Saldo Shopee Pay Terpotong Tanpa Penjelasan

Saya adalah pengguna setia Shopee. Selama ini saya tidak pernah merasa kecewa dengan kinerja Shopee dan Shopee Pay. Saya salah satu pelanggan Shopee yang gemar menggunakan fasilitas Shopee Pay karena sangat memudahkan bagi saya. Pada tanggal 4 Juli 2019 saya melakukan top up Shopee Pay sebesar Rp100.000, karena saya ingin membeli kebutuhan anak, dengan menggunakan metode m-banking Mandiri.

Berhubung setiap top up saya tidak pernah mengalami masalah, setiap selesai saya menutup aplikasi Mandiri saya dan saya langsung check ke Shopee Pay dan tertulis top up saya berhasil (GAMBAR 1). Saya pun melanjutkan pembelian seperti biasa dan tidak ada kendala sampai pada tanggal 23 Agustus 2019. Setelah saya membeli beberapa barang, terlihat di notifikasi bahwa Shopee Pay saya terpotong dengan keterangan “penyesuaian dari Shopee” (GAMBAR 2).

Walau nominal hanya Rp14.393 tapi saya butuh penjelasan kenapa saldo saya terpotong. Saya pun menggunakan fitur live chat dengan CS Shopee yang bernama Aff** pada tanggal yang sama, 23 Agustus 2019. Di sana dijelaskan bahwa penyesuaian ini untuk top up tanggal 4 Juli 2019 yang ternyata gagal. Sudah saya cek di mutasi bank saya dan ternyata memang gagal.

Pertanyaan saya:

  1. Apabila top up saya gagal, kenapa di Shopee Pay saya saldo bertambah dan ditulis berhasil (GAMBAR 1)?
  2. Apabila benar ada kesalahan sistem, kenapa harus menunggu 1,5 bulan kemudian baru ada “penyesuaian dari Shopee”?
  3. Apabila yang dimaksud “penyesuaian oleh Shopee” adalah pembayaran saldo yang gagal pada tanggal 4 Juli 2019 lalu, kenapa tidak dijelaskan dan diminta baik-baik? Saya juga sudah tanya ke CS Shopee sampai kapan Shopee Pay saya terpotong, dan tidak ada jawaban jelas jumlah terpotongnya akan sampai di angka berapa. Secara tidak langsung, pihak Shopee membiarkan sistem memotong Shopee Pay saya tanpa ada kepastian hingga nominal berapa.

Saya sudah coba menanyakan saat live chat tersebut, dan tidak ada jawaban yang jelas dari pertanyaan saya, malah saya diminta untuk bersabar menunggu apabila ada kesalahan dari sistem maka akan dikembalikan ke Shopee Pay saya.

Saya mencoba menunggu sampai 2 hari kemudian agar dapat kejelasan. Saat menunggu info tersebut saya masih melakukan top up Shopee Pay dan melakukan transaksi seperti biasa dengan harapan Shopee dapat memberi penjelasan, tapi bukan kabar atau info yang saya dapat, melainkan Shopee Pay saya terpotong lagi pada tanggal 26 Agustus 2019 sebesar Rp2 (GAMBAR 2). Jumlahnya memang sangat kecil, tetapi kenapa bisa terjadi lagi?

Saya pun mengajukan komplain lagi tanggal, 27 Agustus 2019 melalui fitur live chat dan malah meminta saya mengecek mutasi bank saya. Setelah itu seluruh pertanyaan saya dijawab “nanti akan dijawab oleh tim terkait melalui email”.

Ini hanya perkara kecil dan nominal yang diambil pun tidak seberapa. Apabila pihak Shopee dari awal meminta saya secara baik-baik dan menjelaskan ada kegagalan top up maka saya tidak permasalahkan sampai membuat surat di Media Konsumen ini. Tapi, kenyataan yang saya dapat adalah tidak ada penjelasan dan sampai sekarang saya masih diminta menunggu tim terkait untuk menjelaskan melalui email yang tak kunjung datang.

Saya harap pihak Shopee dapat menanggapin dan menjawab pertanyaan saya karena mungkin tidak hanya saya yang mengalami kejadian ini. Hal ini membuat saya sebagai pelanggan Shopee kecewa dan hilang kepercayaan saya untuk melakukan top up lagi ke Shopee Pay.

Terima kasih.

Fenny Muliawan
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Pay:
[Total:18    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

17 komentar untuk “Saldo Shopee Pay Terpotong Tanpa Penjelasan

  • 27 Agustus 2019 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Hmmm Shopee Pay ini udah dapat izin dari BI belum yah? ? Bingung juga kalo masing2 e-commerce punya dompet digital masing2, jadi banyak duit ngendap di mana2 meskipun receh. ?

    • 27 Agustus 2019 - (15:53 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai penulis, silahkan bisa via publik atau DM, krn saya sudah coba chat via live chat pun tidak ada jawaban jelas. Pertanyaan saya sudah cukup jelas, silahkan bisa dijawab langsung. Terima kasih

      Apa bila dana saya aman knp sampai 2x terpotong? Dan saya harus menunggu 2 hari lebih tanpa ada kejelasan dana saya gimana, malah di hari 3 dana saya terpotong lagi. Silahkan dijelaskan!

