Fasilitas Traveloka PayLater Saya Dibobol dan Tagihan Tetap Dibebankan Kepada Saya

Pada tanggal 3/4 Mei 2019 (saya agak lupa tepatnya) saya mendapat notifikasi bahwa email yang saya daftarkan di Traveloka telah dihapus dan diganti dengan email baru yang namanya mirip dengan email saya. Tiga email saya yang terdaftar di Traveloka dihapus, digantikan dengan email yang mirip dengan email saya, tapi beda domain (email saya di-cloning menggunakan domain yahoo.com). Pada waktu itu saya tidak panik, karena ketika saya coba login ulang dengan email saya dapat login. Namun belakangan saya baru sadar bahwa saya login ke akun baru karena email saya sudah dihapuskan dari akun Traveloka saya yang lama, yang terdapat PayLater di dalamnya.

Lalu pada tanggal 5 saya buka email ada notifikasi bahwa akun PayLater saya telah aktif dan email yang kedua berisi notifikasi bahwa saya telah melakukan pembelian tiket pesawat dari UPG-CGK sebesar Rp4.856.800 untuk penerbangan pada tanggal 5 Mei 2019. Namun pada waktu itu saya belum tahu jam berapa penerbangan tersebut karena saya belum bisa login ke akun Traveloka saya yang telah dibajak tersebut.

Kemudian saya langsung telepon Traveloka dan menjelaskan kronologinya. Waktu itu saya masih ingat CS sempat bilang bahwa telah terjadi usaha untuk mencairkan PayLater di akun saya, tapi gagal. Kemudian saya disuruh menunggu email dari Traveloka. Akhirnya email dari Traveloka masuk dan isinya bahwa hasil investigasi tidak menemukan adanya aktifitas hacking dan tagihan akan tetap dibebankan ke saya.

Setelah beberapa kali saya telepon CS dengan hasil yang sama, saya dibantu CS untuk login ke akun Traveloka saya dan akhirnya saya bisa login dan benar akun saya telah digunakan untuk booking dengan rincian sebagai berikut:

Booking ID 463710432
Tiket pesawat UPG-CGK dipesan atas nama Vian Ris untuk dua orang penumpang
Nama Penumpang:
1. Mrs. Ifah Rafidah Djafar
2. Mrs. Rahmi Martina Masnawi
Tanggal keberangkatan 5 Mei 2019, pukul 06.15

Tiket tidak dapat dibatalkan karena pada saat saya tahu akun saya telah di-hack pesawat sudah berangkat. Saya sudah pasrah pada waktu itu karena setiap saya telepon CS jawabannya selalu sama, intinya tidak ada aktifitas hacking dan akan tetap dibebankan kepada saya. Sampai saat ini saya sudah membayar cicilannya 3x. Beberapa hari yang lalu saya coba protes kembali melalui Twitter namun tetap saja hasilnya sama. Saya dianggap tidak menjaga kerahasiaan akun saya dan tagihan tetap dibebankan kepada saya.

Bagi teman-teman yang belum mendaftar PayLater saya sarankan jangan mendaftar PayLater karena kasus seperti ini sudah banyak terjadi. PayLater sangat rawan dibobol. Di situs Media Konsumen ini saja saya sudah menemukan beberapa artikel dengan kasus yang sama dengan yang saya alami. Lebih banyak lagi di Twitter.

Semoga pihak Traveloka bisa lebih profesional menangani masalah saya.

Arie Nugraha I
Kab. Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Traveloka PayLater:
[Penilaian Rata-rata: 1.1]
Tanggapan Traveloka untuk Bapak Arie Nugraha

Kepada Yth Bapak Arie Nugraha Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama kami memohon maaf atas kendala dan masalah...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Fasilitas Traveloka PayLater Saya Dibobol dan Tagihan Tetap Dibebankan Kepada Saya

  • 1 Agustus 2019 - (10:26 WIB)
    Kalo saya sih gak bakal mau disuruh bayar. Minta Traveloka untuk membuktikan bahwa itu transaksi agan yg buat jika benar. Mereka pasti bisa tracking kok itu transaksi pake alamat IP berapa, pake device apa dll.

    Buat teman2 yg lain, jauhilah fasilitas PayLater yg skrg makin menjamur di berbagai aplikasi. Aturan dan sistem keamanannya gak jelas. OJK seperti biasa gak bersuara. Nunggu rame dulu, baru bereaksi, seperti pada kasus pinjaman online alias rentenir digital. Itu pun hasilnya nihil. 😈😈😈

    • 1 Agustus 2019 - (10:33 WIB)
      Betul, harusnya traveloka bias mendeteksi IP address dari pelaku, bahkan ketika saya telp cs pun mereka sudah tau kalo ada yang berusaha mencairka paylater saya sebelumnya
  • 1 Agustus 2019 - (12:15 WIB)
    “Mantap” bener nih traveloka dengan paylater nya, kejadian sudah terjadi sejak tahun kemarin & s.d. sekarang masih saja terjadi.
    Asli heran saya dengan perusahaan yang katanya “unicorn” ini, bukan meningkatkan keamanan & reliabilitas, malah entah apa saja yang dikerjakan.
    Saya masih nunggu kapan akan muncul berita besar “unicorn kena kasus.”
  • 1 Agustus 2019 - (14:45 WIB)
    betul sekali, perusahaan sebesar travelokatidak bias menjaga keamanan data pelanggan, kalo memang kesalahan dari pelanggan kenapa bias terjadi begitu banyak kasus
  • 1 Agustus 2019 - (15:02 WIB)
    katanya kalo gak dibayar tagihannya bisa ngefek ke BI checking ya? tapi kalo saya sih masa bodoh, kalo memang bukan saya yang pakai.. gak sudi saya bayar.
    sudah banyak kejadian kayak gini, tapi traveloka sepertinya cuek saja.
  • 1 Agustus 2019 - (17:11 WIB)
    Hal ini jg pernah terjadi sama saya bulan Mei. Saya jg sudah melaporkan hal tsb kepada cs traveloka namun mrk ttp tdk mau tahu. Jadi saya putuskan utk tdk mau tahu dan tdk membayar juga. Krn dari pihak traveloka tdk memberikan solusi yang baik.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka PayLater?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Fasilitas Traveloka PayLater Saya Dibobol dan Tagihan Tetap Dibebankan…

Arie Nugraha 2 menit
9