulis. Saya ingin mengambil foto pegawai itu serta foto ID card pegawai itu hanya untuk bukti dan berjaga-jaga, akan tetapi pegawai OVO itu menolak dan menutupi ID card-nya sehingga saya hanya berhasil mendapatkan foto dari pegawai OVO saja.

Saya hanya ingin minta tolong dengan sangat dan segala hormat untuk pihak OVO segera menangani keluhan saya, karena sepengtahuan saya bahwa OVO adalah perusahan besar dan ternama di Indonesia, jadi saya mohon pihak OVO untuk peduli terhadap keluhan dari konsumen OVO.

Begitupun dengan pihak Taralite, saya sudah email dan telepon tetapi keluhan saya tidak diurus juga. Sedangkan dari pihak Taralite sendiri selalu menagih saya melalui telepon dan berulang kali pula saya jelaskan kronologi, secara lengkap dan mengirimkan bukti melalui email, tetapi sekarang saya dikenakan denda juga.

Saya mohon dengan sangat untuk pihak OVO dan Taralite segera mengurus keluhan saya dan bertanggung jawab atas kinerjanya.

Terima kasih banyak!

Dinda Shabilla Ragatha
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai OVO PayLater:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]
Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Ibu Dinda

Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Dinda saat menggunakan OVO PayLater. Menanggapi keluhan yang disampaikan,...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Sudah Bayar OVO PayLater, Tapi Terus Ditagih dan Kena Denda; Komplain ke Pihak OVO dan Taralite Tidak Ditanggapi

  • 28 Juni 2019 - (16:05 WIB)
    Apakah OVO Paylater yang diaktifkan itu yang memang ada diaplikasi OVO itu sendiri. Atau yang ada diaplikasi Tokopedia? Setahu saya fasilitas ovopaylater diaplikasi OVO itu belum tersedia hanya betuliskan akan segera hadir. Kecuali yang ada di tokopedia yang disediakan Taralite sudah dapat diaktifkan dan menjadi alternatif pembayaran transaksi.
  • 28 Juni 2019 - (16:10 WIB)
    Di aplikasi OVOnya, teman saya bisa kok OVO Paylater di aplikasi OVO langsung. Sepertinya tidak merata yaa pembukaan OVO paylater.
  • 28 Juni 2019 - (18:27 WIB)
    Karena inilah saya pilih tidak berurusan lagi dengan OVO. Buruknya kinerja tim customer service OVO jika ada masalah tidak sebanding dengan cashback yang diberikan. Masih banyak aplikasi lain yang memberikan cashback dan memiliki tim CS yang lebih mumpuni. Istilahnya apa iya kita mau beli mobil agak murah tapi nggak bisa diservis? Pikir lagi sebelum memutuskan untuk memakai atau mendaftar akun OVO. Saya juga punya komplain yang masih berjalan di OVO dan untuk tahu bagaimana kualitas pelayanan OVO, simak saja di tinyurl.com/komplainovo
  • 28 Juni 2019 - (20:37 WIB)
    Sekarang lagi musim PayLater yah, ngikutin Traveloka. 😅😅

    Masalahnya yg beginian tuh biasanya mereka bekerja sama lagi dengan pihak ketiga, dalam hal OVO ini dengan Taralite. Masalahnya jadi ribet kalo muncul masalah seperti ini. 😑

  • 28 Juni 2019 - (20:55 WIB)
    duh masalah paylater ini udh bnr2 menjengkelkan..

    pesan sya aih next kl mau daftar paylater pake nomor baru, jgn nmr utama, jd kl sda maslah gini ga ribet di tagih2,

    jgn takut mba, nama mba ga bakal bleklis di BI, pcy saya..

  • 3 Juli 2019 - (11:29 WIB)
    Halo mba dinda, hasil nya utk ovo paylater nya apakah di selesaikan oleh pihak ovo?

    Soalnya saya juga mengalami hal yang sama
    Mohon info nya

    Terima kasih

    • 4 Juli 2019 - (06:19 WIB)
      Halo setelah saya kirim surat pembaca di sini, alhamdulillah sdh ditangani tp itu jg setelah saya ngebom email ke pihak ovo dan taralite hehe
  • 6 Juli 2019 - (07:19 WIB)
    Mbak mau nanya dong . Berapa lama prosesnya tu mbak? Saya mengalami hal yg sama. Dan mbak kena dendanya ga ?

 Apa Komentar Anda mengenai OVO PayLater?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Sudah Bayar OVO PayLater, Tapi Terus Ditagih dan Kena Denda; Komplain …

Dinda Shabilla Ragatha 2 menit
13