      • 31 Desember 2019 - (13:45 WIB)
        Permalink

        Apakah dana top up mbak sudah dikembalikan? Saya juga topup shopeepay tanggal 1 desember 2019 sebesar 5juta..sampai detik ini, balasan dr pihak shopee “tdk ada dana masuk k shopee” .. Pdhal bukti transfer, bukti rekening koran dgn Cap Basah Bank dr tanggal 1 sampai tgl 26 desember sudah saya sertakan. Selalu diminta utk menunggu dan dpt balasan yg sama, dminta balik lagi ke bank, gitu2 saja terus selama 1 bulan ini. Hari ini pun dpt bls an email dr shopee, sama juga jawaban nya. Pihak bank mengatakan sudah masuk ke debet shopee.

    • 28 Agustus 2019 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Saya juga sama, dipotong awalnya 53 ribu kemudian 31 ribu dan terakhir hari ini 285 ribu dengan notifikasi PENYESUAIAN, dihubungi sejak tanggal 23 Agustus ujungnya tetap bertele tele,
      Dihubungi live chat bertele tele disuruh ke email, di email tidak digubris,
      KALAU PENYESUAIAN 13RIBU 14 ATAU 53 RIBU OKELAH,LAH INI SUDAH TIGA KALI DIPOTONG DAN HARI INI 285 ITU GEDE LOH? DIKIRA APA SAYA INI?

  • 31 Agustus 2019 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal yang sama dengan judul transaksi “Penyesuaian oleh Shopee”, bahkan saldo saya hilang sebesar 300rb, besar sekali karena sedianya memang saya top up untuk bayar beberapa tagihan melalui shopee. Sudah menghubungi cs shopee via chat 3x dan dm instagramnya tetapi hasilnya tidak memuaskan. Sudah dilakukan penelusuran rekening dan tidak pernah ada (atau etidaknya belum pernah ditemukan) pengembalian saldo atas kondisi penyesuaian ini.

  • 9 September 2019 - (11:40 WIB)
    Permalink

    Halo Mbak Fenny, saya juga mengalami kasus yang sama seperti mbak.
    Apakah saldo mbak Fenny sudah dikembalikan sampai saat ini?
    Makasih mbak.

    • 13 Desember 2019 - (09:05 WIB)
      Permalink

      shopee jadi sarang penyamun…baru saja terjadi sama akun saya…saldo shopee pay saya hilang / habis dimana ada transaksi yang tidak wajar pada tanggal 12.12.19 jam 19.51 dan 19.56 untuk pembelian pulsa xl dengan nomor 08931813257 sebesar 200.000
      saya secara sadar dan yakin tidak pernah memberikan kode otp atau pin kepada siapapun juga tidak ada yang janggal dengan identifikasi yang mencurigakan lainnya.
      1. bagaimana hal ini bisa terjadi bahkan sampai 2 kali terjadi pesanan
      2. bagaimana dengan keamanan pin verifikasi pembayaran via shopee pay
      hal ini masih sulit saya fahami bagaimana bisa ada transaksi tidak wajar begitu saja dan tidak ada kejanggalan yg sya temukan??
      3. sekitar jam 20.20 mntan saya buka apl shopee lihat ada pembelian yang tidak wajar langsung saya batalkan dan menghubungi cs shopee alih2 mendapatkan kejelasan yang ada transaksi pulsa dengan nomor xl 0893181327 sudah berhasil alhasil dana yg tersimpan hilang…
      ada apa ini dengan shopee??? dan saldo saya apa kabar??? cari untung yang benerlah..terimakasih

  • 13 Desember 2019 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Saya mengalaminya semalam ketika transaksi 12.12. Melakukan transaksi sebesar 1.9jt untuk pembelian sebuah HP xiaomi. Si penjual kontak melalui SMS agar saya memasukkan kode shopee 12.12 dengan alasan bahwa itu kode agar si penjual tidak rugi. Karena Hp tersebut ada potongan sebesar 52%.
    Jam 3.30 dini hari transaksi saya dibatalkan dengan alasan alamat tidak terjangkau pengiriman???? whattt….Kelapa Gading ga mungkin tidak terjangkau.
    1.9jt kembali ke dana shopeepay. beberapa menit kemudian ada transaksi pembelian pulsa XL sebanyak 3x masing-masing dengan jumlah 300.000, 500.000 dan 1.000.000

    langsung saya kontak shopee melalui chat online. saya diminta mengirimkan (screen capture) seluruh transaksi yang ada di history. Saran shopee untuk menonaktifkan shopee saya dan nanti akan dihubungi via email.

    Sebagai catatan ini adalah awal saya menggunakan shopee …eh lsg ada masalah.

    mudah2an pihak shopee punya solusi dan dana saya bisa balik

  • 4 Maret 2020 - (21:57 WIB)
    Permalink

    Masha allah, masa iya? Aku selama ini tiap bulan masukin 2jtan ke shopee pay utk bayar2 tagihan dan belanja2 tapi ga pernah kepo lihat riwayat transaksi, oke skrg akan aku cek satu persatu. Terimakasih utk tulisan nya

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Pay?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Saldo Shopee Pay Terpotong Tanpa Penjelasan

oleh Fenny Muliawan dibaca dalam: 2 min
17