Data Pribadi Saya Disalahgunakan Orang Lain Untuk Pembayaran via Home Credit di Tokopedia

Kepada PT Home Credit Indonesia,

Nama saya Rose Aprillia, data pribadi saya sudah digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab untuk pengambilan pinjaman di PT Home Credit Indonesia. Nomor HP saya 0813xxxx788x sudah saya gunakan lebih dari 7 tahun dan saya juga pengguna aktif dari Bank CIMB Niaga dan Bank BNI untuk peminjaman KPR dll. Sehingga data pribadi saya (KTP dan data lengkap lainnya) mungkin saja terdistribusi tanpa pengetahuan saya dan tidak dapat saya pertanggungjawabkan.

Pada tanggal 19 Juni 2019 kemaren saya tiba-tiba terima telepon dari pihak Home Credit perihal update data peminjaman, yang otomatis membuat saya kaget dan saya bilang ini untuk apa? Karena saya tidak pernah ambil pinjaman dari Home Credit. Telepon tersebut berlangsung terus menerus, begitu pula dengan pihak debt collector Home Credit.

Oleh karena itu pada tanggal 22 Juni 2019 yang lalu saya drop email ke care@homecredit.co.id untuk menanyakan perihal peminjaman apa yang apply di Home Credit. Karena lama mendapat jawaban akhirnya saya menelepon ke customer care Home Credit 021-29539600 dan di situ saya mendapat jawaban dari CS bernama Retno bahwa saya ada melakukan transaksi di Tokopedia dengan sistem pembayaran cicilan di Home Credit Indonesia sebesar Rp5.211.750 (sudah termasuk dengan biaya administrasi dll dari Home Credit). Padahal saya tidak pernah melakukan transaksi tersebut. Akun Tokopedia saja saya tidak punya, jadi bagaimana caranya saya bisa bertransaksi? Selain itu barang apa yang diambil saja saya tidak tahu.

Saya sudah membuat surat pernyataan sesuai rekomendasi dari pihak CS Home Credit dan sudah saya kirimkan melalui email per tanggal 1 Juli 2019 dan juga membuat laporan ke pihak OJK dengan memberikan surat pernyataan juga. Namun tetap saja pihak debt collector Home Credit masih saja menelepon dan sudah saya jelaskan berkali-kali kalau bukan saya yang mengambil pijaman tersebut. Namun mereka tidak mau mendengarkan dan kadang menjawab dengan kata-kata kasar dan bahkan per hari ini tanggal 10 Juli 2019 pagi-pagi sekali pukul 07.29 pagi saya sudah di telepon dan debt collectornya bahkan mengotot dengan membawa-bawa KTP saya yang ada di sistem Home Credit. Saya mau jelaskan namun oleh beliau telepon tersebut langsung ditutup.

Mohon untuk pihak PT Home Credit Indonesia untuk dapat segera menyelesaikan masalah ini secepatnya. Karena jujur aktifitas kerja saya sehari-hari menjadi terganggu karena mendapat telepon terus menerus dari pihak Home Credit. Nomor pelaporan saya VIP_DAM_01324564.

Saran saya untuk kedepannya pihak Home Credit indonesia sebelum menyetujui suatu pinjaman untuk dapat mengkonfirmasi secara bertahap dengan mengkroscek semua data yang diberikan. Apabila ada 2 nomor telepon yang dicantumkan, pastikan kedua nomor telepon tersebut dapat dihubungi dan dapat diverifikasi. Selain itu lebih disaring lagi metodenya, karena yang saya lihat, kasus saya ini bukan pertama kalinya terjadi di Home Credit. Apabila saya cek di Google, keyword terkati Home Credit dan juga penyalahgunaan data itu banyak sekali keluarnya. Harusnya pihak Home Credit Indonesia melakukan assessment dan improvement dan mencari root cause dari permasalahan ini apa.

Terima kasih.

Salam,

Rose Aprillia
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Rose Aprillia

Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Sehubungan dengan dimuatnya keluhan dari Ibu Rose Aprillia di Mediakonsumen.com tanggal 11 Juli 2019 pada...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Data Pribadi Saya Disalahgunakan Orang Lain Untuk Pembayaran via Home Credit di Tokopedia

  • 11 Juli 2019 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Ngeri juga yah, kok bisa semudah itu pinjaman disetujui tanpa verifikasi yg benar? Padahal jumlahnya lumayan jg. ?

  • 13 Januari 2021 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Lalu bagaimana sekarang? Apakah masih di kejar pihak home kredit? Karena saya baru hari ini 13 januari 2021 mengalami hal yang sama kayak kakak alami (tiba-tiba rumah asal kelahiran saya di datangi pihak home kredit). Dan saya dibilang pinjam dari home kredit sebanyak 9jt pada tanggal 5 januari 2021. Mengagetkan kan.. Kasus saya masih di usut dari pihak home kredit. Tapi kenapa kok ga aman sekali ya home kredit? Mudah sekali mengiyakan orang untuk kredit, dan jelas data yang dikasih ke home kredit oleh pelaku, salah semua. Bukan data saya (seperti email, dan no telp saya).

    • 23 Februari 2021 - (22:09 WIB)
      Permalink

      Kalau saya belum di tagih lagi, karena saya sudah lapor ke pusat. pokok kalau di tagih lagi, pasti saya laporkan ke pihak berwajib, sangat mengganggu sekali soalnya. Iya nagihnya juga ga sopan.

  • 22 Februari 2021 - (01:02 WIB)
    Permalink

    Saya jg sama. Tiba tiba bnyk sekali yg nlp mencari suami saya garagara ada tagihan hone credit pdhl suami saya tdk pernah apply apapun ke home credit . Tiba tiba dtg tagihan 3jt katanya sejak 2017. Logis nya klo suami saya apply ada ktp knp gak dr dulu nagih nya , coba download aplikasi home credit tp tgl lahir suami saya yg di masukan kok salah . ini gmn home credit bisa tbtb aproved pengajuan orang tanpa di lihat databased yg cocok . Ktp suami saya bisa saja di salah gunakan , org yg menagih pun dari pihak home credit sangat tidak sopan dan kasar . apakah ada perusahaan spt itu tdk memilik SOP kerja ?

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Data Pribadi Saya Disalahgunakan Orang Lain Untuk Pembayaran via Home …

oleh Rose Aprillia dibaca dalam: 2 menit
5