Bukalapak Menyulitkan Penjual, Akun BukaDompet dan BukaEmas Dibekukan Sepihak

Pada tanggal 20 Mei 2019, Bukalapak tiba-tiba membekukan BukaDompet saya dengan alasan keamanan. Karena saya berpikir Bukalapak bisa dipercaya, ada transaksi baru masuk yang tetap saya proses. Alangkah terkejutnya saya, ketika ternyata ketika semua transaksi telah selesai, BukaDompet saya tetap dibekukan, dan bahkan akun BukaEmas saya yang merupakan dana investasi dibekukan juga sepihak oleh Bukalapak.

Ketika saya kontak Bukalapak, mereka membalas dengan email seperti berikut:

Terima kasih telah menghubungi Bukalapak.

Terkait dengan kendala Anda kami akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Silakan Anda lampirkan foto barang yang diterima oleh pembeli pada transaksi 192090977311 dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Foto Kartu Identitas (ASLI, bukan fotokopi) pembeli pada transaksi 192090977311
2. Foto bukti barang yang di terima oleh pembeli untuk transaksi 192090977311.
3. Lampirkan swafoto pembeli bersamaan dengan KTP dan barang atas transaksi 192090977311.

Silakan Anda lampirkan dokumen dalam keadaan terang dan jelas. Dokumen yang diberikan dalam keadaan kurang jelas akan menyebabkan verifikasi akun menjadi tidak valid.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi kami kembali.

Saya sudah mengemail dan menyatakan keberatan saya. Jika Bukalapak mencurigai transaksi tersebut, silakan menghubungi langsung pihak pembeli, mungkin saya bisa ikut email dan mem-follow up. Apakah wajar dan etis, jika tiba-tiba saya mengemail seorang pelanggan yang membeli barang di lapak saya dan meminta KTP, barang dan foto selfie KTP + Barang?

Saya sudah menyatakan keberatan saya. Sebagai seorang penjual, ketika ada notifikasi orderan masuk, pastilah saya proses karena merasa sudah OK dan aman. Siapa yang menyangka ternyata Bukalapak bisa seenaknya membekukan uang hasil jualan seseorang? Bisa saya pastikan dana tsb merupakan uang hasil penjualan, bukan Credits/Uang Voucher/lain-lain. Uang itu merupakan uang hasil penjualan barang murni yang dicurigai Bukalapak dan dengan seenaknya membekukan BukaDompet saya dan semua uang investasi saya di Bukalapak.

Bukalapak kembali membalas dengan email yang berbunyi :

Terima kasih telah menghubungi Bukalapak.
Terkait dengan kendala Anda, kami dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila Anda melampirkan dokumen yang kami minta di email sebelumnya.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi kami kembali.

Dengan balasan email seperti ini sepertinya Bukalapak memang sengaja mau mengambil uang yang saya dapatkan dengan berdagang secara benar di Bukalapak. Coba dibayangkan kembali dengan logika, apakah mungkin kita meminta hal tersebut kepada seorang pelanggan? Apakah barang yang dibeli oleh mereka masih di tangan mereka atau sudah mereka jual? Apakah wajar saya selaku penjual meminta seorang pembeli untuk meminta KTP-nya, dan memintanya Foto Selfie dengan KTP.

Saya sudah sangat putus asa dengan kelakuan team Anti Fraud Bukalapak, dan saya harap bagi konsumen yang lain harap berhati-hati terutama berjualan atau berinvestasi di Bukalapak karena ketidakjelasan status kita sebagai nasabah. Bahkan uang investasi yang harusnya mungkin sepengetahuan saya di rekening terpisah, bisa juga dibekukan/diambil alih oleh Bukalapak.

Saya selaku penjual sangat trauma dengan Bukalapak selaku pihak Marketplace.

Wiharto Tjakra
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Penilaian Rata-rata: 2.3]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Wiharto Tjakra Tan

Terima kasih atas hubungan yang sudah terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat Pembaca...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Bukalapak Menyulitkan Penjual, Akun BukaDompet dan BukaEmas Dibekukan Sepihak

  • 6 Juli 2019 - (18:54 WIB)
    Emang jualan barang apaan gan? Kok bisa dianggap fraud sama Bukalapak? 🤔 Agan jualan jg di marketplace lainnya gak?
      • 6 Juli 2019 - (21:42 WIB)
        Aneh juga sih kalo Bukalapak malah nyuruh seller minta data2 pribadi pembeli. Kalo misalnya transaksinya dicurigai sebagai fraud kartu kredit, ya harusnya pembelinya yg dikejar sama Bukalapak. Lain lagi kalo dicurigai sebagai transaksi gestun.

        Tapi apa pun itu, harusnya gak sampai blokir akun BukaEmas jg sih. Udah gak nyambung urusannya.

  • 12 Juli 2019 - (16:16 WIB)
    sampai sekarang akun bukalapak tetap di blokir, kejadian hampir sama dengan dialami oleh bapak wiharto.
    saya uda sampai kirimkan fotocopy ktp, fotocopy rekening dan foto copy kk dan sampai surat di buat oleh bukalapak sendiri.
  • 18 Juli 2019 - (03:35 WIB)
    Sampai hari ini masih tidak ada kejelasan akan uang saya yang ditahan oleh Bukalapak, baik itu uang investasi Bukaemas dan uang hasil penjualan. Saya sudah putus asa dengan Bukalapak. Kok bisa ya MArketplace merampok penggunanya. Gimana saya meminta bantuan lembaga konsumen? Sungguh keterlaluan Bukalapak semena mena dan arogan sekali.
  • 14 Agustus 2019 - (00:33 WIB)
    Saya adalah buyer & Seller sejak Januari 2015 Baru mengalami hal seperti ini…

    Akun Bukadompet saya dibekukan sejak tanggal 1 agustus 2019 oleh pihak bukalapak dengan alasan telah berkomunikasi / chat dengan Akun Pembajak yg mengatasnamakan Bukalapak ,di hari itu juga Akun pembajak tersebut sudah dinonaktifkan oleh Tim Bukalapak atas dasar indikasi penipuan…Harusnya masalah sudah terselesaikan karena akun saya pun tidak mengalami perubahan & Bukadompetnya pun masih sama jumlahnya.. tetapi tetap akun bukadompet saya dibekukan..

    saya sudah berkali2 ganti password, Komplain via bukabantuan, sudah sering telp call centre, sudah upload semua data2 yg diminta BL, tapi hingga kini tgl 14 agustus belum ada kepastian kapan Bukadompet akan diaktifkan kembali.. mengecewakan sekali pelayanan Bukalapak…

    Mohon kepada pihak Bukalapak untuk segera mengaktifkan kembali bukadompet saya karena saya sangat memerlukan dana tersebut . Sejak tanggal 1 agustus 2019 hingga saat ini ada beberapa transaksi penjualan yang masuk ke bukadompet saya, semakin lama bukadompet dibekukan semakin merugikan saya sebagai Seller & semakin banyak dana saya yang tertahan di bukadompet.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Bukalapak Menyulitkan Penjual, Akun BukaDompet dan BukaEmas Dibekukan …

Wiharto Tjakra Tan 2 menit
6